Pantai Harlem

Pantai Harlem

Desa Tablasupa, Kecamatan Depapre, Kota Jayapura, Papua 99353, Indonesia.

10 Ulasan

Provinsi Papua memang seolah tak pernah kehabisan pesona. Banyak kekayaan alam yang bisa dieksplorasi. Salah satunya adalah wisata bahari yaitu Pantai Harlem, yang bahkan disebut sebagai surga kecil Jayapura.

Kenapa bisa disebut demikian ya? Lalu apa yang menyebabkan pantai ini begitu disanjung dan di manakah lokasi Pantai Harlem ini berada?

JIka Anda ingin mengetahuinya, maka baca artikel dibawah ini terlebih dahulu ya, karena kami Akan memberikan informasi mengenai Pantai Harlem.

Pantai Harlem

Sejarah Pantai Harlem

Banyak orang yang mengatakan dan menyebut bahwa Pantai Harlem merupakan objek wisata pantai tercantik di Jayapura.

Dikarenakan pantai ini memang memiliki pemandangan unik yang begitu khas dan menawan.

Meskipun disebut dengan pantai paling cantik, namun hingga saat ini belum banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Hal ini dikarenakan letak pantai yang memang cukup terpencil sehingga membutuhkan beberapa akses perjalanan agar bisa sampai di objek wisata pantainya.

Karena berada cukup jauh, maka penduduk desa pantai ini pun tidak begitu banyak, yaitu hanya sekitar 50 keluarga saja. Meskipun demikian, mereka terkenal begitu ramah dan mudah bergaul dengan wisatawan.

Jadi, jika Anda berkunjung ke pantai ini maka sebaiknya juga menjaga tutur kata serta kelestarian alamnya ya.

Harga Tiket Masuk Pantai Harlem

Harga tiket masuk objek wisata pantai ini adalah Rp 20.000 dan harga ini berlaku sampai saat weekday atau hari biasa maupun sata weekend yaitu hari libur atau tanggal merah.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda dapat membawa uang cash yang lebih ya agar dapat berjaga-jaga karena lokasi pantai ini cukup jauh dari mesin ATM.

Rute Menuju Lokasi Pantai Harlem

Rute Menuju Pantai Harlem

Pantai Harlem merupakan salah satu objek wisata bahari di Desa Tablasupa, Kecamatan Depapre, Kota Jayapura, Papua.

Agar bisa sampai ke lokasi pantai ini maka wisatawan haruslah menempuh perjalanan dengan membutuhkan waktu sekitar 120 menit dikarenakan jarak tempuh perjalanan sekitar 60 kilometer.

Perjalanan menuju lokasi pantai ini kondisinya kurang baik, namun hanya di daerah Sentani menuju Depapre. Hal ini karena aksesnya yang memang dengan kondisi berlubang dan sempit.

Maka tak heran jika musim hujan akan semakin kesulitan dilewati karena banyak air yang menggenang.

Walaupun kondisi jalan tersebut menjadi suatu kekurangan menuju lokasi pantai, tetapi dengan mengunjungi pantai ini akan terbayar dengan adanya keindahan alam di sejumlah daerah jalan yang dilewati.

Tak hanya keindahan alamnya saja, namun penduduk setempat juga sangat ramah menyapa pada wisatawan yang berkendara.

Di sepanjang pinggiran jalan juga banyak masyarakat yang berjualan aneka buah-buahan. Setibanya di dermaga Depapre, maka Anda harus menempuh perjalanan laut dengan speedboat.

Kapal cepat ini mampu menampung hingga 10 orang dewasa dengan dengan tarif Rp 350.000 hingga Rp. 500.000 untuk menempuh perjalanan menuju ke Pantai Harlem sekaligus perjalanan pulang kembali ke dermaga.

Dengan menaiki kapal cepat tersebut Anda akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan menikmati perairan dan ombak.

Setelah itu, tampaklah keindahan Pantai Harlem dengan airnya yang berwarna kebiruan dan nampak begitu jernih.

Objek Wisata Pantai Harlem

Objek Wisata Pantai Harlem 2

Pantai Harlem ini memang sedikit jauh dan membutuhkan waktu tempuh yang lumayan untuk mencapai ke objek wisatanya, meskipun demikian pantai ini memiliki daya tarik wisata

1. Panorama Yang Mempesona

Menurut wisatawan yang sudah pernah datang mengunjungi kawasan wisata pantai ini, Pantai Harlem termasuk sebagai pantai tercantik yang dimiliki tanah Papua.

Panorama yang dimiliki nampak begitu alami dan keindahan alamnya seperti tidak ada habisnya.

Jika berjalan menuju pantai akan disambut dengan ombak air laut yang begitu jernih yang mengalir di atas hamparan pasir putih yang lembut.

Ditambah lagi dengan tumbuhnya pepohonan hijau yang turut menyempurnakan keindahan dengan menjadi latar belakang Pantai Harlem.

2. Suasana Teduh

Adanya pepohonan dan kondisi pantai yang masih begitu alami, menjadikan pantai ini memiliki suasana yang teduh. Hal ini dirasa cocok bagi wisatawan yang akan mencari tempat berlibur dengan suasana tenang dan nyaman.

Apalagi dengan duduk di bawah pohon kelapa, atau malah duduk santai di dekat pohon sagu ditambah dengan hembusan angin pantai yang begitu khas dan meliuk-liukkan pepohonan yang hijau.

3. Bermain Air dan Pasir Pantai

Berada di suatu objek wisata pantai apalagi yang jaraknya memang cukup jauh, rasanya belum lengkap ya jika tidak merasakan kesegaran air lautnya.

Selain berenang, adanya hamparan pasir pantai ini juga dapat dimanfaatkan dengan melakukan aktivitas sekedar bermain pasir, berjemur badan atau bahkan bermain voli atau sepak bola pantai.

4. Kolam Air Tawar

Objek Wisata Pantai Harlem

Hal unik yang dapat Anda temukan di Pantai Harlem yaitu dengan adanya sebuah kolam alami yang berisi air tawar.

Posisi kolam ini berada sekitar 7 meter dari bibir pantai dan di dalam kolam tersebut menyimpan berbagai jenis ikan yang begitu beragam.

Maka tak heran dengan adanya kolam ini jika banyak wisatawan yang seringkali melakukan bilas di kolam air tawar setelah puas bermain air di laut sekaligus merasakan kesegaran air yang dimilikinya.

5. Memancing

Karena cukup banyaknya ikan-ikan yang berenang di pantai ini, maka Anda Pun dapat melakukan aktivitas dengan memancing.

Jadi jika Anda memiliki hobi memancing tak ada salahnya untuk membawa peralatan pancing di pantai ini ya.

6. Snorkeling

Kejernihan perairan pantai ini menjadikan wisatawan mudah untuk melihat biota laut di dalamnya. Namun jika kurang puas dengan melihat di bibir pantai saja, Anda bisa melakukan penyelaman di pantai ini.

Dengan menyelam, Ada dapat melihat berbagai biota laut serta terumbu karang yang tersimpan.

Jika Anda akan melakukan snorkeling, sebaiknya menyewa perlengkapan snorkeling terlebih dahulu kepada petugas kawasan pantai yang memang sudah menyiapkan peralatan snorkeling bagi para wisatawan.

7. Sunset

Tak hanya memiliki aktivitas dan beragam keindahan yang dimiliki Pantai Harlem, ternyata pantai ini juga masih memiliki pesona lainnya yang dapat dinikmati pada saat matahari mulai terbenam.

Yap, dengan adanya panorama sunset ini maka menambah daya tarik wisata serta rentetan keindahan Pantai Harlem.

Dengan ditemani angin sore, Anda dapat menikmati pemandangan dengan pancaran warna orange serta siluet yang turut terlihat.

Oleh karena itu, maka jangan lupa juga ya untuk membawa kamera dan mengabadikan berbagai momen berlibur apalagi dengan sunset pantai ini yang begitu menarik.

Fasilitas Pantai Harlem

Fasilitas Pantai Harlem

Di Harlem ini juga sudah tersedia berbagai fasilitas bagi pengunjung, apa aja sih fasilitas yang dapat digunakan di pantai ini?

1. Pondokan

Jika Anda datang bersama keluarga, memang sangat cocok berlibur untuk bersama dan ramai-ramai maka Anda bisa menyewa pondokan yang memang sudah tersedia.

Dengan tarif sewa sekitar Rp.150.000, Anda sudah bisa duduk-duduk bersama keluarga untuk menikmati keindahan pantai sekaligus beristirahat menikmati bekal cemilan.

2. Ayunan

Untuk menambah fasilitas bagi wisatawan sekaligus mendorong daya tarik wisata, pengelola juga sudah menyediakan beberapa ayunan gantung yang berada di kawasan ini.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan ayunan ini sebagai spot foto ataupun untuk bersantai saja.

3. Kamar Mandi

Pantai ini juga dilengkapi dengan adanya 4 kamar mandi yang semua dalam kondisi baik dan bisa digunakan oleh wisatawan.

Dengan begitu, maka wisatawan tak harus kesusahan mencari kamar mandi maupun tempat untuk berganti pakaian.

Sayangnya, di kawasan Pantai Harlem ini belum tersedia penginapan ataupun juga restoran yang menjual makanan dan minuman.

Maka sebaiknya wisatawan sebelum berkunjung ke pantai ini haruslah terlebih dahulu menyiapkan dan membawa bekal untuk berlibur di pantai ini.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Harlem di Jayapura Papua. Pantai ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluraga Anda. Selamat berlibur.

10 Ulasan untuk Pantai Harlem, Jayapura, Papua

  1. Pantai yang indah, dengan pemandangan alami jauh dari hiruk pikuk kota Jayapura, disini kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam dan bawah lautnya yang cocok untuk snorkeling, pantai ini juga sangat bagus untuk camping bersama keluarga ataupun rekan-rekan kerja, sangat direkomendasikan buat liburan akhir pekan bersama keluarga atau teman kantor. Hanya saja akses yang jauh dari pusat kota yang harus ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 1,5 jam dari sentani dan ditambah 20 menit perjalanan laut menggunakan speed boat menjadi tantangan yang luar biasa, disamping itu juga biaya yang masih tergolong mahal untuk sekedar menghabiskan weekend di pantai. Tapi biaya yang dikeluarkan lumayan sebanding dengan indahnya pantai ini. Selamat menikmati.

  2. Ke Jayapura jangan lupa kesini. Pace Dan mace baik2. Harga kapal 500rb buat 12 orang, lumayan jauh dari Jayapura airport. Kalau kesini beli makan Dan minum yg ba yak gak Ada yg jualan disana. Sewa gubukan 250rb Dan kamar mandi bersih 5ribu. Bawa alat snorekeling sendiri Dan nikmatin bawah laut yg keren…

  3. Ini pantai keren banget.. Fix pantai terbaik yang pernah aku kunjungi.. Serasa pulau milik sendiri. Terutama pas hari kerja. Cuma saya satu2nya yg disana!. Dan sekarang juga di pantai ini udah ada sinyal. Jadi bisa langsung upload instagram.

  4. Pantai pasir putih sepanjang +/- 1km dengan ombak yang tenang.. Terdapat telaga yang menyerupai kolam alami dengan air tawar walaupun jarak dr bibir pantai hanya 10 meter.. Keindahan bawah lautnya tidak kalah memukau dengan kondisi terumbu karang yang baik.. Semoga para wisatawan dapat menjaga kelestarian trumbu karangnya.. Tempat ini memiliki 2 spot diving dan cocok untuk penggiat diving, freedive dan snorkling untuk berkunjung kesini.

  5. bulan juli 2018 sewa speed boat 500 k, sewa gazebo 250 k, tapi itu semua sebanding dengan keindahan pulau dan kebersihannya yang terus di perhatikan dan dirawat

  6. dari pantai tablanusu hanya menyeberang sebentar, kita akan disuguhkan dengan pantai dengan pantai yg jernih dipadukan dengan terumbu karang yg beraneka warna ditambah ikan ikan yg akan memanjakan mata

  7. Alamnya masih arsi, pantainya cantik skali, penduduknya juga ramah,

  8. Pantainya indah dan bersih, apalagi yg punya hobby snorkling pasti dijamin betah disini..

  9. Bagus hanya yang kurang baik pondoknya tidak tertata dengan baik

  10. Sa sangat suka sekali tempat wisata ini. Di tempat ini tempatnya sangat indah. Apalagi pemandangan bawah laut yang sungguh indah. Terdapat banyak karang – karang yang sangat indah yang menjadi tempat habitat dari ikan – ikan kecil seperti yang ada di film finding Nemo.😁.

Tinggalkan Balasan