Pantai Hamadi

Pantai Hamadi

Tobati, Jayapura Sel., Kota Jayapura, Papua, Indonesia

9 Ulasan

Papua merupakan salah satu provinsi yang memiliki wilayah begitu luas. Dari begitu luas wilayahnya, pulau ini tentu saja memiliki potensi alam yang berlimpah. Banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan.

Ditambah lagi Papua memiliki cerita latar belakang sejarah yang kuat saat negara ini belum merdeka. Cerita sejarah tersebut pun bisa Anda temukan pada salah satu objek wisatanya yaitu Pantai Hamadi.

Sudah pernahkah Anda mengunjungi pantai tersebut? Karena kami akan memberikan informasi terkait pantai tersebut.  Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, simak pada artikel di bawah ini ya.

Sejarah Pantai Hamadi

Pantai Hamadi

Menurut cerita sejarah, pantai Hamadi merupakan salah satu pantai yang memiliki histori yang cukup menarik dan berbeda dari pantai-pantai lain di kota Jayapura. Dahulu kala Pantai Hamadi bernama Pantai Hollandia.

Pantai ini merupakan bekas dari perang dunia ke-II dan menjadi tempat pendaratan pasukan amphibi sekutu pada tahun 1944. Karena itulah, kawasan ini digunakan sebagai transit sekaligus menjadi basis pusat komando.

Pusat komando inilah yang dipergunakan sebagai persiapan bagi para pasukan sekutu yang akan menghadapi pasukan Jepang dengan tujuan menguasai wilayah Pasifik. Untuk pertahanan para pasukan sekutu maka dibangunlah benteng pertahanan.

Benteng pertahanan tersebut terbentang sekitar 2 kilometer untuk melindungi pasukan sekutu dari serangan Jepang. Meskipun sudah lama dibangun, namun benteng ini sampai saat ini masih berdiri kokoh walaupun sudah banyak yang hancur.

Oleh karena itu, selain memiliki nilai sejarah masa lampau, pantai ini pun sekarang juga menjadi kawasan obyek wisata bagi wisatawan. Tak heran jika waktu libur tiba pantai ini dipadati pengunjung untuk berlibur.

Harga Tiket Masuk Pantai Hamadi

Sebelum memasuki kawasan Pantai Hamadi, sesampainya di jalan menuju pintu masuk maka Anda harus melewati pintu gerbang Pantai Hamadi dan disitulah maka akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 20.000 bagi kendaraan roda empat.

Dengan membayar tiket masuk tersebut, maka Anda sudah dapat memasuki kawasan pantai dan juga menikmati keindahannya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Hamadi

Rute Menuju Pantai Hamadi

Pantai Hamadi ini berada di Tobati, Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Berada kurang lebih 5 kilometer dari pusat kota Jayapura. Karena jaraknya tidak begitu jauh dari kota, maka letak pantai ini dikatakan cukup strategis dan tidaklah sulit untuk dijangkau.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil, bahkan juga bisa menggunakan angkutan umum dari kota. Untuk rute lokasi menuju pantai ini pun dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 20 menit perjalanan.

Anda bisa memulai dari pusat Kota Jayapura menuju Jl. Perkutut, kemudian ke Jl. Raya Abepura, yang selanjutnya menuju Jl. Poros. Lalu arahkan ke Jl. Ring Road Jayapura dan menuju Jl. Hamadi Pante. Sampailah Anda ke pintu gerbang Pantai Hamadi.

Objek Wisata Pantai Hamadi

Objek Wisata Pantai Hamadi

Selain memiliki cerita sejarah yang begitu melekat, pantai ini juga memiliki karakteristik tersendiri dengan adanya daya tarik wisata :

1. Panorama Yang Memukau

Panorama pantai ini begitu eksotis dengan pemandangan yang langsung ke lautan lepas. Kawasan pantai ini juga dikelilingi dengan pepohonan hijau pohon cemara yang berlatar belakang pohon mangrove.

Hal ini lah yang memberikan suasana kesejukan saat berada di Pantai Hamadi. Selain itu, Anda Juga dapat memanfaatkannya sebagai background foto ditambah lagi dengan adanya beberapa hiasan yang dapat dijadikan spot berfoto Anda.

2. Barang Peninggalan Bersejarah

Tak hanya menyimpan cerita sejarah saja, namun hingga saat ini masih terdapat beberapa peninggalan sejarah pada saat itu. Meskipun kondisinya tidaklah begitu utuh, namun tetap masih menarik untuk dikunjungi lho.

Beberapa peninggalan sejarah yang masih dapat Anda temukan yaitu benteng pertahanan yang terbentang kira-kira 2 kilometer, yang menjadi tempat berlindung para pasukan sekutu. Selain itu juga masih terdapat beberapa benda peninggalan peperangan juga.

3. Ombak Terbang

Objek Wisata Pantai Hamadi 2

Hal yang menarik dan dapat Anda temukan di Pantai Hamadi pada saat air laut pasang yaitu ombak terbang. Bagaimana bisa ombak terbang? Pasti Anda bingung ya?

Jadi, ombak terbang merupakan ombak yang datang dan membentur tembok buatan yang memanjang sekitar 200 meter dengan begitu air laut akan terbentur dengan kerasnya. Sehingga ombak tersebut memuncrat tinggi hingga 5-8 meter. Dari situlah maka disebut dengan ombak terbang.

4. Berenang

Karena ombak yang datang tidak begitu besar dan sudah dipecah dengan tembok pemecah gelombang, maka Anda dapat bermain air dan berenang di pantai ini. Anda Pun bisa bersama-sama mengajak anak-anak untuk bermain di perairan ini.

Sehingga, jangan lupa juga membawa pelampung ya. Selain itu, meskipun ombak yang datang tidak besar namun juga perlu pengawasan lebih agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

5. Sunset

Selain memiliki panorama pantai yang begitu indah, Pantai Hamadi juga akan semakin terlihat mempesona saat sunset datang. Ketika cuaca cerah dan matahari mulai terbenam maka akan terlihat pancaran warna kemerahan yang akan semakin tenggelam.

Nah pada saat itu juga matahari perlahan-lahan akan tenggelam seolah masuk ke dalam pulau teluk Youtefa. Oleh karena itu sunset ini menjadi panorama yang begitu ditunggu oleh wisatawan karena berbeda dengan kebanyakan wisata pantai lainnya.

Fasilitas Pantai Hamadi

Fasilitas Pantai Hamadi

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia bagi para wisatawan yang datang di Pantai Hamadi yaitu :

1. Pondokan

Karena suasana yang begitu nyaman, sangat mendukung bagi Anda yang ingin bersantai di pantai ini. Anda bisa menggunakan pondokan yang tersedia dengan menyewa kepada pengelola.

Selain bersantai, Anda juga bisa menggunakan pondokan ini sebagai sarana melepas lelah saat melakukan aktivitas. Harga sewanya pun beragam, tergantung pada pondokan yang Anda gunakan dengan menggunakan atap atau tidak menggunakan atap yaitu dari harga sewa 100.000 hingga 300.000 ribu rupiah.

2. Toilet

Toilet juga dapat dipergunakan oleh para wisatawan sebagai sarana MCK, namun ada tarif yang harus dibayarkan yaitu sekitar Rp 10.000. Memang harga tersebut cukup mahal ya untuk sebuah toilet, namun memang menggunakan air tawar yang bersih.

3. Tempat Parkir

Kawasan parkir pantai ini juga cukup besar, sehingga wisatawan dengan mudah memarkirkan kendaraan pribadinya di area ini.

4. Cafe Dan Warung Makan

Saat berlibur di Pantai Hamdi ini, Anda tak perlu repot membawa bekal makanan yang cukup banyak, dikarenakan kawasan ini memiliki beberapa deretan cafe dan warung makan dengan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman. Cafe dan warung makan ini juga dilengkapi dengan meja dan kursi dengan view menghadap ke laut.

Pantai ini juga termasuk pantai yang mengikuti perkembangan digital, dikarenakan sudah terdapat beberapa penjual makanan dengan sistem pembayaran digital melalui QRIS. Hal ini bertujuan memudahkan para wisatawan apabila tidak membawa uang cash lebih.

Itulah informasi terkait dengan Pantai Hamadi yang merupakan objek wisata bahari sekaligus wisata sejarah. Bagaimana dengan Pantai Hamadi yang telah kami ulas? Apakah Anda tertarik mengunjungi Pantai Hamadi ini?

Jika Anda tertarik mengunjungi wisata pantai ini maka persiapkan rencana Anda mulai dari sekarang ya mengingat pantai ini berada di Jayapura Papua. Nah, selain Pantai Hamadi, Anda juga bisa menyempatkan waktu berlibur di pantai menarik lainnya seperti Pantai Harlem yang juga terletak di Jayapura.

9 Ulasan untuk Pantai Hamadi, Jayapura, Papua

  1. Salah satu destinasi wisata pantai di Jayapura. Pemandangan cukup indah. Pasir putih. Bentangan garis pantai yang panjang menjadi daya tarik tersendiri pantai ini.. . Peran Dinas Pariwisata belum nampak di sini. Harga sewa saung/para-para yang dikelola masyarakat sekitar masih terlalu mahal jika dilihat dari kondisi saung/para-para itu sendiri.. . Di pantai ini masih banyak sekali bulu babi. Harus ekstra hati-hati jika berenang.. . Terdapat beberapa spot selfie seperti ayunan dsb.

  2. Salah satu destinasi wisata pantai yang ada di kota Jayapura , disini panatai terdekat dengan pusat kota selain pantai Base G , syarat dengan sejarah perang dunia ke 2 , sebagai temoat bersantai prajurit US Marine .. . Nah di sini anda bisa bersantai santai , sambil minum teh atau sekedar bermain main di pasir OK lah / mencari fito sunsest

  3. Nah klw pergi ke tempat yg satu ini anda akan di segarkan dengan udara yg sejuk dan pasir yg halus serta pemandangan indah sepanjang pantai juga pepohonan cemara yg membuat anda merasa nyaman berada di pantai hamadi.

  4. Pantai Hamadi bagus untuk dijadikan destinasi wisata liburan karena selain tergolong murah pantainya pun masih sangat aman untuk anak anak.

  5. Happy new year 2020, GBU 😇🙏🏿
    Awal tahun masih dengan ombak2 besar,, tetap jaga diri dan keluarga bila berekreasi dengan keluarga ataupun teman. Tempat wisata yg bersih dan aman. 👍🏾

  6. Panoramanya bagus. Teman-teman yang berenang agar berhati-hati mengingat banyak Duri Babi di sekitaran beton-beton pemecah ombak.
    Kebetulan pernah juga saya terkena Duri Babi tersebut. Nah kalau sudah terlanjur kena Duri Babi berikut sedikit tips dari saya:
    1. Jangan panik.
    2. Jangan langsung dicabut.
    3. Untuk mencabut agar disiram terlebih dahulu dengan air seni.
    4. Setelah disiram dengan air seni, Duri Babi tersebut menjadi menegang dan bisa dicabut.
    Demikian, sedikit pengalaman bertamasya di Pantai Hamadi dan tips mencabut Duri Babi.
    Terima kasih bagi teman-teman pembaca.
    Selamat bertamasya.

  7. Ada tempat / pondok yg murah dan mahal. Klo mau tau yg murah bs tny sy… murah 50rb, 100rb,200rb . Dan tdk byr parkiran mobil. Di kompleks rumah jdi tdk perlu khawatir krn dlm pantauan mata anda.
    Klo yg mahal 150rb dan 200rb, byr parkiran sebelah jln, antara 10rb sampai 50rb.

  8. Pantai hamadi sdh ada kemajuan, perlu di tingkatkan sedikit lg pengelolaannya. Misalnya utk penjual di pantai hamadi harus wajib org asli papua, trs utk pondok2 hrg sewa semua sama, klo 1 pondok 100rb yah semua.thks.salam Port Numbay.

  9. Pantai dan pasirnya bersih. Petugas kebersihan benar2 menjaga kebersihan di area pantai. Salah satu destinasi wisata favorit warga di kala weekend krn lokasi strategis tdk bgt jauh dr pusat kota jayapura. Hanya besaran biaya parkir yg blm diatur. Overall its nice.

Tinggalkan Balasan