Pantai Klayar

Alamat: Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

(4.9/5) Baca ulasan

Bagi yang terbiasa berwisata di daerah Pacitan, maka tidak asing dengan dengan salah satu Pantai yang paling populer di Pacitan yaitu Pantai Klayar. Pantai Klayar menjadi salah satu pantai yang tidak bisa dilewatkan jika mengunjungi kota Pacitan. Pantai klayar merupakan salah satu dari gugusan Pantai Laut Selatan yang menyimpan sejuta keindahan dan misteri yang menjadikan setiap pengunjung terpesona.

Pantai Klayar memiliki Pasir Putih kecoklatan yang sangat lembut dan bersih. Pantai yang tepatnya terletak di desa Kalak, kecamatan Donorejo, kabupaten Pacitan , provinsi Jawa timur ini telah menjadi Pantai komersial yang dikembangkan dan dipromosikan oleh pemerintah Pacitan sebagai destinasi. Keberadaan Pantai Klayar ini tidak lepas dari kisah yang terjadi dahulunya di Pantai tersebut.

Ada dua versi yang mengungkapkan asal-usul nama Klayar.  Versi pertama mengungkapkan bahwa dahulu kala ada sebuah Perahu yang diterjang Ombak besar dan terdampar di Pantai ini. Perahu yang terombang ambing diterjang Ombak sebelum terdampar disebut dengan istilah “Glayar” yang kemudian lama kelamaan kata “Glayar” berubah menjadi kata Klayar yang kini menjadi nama Pantai tersebut.

Versi kedua asal mula penamaan Pantai Klayar yakni dahulunya memang Pantai ini seringkali dijadikan dikunjungi penduduk untuk berjalan-jalan baik di Pagi maupun Sore Hari. Klayar berasal dari istilah bahasa jawa yakni “klayar-kluyur” yang artinya berjalan-jalan, lama kelamaan kata tersebut lebih di singkatkan menjadi Klayar untuk mempermudah penyebutan.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Pengunjung yang ingin menikmati pesona Pantai Klayar hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp.5000 per orang pada hari senin sampai dengan hari Jumat. Sedangkan untuk weekend (sabtu-minggu) dan hari libur akan dikenakan biaya Rp.10.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir Rp.2000 untuk sepeda motor dan Rp.5000 untuk mobil.

Rute Menuju Pantai Klayar

Bagi pengunjung yang datang dari arah kota Pacitan, hanya perlu mengikuti jalur bis Solo-Pacitan, kemudian belok kiri pada pertigaan Dadapan. Setelah tiba di desa Candi selanjutnya belok kanan. Kemudian lurus terus telusuri jalan tersebut sampai kemudian menemukan pertigaan selanjutnya beserta petunjuk arah yang mengarahkan pengunjung menuju Pantai Klayar.

Pagi pengunjung yang datang dari arah Yogyakarta, bisa melewati Wonosari atau Gunung Kidul dari kedua daerah tersebut, pengunjung mengambil arah lurus ke arah timur menuju daerah pathuk. Dari Pathuk selanjutnya menuju arah Pracimantro, kemudian menuju Giribelah, selanjutnya melewati daerah Punung. Di sepanjang jalan Punung ada papan penunjuk arah menuju Pantai Klayar.

Objek Wisata di Pantai Klayar

1. Gradasi Warna Pasir yang Indah

Bibir Pantai Klayar dipenuhi dengan Pantai yang bersih dan lembut. Uniknya lagi Pantai tersebut memiliki warna yang cukup menarik yakni putih dan cokelat. Dimulai dari warna yang agak  putih pada bagian paling tepi yang kemudian semakin mendekati air laut, pasir tersebut bertransisi menjadi agak kecokelatan. Gradasi warna tersebut bisa dilihat dari arah atas atau menggunakan kamera drone.

2. Batu Karang di Tengah Pantai yang Menjadi Icon Pantai Klayar

Di bagian tengah Pantai ada sebuah bebatuan karang yang tidak hanya sekadar hasil dari erosi air laut. Konon katanya batu tersebut merupakan hasil pertarungan makhluk  gaib yang terjadi di Pantai Klayar. Batu Karang yang tersebut tersambung dengan bebatuan Karang yang ada di pinggiran Pantai Klayar bahkan bisa didaki karena sudah disediakan tangga dari beton sehingga mudah diakses oleh pengunjung

3. Seruling Samudra

Bagi wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai Klayar, atraksi dari Seruling Samudra tersebut merupakan momen yang paling di nanti. Seruling Samudra merupakan sebutan untuk sebuah Lubang Batu Karang yang berada di balik tebing. Dinamakan Seruling Samudra karena ketika angin dan air laut menembus lubang tersebut, maka akan terdengar seperti suara seruling dari laut.

4. Air Mancur di Tengah Laut

Pantai Klayar ibaratnya sebuah kolam yang dilengkapi dengan Air Mancur namun bedanya, Pantai Klayar memiliki Air Mancur yang alami serta memancarkan Air pada waktu yang tak terduga. Seruling Samudra tidak hanya mengeluarkan bunyi, tetapi ketika Air Laut Pasang yakni pada pukul 9 Pagi sampai 4 sore, Seruling Samudra akan  memancarkan Air setinggi 10- 15 meter. Inilah yang paling dinanti pengunjung.

5. Batu Sphinx dan Sumur

Fenoma Alam yang terjadi di Pantai Klayar berupa bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx yaitu Patung Singa dengan Kepala Manusia yang ada di Mesir. Itulah mengapa tebing tersebut juga di namakan Batu Sphinx. Dahulu Masyarakat sekitar memberi nama Watu Lumbung. Keunikan tebing batu tersebut sering kali dijadikan objek wisata oleh para wisatawan yang mengunjungi Pantai Klayar.

Selain itu, di celah-celah batu karang ada tidak Lubang yang disebut Sumur oleh warga sekitar. Sumur pertama yang paling lebar dan luas dahulunya dijadikan arena pemandian  dan pengobatan kuda balap. Sedangkan dua sumur lainnya berukuran lebih kecil yang masing-masing dinamakan sumur Ciderlaras dan Suranyata serta dipercaya membawa berkah.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Klayar

  1. Liburan bareng keluarga di Pacitan, pantai klayar wajib untuk dikunjungi jika sedang berada di pacitan. Pertama kali datang ke pacitan di bulan lebaran, sempet sebelumnya ke pacitan baca koran elektronik banyak keluhan wisatawan datang ke pantai klayar & pacitan karena banyak pengusaha penginapan/hotel & kuliner pada aji mumpung dalam menaikan harga lebih dari 200{4e665b075197b716023c708a640e44a965adea379b225d541e1e4222cdfafd81}. . Tapi setelah saya dan Keluarga datang ke klayar waktu lebaran , kenaikan harga penginapan masih wajar , hari biasa 150-200 menjadi 250ribu-350ribu.. Worth it penginapan bibir pantai dengan segala fasilitasnya, cuman yg agak kurang menurut saya kuliner, pengelola terkesan setengah” dalam wisata kuliner, masakannya biasa banget.. Mungkin bisa belajar dari Lombok atau Bali dalam mengelola wisata dari harga penginapan & kuliner selalu sama meski hari besar. Tidak naik turun tergantung dari pengelola, mengejar keuntungan jangka pendek tapi merusak potensi jangka panjang wisata di Pacitan

    21 Juni 2018, 00:08 WIB

  2. Perjalanan menuju ke Pantai Klayar yang melalui jalan berliku-liku, naik turun, dan dihiasi dengan deretan bukit-bukit, gua-gua kecil yang terlihat stalaktit dan stalakmitnya dari pinggir jalan. Objek Wisata Pantai Klayar memiliki garis pantai berpasir putih dengan dihiasi deretan pohon kelapa, serta menjulangnya bukit-bukit di pinggir pantai yang bisa didaki oleh wistawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit. . Selain pantai berpasir putih, Pantai Klayar memiliki fenomena unik yaitu ada sebuah celah di batu karang. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai Seruling Laut. Satu lagi keunikannya, di deretan tebing karang di sisi timur inilah terdapat karang raksasa mirip. Sphinx.

    21 Juni 2018, 20:16 WIB

  3. Ini pantai asik banget. Mulai dari akses menuju ke tkp yang terbilang mudah karena jalan sudah di aspal, tetapi harus sabar karena memang tempatnya lumayan dalam, jadi harus sabar di jalan. Selama perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan bukit bebatuan yang dipenuhi tanaman warga lokal juga tebing-tebing yang cukup membuat kalian harus berhati-hati kalo melewati jalan ini.. . Setelah sampai, kalian akan terpesona dengan Pantai Klayar yang begitu asri karena cukup bersih dari sampah. Pantai ini tidak direkomendasikan pengunjungnya untuk berenang di pantai karena kondisi ombak dan karang yang cukup berbahaya. Namun begitu, pemandangan yang disajikan Pantai Klayar dapat mengobati keingian kalian untuk berenang. Menikmati Pantai Klayar sembari duduk-duduk dan ngopi itu sudah cukup.. . Untuk bersih-bersih, toilet dan musholla juga tersedia di sana, cukup bersih dan nyaman, harga servisnya pun terbilang cukup murah. Selain itu jajanan dan toko mercendais juga tersedia dengan harga yang terjangkau.. . Harga tiket masuk Rp. 10.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak.. . Keren deh!

    22 Juni 2018, 23:18 WIB

  4. Highlights and landmark Pacitan.. Sebuah pantai selatan dengan ombak yang besar dan menyajikan satu pembeda yakni seruling laut. . Jadi kalau ke klayar usahakan dapat menikmati seruling laut itu. Saya sendiri tak sampai mendapatkan karena saat saya datang air pasang naik sehingga akses ke karang disebelah timur ditutup. Info dari sesama traveler yang sampai menginap disana, seruling hanya pada saat air surut yakni saat pagi atau jelang petang. . Anda pun harus hati-hati karena anda harus naik ke karang laut disebelah timur. . Keindahan lainnya yakni melihat klayar saat sunrise atau sunset dari atas bukit.. So beautiful.. Anda bisa berjalan menyisir pantai.. Atau kalo capek.. Ada ojek ATV yang biaya sebesar 50ribu dan.bisa untuk 2 orang dewasa. . Kalau anda ingin santai, anda bisa duduk-duduk menikmati ombak besar dan angin laut yang mendera. . Akomodasi dan fasilitas lumayan lengkap disini, ada penginapan jadi anda bisa menghabiskan malam lokasi pantai, suasana malam juga tidak terlalu sepi dilokasi. . Akses jalan sangat bagus disini, halus dan berkelok panjang, bus besar bisa sampai disini. Cuma dari Kalak ke arah pantai, jalur tidak selebar jalan utama. . Parkiran luas.. Ada yang diatas dan dibawah yakni dilokasi bibir pantai. Saran saya, bila kendaraan anda memiliki power dan rem yang kuat silahkan saja untuk parkir dibawah. Karena turunan lumayan panjang dan belok tajam ke kiri. Begitu pula saat naik, belok kanan pendek dan langsung naik curam. Lebih baik saling tunggu kendaraan, bahaya bila sampai ditengah tanjakan mobil anda berhenti karena macet. . Memang tidak terlalu curam dari Akses turun di pantai Buyutan, tapi anda kudu hati-hati. . . Saya sarankan, anda datang agak sorean, menikmati senja, menginap di lokasi dan bisa mendapatkan suasana pantai saat pagi. Anda bisa juga mampir ke Goa Gong. . . Sayangnya.. Karena begitu wajib dikunjungi, suasana cenderung ramai terlebih saat long weekend. Bila anda penyuka kedamaian, atur kunjungan anda saat bukan peak season.. . Selamat rekreasi.

    25 Juni 2018, 00:32 WIB

  5. Meskipun akses menuju pantai klayar tidak semudah goa gong… namun keindahan alam yang disajikan tidak kalah memukau mata.. . Hamparan pasir putih berpadu dengan landscape karang menghadirkan fenomena yang membuat kita memandang takjub akan suguhan bumi Pacitan.. . Pasir putihnya menonjolkan warna hamparan laut selatan yang biru dan semakin biru ke tengahnya. Bersantai bersama keluarga maupun orang terkasih semakin terfasilitasi dengan dibangunnya mushola, gazebo, dan tempat rehat lainnya, serta wahan bermain anak-anak.. . Pastikan Anda mengunjungi pantai ini jika berkunjung ke Pacitan dan sekitarnya…. . Tiket masuknya pun terjangkau…

    26 Juni 2018, 11:30 WIB

  6. Jalan menuju kesana agak sempit pas udah mulai mendekati pantainya. Dan petunjuk arah ke pantai klayar minim, sempat kesasar ke pantai sebelahnya karena yg bawa gps ngigo wkwk. . Kalo malam jalanan gelap gulita, jadi saranku bawa kendaraan yg lampunya terang benderang. Kalo penakut jangan sendirian atau berdua, lebih baik rame rame.. . Kondisi pantai cakeplah, ombaknya yg kenceng bikin betah. Entah knp disitu adem bgt dah, deretan pantai selatan yg adem menurutku klayar. Mungkin jg efek kecapekan kali ya jadinya badan agak ga nyaman dan akhirnya kedinginan. Ada penginapan kalo emg mau nginep, tapi gatau boleh sekamar dengan lawan jenis atau engga, kalo tau infoin ya wkwk. . Tingkat kebersihan tinggi bgt karena disana sampah hampir ga nampak. Yg jadi minus adalah jajanannya yg mahal wkwk maklum anak kos wkwk. . Semoga membantu, follow ig saya di @muhtarkholil dan liat saya udah kemana aja, bye

    18 Juli 2018, 00:46 WIB

  7. Nice beach in Pacitan.. Mengunjungi pantai klayar itu sangat menyenangan. Mata dimanjakan dengan pemandangan lautan biru yg luas sebelum memasuki area pantai.. Perjalanan kesana harus melewati perkampungan dan melewati perbukitan yg masih asri. . Masyarakat disana juga baik dan ramah. . Sampai disana, wajib parkir di bukit atas pantai untuk Bus dan mobil. Kecuali di bibir pantai untuk parkir pemilik mobil/motor yg akan menginap disana.. Untum harga tiket masuk juga murah.. Disana juga ada bebrrapa store kecil untuk gift and merchandise. Juga ada bebrrapa resto kecil dan wrung2 makan yg menjual ikan besar dan makanan khas pacitan.. Beberapa kali juga menjumpai pedagang “gula jawa” khas pacitan, 1kg cuma 10rb saja.. Disana juga ada ATV untuk menikmati pantai dr ujung ke ujung tanpa kelelahan berjalan kaki.. Juga tersedia ojek untuk akses dr parkir ke pantai dan sebaliknya.

    23 Juli 2018, 07:13 WIB

  8. Pantai Klayar adalah sebuah pantai dengan pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi. Pantai ini terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Secara administratif, pantai Klayar Pacitan terletak di Kecamatan Donorojo, tepatnya di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan, pantai Klayar dapat ditempuh dengan jarak perjalanan sejauh 40 km pada arah barat Pacitan, menghabiskan waktu perjalanan selama sekitar 1 jam.. . Objek Wisata Pantai Klayar memiliki garis pantai berpasir putih dengan dihiasi deretan pohon kelapa, serta menjulangnya bukit-bukit di pinggir pantai yang bisa didaki oleh wistawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit serta batu karang. Pantai Klayar memiliki air laut yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang, bahkan ketika saya mulai mandi di bibir pantai yang agak menjorok. sempat kena semprit oleh tim penjaga pantai disana. Pantai Klayar menurut kami termasuk kategori pantai yang cukup berbahaya namun ada beberapa spot dibalik karang yang bisa digunakan untuk hanya sekedar berenang dan kungkum (jawa).. . Pantai yang mempunyai garis pantai kurang lebih 2-3km ini cukup indah sekali pemandangannya. yang menarik di pantai tersebut adalah semburan air dari karang, Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga lebih dari 10 meter. di lokasi tersebut biasanya para wisatawan berkumpul dan bergantian untuk berfoto. akan tetapi ketika ada pasang tempat semburan tersebut ditutup. karena cukup bahaya bagi wisatawan.. . Menurut saya paling enak dari Kota Solo atau Jogja, karena perjalanan dari kedua kota tersebut hingga goa gong cukup bagus jalannya, hanya saja mulai dari Goa Gong – Klayar kurang lebih 15Km di tempuh dengan jalan yang cukup terjal, berliku dan sempit. namun semua itu pasti akan terbayarkan ketika sudah melihat pantai klayar

    25 Juli 2018, 20:56 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Klayar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *