Pantai Ngandul

Pantai Ngandul

Widoro, Donorojo, Krajan Wetan, Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

11 Ulasan

Saat ini wisata alam sangat diminati para wisatawan. Karena wisata alam dapat di lakukan dengan biaya yang murah dan juga akses yang mudah. Tidak perlu jauh bepergian, karena di sekitar lingkungan  Anda banyak terdapat keindahan alam yang bisa dijadikan destinasi wisata.

Apalagi Indonesia adalah negara kepulauan dengan berbagai wisata alam, dari gunung hingga pantainya, dari ujung barat hingga ujung timur nusantara. Dari yang populer ke mancanegara hingga tempat-tempat tersembunyi yang masih terjaga kealamiannya.

Banyak surga-surga tersembunyi yang masih butuh perhatian hingga pengembangan agar wisata Indonesia semakin dikenal. Bukan hanya pada masyarakat lokal tapi dunia juga oleh dunia internasional.

Dan salah satu pantai yang dianggap surga tersembunyi tersebut terdapat di suatu tempat di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Surga tersembunyi itu adalah pantai Ngandul.

Pantai Ngandul Pacitan

Pantai Ngandul Pacitan

Kabupaten Pacitan telah di kenal dengan obyek wisata alamnya yang indah. Kota kelahiran mantan presiden Bapak Susilo Bambang Yudoyono ini memiliki keunggulan dari laut-nya yang terhampar luas dan terletak di Samudra Indonesia.

Ada banyak sekali pantai-pantai indah yang ada di Pacitan dengan ciri khas dan juga keunikan-nya masing-masing. Mulai dari pantai yang telah lebih dulu dikenal masyarakat seperti Pantai Klayar, Pantai Buyutan, Pantai Soge dan pantai-pantai cantik lainnya.

Salah satu pantai indah yang tersembunyi di Pacitan adalah Pantai Ngandul, terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya berada di dekat Pantai Buyutan lebih tepatnya di sebelah timur Pantai Buyutan.

Letak Pantai Ngandul  yang masih tersembunyi menjadikan kawasan wisata satu ini masih sangat alami karena jarang dikunjungi wisatawan.

Belum banyak wisatawan yang mengetahui pantai ini. Karena sudah pasti para wisatawan pergi ke pantai Buyutan dimana sangat mempesona apabila dilihat dari atas tebing.

Namun Pantai Ngandul memiliki keunikan tersendiri dimana eksotisme pantai dibalut dengan desain alam yang dipadukan dengan laut-nya yang biru serta tebing karangnya yang elegan.

Pemandangan alam di Pantai Ngandul ini juga diperkaya dengan sungai dan juga air terjun seperti halnya yang ada di Pantai Banyu Tibo. Dimana warga setempat menyebutnya air terjun Sungai Ngandul atau juga Langitan Ngantru.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandul

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Ngandul, tidak perlu risau dengan harga tiket masuk ke kawasan tersebut. Karena untuk dapat menikmati keindahan Pantai Ngandul Anda hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5000 saja per-orang.

Anda bisa membayar di pintu gerbang Pantai Buyutan. Sedang untuk biaya retribusi parkir Anda akan membayar sebesar Rp 3000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5000 untuk mobil.

Dengan biaya murah tersebut Anda telah bisa menikmati dua pesona pantai dengan keunikan-nya masing-masing yakni Pantai buyutan dan juga Pantai Ngandul.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngandul

Letak Pantai Ngandul telah di sebutkan di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo yang masih satu wilayah dengan Pantai Buyutan.

Jarak tempuh dari pusat Kota Pacitan sendiri hingga Pantai Ngandul kurang lebih sekitar 40 km. Dimana Anda dapat menggunakan motor atau mobil membutuhkan waktu kira-kira satu jam perjalanan untuk sampai di lokasi.

Jika Anda berangkat dari Kota Pacitan maka Anda bisa melalui Jalan Punung menuju arah Goa Gong. Lurus saja sampai Anda mencapai jalan Nampu Kalak. Anda akan menemukan pertigaan yang menuju ke arah Pantai Buyutan.

Dan untuk dapat mengunjungi Pantai Ngandul yang tersembunyi, Anda dapat melalui kawasan Pantai Buyutan yang di lanjutkan dengan trekking ke arah timur melewati bukit.

Setelah menempuh kira-kira perjalanan selama 20 menit maka Anda akan menemukan Pantai Ngandul.

Rute trekking sendiri dari Pantai Buyutan dimana Anda harus menemukan jalan setapak di sisi sebelah kiri Pantai Buyutan. Silahkan ikuti jalan tersebut pelan-pelan. Kondisi jalan cukup bervariasi yang terkadang landai, terkadang naik dan juga turun.

Berhati-hatilah karena sebab jalan ini  akan menuntun Anda menuruni sebuah tebing yang cukup curam dan berbatasan langsung dengan biru-nya lautan.

Setelah berjalan kurang lebih 800 meter maka Anda akan sampai di Pantai Ngandul. Selama perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang indah sejauh mata memandang.

Obyek Wisata Pantai Ngandul

Lokasi Pantai Ngandul dekat dengan Pantai Buyutan. Letaknya yang tersembunyi membuat Pantai Ngandul jarang sekali di kunjungi oleh para para traveller. Sehingga untuk sarana prasarana secara khusus belum tersedia di pantai ini.

Anda bisa mendapatkan fasilitas umum di kawasan Pantai Buyutan, dan itupun belum bisa di katakan memadai.

Namun fasilitas pendukung seperti tempat parkir dan kamar mandi telah tersedia disini. Jika Anda merasa lapar dan haus, tersedia beberapa warung makanan dan minuman yang terdapat di kawasan Pantai Buyutan.

Untuk fasilitas pelengkap seperti homestay atau penginapan memang belum tersedia di Pantai Ngandul ini. Namun begitu masih banyak aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini. Aktivitas itu diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Pantai

Wisata Pantai Ngandul

Pantai Ngandul sebenarnya hanya tebing yang berbatasan dengan laut lepas, tidak ada pasir di pantai ini yang ada hanya batuan karang dan tebing.

Karakter keras batuan karang-nya berselimut rimbun kehijauan mendominasi batas alamnya seperti Pantai Karang Bolong yang mana bukan pantai berpasir. Mungkin Anda bisa turun ke bawah tebing saat airnya surut.

Pantai ini menyuguhkan biru-nya laut yang membentang luas seperti layaknya Samudra Hindia. di pinggirnya terhampar padang rumput yang hijau disertai kokohnya tebing yang menambah daya tarik tersendiri akan pesona Pantai Ngandul ini.

2. Air Terjun yang Mempesona

Air Terjun Pantai Ngandul

Pantai Ngandul juga memiliki air terjun yang mana terjadi karena patahan sungai. Airnya mengalir secara langsung menuju laut. Sekilas mirip dengan Pantai Banyu Tibo namun perbedaannya disini tidak ada pasir-nya. Inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Ngandul ini

Selain air terjun, Pantai Ngandul ini juga terdapat celah seperti teluk sehingga air terlihat seperti menjorok ke daratan. Dasaran perairan yang menjorok ke arah tebing tersebut membentuk celah sehingga tebing-nya terbelah menjadi dua bagian.

Bagi Anda yang bernyali, Anda dapat menuju ke tebing satunya untuk mendapatkan hasil foto air terjun dengan spot yang indah dan menarik.

Namun Anda harus tetap berhati-hati karena tebing yang terhubung ke laut ini memiliki medan yang cukup licin dan juga curam.

Di Pantai Ngandul ini Anda hanya dapat dibolehkan mengambil foto dan menikmati pemandangan saja, dilarang bermain air dipantai ini.

Hal ini dikarenakan memang tidak ada lokasi untuk bermain pasir di Pantai Ngandul ini. Namun dengan pesona keindahan alam yang ada di Pantai Ngandul ini, akan membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama menghabiskan di pantai ini.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Ngandul Pacitan Jawa Timur yang indah dan mempesona. Jangan lupa untuk singgah di pantai ini jika Anda berkunjung ke kota Pacitan.

Dengan memilih berkunjung ke Pantai Ngandul ini, berarti Anda siap untuk melakukan penjelajahan. Jangan lupa menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran dan kenyamanan liburan Anda nanti.

11 Ulasan untuk Pantai Ngandul, Pacitan, Jawa Timur

  1. Keren tmpatnya tapi kudu hati2 ya… soalnya itu tidak berpasir.. melainkan tebing

  2. Pantai tanpa pasir dan cukup licin. Namun pemandangannya bagus. Bisa utk foto-foto.

  3. Jalan dan treknya susah masih baru

  4. Jalan dan treknya susah masih baru

  5. Jalan dan treknya susah masih baru

  6. Tempat masih alami

  7. Pantai yang sangat cocok untuk di kunjungi

  8. Pantai yang sangat cocok untuk di kunjungi

  9. Pemandangan dekat pantai bagus sekali

  10. Pantai Indah untuk Dikunjungi

  11. Bagus buat spot foto aja bagus lagi pas musim hujan,gak bisa turun kepantai kalau mau main air cuma bisa main air di sungainya

Tinggalkan Balasan