Pantai Seruni Pacitan

Pantai Seruni Pacitan

Ngobyogan, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia

11 Ulasan

Berbicara soal pantai emang tidak akan ada habisnya, ada banyak tempat wisata pantai dengan pesona-nya yang indah dan juga menawan di Indonesia.

Apalagi Indonesia adalah negara kepulauan dimana banyak sekali bahkan ratusan jumlah pantai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tentunya banyak sekali pantai yang populer hingga dikenal di mancanegara seperti pantai yang ada di Bali dan Yogyakarta.

Namun di balik nama pantai populer seperti Pantai Kuta, Pantai Parangtritis, ada banyak lagi pantai yang bahkan belum dijelajahi keindahannya.

Panyai Seruni Bak Surga Tersembunyi Di Pacitan

Bagi Anda yang hobi berwisata alam, berlibur ke pantai dengan sendirinya akan turut mengenalkan pantai tersebut. Apalagi photo-photo di lokasi pantai, Anda upload ke akun sosial media Anda.

Hal inilah yang menjadi peran Anda untuk mengenalkan tempat-tempat wisata di Indonesia. Disamping peran pemerintah setempat dalam pengelolaan sarana dan prasarana demi kemajuan serta menarik para wisatawan untuk datang berkunjung.

Pantai Seruni Pacitan

Pacitan merupakan salah satu kota dengan banyak destinasi wisata yang dapat kita nikmati. Kota ini adalah kota kelahiran mantan presiden kelima yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Kota ini juga populer dengan sebutan kota 1001 goa karena daerahnya memang banyak sekali goa atau luweng. Goa-goa ini tersebar dari ujung barat Donorojo hingga ujung timur wilayah Tegalombo.

Wisata Pantai Seruni Pacitan

Namun selain goa, Pacitan juga terkenal akan keindahan pantainya yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa yang berdampingan dengan Samudra Hindia. Sehingga menghasilkan pesona pantai dan ombak besar yang indah.

Salah satu pantai dengan pesonanya yang indah di Kota Pacitan adalah Pantai Seruni. Terletak di Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Pantai Seruni sendiri merupakan wisata pantai yang masih tergolong sepi dari pengunjung karena tempatnya yang cukup tersembunyi. Namun pesona pantai ini sangatlah menarik perhatian para wisatawan.

Selain suasana pantainya yang tenang, obyek wisata pantai ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai suasana sejuk dan asri. Karena memang suasana tenang ini yang disuguhkan oleh Pantai Seruni.

Pantai Seruni Pacitan juga cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang karena kondisi pantai yang tergolong masih sangat alami. Penduduk lokal yang juga sangat ramah akan memudahkan Anda saat melakukan kunjungan ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni           

Untuk bisa mendatangi dan menikmati keindahan Pantai Seruni Anda tidak akan merogoh kocek untuk membeli tiket masuk karena memang di pantai ini belum ada tiket masuk.

Meskipun tidak menyediakan tempat jual beli tiket namun Anda bisa menikmati fasilitas seperti parkir kendaraan yang di sediakan oleh warga sekitar.

Jam operasional Pantai Seruni Pacitan juga terbuka selama 24 jam, sehingga Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja baik pagi, siang atau malam.

Rute Menuju Pantai Seruni

Apabila Anda memulai perjalanan dari arah Pacitan kota  maka ikuti saja arah menuju ke Pantai Srau atau Watukarung sampai di pertigaan Pringkuku dimana Anda harus belok ke kiri.

Dari sini lurus saja, hingga Anda kembali menemukan pertigaan, kemudian belok ke kanan dan ikuti arah ke Pantai Watukarung.

Pada setiap persimpangan akan ada petunjuk arah jadi Anda tak perlu khawatir akan tersesat di jalan. Ikutilah jalur utama sampai pada pertigaan Watukarung dan terus ikuti jalan tersebut sampai Anda bertemu dengan persimpangan dengan tanda yang bertuliskan Pantai Seruni.

Perjalanan menuju ke Pantai Seruni dari Watukarung ini melewati sebuah jembatan dengan sungai yang tampak menghijau dan indah. Di pinggir-pinggir dihiasi oleh pohon kelapa beserta lambain-nya.

Akses jalannya juga terbilang mudah dengan melewati jalan yang sudah beraspal yang kemudian disambung rabat dua jalur dengan medan jalan yang rata dan hampir tidak ada tanjakan.

Anda dapat mengakses jalan dengan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat. Setelah memparkirkan kendaraan di pinggir jalan, maka Anda diharuskan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan rute yang tidak terlalu jauh namun melewati ladang milik warga setempat.

Dan bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, maka Anda tidak perlu khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah naik bus umum dengan perhentian terminal bus Pringkuku.

Dari terminal ini Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek untuk selanjutnya menuju ke arah Pantai Seruni.

Obyek Wisata Pantai Seruni

Obyek wisata Pantai Seruni sesungguhnya menyuguhkan pesona keindahan laut selatan seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Pacitan.

Namun karena area Pantai Seruni Pacitan yang tergolong tersembunyi dan masih sangat alami sehingga tempat ini tergolong sepi dari para pengunjung.

Belum maksimal-nya pengelolaan dari pemerintah setempat membuat pengadaan sarana fasilitas yang ada di Pantai Seruni terbilang cukup minim.

Meskipun begitu Anda masih bisa menggunakan fasilitas yang telah di sediakan oleh warga setempat. Fasilitas itu seperti sarana kamar mandi atau toilet, area parkir kendaraan serta tempat peristirahatan hingga fasilitas lainnya.

Anda sebaiknya juga membawa perbekalan dari rumah, karena di kawasan wisata Pantai Seruni ini belum ada warung yang menjual makanan atau minuman untuk para pengunjung pantai.

1. Menikmati Keindahan Pantai Seruni        

Pemandangan Pantai Seruni Pacitan

Walapun wisata Pantai Seruni Pacitan ini masih tersembunyi dan juga jarang di kunjungi oleh wisatawan, namun pesona keindahan pantainya tidak diragukan lagi. Banyak traveller yang tertarik mengunjungi tempat ini karena pemandangan alamnya yang masih sangat alami.

Pantai Seruni juga memiliki bukit yang berdiri kokoh di bibir pantai. Sehingga apabila ombak datang Anda akan dapat menyaksikan gelombang ombak yang menghantam bukit hingga menghasilkan deburan ombak yang indah.

2. Menikmati Deburan Ombak

Pantai Seruni Pacitan Jawa Timur

Pantai Seruni sendiri memiliki gelombang pantai selatan yang tidak begitu besar sehingga terbilang cukup aman jika Anda ingin berenang. Namun di anjurkan untuk tetap berhati-hati saat bermain air di pantai ini.

Jalanan sekitar pantai yang masih tergolong terjal menandakan keperawanan Pantai Seruni yang masih butuh tahapan panjang untuk di jelajahi.

Karena pesona Pantai Seruni sebenarnya tidak kalah cantik dengan pantai-pantai pendahulunya yang sudah lebih dulu terkenal. Misalnya seperti Pantai Klayar, Pantai Soge dan pantai-pantai lainnya yang ada di Kota Pacitan.

3. Spot Photo

Menikmati Indahnya Pantai Seruni Pacitan

Pantai Seruni sangat cocok untuk Anda yang menginginkan suasana tenang dalam menikmati keindahan pantai. Banyak spot photo yang dapat Anda jadikan latar belakang photo Anda.

Hamparan pasir putihnya yang bersih dan ombak khas pantai selatan akan memanjakan Anda untuk lebih betah berlama-lama bersantai di Pantai Seruni ini.

Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya seperti perbekalan makan, air minum, pakaian ganti dan juga lainnya. Serta perlengkapan tambahan seperti sunblock karena cuaca yang cenderung panas, topi serta kacamata.

Jangan lupa membawa peralatan utama untuk mengabadikan momen – momen istimewa Anda bersama teman-teman atau keluarga yakni kamera.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Seruni Pacitan Jawa Timur ini. Karena keindahan Pantai Seruni memang layak untuk dijelajahi lebih jauh.

Siapkan fisik dan juga kendaraan yang akan Anda pergunakan supaya liburan Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

11 Ulasan untuk Pantai Seruni Pacitan, Pacitan, Jawa Timur

  1. Pantainya masih alami pemandangannya cukup indah. Pasirnya putih masih bersih. Masih jarang dikunjungi wisatawan. Akses jalannya masih sulit, harus lewat jalan setapak.

  2. nice

  3. Pantai nya ok tersembunyi, tapi aksesnya sangat sulit harus jalan sekitar 2 km dari jalan yang bisa dilalui mobil.

  4. Pantainya bagus, sayang akses ke pantai agak sulit

  5. Private beach

  6. sepi tak berpenghuni,view nya cakep

  7. Akses menuju lokasi extrim, jln masih sempit,, blm ada yg jualan juga pdhl dsana panasss banget,,,, n untuk sampai ke pantai harus naik turun tebing n sangat jauh banget,, mlewati semacam hutan,, semogA ada perbaikan kedepannya,, TPI STLH sampai d pantai terbayar sudah perjuangan nya,, keren banget pemandangannya

  8. pantai nya masih natural….tidak disarankan untuk lansia karena harus melalewati perjalanan kaki yg cukup jauh untuk kebibir pantai

Tinggalkan Balasan