Pantai Teleng Ria

Indonesia merupakan negara yang di karunia keanekaragaman hayati dan keindahan alam yang melimpah. Bicara tentang Pantai eksotis pasti merujuk ke Pantai-Pantai yang ada di Bali, Lombok, Pulau Rote hingga Papua. Namun jangan salah, kekayaan alam dan bahari Indonesia tidak hanya terletak di pulau-pulau yang sudah padat wisatawan tersebut, tak terkecuali di Pacitan.

Kota Pacitan tidak hanya terkenal sebagai spot macet saat terjadi liburan panjang atau mudik lebaran saja, namun juga terkenal dengan berbagai nuansa alam yang tentunya mempesona jutaan pengunjung. Sebut saja Pantai Buyutan dengan dongeng mahkota Dewa Narada hingga tentunya Pantai Teleng Ria yang terkenal dengan kelandaian lahan dan eksotismenya.

Pantai seluas 40 ha ini awalnya bergabung dengan Pantai tetangga bernama Pantai Tamperan namun akhirnya terpisah atau dalam bahasa jawa berarti diberi teleng atau pemisah. Di Pantai Teleng Ria ini selain menghadirkan fasilitas alam berupa beningnya air laut, pemandangan alam Gunung Limo, ombak besar, bukit batu karang, hamparan pasir yang lembut hingga rimbun pepohonan.

Selain itu juga terdapat fasilitas umum lain berupa pondok atau pendopo mewah dengan ornament tradisional seperti wayang, jalan setapak dengan lampu-lampu hias yang nampak bagai Pantai modern. Tersedia pula resort dan penginapan mewah, mushola, kamar mandi, parkir luas hingga jejeran rumah makan yang menghidangkan masakan laut serta Waterpark.

Harga Tiket Masuk di Pantai Teleng Ria

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai, bukit karang, biru laut, pasir lembut dan hutan cemara serta berbagai fasilitas umum di sana hanya dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per orang pada hari biasa sementara pada hari libur akan dikenai Rp 15.000 dimana itu harga yang wajar dan terbayarkan bagi pesona alam dan kebersihan Pantai nya.

Tariff parkir akan dikenakan harga standar yaitu Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua sedangkan kendaraan roda empat akan dikenakan Rp 5.000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Teleng Ria

Lokasi Pantai Teleng Ria ini tidak jauh dari kota hanya dibutuhkan waktu 15 hingga 30 menit perjalanan atau sekiatr 2.5 km dengan detail lokasi di Kecamatan Pacitan tepatnya di Desa Sidoharjo yang apabila pengunjung melewati daerah pinggiran maka Pantai sudah terlihat karena letaknya persis di pinggir jalan besar.

Bagi pengunjung yang datang dari Suarabaya dapat mengambil jalur dari Mojokerto sementara yang berasal dari Solo dan Jogjakarta dapat menempuh jalur Solo-Pacitan. Pengunjung yang datang dari Jawa Barat dapat mengambil jalur Tol Cipali dan dari Jawa Tengah mengambil Jalan Nasional III.

Obyek Wisata di Pantai Teleng Ria

1. Spot renang, diving dan surfing

Ombak Pantai yang cukup besar dan biru laut juga sangat cocok digunakan untuk berenang, diving hingga surfing sehingga tidak heran akan banyak dijumpai turis mancanegara di Pantai Teleng Ria ini. Ombak besar di sini terbilang aman karena karakternya yang tidak menyeret ketika sudah sampai di bibir Pantai.

Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan surfing tidak perlu merasa khawatir karena pihak pengelola menyediakan peralatan sewa untuk diving, snorkeling hingga surfing dengan harga mulai dari Ro 55.000 hingga Rp 70.000 per orang.

2. Waterpark

Hadirnya waterpark di tengah keindahan pesona alam tentu melengkapi liburan keluarga terutama bagi anak-anak yang umumnya menyukai wahan air. Dikarenakan ombak laut yang cukup besar, pihak pengelola berinisiatif membangun waterpark lengkap dengan wahana permainan air lain untuk dapat menghibur anak-anak dengan tariff Rp 10.000 per orang.

3. Hutan cemara

Dibalik kesejukan udara tentu terdapat rimbunan pohon. Rimbunan pohon di sini bukannya deretan pohon yang mengitari bibir Pantai melainkan benar-benar sebuah hutan eksotis yang ditumbuhi pohon cemara dengan berbagai bentuk. Hutan cemara ini memang terbentuk dan tumbuh secara alami yang kemungkinan berfungsi sebagai benteng penangkal abrasi.

4. Gunung Limo

Hal yang membuat Pantai ini tampak menarik dan eksotis adalah keberadaannya yang diapit oleh Gunung Limo dan akan terlihat menyerupai huruf U apabila dilihat dari kacamata geografis. Pengunjung yang memiliki kecintaan pada hal-hal ekstrim dan menantang disarankan untuk dapat menjangkau puncak Gunung Limau dengan ketinggian yang landai dan tidak terlalu ekstrim.

Apabila sudah sampai di puncak suasana tentu akan berbeda dengan hembusan angina yang lebih sejuk. Dari atas juga dapat dilihat bahwa bentuk gunung yang mengapit Pantai  Teleng Ria ditengahnya benar-benar menyerupai huruf U dan memperlihatkan bahwa posisi Pantai tersebut memang terlihat landau.

5. Spot foto

Bagi para pecinta fotografi Pantai Teleng Ria ini tentu sangant direkomendasi terutama pada spot-spot eksotis seperti bukit batu karang, ombak ketika berselancar atau surfing karena airnya yang bening, gunung limo hingga hutan cemara yang memiliki landscape menawan dan sayang dilewatkan.

Pantai Teleng Ria tidak hanya berwujud Pantai unik yang diapit oleh Gunung Limo namun juga kejernihan lau nya yang dimanfaatkan untuk aktivitas olahraga ekstrim seperti diving, snorkeling hinggga surfing serta tentu nuansa alam yang tiada habis-habisnya.

Ulasan Pengunjung

  • Haryadi Bakri
    dalam minggu terakhir
    Pantai dengan ombak yang bagus buat surfing, kalau indah sih standar aja,gkd pepohonan seperti di pantai pesisir Timur Pulau Bintan, pantai cukup luas tapi sampah dimana2, puntung rokok bertebaran, perokok dimana2, perlu penegasan larangan merokok ditempat publik, gak sehat buat anak2 dan keluarga.
  • Nining Supriati
    2 minggu yang lalu
    tempat bagus cocok destinasi terkhir kl liburan ke pacitan buat borong oleh2 aneka ikan olahan dengan harga murah wahana nya jg banyak cm sayang agak kotor
  • royani darma
    sebulan yang lalu
    Pantainya bagus luas, ada kebun pohon cemaranya. Cocok untuk yang membawa anak kecil karna pantainya landai.
  • alvin game
    3 bulan lalu
    Tiket masuk 15 RB dewasa anak anak gratis, parkir mobil 10 ribu bebas di mana saja cari yang teduh di bawah pohon rindang, pantai masih agak kotor lumayan banyak sampah di pinggir
  • rizki persada mukti
    sebulan yang lalu
    Bagus.Tapi Papan Nama pantai di depan jalan raya masukknya kurang kelihatan