Pantai Taman

Pantai Taman

Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63572, Indonesia

13 Ulasan

Hari libur telah tiba, sudahkah Anda memiliki tujuan berlibur di akhir pekan nanti? Kalau belum, ada banyak rekomendasi tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu akhir pekan nanti.

Wisata alam masih merupakan favorit bagi para wisatawan dalam daftar tujuan utama saat berlibur, dan pantai adalah salah satunya.

Banyak sekali wisata-wisata pantai yang menyajikan pemandangan alam yang indah. Belum lagi para pengelola pantai yang banyak mengembangkan fasilitas pendukung pantai demi kenyamanan dan kepuasan para wisatawan.

Pantai Taman Pacitan

Pantai Taman Pacitan Jawa Timur

Pacitan merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur, lokasinya berada di barat daya Surabaya yang juga berbatasan dengan Jawa Tengah. Pacitan di kenal memiliki wisata alam dengan keindahan yang mempesona, dimana salah satunya adalah Pantai Taman.

Pantai Taman Pacitan sendiri adalah salah satu wisata pantai yang terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Pantai Taman ini merupakan wisata pantai yang banyak diminati bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak heran jika saat hari libur pantai ini akan sangat ramai di kunjungi para wisatawan.

Pantai Taman juga masih satu arah atau berdekatan dengan wisata pantai terkenal Pacitan yakni Pantai Soge, namun untuk pemandangan alamnya tidak diragukan lagi jika Pantai Taman tidak kalah cantik dan eksotis dibanding pantai lainnya yang ada di Pacitan.

Pantai ini memiliki banyak keunggulan dibanding pantai di Pacitan lainnya. Diantaranya Pantai Taman Pacitan yang merupakan kawasan konservasi penyu.

Selain itu pantai ini juga memiliki wahana extreme flying fox yang dulu pernah tercatat sebagai fying fox terpanjang di Indonesia.

Harga Tiket Pantai Taman

Harga tiket yang masuk yang dikenakan saat Anda mengunjungi kawasan wisata ini cukup terjangkau yakni Rp 5000 per orang.

Sementara untuk biaya registrasi parkir kendaraan Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat.

Sementara jam operasional Pantai Taman di buka pada pukul 08.00 waktu setempat dan di tutup pada pukul 19.00 malam waktu setempat.

Rute Menuju Pantai Taman

Lokasi Pantai Taman berada di jalur selatan yang menghubungkan antara Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Treanggalek.

Letaknya di sebelah Pantai Bawur yang telah di jadikan sebagai PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dan beberapa menit ke arah timur dari arah kawasan Pantai Soge.

Akses menuju Pantai Taman dari pusat kota Pacitan ke arah timur melalui jalur lintas selatan sampai kecamatan Ngadirejo, Pacitan. Selanjutnya cari papan petunjuk arah menuju Pantai Taman di pinggir jalan, ikuti arahnya hingga sampai di lokasi tujuan.

Akses jalan menuju ke Pantai Taman yang ada di Pacitan ini melewati gang jalan perkampungan warga setempat dan kondisinya belum diaspal.

Namun Anda tidak akan kesulitan melalui rute tersebut karena akses jalan yang cukup lebar dengan kondisi jalan berbatu dan sudah di padatkan.

Obyek Wisata Pantai Taman

Kesan pertama yang akan Anda dapatkan mengenai pantai ini adalah pantai dengan garis pantai yang memanjang dari ujung sisi sebelah timur hingga sisi sebelah barat. Pasir Pantai Taman sendiri berwarna putih, khas dengan pantai-pantai pesisir selatan Pulau Jawa.

Salah satu hal yang menarik perhatian dari pantai ini adalah keberadaan patung penyu raksasa yang berada di tepian pantai. Obyek tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan terutama bagi anak-anak yang sedang berlibur.

Ini tidak lepas dari Pantai Taman sebagai konsep pendidikan dan petualangan dimana Anda akan belajar dan melihat lebih dekat konservasi penyu di pantai ini, juga berpetualang dengan wahana extreme flying fox bagi Anda yang bernyali besar.

Selain itu dengan pengelolaan yang baik, Pantai Taman Pacitan telah memiliki beberapa fasilitas-fasilitas pendukung yang di butuhkan oleh wisatawan.

Pengelola telah menyediakan tempat bersantai seperti ayunan dan gazebo-gazebo di lokasi wisata agar pengunjung lebih bisa rileks dalam menikmati suasana pantai

Fasilitas lain yang dapat Anda temukan disini antara lain adalah toilet umum yang juga terdapat kamar ganti didalamnya.

Terdapat lahan parkir, dan tempat penginapan bagi Anda yang berminat menghabiskan malam di area pantai, hingga warung-warung makan dengan menu masakan laut-nya di sepanjang bibir pantai.

1. Konservasi Penyu

Penangkaran Penyu Di Pantai Taman Pacitan

Adanya konservasi penyu di Pantai Taman ini berawal saat terjadinya pencarian telur serta pembantaian terhadap penyu yang masih berlangsung di kawasan Kabupaten Pacitan.

Banyaknya kasus pencurian telur penyu dan juga pembantaian akibat kurangnya kesadaran dari sebagian warga. Dimana penyu diburu kemudian dipotong untuk diambil dagingnya juga telur-nya lantaran percaya berkhasiat untuk stamina tubuh.

Penyu sendiri merupakan hewan yang di lindungi oleh Undang-Undang No 45 tahun 2009 tentang perikanan.

Dan sejak akhir 2013 konservasi penyu telah di jalankan melalui kerjasama  dengan Universitas Muhammadiyah Malang. Hingga hari telah lebih dari 1500 anak penyu yang kembali dilepas ke laut.

Adapun jenis-jenis penyu yang di lestarikan adalah penyu sisik (Eretmochelys Imbricata), penyu hijau (Chelonia Mydas). Konservasi penyu di Pantai Taman inipun turut berimbas bagi peningkatan wisatawan.

Sebelum pelestarian dimulai jumlah pengunjung setiap akhir pekan-nya sekitar kurang lebih 50 orang. Namun sekarang meningkat dari 150 hingga 200 orang tiap pekan-nya.

Anda bisa melihat melihat proses perkembangan hingga perawatan penyu sampai melepasnya ke laut. Penangkaran penyu ini di kelola oleh penduduk setempat yang tergabung dalam kelompok konservasi penyu.

Selama kurang lebih setahun terakhir usaha tersebut dapat dirasakan oleh warga pengelola konservasi penyu yang mana menghasilkan kurang lebih Rp 14 juta.

Dimana seekor penyu tiap pelepasan dihargai Rp 20.000. Penyu-penyu tersebut didapatkan dari laut saat keluar dari pantai untuk bertelur di malam hari, biasanya pada bulan-bulan tertentu yaitu April hingga Agustus.

2. Flying fox

Fliying Fox Pantai Taman Pacitan

Flying fox merupakan wisata petualang paling extreme yang ada di Pantai Taman Pacitan ini. Jika Anda bernyali tinggi maka wahana satu ini cocok untuk Anda coba.

Flying fox Pacitan ini sempat menyandang sebagai flying fox tertinggi dan terpanjang di Indonesia dengan total lintasan sepanjang 450 meter dan ketinggian kurang lebih 80 meter.

Namun predikat tersebut sekarang sudah di ambil oleh Tretes Treetop yang ada di daerah Pandaan dengan panjang lintasan mencapai 1000 meter.

Namun Anda akan merasakan sensasi yang berbeda saat ‘terbang’ di Pantai Taman karena memiliki view ke laut lepas. Berbeda dengan flying fox lainnya yang kebanyakan melintasi pepohonan.

Untuk mencoba tantangan ini, Anda harus menaiki bukit dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari lokasi parkir. Anda harus menyusuri trek yang cukup ringan dengan melintasi bukit yang penuh kelokan dan juga tanjakan.

Sangat menakjubkan menikmati keindahan pemandangan di atas tebing tinggi tersebut.

Dengan kapasitas 95 kg, kekuatan teknik 2.5 ton dengan kecepatan luncur 50 km/jam dimana waktu luncur yang ditempuh kurang lebih 30 detik. Dilengkapi 2 jalur kabel yang  masing-masing berkekuatan 2.500 kg.

Dengan membayar sebesar Rp 30.000 Anda bisa menikmati olahraga yang cukup memacu adrenalin ini.

Nikmati meluncur dari atas tebing dengan view pemandangan pantai Taman yang indah. Selain itu Anda juga bisa melihat konservasi penyu dan juga kolam renang dari atas ketinggian.

Wahana flying fox dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu, selain hari tersebut Anda harus booking dulu ke pengelola atau pemandu flying fox setempat.

3. Kolam Renang

Pengelola sengaja membangun fasilitas kolam renang sebagai fasilitas pendukung bagi para wisatawan yang ingin berenang dengan aman.

Karena Pantai Taman memiliki ombak yang cukup besar. Dimana identik dengan ombak pantai-pantai selatan lainnya yang memiliki karakteristik gelombang besar. Sehingga tidak disarankan untuk berenang hingga ke tengah laut-nya.

Kolam renang yang ada di Pantai Taman ini terbagi atas dua bagian yaitu kolam renang untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak. Jika Anda berminat untuk berenang di kolam ini maka Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 5000 saja.

Nah demikianlah ulasan dan gambaran seputar wisata Pantai Taman Pacitan. Semoga ulasan ini memberi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang cocok untuk akhir pekan ini.

13 Ulasan untuk Pantai Taman, Pacitan, Jawa Timur

  1. jalanan untuk ke pantai taman bagus, karna dekat dengan jalur lintas selatan. harga tiket masuk per orang 5 ribu, sepeda motor 3 ribu. pantainya bagus banget, bersih, buat foto juga epic sekali. fasilitas udah mendukung ada musholla, wc umum, warung makanan. untuk wahana ada flying fox, ada konservasi penyu juga bagus buat ngajak dede kecil hehe. recomended buat yg ingin berlibur ke pacitan

  2. Pantai dengan hamparan pasir putih yang panjang, ada konservasi penyu, dengan jenis penyu abu abu, penyu sisik, penyu blimbing dan penyu hijau, kita bisa belajar bagaimana cara menyelamatkan penyu agar tetap berkembang

  3. Ada penangkatan penyu & flying fox, sore flying fox sdh tutup. Pantainya kecil & pasirnya dominan warna hitam

  4. Salah Satu Pantai terbaik di pacitan. murah cocok untuk anda yg suka camp di pantai.. anda bisa dapatkan Sirsak dan kelapa segar gratis jika mau mengexplore tempat ini

  5. Siiiiiip mantep olahan ikan disini enak2 banget. Harganya bersahabat. Ada ayunan di pinggir pantai kaya di lombok gt. Untuk makan atau berteduh gazebonya bagus dan adem. Pasir pantainya cenderung kecoklatan. Spot yang menarik ada penangkaran penyu. Masuknya cm 2rb kalo ga salah. Lalu ada kolam renang di pinggir pantai. Yg paling menarik sih ada flying fox 450 terpanjang di asia tenggara (katanya) otu seru sih. Kl ga berani flying fox bisa liat view dr titik luncir flying fox viewnya eduuuuuuuuun 😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍

  6. lokasi mudah di jangkau dan saran saya jangan datang pada saat musim hujan keran fasilitas umum untuk berteduh masih kurang dan kurang terawat. untuk jalan menuju patung penyu jalan masih sempit hanya bisa di lalui 1 mobil dan tidak untuk Bis besar maupun Bis Kecil.

  7. Dengan asumsi tiba di Pacitan pada pagi menjelang siang, destinasi pertama yang paling pas untuk dikunjungi adalah Pantai Taman. Pantai ini adalah satu dari sederet pantai di sebelah timur kota Pacitan. Secara administratif pantai ini berada di desa Hadiwarno, kecamatan Ngadirojo yang berjarak sekitar 25 km dari alun-alun kota. Akses menuju ke sana cukup mudah dengan selesainya pembangunan Jalur Lintas Selatan dimana hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di lokasi.

  8. Pantai yang recomended banget untuk liburan. Harga tiket masuk sangat murah, terdapat tempat konservasi penyu, kolam renang pinggir pantai untuk anak-anak dan dewasa, flying fox terpanjang di indonesia serta tersedia fasilitas toilet dan mushola.

  9. Kawasan pesisir pantai yang bersih, dilengkapi fasilitas toilet, musholla dan food court. Pantai ini yang menjadi salah satu area bertelur Penyu, mulai dari penyu hijau, penyu abu- abu, penyu sisik dan penyu belimbing. Dan untuk para penikmat ketinggian bisa mecoba Flying Fox terpanjang di Indonesia yang berada di sebelah barat tebing tinggi pantai. Pantai ini wajib dikunjungi nih, apalagi jika rute perjalanan yang mudah dan dengan harga tiket yang sangat terjangkau.

  10. Pantai taman, ada loket masuknya bayar 5k/orang ☹
    Mungkin karena kesana siang hari, dan hari senin jadi serasa pantai milik sendiri ❤

  11. Flying fox tertinggi dan terpanjang tidak ada (maintenance)
    Kolam renang aman buat anak2
    Penangkaran penyu kurang terawat
    Tumbuhan bakau minim
    Menu makanan sedikit
    Kamar mandi kurang bersih
    Akses dari parkiran menuju pantai terlalu jauh

  12. Bagus masih bersih dan sepi,cocok buat ber-selfie riya,tapi ketika ombak besar gak bisa buat mandi cuman bisa main di bibir pantai

  13. Pantai ini dekat sekali dg pantai soge. Akses ke pantai juga mudah. Dari gerbang retribusi belokkan kendaraan ke kanan, dari gerbang ini, jalan tanah, tapi mobil bisa masuk sampe ke ujung pantai yg ada patung penyu dan tebing ini. Lumayan buat foto2 😁

Tinggalkan Balasan