Pantai Watu Karung

Indonesia merupakan negara yang di karunia keanekaragaman hayati dan keindahan alam yang melimpah. Bicara tentang Pantai eksotis pasti merujuk ke Pantai-Pantai yang ada di Bali, Lombok, Pulau Rote hingga Papua. Namun jangan salah, kekayaan alam dan bahari Indonesia tidak hanya terletak di pulau-pulau yang sudah padat wisatawan tersebut, tak terkecuali di Pacitan.

Kota Pacitan tidak hanya terkenal sebagai spot macet saat terjadi liburan panjang atau mudik lebaran saja, namun juga terkenal dengan berbagai nuansa alam yang tentunya mempesona jutaan pengunjung. Sebut saja Pantai Watu Bale dengan batu karang nya yang khas, Pantai Buyutan dengan dongeng mahkota Dewa Narada dan tentunya Pantai Watu Karung yang terkenal dengan bongkahan batu karang eksotis

Pantai yang dikelilingi oleh perbukitan karang dengan sabana hijau ini juga menghadirkan hamparan pasir putih yang luas dan eksotis serta sekilas mirip Pantai Merah. Pantai yang terletak di Dusun Pringkuku ini seringkali dikunjungi wisatawan mancanegara untuk sekedar berjemur hingga bermain selancar karena tempat nya yang masih alami dan tidak ramai bak Pantai di pulau terpencil.

Berbeda dengan Pantai Buyutan yang terbilang sama dalam hal eksotisme dan kealamian, di Pantai ini sudah banyak penginapan tersedia.Salah satu alasan Pantai ini terdengar hingga wisatawan mancangera adalah berkat Bruce Irons yang merupakan seorang peselancar mengabadikan momen ketika mampir di Pantai Watu Karung ini.

Foto-foto yang diabadikan Bruce membuatnya dilirik oleh majalah Waves yang menjadikannya sebagai model ketika sedang asyik bermain selancar di tahun 2018. Fasilitas umum hanya berupa kamar mandi, area parkir yang tidak terlalu luas dengan deretan warung makan yang terletak sedikit jauh dari terjalnya akses menuju kawasan wisata ini. Namun di atas Pantai sudah tersedia berbagai macam penginapan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Watu Karang

Harga tiket masuk untuk dapat memasuki kawasan wisata yang berangkap ini adalah gratis dengan jam operasional yang di buka selama 24 jam non-stop sehingga pengunjung dapat menikmati waktu lebih leluasa di Pantai yang sepi dan asri ini dengan tetap menjaga kebersihan, menjaga kelestarian alam dan ekosistemnya serta kewaspadaan masing-masing.

Rute Menuju Lokasi Pantai Buyutan

Terletak secara detail lokasi di daerah Pringkuku tepatnya di Desa Limasan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dengan akses yang cukup sulit curam dan terjal berjarak 40 km dari kota Pacitan. Bagi pengunjung yang datang dari Jawa Barat dan Jakarta dapat melewati Gunung Kidul, Jogjakarta melewati Solo kemudian ke jalan pintas di Desa Sedeng untuk sampai pada pusat kota Pacitan.

Kemudian dari situ dapat mengikuti petunjuk yang ada 40 km dari sana dan memasuki wilayah Pringkuku dengan tanjakkan curam sehingga dibutuhkan kehati-hatian.

Obyek Wisata di Pantai Watu Karung

1. Spot renang, diving dan surfing

Ombak Pantai yang cukup besar dan biru laut juga sangat cocok digunakan untuk berenang, diving hingga surfing dengan menggunakan peralatan sendiri karena belum tersedia tempat penyewaan. Ombak besar di sini terbilang aman karena karakternya yang tidak menyeret ketika sudah sampai di bibir Pantai.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba berselancar atau memang sudah ahli namun tidak membawa peralatan tidak perlu resah karena di Pantai ini telah menyediakan sewa peralatan mulai dari surfing hingga diving.

2. Perbukitan karang

Perbukitan karang di Pantai Watu Karang ini merupakan tempat favorit bagi pengunjung untuk berkemah, melihat sunset hingga hanya mendengarkan nyanyian ombak. Meskipun medan cukup sulit namun hal ini tidka menghalangi pengunjung terutama bagi para pelancong dan pecinta adrenalin yang justru merasa tertantang untuk melihat keindahan dari atas bukit.

3. Spot camping

Perbukitan dengan sabana yang luas sangat asyik dibuat berkemah dengan api unggun untuk menghangatkan diri dan memasak hidangan ala campers serta diiringi iringan music berkemah dan nyanyian ombak laut.

4. Spot berjemur

Hamparan pasir putih yang lembut dan luas serta sinar matahari yang pas menjadikan Pantai ini salah satu spot berjemur ekostis yang menakjubkan. Tak heran turis mancanegara sering terlihat di Pantai terpencil ini dengan are khusus para pemakain bikini.

5. Spot foto

Bukit karang, ombak biru laut nan jernih, hamparan pasir luas, sunset dan sunrise adalah alasan mengapa ajang foto tidak boleh terlewatkan. Bagi para pecinta fotografi dan selfie eksis tempat ini merupakan surga yang dicipkatan lengkap dengan landscape alam yang eksotis selain karena biru laut yang menjernihkan mata.

Pantai Watu Karung merupakan bukti bahwa Indonesia tidak hanya terkenal dengan Bali dan pulau-pulau lain di Indonesia Timur, namun juga terkenal dengan meratanya keindahan alam. Pantai yang terletak di Desa Limasan ini merupakan tempat terbaik untuk berenang, diving hingga surfing.

Ulasan Pengunjung

  • Imung Ganteng
    sebulan yang lalu
    Pantai yang keren dengan gardu pandang di atas bukit,penginapan ala Bali pun ada. Tiket masuk murah meriah,di sepanjang pantai terdapat penjual makanan dengan harga bersahabat. Pantai ini merupakan salah satu spot bagi penggila olahraga selancar. Jangan heran apabila anda datang kesini akan menemui bule/wisatawan asing yang berjemur dan menunggu moment ombak besar untuk berselancar. Untuk ukuran destinasi wisata,pantai ini belum ramai,akan tetapi semua fasilitas wisata sudah lengkap.
  • mamak horor
    sebulan yang lalu
    Sangat indah, tapi sayang banyak sampah daun-daun kerint dan ranting" yang merusak pemandangan. Fasilitas untuk turis seperti kamar mandi dan Mushola perlu di tambah
  • dr.Agus Suprianto
    3 bulan lalu
    Pantai yang indah dengan ombak kelas dunia...tidak salah para wisatawan manca negara oenggila surfing datang ke pantai ini...saran datang pas air laut pasang...jadi kita main air dengan ombak di pinggir yg aman...bisa jg snorkling tuhh...jadi kl berkunjung ksini saya sarankan pas air pasang...kl tidak tau kapan pasangnya...nginep di daerah ini sudah bngak homestay penduduk yang murah dan ramah...
  • sada jiwa
    2 bulan lalu
    Tempat yg bagus....pantainya masih bersih, penduduk ramah2, masakan enak harga standart, homestay terjangkau, pokoknya mantap jiwa untuk menghabiskan malam dsini...
  • agus kristiyanto
    sebulan yang lalu
    Pantainya masih asli, blm terlalu ramai, pasirnya lumayan bersih. Villanya mantap 👍