Pantai Base G

Pantai Base G

Desa Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua 99117, Indonesia.

11 Ulasan

Selain memiliki kultur dan budaya yang begitu kental hingga saat ini, Papua juga terkenal dengan pemandangan alamnya. Pemandangan tersebut mampu menghipnotis mata wisatawan. Yang tidak lain adalah panorama pantai yang cukup memikat.

Pantai Base G di Jayapura Utara merupakan sebuah pantai dengan panorama yang memukau. Selain terkenal indah, pantai ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup menarik.

Apa saja keunikan pantai ini? Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Sejarah Pantai Base G

Pantai Base G Jayapura

Nama Base G memang menjadi nama yang cukup unik ya bagi sebuah pantai, namun tahukah Anda mengapa pantai ini bisa disebut dengan Pantai Base G? Padahal sebenarnya pantai ini bernama Pantai Tanjung Ria.

Menurut cerita sejarah, nama Base G ini dikenal karena dulunya pantai ini menjadi homebase pasukan Sekutu saat Perang Dunia ke-2. Pada masa tersebut, pantai ini menjadi titik pengumpulan kekuatan pasukan sekutu untuk berperang dengan pasukan Jepang di Filipina.

Sedangkan, Huruf ā€œGā€ ini merupakan huruf yang diambil dari posisi huruf dalam Abjad yang menjadi urutan ke-7 yaitu huruf G. Hal ini mempunyai arti bahwa tempat ini adalah homebase ke 7 bagi tentara sekutu. Meskipun demikian, markas besar ke 7 ini hanyalah tinggal sejarah yang dikenang saja.

Karena memiliki keindahan dan sejarah, maka pantai ini menjadi salah satu objek wisata bahari di Papua yang cukup populer. Oleh karena itu,banyak wisatawan yang datang berkunjung di pantai ini saat hari biasa maupun akhir pekan tiba.

Harga Tiket Masuk Pantai Base G

Sebenarnya untuk memasuki kawasan pantai ini cukup murah yaitu dengan dikenakan harga tiket masuk dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Namun, karena pantai ini masih dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga jika Anda membawa kendaraan maka harus membayar biaya parkir yang cukup mahal.

Hal ini digunakan oleh masyarakat sebagai imbalan jasa parkir sekaligus membangun fasilitas pendukung bagi wisatawan. Makna, wisatawan akan dikenakan biaya parkir kendaraan dengan tarif Rp 20.000 untuk roda dua dan Rp 50.000 untuk roda empat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Base G

Rute Pantai Base G

Alamat Pantai Base G tepatnya berada di Desa Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Propinsi Papua.

Jika dari Distrik Jayapura Utara berjarak sekitar 10 kilometer. Untuk sampai ke lokasi pantai ini, dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, karena akses-nya sangatlah mudah.

Anda pun hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 17 menit saja dari kota Jayapura Utara. Yaitu dengan mengambil jalan Kinsa yang kemudian belok kiri mengarah ke jalan M. Yamin.

Selanjutnya belok kiri ke jalan Sujarwo Condronegoro dan belok kiri ke jalan Tanjung Ria IV. Perjalanan berikutnya ikuti saja jalan tersebut karena sudah menuju jalan pesisir.

Namun, Apabila Anda datang dan turun di Bandara Sentani, maka harus menempuh perjalanan darat lagi selama 80 menit. Anda bisa memilih akses kendaraan yang akan Anda gunakan dari Bandara Sentani, seperti ojek, atau taksi dengan tarif yang beragam.

Objek Wisata Pantai Base G

Selama berkunjung ke pantai ini, Anda dapat melakukan banyak kegiatan menarik dan menikmati obyek wisata yang ada di Pantai Base G ini. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Pantai Base G

Selama di pantai ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah. Hamparan pasir putih yang terdapat di pantai ini sangat lembut. Anda dapat menikmati pemandangan pantai sambil berjalan mengelilingi pantai tanpa alas kaki untuk merasakan pasir-nya.

Suara deburan ombak yang akan menghiasi suasana saat Anda menikmati pemandangan pantai Base G akan menambah suasana makin tenang.

Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar, menjadikan pantai ini menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan melepas segala kepenatan.

2. Melihat Sunrise

Sunsrise Di Pantai Base G Jayapura

Salah satu spot unik menikmati sunrise bisa Anda temui di pantai ini. Jika Anda berkunjung ke pantai Base G ini pada waktu pagi hari, pemandangan matahari pagi akan memanjakan mata Anda saat itu

Warna air laut-nya yang jernih dengan warna kebiru-biruan akan memantulkan keindahan sinar matahari pagi yang berwarna keemasan. Banyak wisatawan yang sengaja datang pagi-pagi buta ke pantai ini hanya untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

3. Berenang

Wisata Pantai Base G Jayapura

Pengelola telah membangun pemecah gelombang yang berjarak 1 km dari bibir pantai. Maka ombak yang sampai di bibir pantai tidak begitu kuat. Maka dari itu pantai ini cocok digunakan untuk berenang.

Pantai Base G ini sangat cocok untuk berenang karena bibir pantai yang dangkal dan luas.

4. Memancing

Mancing Di Pantai Base G

Bagi Anda yang suka memancing, di pantai ini terdapat beberapa spot memancing yang asyik. Di pantai Base G ini sering digunakan sebagai area untuk memancing ikan.

Orang Papua sering memancing dengan cara menyelam di pinggir pantai sambil membawa alat pancing yang berupa tombak kecil untuk menusuk ikan.

Fasilitas Pantai Base G

Pantai ini sangat dekat dengan area kota Jayapura. Rute perjalanan juga sangat mudah. Jadi pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di pantai ini sudah memiliki banyak fasilitas umum yang dibangun untuk kenyamanan para pengunjung pantai.

Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

  • Area Parkir
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Pondokan atau Gazebo
  • Warung Makan
  • Penginapan

Para wisatawan yang berkunjung ke lokasi pantai Base G ini akan dikenakan biaya sekitar Rp 200.000 sampai Rp 300.000 untuk menyewa pondokan atau saung yang berada di sekitar pantai.

Kondisi yang tenang dan nyaman di bibir pantai ini membuat tempat ini sangat menarik untuk dinikmati. Apalagi wilayahnya yang dekat dengan kota Jayapura, maka sangat mudah sekali di jangkau.

Jika Anda sedang berada di kota Jayapura, jangan lupa untuk singgah di pantai Base G ini. Anda juga dapat mengunjungi pantai lainnya seperti Pantai Pasir Dua yang berada tidak jauh dari kota Jayapura.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Base G yang berada di Jayapura Utara. Silahkan berkunjung ke pantai yang indah ini untuk mengisi liburan Anda.

11 Ulasan untuk Pantai Base G, Jayapura, Papua

  1. Ombaknya besar. Pasirnya putih. Asik dipakai buat berenang. Banyak pondok, nyaman untuk liburan bersama keluarga. Harga sewa pondok sekitar 150-200rb. Anak2 bisa main di pinggir pantai membuat istana pasir.

  2. Pantai bersih & keren. Bisa utk mandi Masuk parkir tertulis 2ribu. Ditarik petugas 20ribu. Budaya Korupsi ala Indonesia. Setelah masuk liat pantai 2 menit. Ada cewek datangi saya dan minta 100ribu utk parkir. Katanya sewa lahan parkir.. . Alam yg keren di rusak oleh attitude warganya.

  3. Sebenarnya pantai base-g merupakan salah satu pantai yg bagus di Jayapura hanya saja yg sangat disayangkan adalah biaya masuk, biaya parkir dan biaya pondok sangat sangat tdk masuk akal..mungkin pemerintah daerah bs bekerja sama dgn pihak terkait untuk masalah tsb krn sangat disayangkan alam yg indah spt ini jarang dikunjungi ato dinikmati warga karna tarif yg terlalu mahal

  4. pantai indah…. tp mesti hati2 saat parkir dan memanfaatkan fasilitas yg ada… biar nggak terjebak pembayaran yg diluar nalar

  5. Pantai cukup luas. Pas buat liburan akhir pekan sama keluarga. Ada pondok tuk berteduh dan ruang ganti.

  6. Pantainya keren, bersih dan masih alami. Pemandangan menuju ke sananya juga bagus. Bagi yg mau low cost saya sarankan pergi ke sininya naik angkot, kemudian jalan kaki sedikit sambil menikmati pemandangan. Nanti kalo jalan kaki, gak akan dikenakan biaya masuk ataupun biaya parkir.. . Lain halnya bila bawa kendaraan, maka akan dimintai retribusi masuk ataupun parkir yg super mahal.. . Tapi jujur ini pantainya luar biasa keren. Saya sarankan dtg ke sini untuk lihat sunrise, mungkin akan lebih bagus daripada sunset.

  7. Pantai dengan pasir putih yang berada diujung dataran Jayapura Utara, cukup bersih dibandingkan pantai-pantai lain di area perkotaan.. Hanya saja saat kesini tak sempat turun ke pantai dan bermain air karena sudah terlalu sore, karena area ini dekat dengan Politeknik dan BLK jadi banyak digunakan untuk latihan lari pasukan dan sejenisnya.

  8. Pantai Base-G adalah pantai dengan pemandangan yg sangat indah. Mudah d jangkau menggunakan kendaraan roda dua, roda empat maupun berjalan kaki.

  9. Hari ini gelombang tinggi.. hati2 ombak yaa buat yang lagi weekend sama keluarga. Happy new year.. God bless you šŸ˜‡

  10. Pantai ikonik di Jayapura. Belum lengkap datang ke jayapura jika belum mengunjungi pantai ini. Dari kota Jayapura hanya berjarak sekitar 7 KM. Pantai indah dan alami ini menyajikan pemandangan alam dan keindahan laut Pasifik.nNamun sayang, seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, pengelolaan dari pihak pemerintah sangat minim, bahkan masyarakat adat setempat yang kelihatannya menguasai tempat tersebut.

  11. Tempatnya bagus.. cuma sedikit banyak sampah saja.. untuk toilet tinggal di perbaharui. Fasilitas parkirpun luas..rekomen buat santai sanyai sama teman,pacar dan keluarga.. masukan sedikit untuk di jaga areanya agar lebih indah.. nice buat pantai base-g

Tinggalkan Balasan