Pantai Langitan

Pantai Langitan

Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

8 Ulasan

Hari libur telah tiba, apakah Anda sudah merencanakan tujuan untuk menghabiskan waktu berharga Anda bersama keluarga? Kalau belum, sejenak Anda harus merencanakan meluangkan sedikit waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda dari kepenatan kesibukan dunia.

Banyak aspek yang tubuh butuhkan selain bekerja. Liburan akan membuat Anda lebih tertarik kepada kehidupan karena berlibur akan membuat Anda melihat hal-hal baru.

Liburan akan membuat energi dalam tubuh terisi kembali karena melihat sisi lain kehidupan yang tidak dikejar tenggat waktu atau pekerjaan yang menumpuk.

Liburan bersama keluarga atau teman akan membuat Anda dapat berinteraksi lebih dekat tanpa gangguan dari tugas-tugas kantor atau pekerjaan lainnya.

Salah satu aktivitas yang dapat membuat santai dan menyegarkan pikiran adalah dengan pergi berwisata ke pantai. Dengan menikmati hembusan angin sepoi-sepoi dari laut akan membuat Anda lebih tenang.

Nah kali ini pantainesia akan mengulas tentang wisata pantai yang terdapat di Pacitan Jawa Timur. Wisata pantai itu adalah wisata pantai Langitan. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Langitan Pacitan

Pantai Langitan Pacitan

Kota Pacitan memiliki bentangan alam yang sangat menarik. Sebagian wilayahnya yang masuk ke dalam deretan pegunungan seribu menyajikan hamparan hijau pegunungan kapur, yang sekaligus menghadirkan pesona goa-goa karst.

Sedangkan sisi selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, membuat Kota Pacitan memiliki banyak kawasan pantai dengan pemandangan yang mempesona.

Salah satu pantai dengan pemandangan alam yang menarik adalah Pantai Langitan. Pantai Langitan secara administratif berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lebih tepatnya Pantai Langitan terletak di sebelah timur Pantai Buyutan.

Lokasi Pantai Pacitan sendiri cukup tersembunyi di balik tebing-tebing karang yang menjulang tinggi. Hal ini yang membuat keindahan alam di Pantai Langitan tidak di ketahui banyak orang.

Namun pantai yang berbentuk teluk kecil ini memiliki pemandangan alam yang sangat cantik dengan biru-nya air laut dan juga bebatuan karang yang eksotis.

Harga Tiket Pantai Langitan

Untuk dapat memasuki kawasan ini Anda hanya Anda akan membayar harga tiket yang sangat murah yakni sebesar Rp. 5000. Harga ini juga berlaku saat akhir pekan. Harga yang sangat terjangkau untuk bisa menikmati keindahan di Pantai Langit Pacitan ini.

Pengelola tidak menentukan batasan waktu pengoperasian jam buka dan tutup Pantai Langit, ini mengartikan jika Anda bisa mengunjungi kawasan ini kapan saja selama 24 jam.

Rute Menuju Pantai Langitan

Jika Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta dan sekitarnya, Anda bisa mengambil jalur perjalanan melalui area Wonosari Rejowinangun. Nah, dari jalan Wonosari tersebut lanjutkan perjalanan Anda menuju jalan Kyai Legi di Siyono Kidul .

Dari Jalan Siyono Kidul Anda akan menemukan jalan dengan banyak tikungan, maka pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan yang baik. Setelah itu Anda akan melanjutkan perjalanan Anda menuju Jalan Nasional  III dan Jalan Tanggung

Lanjutkan perjalanan Anda hingga sampai di Jalan Paranggupito, kemudian Jalan Raya Pantai Napu hingga ke Jalan Nampu Kalak. Dari sana Anda akan menempuh jarak sekitar 3 jam sampai di tempat lokasi wisata Pantai Langitan, Pacitan.

Apabila Anda berangkat dari pusat Kota Pacitan maka jarak yang harus anda tempuh sekitar 32 kilometer, dengan waktu tempuh yang di perkirakan kurang lebih satu hingga setengah jam perjalanan.

Obyek Wisata Pantai Langitan

Pantai Langitan memang belum terkenal seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Pacitan Jawa Timur. Misalnya seperti Pantai Klayar, Pantai Teleng Ria atau Pantai Soge.

Namun Anda yang suka petualang harus dan wajib mengunjungi pantai ini. Karena rute menuju ke lokasi pantai bisa di bilang cukup extreme.

Kondisi ini mewajibkan Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik saat berkunjung ke pantai ini.

Untuk fasilitas sendiri, di Pantai Langitan ini memang terbilang belum cukup memadai di bandingkan dengan fasilitas-fasilitas yang ada di pantai lainnya yanga ada di Pacitan.

Tempatnya yang cukup sepi dan jarang ada pengunjung menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan melakukan eksplorasi pantai ini.

Namun di pantai ini banyak aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan.

1. Pemandangan Alam Pantai  Langitan

Wisata Pantai Langitan

Pada area lokasi Pantai Langitan terdapat perbukitan, dan di saat mengunjungi tempat ini Anda tidak akan banyak melakukan aktivitas air. Karena ombak yang terbilang cukup besar khas pantai selatan, Anda di sarankan untuk berhati-hati saat mengunjungi pantai ini.

Lokasi pantai yang berada di bawah bukit mengharuskan Anda menuruni tebing untuk mencapai area pantai dan hal tersebut memerlukan sedikit perjuangan.

Bagi yang malas untuk turun maka Anda bisa menikmati pemandangan laut dari atas perbukitan yang juga tak kalah epik-nya.

2. Berpetualang di Pantai Langitan

Pemandangan Pantai Langitan

Apabila Anda ingin lebih dekat menikmati keindahan alam Pantai Langitan, maka Anda di haruskan untuk turun kebawah bukit karena letak pantai Langitan yang memang berada di bawah tebing.

Jangan lupa untuk menggunakan alas pakaian dan alas kaki yang serta perlengkapan keselamtan lainnya guna kenyamanan Anda saat menuruni bukit.

Hal ini di sebabkan jalur untuk masuk ke pantai masih terhalang ilalang atau semak belukar serta batu-batuan yang curam.

Disini Anda akan berjalan cukup jauh untuk sampai ke pantai. Oleh sebab itu siapkan stamina yang bagus agar Anda bisa menikmati keindahan alam Pantai Langitan dengan aman dan juga nyaman.

Dibutuhkan nyali yang tinggi saat menuju area pantai. Karena Anda harus menuruni tebing yang curam dimana dinding tebing terdapat resapan air yang membuat tebing akan terasa lebih licin.

Namun Begitu Anda berhasil menuruni tebing ini, makan Anda akan mendapatkan pemandangan pantai yang masih sangat alami dan juga bersih dari sampah.

3. Hunting Foto

Perlengkapan satu ini jangan di lewatkan yakni membawa kamera. Karena sayang sekali jika perjuangan yang telah Anda lalui untuk sampai di Pantai Langitan namun tidak mengabadikan eksotisme keindahan pantai ini.

Meskipun pantai ini masih minim fasilitas pelindung yang memadai, namun di sekitar Pantai Langitan terdapat banyak penginapan.

Bagi Anda yang berniat menikmati keindahan pantai dalam waktu lama dapat menginap di sekitar pantai ini.

Dantaranya terdapat Homesaty Surfing Pacitan, Pasir Putih Homestay, The Cill Hill Homestay dan lainnya. Dimana penginapan tersebut menawarkan harga di sekitar dua ratus ribuan lengkap dengan fasilitasnya.

Pastikan ketika Anda berlibur mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik termasuk perbekalan agar perjalanan yang Anda lalui aman dan lancar. Anda juga bisa membawa topi dan juga tabir surya untuk melindungi tubuh Anda dari panas matahari.

Membawa bekal makanan juga merupakan ide yang baik. Dimana Anda bisa menikmatinya dengan teman atau keluarga Anda sambil duduk di tepi pantai menikmati deburan ombak serta pasir putih Pantai Langitan.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Langitan Pacitan Jawa Timur. Jangan lupa kunjungi pantai ini jika Anda berkunjung ke Pacitan.

8 Ulasan untuk Pantai Langitan, Pacitan, Jawa Timur

  1. Langitan Beach is just east of Buyutan beach. It is located in the direction of gong gong and klayar beach and to the left of Banyu Tibo beach. If my friend will come here, but be careful because to descend to Langitan beach in need of high guts because it must go down a steep cliff where on the cliff wall there is a water absorption that makes the cliff more slippery. But once you get down to this beach, you’ll find an unspoiled and clean beach from the trash

  2. Pantai masih asri

  3. Cuma bisa buat spot foto aja gak bisa turun kebawah,rute juga harus jalan kaki parkir di pantai buyutan jalan kekiri lewat jalan setapak yang biasa dilewati orang sana

  4. pantai yang masih asrii…

Tinggalkan Balasan