Pantai Wawaran

Pantai Wawaran

Wawaran, Sidomulyo, Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63561, Indonesia

8 Ulasan

Pantai merupakan salah satu tempat favorit liburan saat ini, suasana yang nyaman di iringi deburan ombak. Semilir angin yang lembut membuat perasaan menjadi tenang.

Menurut banyak penelitian suasana pantai yang nyaman memang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh terutama kesehatan otak.

Banyak ahli mengungkapkan bahwa berlibur ke pantai akan bisa membuat otak menjadi lebih sehat, bahagia dan juga semangat.

Menghabiskan waktu luang   dengan bersantai di alam seperti pantai, taman atau gunung memang selalu membuat pikiran menjadi makin tenang. Lebih jauh lagi bahwa berlibur ke pantai dapat mencegah resiko seseorang depresi atau juga stres.

Berada di tepi pantai sambil menikmati pemandangan alam tanpa alas kaki di atas hamparan pasir di percaya meningkatkan kreativitas dan juga membuat otak menjadi semakin cerdas dan terhindar dari resiko demensia.

Nah kali ini pantainesia akan mengulas salah satu wisata pantai di Pacitan, yaitu pantai Wawaran yang masih alami. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Wawaran Pacitan

Indahnya Pantai Wawaran Pacitan

Membicarakan pantai di Pacitan seakan tidak ada habisnya, kota dengan 1001 goa-nya dan juga terkenal akan keindahan pantainya. Banyak sekali wisata pantai yang sangat indah karena wilayah ini secara langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.

Pantai – pantai yang telah memiliki nama seperti Pantai Klayar, Pantai Buyutan dan Pantai Soge merupakan contoh produk pantai yang ada di Kabupaten Pacitan.

Terkenal keindahannya di kalangan lokal maupun luar. Belum lagi pantai-pantai lainnya yang ada di Pacitan yang masih tersembunyi keindahannya.

Salah satu pantai indah yang ada di Kabupaten Pacitan adalah pantai Wawaran, dimana pantai  ini memiliki pemandangan indah dan potensi hasil laut yang sangat besar.

Pantai Wawaran sendiri secara administratif  berada di Dusun Wawaran, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Selain keindahan alamnya, Pantai Wawaran juga sebagai tempat mata pencaharian penduduk setempat.

Pantai Wawaran ini juga sebagai pusat optimalisasi penangkapan ikan untuk modernisasi para nelayan dalam penggunaan alat-alat modern saat mencari ikan seperti GPS. Maka tidak ada salahnya jika Anda sedang berlibur ke Pacitan untuk mampir ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Wawaran

Tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk kawasan ini, karena memang tempat ini bisa di masuki siapapun tanpa di pungut biaya alias gratis.

Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan bagi yang membawa kendaraan pribadi. Objek wisata pantai Wawaran ini juga dibuka selama 24 jam sehingga Anda bisa bebas datang kapanpun Anda  mau.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wawaran

Lokasi Pantai wawaran ini sangat mudah di temukan karena jalan menuju kawasan pantai sudah cukup bagus. Selain itu banyak papan penunjuk jalan yang dipasang agar para wisatawan tidak bingung untuk sampai di kawasan ini.

Anda bisa memulai dengan melalui Jalur Lintas Selatan dimana Anda bisa mengambil jalur kanan  setelah melalui fly over Sidomulyo.

Dengan catatan Anda memulai perjalanan dari arah barat. Dari sini Anda bisa mengikuti papan petunjuk jalan yang dibuat oleh warga sekitar di sepanjang persimpangan jalan.

Perjalanan menuju JLS hingga Pantai Wawaran membutuhkan waktu antara  40 hingga 60 menit. Akses jalan menuju  pantai Wawaran ini tergolong cukup mudah karena area pantai berada di ujung jalan yang beraspal ini.

Obyek Wisata Pantai Wawaran

Pantai Wawaran Pacitan

Pantai Wawaran Pacitan ini pada awalnya di khususkan untuk daerah nelayan tradisional. Disaat Anda berkunjung di pantai ini, Anda akan melihat banyak sekali perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi di sepanjang tepi pantai.

Wisatawan lokal menyebutnya sebagai surga yang tersembunyi karena tempatnya yang cukup terpencil jauh dari pusat area Jalur Lintas Selatan.

Untuk fasilitas sudah tentu lengkap karena kawasan Pantai Wawaran ini sebenarnya adalah sebuah perkampungan nelayan sehingga fasilitas umum yang tentunya akan memanjakan para pengunjung.

Anda bisa bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan di tepi pantai sambil menikmati indahnya pemandangan alam Pantai Wawaran.

Fasilitas pendukung lain seperti toilet umum juga akan Anda temukan dengan mudah dan dalam kondisi yang cukup terawat. Toilet dan kamar mandi ini juga biasa digunakan wisatawan untuk membersihkan diri setelah puas bermain air dan pasir di pantai ini.

Selain itu lahan parkir yang ada ada di Pantai Wawaran juga cukup luas sehingga Anda bisa memarkirkan kendaraan roda 4 Anda dengan mudah.

Bahkan jika Anda ingin menginap, di pantai Wawaran ini banyak penginapan atau homestay yang dapat Anda sewa dengan harga yang bervariasi. Di hari biasa bahkan Anda bisa mendapatkan harga yang relatif terjangkau.

1. Keindahan Alam Pantai Wawaran

Wisata Pantai Wawaran

Letak Pantai Wawaran yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia membuat panorama alamnya sungguh menawan.

Memiliki hamparan pasir putih dan juga rimbun-nya hutan bakau ditambah nyiur lambaian pohon kelapa di sepanjang pantainya melengkapi pesona alam Pantai Wawaran.

Gelombang khas pantai selatan yang menerjang batu-batuan karang di salah satu sisi tebing terjal-nya serta laut-nya yang dalam dan berwarna biru turut menambah kecantikan pantai Wawaran.

Di tambah pemandangan indah dengan suasana khas kampung nelayan dengan pasir pantainya yang bersih dan batuan karang yang indah. Kondisi ini bisa Anda jadikan spot foto yang menarik bersama keluarga atau teman-teman Anda.

2. Bermain Air dan Pasir

Bermaipasir Di Pantai Wawaran

Obyek wisata Pantai Wawaran ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai untuk sekedar bermain air dan pasir di tepian pantai.

Ombak di pantai ini cukup bersahabat dan landai karena banyak terdapat banyak batu karang di dekat bibir pantai. Dimana berbatasan langsung dengan pasir putihnya yang indah.

Di batu-batu karang tersebut Anda Akan bisa menemukan banyak sekali hewan-hewan laut di perairan dangkal seperti ikan-ikan hias warna warni, bintang laut dan juga kepiting.

Namun tetap saja Anda harus tetap berhati-hati bila mengunjungi pantai ini bersama anak-anak, meskipun kecelakaan laut bisa di minimalisir, tapi terjatuh di karang tetap merupakan hal yang berbahaya bagi nak-anak.

Pantai Wawaran tergolong pantai yang masih sepi pengunjung karena belum banyak yang tahu akan pesona dan keindahan pantai yang masih sangat alami ini.

3. Melihat Aktivitas Nelayan

Nelayan Di Pantai Wawaran

Apabila Anda berkunjung ke pantai ini, maka Anda akan bisa secara langsung menyaksikan aktivitas pendaratan kapal nelayan. Seklaigus melihat rutinitas nelayan saat melakukan penimbangan ikan untuk diperdagangkan.

Jangan lupa untuk membeli ikan segar hasil tangkapan para nelayan dengan harga yang cukup terjangkau di Pantai Wawaran ini.

Anda juga dapat menyantap lezat-nya ikan segar dalam bentuk olahan. Banyak warung-warung makan maupun restoran yang bisa Anda nikmati langsung di  Pantai Wawaran ini.

Demikian ulasan seputar wisata pantai Wawaran Pacitan ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda saat mencari tempat liburan yang tepat untuk akhir pekan ini.

8 Ulasan untuk Pantai Wawaran, Pacitan, Jawa Timur

  1. Pantai nan indah

  2. Pantai bagus dengan pasir yang bersih….kurang cocok untuk mandi dan bermain air. Ombak besar karena letak pantai langsung menghadap laut lepas. Lokasi ini sebenarnya tempat pelabuhan pendaratan ikan. Makanya banyak perahu nelayan parkir di bibir pantai. Saran bijak sebaiknya tidak menggunakan mobil roda empat untuk memasuki area ini….dari JLS memasuki kawasan pantai Wawaran jalan sempit…sangat berbahaya ketika berpapasan dengan mobil lain. Ada tanjakan/turun an yang sangat curam dengan jalan yang sempit dan berkelok tajam. Super waspada melalui jalan ini….Alhamdulillah saya sekeluarga aman….Karena kebetulan pantai sepi….tidak satupun kami berpapasan dengan mobil lain….

  3. Kurang penataan dari pemerintah

  4. Pantai Wawaran, yang merupakan Pantai yang berada di wilayah Kecamatan Kebonagung adalah Pantai yang produktif dan prestatif dalam hal hasil ikannya. Pantai ini,selain memiliki panorama alam khas laut selatan yang indah dengan ombaknya yang besar, juga memiliki produktifitas tinggi menghasilkan ikan yang berkualitas tinggi

  5. Hidden destination ..good place.. awesome.. I LOVE PACITAN 😍

  6. Pantai yang tersembunyi di selatan pacitan. sangat indah dan menakjubkan. Walaupun tidak terlalu luas tapi pantai ini dimanfaatkan warga sekitar untuk melaut, banyak ikan yg tertangkap seperti layur, tongkol, teri, lobster dll.

  7. Bagus,cuma perlu ditata lagi,akses jalan kecil,parkir sempit,kurang bersih

  8. Tpi terbesar di kecamatan kebonagung,, ayok datang ke wawaran beli ikan segar

Tinggalkan Balasan