Pantai Pasir 6 Angkasa

Pantai Pasir 6 Angkasa

Desa Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kabupaten Jayapura, Papua 99117, Indonesia..

5 Ulasan

Papua memang memiliki kekayaan alam yang begitu indah, bahkan Papua ini juga memiliki budaya yang masih begitu kental. Hal inilah yang menjadi daerah ini sering disebut dengan julukan surga kecil di bumi ini.

Terletak di Jayapura Papua, wilayah ini memiliki beberapa deretan pantai yang indah dengan perairan yang langsung terhubung dengan Laut Pasifik. Salah satu pantai ini adalah Pantai Pasir 6 Angkasa.

Karena terletak di ujung kepulauan Indonesia, maka objek wisata ini kurang diketahui oleh masyarakat luas. Meskipun wisata bahari ini memiliki daya tarik yang mampu membuat wisatawan tercengang dengan keindahan alamnya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini pantainesia.com akan memberikan informasi terkait dengan Pantai Pasir 6 Angkasa.

Sejarah Pantai Pasir 6 Angkasa

Pantai Pasir 6 Angkasa Jayapura

Pantai Pasir 6 Angkasa merupakan salah satu pantai dengan panorama keindahan yang begitu mempesona. Tak hanya mempesona, namun juga masih begitu alami sehingga masih terlihat begitu segar.

Menurut informasi yang beredar, Pantai Pasir 6 Angkasa ini merupakan objek wisata di Jayapura yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat. Hal ini dilakukan dengan adanya gagasan para masyarakat setempat yang dipimpin oleh Pak Daniel Tato, yang merupakan Kepala Suku di wilayah ini.

Walaupun dikelola oleh warga setempat, tetapi tidak menyurutkan semangat mereka untuk memperindah pantai ini. Bahkan juga sudah melengkapi objek wisata pantai dengan mendirikan fasilitas pendukung.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir 6 Angkasa

Biasanya, suatu objek wisata baik bahari maupun daratan memiliki harga tiket masuk untuk bisa memasuki kawasan wisata tersebut. Hal ini juga berlaku sama bagi objek wisata Pantai Pasir 6 Angkasa ini yang memiliki harga tiket yaitu Rp 10.000 per orang.

Biaya ini akan sama dan berlaku setiap harinya baik hari biasa maupun hari libur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda terlebih dahulu menyiapkan dan membawa uang untuk membayar tiket masuk ketika akan memasuki kawasan pantai tersebut.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir 6 Angkasa

Rute Menuju Pantai Pasir 6 Angkasa

Alamat Pantai Pasir 6 Angkasa tepatnya berada di Desa Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua.

Objek wisata Pantai Pasir 6 Angkasa ini bertempat di Jalan Angkasa Raya yang juga masih termasuk di wilayah perkotaan. Meskipun berada di daerah perkotaan, namun akses jalan menuju pantai ini masih cukup sulit.

Jika Anda memilih menggunakan rute perjalanan darat, maka wisatawan harus terlebih dahulu melewati jalan dengan kondisi batu-batu yang terjal. Bahkan Anda juga harus melewati hutan dan juga perbukitan.

Perjalanan ini dimulai dari belakang perumahan Bucen VI dan kemudian menyusuri jalan sekitar 3 kilometer.

Oleh karena itu, akses darat ini cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Apalagi dengan melewati jalan dengan kemiringan hingga 70 derajat.

Namun, sepanjang perjalanan ini,  Anda akan dimanjakan dengan suasana hutan, batu-batuan, pemandangan air terjun dan jurang.

Meskipun demikian, Anda bisa mengambil rute yang lebih cepat dan lebih mudah dibanding rute melalui darat, yaitu dengan melakukan perjalanan menggunakan perahu motor.

Untuk bisa menaiki perahu motor tersebut maka Anda harus menuju di Pantai Dok VIII terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tak hanya akan mengunjungi Pantai Pasir 6 Angkasa saja, tetapi harus berada di Pantai Dok VIII.

Sesampainya di Pantai Dok VIII, Anda bisa menyewa perahu motor kepada petugas yang berada di sekitar perahu tersebut. Untuk tarif sewa, Anda bisa melakukan negosiasi dengan pemilik perahu, namun jangan asal nego ya karena kesepakatan sewa juga dilihat dari kapasitas penumpang.

Setelah melakukan nego harga sewa dengan mencapai kesepakatan, maka Anda bisa menaiki perahu tersebut untuk menuju ke pantai Pasir 6 Angkasa dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit.

Karena perjalanan menggunakan perahu motor, hal ini menjadi sebuah momen yang menarik bagi wisatawan sekaligus dapat merasakan gelombang ombak dan pemandangan Teluk Cenderawasih.

Objek Wisata Pantai Pasir 6 Angkasa

Keindahan pesisir pantai yang masih perawan ini memiliki objek wisata dengan memiliki banyak daya tarik. Banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di tempat ini. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Objek Wisata Pantai Pasir 6 Angkasa

Meskipun berada di tanah Papua. namun pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih yang  lembut. Bahkan pasir pantai ini begitu bersih dan masih terlihat alami.

Anda dapat memanfaatkan hamparan pasir ini untuk bermain atau bisa juga digunakan untuk berjemur, walaupun hamparan pasir ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang.

2. Bermain Air

Fasilitas Pantai Pasir 6 Angkasa 2

Hal lain yang bisa Anda lakukan di pantai ini yaitu dengan bermain air. Namun, jangan sampai ke tengah-tengah ya, karena pantai ini memiliki arus yang cukup besar.

Pantai ini berbatasan langsung dengan samudra pasifik. Jadi, Anda bisa menikmati perairan laut dengan berada di bibir pantai saja ya!

3. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai 6 Angkasa

Walaupun memiliki ombak yang cukup tinggi, namun pantai ini juga biasa digunakan untuk menyelam dengan melihat keindahan dasar perairan yang masih begitu alami.

Sayangnya, untuk melakukan snorkling di pantai ini belum ada penyewaan peralatan, sehingga jika Anda akan melakukan snorkeling harus membawa peralatan sendiri.

4. Sungai di Dekat Pantai

Wisata Pantai Pasir 6 Angkasa

Pantai ini memiliki bentuk yang cukup unik, hal ini bisa dilihat dari berbagai gambar yang sudah diambil dari sudut bagian atas yang dapat begitu terlihat dari semua sisi pantai ini. Selain pantai, di kawasan ini juga terdapat sungai air tawar yang langsung mengalir ke lautan. 

Air sungai ini juga sangat jernih dan terlihat begitu segar. Sehingga Anda juga bisa melakukan aktivitas berenang di sungai ini dengan cukup aman karena arus airnya tidak terlalu deras dan berbeda dengan perairan laut.

Fasilitas di Pantai Pasir 6 Angkasa

Fasilitas Pantai Pasir 6 Angkasa

Meskipun akses jalan menuju lokasi pantai belum begitu baik, namun pantai ini sudah didukung dengan adanya berbagai fasilitas, seperti:

1. Gazebo

Anda bersama teman-teman atau keluarga dapat bersantai dengan duduk-duduk atau berbaring santai di gazebo yang berada di kawasan pantai. Dengan begitu, Anda bisa lebih menikmati suasana pantai ini dengan nyaman dan tenang.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Meskipun lokasinya melewati hutan, tetapi ternyata pantai ini juga sudah memiliki fasilitas kamar mandi dan toilet. Sehingga Anda dapat melakukan bilas di kamar mandi ini, air yang digunakan pun cukup bersih dengan air tawar.

3. Warung Makan

Setelah melewati perjalanan yang cukup menantang andrenalin, Anda bisa menambah energi dengan membeli makanan atau minuman yang tersedia di warung makan sederhana pantai ini.

Tetapi, menu yang tersedia kurang lengkap, sehingga jika Anda menginginkan makanan berbagai macam sebagainya tetap membawa bekal makanan atau minuman.

Jika berkunjung ke pantai ini menggunakan jalur darat maka kami menyarankan agar Anda melewati akses jalan secara rombongan yang cukup ramai atau bersama dengan pemandu lokal.

Mengingat akses jalannya melewati hutan, sehingga meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan. 

Jika Anda sedang berkunjung ke jayapura, jangan lupa untuk singgah ke pantai 6 Angkasa ini. Anda juga dapat mengunjungi pantai lainnya seperti Pantai Amban yang terletak di sisi barat Papua.

Demikian informasi terkait dengan wisata Pantai Pasir 6 Angkasa Jayapura, semoga informasi ini dapat berguna untuk lebih mengetahui surga cantik milik Papua ini. Jika berkunjung ke pantai ini, janganlah mengotori pantai ini dengan sampah yang berserakan ya!

5 Ulasan untuk Pantai Pasir 6 Angkasa, Jayapura, Papua

  1. Pantai pasir 6, . pantai cantik di ujung kota Jayapura yang sangat memukau.. Pantainya bersih, airnya jernih, ombaknya juga lumayan tinggi. Hanya saja karang dan kerang di dalam pantai lumayan tajam, jadi harus lebih hati-hati.. Jalan menuju pantai ini lumayan susah, dikarenakan masih berupa tanah merah dan bebatuan yang sangat curam, melewati hutan dan bukit, tapi kita masih disuguhi pemandangan yang indah.. . Transportasi: untuk mobil yang dipakai harus 4wd, sedangkan untuk motor harus dalam keadaan prima, seperti rem dan tarikan gas nya.. . Sa kesini naik motor matic beat, 😅 tapi sebaiknya gunakanlah motor dengan kolong yang tinggi, biar tidak tercukur dengan tanah dan batu.. . Uang masuk: sekitar 10.000an rupiah per motor, . Tapi tadi sa tidak bayar karena datangnya masih lumayan pagi.. . Disini tidak ada yang jualan jadi kita harus bawa cemilan, makanan, dan minuman sendiri. . Untuk toilet dan tempat ganti baju telah disediakan, toilet nya bersih dan cukup bagus serta memadai, disediakan pula air pancur untuk membilas di bagian luar toilet, dan untuk biaya kebersihan nya sebesar Rp2000. . Untuk pondokan hanya tersedia beberapa, karena sa tidak pakai jadi tidak tahu berapa biaya sewanya.. . Syukur nya wilayah nya cukup aman dari tangan2 jahil.. . Untuk akses lokasi, bisa melalui jl.angkasa indah 2, melewati pemukiman penduduk setempat dan perbukitan tanah merah dan bebatuan.. . Disini juga terdapat air terjun dan kali, cukup ikuti alirannya dari jalan sebelum masuk ke wilayah pantainya.

  2. bagus, sangat alami dan penjaga nya pun ramah. tapi akses menuju lokasi masih sulit.

  3. Pantainya bagus bersih.. cman jalan daratnya mash krg bgus. Bisa naik speedboat jg mnuju kesini salah satu pantai yg bagus dkat dengan Kota jayapura

  4. Spot wisata tersembunyi.. tapi memiliki keistimewaan yg tidak di dapat di tempat lain… Perjalanan medan yg berat tapi semua terbayar lunas begitu sampai di lokasi. Pantau pasir 6 jayapura luar biasa…

  5. Pantai pasir 6 sangat indah dengan pemandangan yg tak terkalahkan, dengan hiasan tanaman hijau, air tawar yg jernih, pemerintah harus mensuport agar fasilitas pantai kedepan lebih menjanjikan.

Tinggalkan Balasan