Pantai Pasir Dua

Pantai Pasir Dua

Desa Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua 99117, Indonesia.

12 Ulasan

Menghabiskan waktu berlibur dengan menjelajah alam dan menyusuri bibir pantai memang menjadi momen yang seru yang tidak boleh dilewatkan. Untuk bisa merasakan sensasi tersebut, Papua menjadi pilihan yang tepat.

Dikarenakan, wilayah ini dikenal dengan memiliki panorama pantai yang menawan, namun belum banyak dijelajahi oleh wisatawan. Dari banyaknya pantai, kami akan memberikan informasi mengenai Pantai Pasir Dua Jayapura.

Bagaimana kondisi pantai yang berada di pulau ini? Apakah menarik seperti pantai-pantai lainnya? Silahkan simak terus artikel di bawah ini.

Sejarah Pantai Pasir Dua

Pantai Pasir Dua

Pantai Pasir Dua Jayapura ini disebut dengan sebutan nama pasir dua karena pantai ini memiliki hamparan pasir dengan berupa dua warna pasir yang kontras dan berbeda.

Meskipun memiliki keunikan yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya, namun karena pantai ini belum banyak dikenal menjadikan pantai ini cukup sepi dari para wisatawan yang berkunjung.

Namun, hal ini malah menjadi salah satu daya tarik wisata pantai ini, kenapa demikian? Untuk menemukan jawabannya ada di bacaan bawah ini ya.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Dua

Jika Anda tertarik berkunjung ke Pantai Pasir Dua di Jayapura ini, mungkin menjadi wisata yang seru dan murah. Anda tidak akan membayar tiket masuk, karena pantai ini gratis.

Untuk mengunjungi pantai ini Anda terlebih dahulu melakukan perjalanan menuju lokasi pantai dan begitu berada di kawasan pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Dua

Rute Menuju Pantai Pasir Dua

Alamat pantai ini berada di Desa Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Terletak di jalan Tanjung Ria ini memiliki jarak yaitu 10 kilometer dari pusat kota Jayapura. Sehingga, keberadaan-nya cukup jauh dari keramaian kota. 

Meskipun cukup jauh, namun Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojek maupun angkot.

Dengan mengendarai kendaraan tersebut, Anda bisa memulai perjalanan dengan tujuan sampai dulu ke sebuah desa di Jayapura Utara.

Untuk bisa sampai menuju lokasi desa tersebut cukup mudah karena kondisi jalannya sudah mulus.

Namun saat hampir mendekati desa tersebut jalannya masih kurang baik karena masih tanah, sehingga cukup sulit jika musim hujan.

Maka, sebaiknya janganlah datang saat musim hujan ya, mengingat jalan desa belum beraspal.

Sesampainya tiba di desa tersebut, Anda pun juga harus melanjutkan perjalanan lagi agar bisa sampai di lokasi Pantai Pasir Dua.

Tetapi, karena akses jalan cukup kecil, membuat para wisatawan yang berkunjung harus parkir kendaraannya di desa tersebut.

Selain jalannya kecil, wisatawan juga harus melewati jembatan yang terbuat dari kayu yang tidak memungkinkan dilewati oleh kendaraan.

Dengan berjalan kaki melewati jembatan kayu, Anda akan berjalan kaki kurang lebih 200 hingga 300 meter.

Setelah itu, Anda akan mendengar deburan ombak Pantai Pasir Dua, namun untuk sampai kesana harus menaiki anak tangga menuju pantai.

Objek Wisata Pantai Pasir Dua

Meskipun perjalanan menuju pantai ini seperti begitu melelahkan, tetapi dengan menempuh perjalanan tadi, Anda akan dibuat terkesima dengan pemandangan Laut Pantai Pasir Dua ini.

Selama di pantai ini Anda dapat melakukan aktivitas-aktivitas menarik dan menikmati obyek wisata di pantai ini. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Pemandangan Pantai yang Indah

Pantai Pasir Dua Jayapura

Begitu sampai di pantai ini, Anda akan disambut dengan deburan ombak khas perairan pasifik. Pantai ini memiliki perairan yang jernih lengkap dengan warna kebiruan sehingga terlihat begitu segar.

Karena laut yang jernih, Anda bisa melihat beberapa biota laut yang berada di perairan dangkalan lautan ini. Anda pun bisa sekedar bermain air atau berendam di sini dengan suasana yang begitu segar. 

2. Pasir yang Unik

Wisata Pantai Pasir Dua Jayapura

Hal unik yang bisa Anda temukan di Pantai Pasir Dua ini yaitu seperti dengan penjelasan pemberian nama pantai ini.

Pantai yang tergolong sepi ini memiliki hamparan pasir yang memanjang. Uniknya, pantai ini memiliki 2 warna pasir yang berbeda yaitu putih dan juga hitam.

Adanya hamparan pasir dengan dua warna ini, maka wisatawan juga biasa bermain pasir pantai, tak hanya wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara juga senang berjemur di atas hamparan dua warna pasir ini.

3. Berenang dan Bersantai

Wisata Pantai Pasir Dua

Mengingat pantai ini memang cukup sepi dari keramaian, Pengunjung dapat dengan bebas berenang dan bersantai di pinggir pantai.

Salah satu hal yang membuat pantai ini dikunjungi oleh para wisatawan yang memang menginginkan ketenangan untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang dimilikinya.

Tak hanya dengan pemandangan, wisatawan dapat merasakan semilir hembusan angin yang begitu segar karena langsung dari pantainya.

Sehingga pantai ini cukup bisa digunakan bagi wisatawan yang ini menyegarkan pikiran dari beban atau pekerjaannya sekaligus mencari ide terbaru.

4. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Pasir Dua Jayapura

Pemandangan ketika saat-saat matahari tenggelam akan menjadi momen yang indah di pantai Pasir 2 ini.

Momen sunset ini akan membuat warna langit kuning keemasan akibat pantulan temaram cahaya matahari.

Momen ini sangat tepat untuk dijadikan background photo Anda ketika berkunjung ke pantai ini.

5. Spot Diving

Diving Di Pantai Pasir Dua

Tak hanya memiliki keindahan alam yang begitu menghipnotis mata dengan segar.

Ternyata, pantai ini juga menyimpan keindahan bawah laut-nya, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa spot yang bagus untuk aktivitas diving.

Meskipun pantai ini tidak memiliki pusat penyewaan alat selam, para pengunjung sudah membawa perlengkapan selam sendiri.

6. Memancing

Memancing Di Pantai Pasir 2

Di pantai ini, cukup banyak ditemukan anak-anak warga sekitar yang sedang bermain di pantai ini dan mencari ikan.

Oleh karena itu, wisatawan juga terkadang memancing bersama dengan anak-anak tersebut.

Hal ini menjadi kegiatan yang seru, karena anak-anak pantai ini begitu senang bertemu dengan wisatawan dan pastinya ini menjadi hal yang baru bagi pengunjung.

Selain itu, dengan mendapatkan hasil memancing juga bisa langsung dibakar bersama-sama dengan mereka. pasti sangat seru ya.

Fasilitas Pantai Pasir Dua

Meskipun memiliki keindahan dengan daya tarik wisata yang begitu mengagumkan. Sayangnya pantai ini belum memiliki fasilitas bagi para wisatawan.

Sehingga, masih perlu dilakukan pengembangan dan pembangunan terutama fasilitas yang dapat mendukung berlibur para wisatawan.

Oleh karena itu, pantai ini masih sangat begitu alami dan memang terasa begitu khas.

Meskipun hari libur merupakan waktu yang digemari oleh masyarakat Timur untuk menghabiskan waktu dengan bermain dan berlibur di pantai, tetapi pantai ini juga belum memiliki toilet ataupun warung makan bagi wisatawan.

Oleh sebab itu, maka sebaiknya janganlah lupa untuk membawa perlengkapan berlibur ketika mengunjungi pantai ini.

Namun juga tidak perlu banyak-banyak karena harus melewati tangga pantai terlebih dahulu.

Ketika memilih menghabiskan berlibur di Indonesia Timur ini, tentunya sangat disayangkan jika hanya memilih satu objek wisata saja.

Sedangkan Papua ini menyimpan begitu banyak wisata alam yang begitu indah.

Untuk itu, sebaiknya Anda juga berkunjung ke beberapa pantai lainnya, salah satunya yaitu Pantai Base G yang juga berlokasi dekat dengan Pantai Pasir Dua.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Pasir Dua di Jayapura yang masih alami ini. Anda serasa memiliki pantai pribadi ketika berlibur ke pantai ini, karena memang masih alami dan sepi.

12 Ulasan untuk Pantai Pasir Dua, Jayapura, Papua

  1. Like a private beach. 😎. Clean and quiet.. From top, when sunset, Pasir Dua Beach looks like Uluwatu Beach at Bali.

  2. Pantai yg indah…

  3. Pantai di depan rumahku

  4. Bagus dan indah

  5. Seperti Pantai pribadi….indah dan tenang. Masih perlu dilakukan pengembangan wisata terutama fasilitas umumnya. . Tempat bilas & kamar mandi umum serta pondok-pondok tepi pantai yg terawat dengan harga terjangkau masih belum tersedia. . Sangat disayangkan banyak pantai-pantai dipapua yang dikelola oleh pribadi. . Tetapi apapun itu, tempat ini masih indah dan alami. Seakan tidak mau beranjak dari tempat ini. . Hormat

  6. Biaya parkir dan masuk pantai mahal :”

  7. Ombaknya lumayan tinggi apalagi di Bulan Januari. Tempatnya keren. Hati2 di anak tangganya karena lumayan curam.

  8. Pantai yg indah … teringat masa SMA 😇

  9. Pantai pesisir yg indah…

  10. Tempat rekreasi

  11. mari mengunjungi dan tamasya bersama kerbat teman daudara keluarga di pantei yg indah permai .

Tinggalkan Balasan