Pantai Soge

Berbicara tentang kota Pacitan memang tidak ada habisnya. Pacitan selalu menarik untuk di bahas, terutama Wisatanya. Wisata pacitan yang cukup Populer yaitu Wisata Alam berupa Goa Sejarah dan Pantainya yang indah yang merupakan Gugusan  Pantai Laut Selatan. Pantai Pacitan selalu menjadi daya tarik para Pengunjung karena masing-masing Pantai memiliki daya tarik dan ke unikan tersendiri.

Salah satu Pantai di Pacitan yang cukup populer yaitu Pantai Soge. Pantai Soge tepatnya terletak di desa Sidomulyo, kecamatan Ngadirojo, kabupaten Pacitan Jawa timur. Pantai Soge cukup mudah di akses karena Pantai Soge dekat dengan jalan raya. Di perjalanan menuju Pantai Soge pengunjung sudah bisa menyaksikan Pesona Pantai dari jauh. Pantai Soge menjadi hiburan bagi pengendara yang melintasi jalan

Harga Tiket Masuk Pantai Soge

Tiket masuk Pantai Soge bisa dikatakan sangat ramah di kantong. Pengunjung yang ingin menikmati seluruh pesona yang di sajikan Pantai Soge cukup membayar Rp. 3000-, per orang saja pada hari biasa. Pengunjung juga bisa memarkirkan kendaraan dari tepi jalan atau lebih amannya lagi bisa menggunakan fasilitas parkir yang sudah disediakan pihak pengelola Pantai Soge.

Rute Menuju Pantai Soge

Pengunjung yang datang dari arah Kota Pacitan memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di lokasi Pantai. Dari Kota Pacitan, mengambil arah timur menuju kecamatan Tulakan, selanjutnya lurus terus sampai tiba di kecamatan Ngadirojo. Dari kecamatan Ngadirejo, lurus terus sampai pertigaan PLTU kemudian belok kanan dan ikuti jalan raya yang mengarahkan langsung ke Pantai Soge.

Bagi pengunjung yang datang dai arah Solo atau Yogyakarta, pengunjung bisa melewati daerah Wonogiri kemudian mengikuti arah yang sudah di jelaskan sebelumnya. Begitu pula dengan pengunjung yang datang dari arah kota Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Sesampai di pacitan pengunjung hanya perlu menelusuri jalur lintas selatan yang berada di pinggir Pantai Soge.

Destinasi Wisata Pantai Soge

1. Danau Alami Unik yang Mempesona

Di pinggir Pantai Soge terdapat Danau Alami yang merupakan sambungan dari Air Laut. Danau tersebut dahulunya merupakan Pantai Soge yang kemudian dipisahkan oleh Gundukan Pasir yang kemudian membentuk Danau Kecil di Pinggir Pantai Soge. Danau tersebut juga memiliki muara Sungai yang membentang sepanjang kurang lebih 150 meter dan mengitari putihnya pasir Pantai Soge.

2. Pantai yang Asri dan Tenteram

Pantai Soge terkenal dnagn kondisi lingkungan serta suasananya yang sangat asri. Hembusan angina yang sejuk serta tenangnya permukaan air lautnya menjadikan antaiSoge seringkali di jadikan lokasi menenangkan diri. terlebih lagi jalan raya selatan yang bersebelahan langsung dengan Pantai Soge sehingga pengendara yang melewati jalan lintas selatan di suguhkan pemandangan yang mempesona.

3. Pasir Putih Bersih dan Nyaman

Pasir sepanjang Pantai Soge memiliki karakteristik yang lembut sehingga sangat aman bagi para pengunjung yang melakukan berbagai aktivitas di atas Pasir Pantai. Pasir Pantai juga cukup nyaman di jadikan alas duduk langsung menghadap Pantai. Karena Pasirnya yang lembut, bersih, rata dan nyaman tersebut, pinggir Pantai Soge juga bisa dijadikan lokasi camping yang cukup aman.

4. Menelusuri Pantai Menggunakan Speedboat

Bagi pengunjung yang ingin menikmati indahnya Pantai Soge secara lebih dekat, pengunjung bisa menyewa jasa Speedboat dengan harga yang cukup murah yakni Rp. 15.000 per Orangnya. Speadboat tersebut merupakan milik warga sekitar yang rata-rata berprofesi sebagai seorang nelayan sehingga dalam mengoperasikan Speedboat, keamanan dan keselamatan penumpang cukup terjamin.

5. Air Pantai yang Bersih

Air Pantai Soge yang bersih dan frekuensi Ombak yang rendah sehingga permukaan air laut cukup tenang menjadikan Pantai Soge sangat friendly bagi pengunjung yang ingin berenang di Pantai Soge. Karakteristik bibir Pantai yang sedikit cekung juga menjadi daya tarik Pantai Soge karena karakteristik tersebut pula Pantai ini aman bagi pengunjung yang ingin berenang.

6. Jembatan Layang

Sungai yang bermuara di Pantai Soge yang melintasi jalan raya selatan tersebut dilengkapi dengan jembatan layang yang bila dilewati pengendara yang melintasi jalur lintas  selatan. Dari atas jembatan tersebut, pengendara sudah bisa menyaksikan hamparan Pantai Soge yang. Jembatan tersebut juga sering dijadikan lokasi berfoto bagi pengunjung atau para pengendara yang melewati jalur lintas selatan.

7. Gazebo di Sepanjang Pantai

Gazebo tersebut sengaja disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati Pantai Soge. Pengunjung yang sudah  masuk ke dalam kawasan Pantai Soge bisa menikmati fasilitas Pantai Soge berupa gazebo dengan leluasa. Gazebo tersebut juga disediakan sebagai tempat beristirahat para pengunjung. Gazebo tersebut juga sering kali dijadikan tempat istirahat para pengendara yang melintasi jalur selatan.

8. Bebukitan di Sekitar Pantai

Di sekitar Pantai Soge terdapat jajaran perbukitan yang mengelilingi Pantai Soge. Jajaran perbukitan tersebut nemanbah keasrian Pantai Soge. Perbukitan tersebut juga bisa di jadikan background berfoto bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Soge. Kaki perbukitan tersebut langsung terhubung dengan Danau Alami.

Ulasan Pengunjung

  • Josh F Levante
    seminggu yang lalu
    Jalur pantai yang panjang lurus merupakan kelebihan pantai ini.. View bagus untuk potret terlebih dari arah atas atau sebelah barat.. Selain itu ada juga jembatan Soge yang oke punya.. Sayang sekali banyak yang parkir atao stop diatas jembatan.. Sejak 2010 tak pernah absen ngopi di warkop sekitar.. 1x satu tahun lah.. Bagus juga sebagai pilihan rest area bila melewati JLS.. Lumayanlah untuk pilihan piknik keluarga.. Ada arena laguna kecil, susur sungai seharga 10ribu per kepala.. Cuman sayang sekali masih banyak kendaraan yang parkir ditepi jalan disisi barat sehingga terkadang membahayakan.. Mungkin ada baiknya dibikinkan foto booth dengan background pantai yang panjang dan juga arsitektur Jembatan soge.. Sehingga parkir lebih tertata dan hasil bidikan lebih bagus.. Akomodasi sudah ada warung warung warga sekitar dan ada juga penginapan murah disekitar pantai.. Highlight saat malam hari rasanya belum tentu ada.. So sarannya menginap di Kota Pacitan atau Lorok pilihan yang lebih baik. Selamat menikmati perjalanan anda.
  • Dina Tri
    dalam minggu terakhir
    Pntai d tepi jalur lintas selatan sangat asyik buat d kunjungi,bisa berselfie dan bermain air,cocok buat wisata kluarga atau sekedar menikmati suasana pantai saat akan berkunjung k pacitan dari arah panggul trenggalek
  • INDRA avzakiy
    dalam minggu terakhir
    Saat perjalanan seblm tiba di lokasi kita hrs ekstra hati" dgn medan jaln berkelok dan tebing yg rawan longsor,tetapi smua terbayar saat melihat di sisi jalan pantai soge yg begitu indah,,,,
  • eko setiyawan
    dalam minggu terakhir
    Pantai jalur lintas selatan pacitan hanya bayar parkir saja,tidak ada tiket masuk, cukup bagus ada mainan untuk anak2. Ada banyak pilihan pantai sepanjang jalur lintas selatan pacitan
  • lourensius awan winarno
    dalam minggu terakhir
    Melewatinya tanpa berhenti tidaklah afdol..parkirlah.. nikmati indahnya tempat ini..pasti mendapatkan kenangan yang tak terlupa dan yang pasti ingin ke sini lagi.. mantapsss Pacitan