Pantai Holtekamp

Pantai Holtekamp

Desa Holtekamp, Kecamatan Muara Tami, Kota Jayapura, Papua 99351, Indonesia.

13 Ulasan

Pantai Holtekamp ini merupakan sebuah pantai yang berada di Jayapura Papua. Pantai ini memang belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memang belum begitu populer.

Meskipun berada di kota paling maju di Papua, namun pantai belum begitu dikelola dengan baik.

Lalu kira-kira apa saja ya yang membuat pantai ini begitu menarik selain dari kecantikan panorama yang dimilikinya?

Eits, daripada membuat pikiran Anda travelling yang belum pasti kebenarannya, lebih baik simak ulasan Pantai Holtekamp di bawah ini aja deh.

Sejarah Pantai Holtekamp

Pantai Holtekamp

Kawasan pantai ini memang dikenal dengan sebutan nama Pantai Holtekamp karena terletak dekat dengan jembatan Holtekamp. Yang mana menjadi daya tarik jika Anda mengunjungi pantai di kawasan ini.

Oleh karena itu, tak heran jika Pantai Holtekamp menjadi destinasi objek wisata yang cukup populer di Jayapura. Di pantai inilah para penduduk maupun wisatawan sering menghabiskan waktunya untuk berlibur.

Harga Tiket Masuk Pantai Holtekamp

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Holtekam ini, sebaiknya Anda datang pada pagi hingga sore hari ya. Karena pantai ini memiliki jam operasional yaitu mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.00.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan uang cash untuk membayar tiket masuk nya, yaitu dengan Rp 20.000 per mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda bisa datang bersama dengan saudara atau teman-teman dalam satu mobil.

Selain karena harga tiketnya dihitung per mobil, dengan berlibur bersama keluarga, teman atau orang tersayang maka akan menjadikan tambah seru liburan Anda di pantai ini untuk menikmati keindahan atau aktivitasnya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Holtekamp

Rute Menuju Pantai Holtekamp

Jika dilihat dari tata letak geografis, Pantai Holtekamp ini berada di sebelah tenggara Kota Jayapura.

Sehingga, wisatawan yang akan mengunjungi pantai ini harus menempuh perjalanan terlebih dahulu agar bisa sampai di pantai ini yaitu dengan jarak sekitar 23 kilometer dari pusat kota.

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan pun kurang lebih 44 menit saja.

Anda dapat memulai perjalanan dari pusat kota Jayapura, dengan menggerakkan kendaraan menuju Jl. Perkutut dan melaluinya kurang lebih 1,2 kilometer.

Selanjutnya, menuju Jl. Raya Abepura dengan menyusuri sekitar 6,7 kilometer.Setelah itu Anda dapat melalui Jl. Klp. 2 dan kemudian masuk ke Jl. Hamadi Pante dengan mengikuti jalan tersebut sekitar 12 kilometer.

Setelah itu, Anda bisa belok kiri dan tinggal mengikuti jalan menuju Pantai Holtekamp.

Objek Wisata Pantai Holtekamp

Objek Wisata Pantai Holtekamp

Pantai Holtekamp yang terletak di Teluk Youtefa ini memiliki daya tarik wisata bagi pengunjung, diantaranya terdapat :

1. Pemandangan

Pantai ini memang memiliki panorama yang begitu lengkap, mulai dari air lautnya yang berwarna biru kehijauan dan jernih, adanya pohon kelapa khas pantai hingga terdapat juga pemandangan pegunungan hijau yang turut menambah keindahan lautan.

Belum lagi suasana angin laut yang berhembus menggerakkan dedaunan, menjadikan pemandangan ini terasa begitu menawan dan segar.

Oleh karena itu, adanya pemandangan ini pun biasa dipergunakan sebagai background foto yang alami bagi wisatawan saat berwisata di pantai Holtekamp.

2. Pasir Putih

Pemandangan pantai pun semakin menawan dengan anay hamparan pasir pantai yang begitu putih dan lembut.

Sehingga, tak jarang wisatawan yang bermain pasir di pantai ini maupun melakukan jemur badan di atas pasir ini.

3. Berenang

Karakteristik yang dimiliki Pantai Holtekamp ini salah satunya yaitu memiliki ombak yang tidak terlalu besar.

Air laut perairan ini cukup landai, sehingga memungkinkan wisatawan untuk melakukan aktivitas seperti berenang ataupun bermain air.

Meskipun demikian, bukan berarti wisatawan dapat berenang secara bebas. Wisatawan tetap harus waspada dan berhati-hati saat bermain air ataupun berenang untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Mengingat pantai ini tidak adanya pusat keamanan dan juga penyewaan ban pelampung.

4. Memancing

Jika Anda saat berwisata di pantai ini membawa peralatan pancing pun maka Anda bisa melakukan aktivitas memancing di pantai ini.

Dengan demikian, maka Anda dapat merasakan sensasi memancing di Pantai Holtekamp sekaligus menjadi momen baru Anda saat berwisata di pantai ini.

5. Sunset

Panorama pantai ini pun takkan sirna meskipun ketika hari mulai sore ataupun petang.

Dikarenakan, pada saat cuaca cerah di sore hari, pantai ini memiliki panorama sunset yang begitu menakjubkan.

Oleh karena itu, Anda pun bisa sekedar menikmati sunset di pantai ini sambil menikmati suasana yang terasa begitu damai dan hangat.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen sunset pantai ini dengan jepretan kamera, karena memang sungguh indah.

Fasilitas Pantai Holtekamp

Meskipun masih dalam tahap pengembangn objek wisata bahari karena pantai ini memang tanah adat Papua, namun panti ini sudah memiliki beberapa fasilitas meskipun belum lengkap.

Fasilitas yang bisa Anda temui di pantai Holtecamp seperti:

1. Pondokan

Karena pantai ini cocok dikunjungi oleh para keluarga, maka pantai ini juga sudah memiliki beberapa pondokan dengan atap di bagian atasnya.

Dengan begitu, Anda beserta keluarga pun tidak akan kepanasan dengan teriknya matahari.

Namun, untuk bisa duduk dan bersantai di pondokan ini, wisatawan harus menyewa pondokan tersebut terlebih dahulu.

Untuk tarif sewanya pun menyesuaikan besar atau kecilnya pondokan.

2. Toilet

Toilet dengan air tawar pun juga sudah tersedia di pantai ini Namun, menurut kai toilet ini masih perlu penambahan serta pemeliharaan. Dikarenakan belum adanya tempat ganti yang berbeda.

Warung MakanWarung makan dengan menjualkan makanan dan minuman juga sudah ada di pantai ini. Namun, belum banyak varian yang dijajakan oleh pedagang.

Sehingga jika Anda ingin lebih lengkap pilihan makanan atau minumannya, maka sebaiknya Anda membawa bekal atau membelinya terlebih dahulu sebelum sampai di pantai ini.

Pantai Holtekamp ini tidak hanya berada pada satu santai saja lho, namun pantai ini juga memiliki beberapa deretan objek wisata pantai juga yang belum terlalu tereksplor.

Pemandangan pun masih begitu tersimpan alami dan menawan.

Deretan Pantai tersembunyi ini berada tak jauh dari dan ada di sebelah timur dari Pantai Holtekamp.

Pantai-pantai ini diantaranya yaitu Pantai Pasir Tiga Holtekamp, Pantai Pasir Dua Holtekamp dan Pantai Pasir Tiga Holtekamp.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Holtecamp yang ada di Papua. Silahkan singgah ke pantai ini jika Anda sedang berkunjung ke Papua.

13 Ulasan untuk Pantai Holtekamp, Jayapura, Papua

  1. Masih dikelola warga lokal seperti pantai lainnya di jayapura, daya tarik yg diandalkan ya cuman pantai dan pasir aja…. Sampah bertebaran, resiko kena pecahan botol miras, hati2 parkir kendaraan biar gak ketiban kelapa kering 😅, kamar mandi/ruang ganti minim banget…. Retribusi 20rb utk speda motor, tanpa perwatan lokasi wisata… Serius bro?

  2. Masih adanya Pungli di Jalanan ketika Kami melewati Jalan menuju pantai…

  3. Cocok untuk liburan bersama keluarga.. Teman dan sahabat.

  4. BWS Papua turun tangan pasti lebih bagus dan banyak wisatawan akan berkunjung..

  5. pantai yg luar biasa di jayapura

  6. Tidak terawat kotor padahal ada karcis masuk tapi tempat sangat jorok

  7. View kota jayapura. Hanya kurang perhatian agar kawasan tertata dan cantik. Di sarankan pagi hari ke pantai ini. Hati2 jika ingin menggunakan pondok/tempat duduk, karna nanti tiba2 anda akan di kenakan biaya sewa yg lumayan mahal.

  8. Arah menuju perbatasan RI PNG

  9. Jrmbatan kali buaya holtekamp

  10. tempat wisata dengan pesisir pantai yang luas oleh pasir pantai yang halus sehingga aman bagi anak-anak,,dengam tarif masuk(retribusi) yang terbilang murah,,tersedia juga kamar mandi umum,,selain itu pantai ini dekat dengan destinasi wisata lainnya seperti kolam pemancingan keluarga koya,,dekat juga dengan pantai tanjung cibery,,menjadikan pantai ini tujuan wisata yang perlu direkomendasikan

  11. Indah, strategis, aman & nyaman.

  12. Pemandangannya Indah dan Ombaknya tidak terlalu Besar Coxok Untuk Bersantai dengan Keluarga dan Anak Anak…

  13. Pantai yang indah debur ombak

Tinggalkan Balasan