Pantai Butuh

Pantai Butuh

Pantai Gunungkidul memang tidak pernah mengecewakan. Keindahan alam dan desiran ombak di pantai yang membuat betah berlama lama disana, akan membuat para wisatawan akan terus datang untuk memanfaatkan waktu berlibur. Salah satu pantai yang dianggap indah adalah Pantai Butuh. Keheningan dan area yang masih minim dijamah orang membuat pantai ini terasa pantai milik pribadi.

Sesuai dengan namanya ‘Pantai Butuh’, pantai ini dianggap sebagai destinasi wisata yang selalu dibutuhkan oleh orang untuk melepas penat. Ketenangan yang bercampur dengan hawa segar di area pantai sangat tepat jika digunakan untuk menikmati masa-masa rehat dari kegiatan kantor seharian. Lokasi yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta ini kerapkali dijadikan pilihan bagi pengunjung yang tidak menyukai keramaian.

Harga Tiket Masuk

Pantai yang terbilang cukup baru ini tidak kalah dengan pesona pantai pasir putih lainnya di seluruh kawasan di Gunungkidul, Yogyakarta ini. Lokasi tepatnya berada di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Saptosari, Gunungkidul. Jika Anda melakukan perjalanan untuk menuju ke pantai ini, dapat sekaligus menikmati keindahan Pantai Ngalimun dan Pantai Ngeden yang terletak sejalur dengan Pantai Butuh.

Untuk masuk ke area pantai hanya dikenakan biaya Rp 10.000,- setiap orang. Biaya retribusi tiket masuk bukan hanya digunakan untuk masuk ke kawasan Pantai Butuh saja, namun juga dapat digunakan untuk mengelilingi pantai yang masih dalam satu kawasan. Kelebihan lainnya apabila menunjungi kawasan ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk parkir karena disini tidak dikenakan biaya parkir.

Rute

Menuju ke Pantai Butuh memerlukan perjalanan darat selama kurang lebih 1,5 hingga 2 jam jika ditempuh dari pusat kota Yogyakarta yang memiliki jarak 60 km. Pantai yang terletak di bagian selatan Gunungkidul ini terbilang unik karena dekat area ini terdapat beberapa sungai di bawah tanah dan masuk dalam kawasan Gunung Seribu atau wilayah Kars.

Senja di Pantai Butuh

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Butuh, terdapat beberapa akses rute jalan untuk menuju ke pantai pasir putih tersebut antara lain :

1. Melalui Imogiri

Jalan Imogiri-Siluk-Panggang-Giriwungu-ambil kea rah Saptosari-Ngloro-ambil kanan ke pertigaan Ngejaman-SMPN 1-Pantai Ngeden-ambil kea rah Pantai Butuh

2. Melalui Jalan Wonosari

Jalan Wonosari-Piyungan-Patuk-SAmbipitu-Gading-ambil ke kanan dari pertigaan-Tumpak-Pasar Playen-Paliyan-Jalan Panggang-Wonosari-Jetis-Balai Desa Krambil Sawit-ambil jalur Pantai Ngeden-ambil kea rah Pantai Butuh

Dari kedua rute tersebut akan mempermudah Anda cepat sampai ke lokasi apabila ditempuh dari Jalan Imogiri. Namun yang harus diingat bahwa rute perjalanan dipilih sesuai dengan lokasi terdekat dimana Anda berada. Jika dalam mencari lokasi Anda masih sedikit kesulitan, Anda dapat bertanya kepada warga sekitar atau pun memanfaatkan google maps sebagai acuan perjalanan Anda.

Objek Wisata

Sesuai dengan namanya, Pantai Butuh ini kerap dibutuhkan oleh pengunjung terlebih lagi yang menyukai kesunyian. Walaupun untuk menuju ke lokasi ini sangat jauh dan membutuhkan perjalanan yang melewati jalanan yang berlika-liku dan belum beraspal, namun pantai ini masih sangat memiliki suasana alami dan hawa segar.

Berbeda dengan pantai pasir putih lainnya yang terletak di Gunungkidul, pantai Butuh ini belum terlalu memiliki fasilitas warung untuk berburu makanan maupun persewaan fasilitas-fasilitas lainnya, mengingat pantai ini belum terlalu diperhatikan oleh pemerintah setempat dan jarang sekali diburu oleh wisatawan.

Objek Wisata Pantai Butuh

Lokasi pantai juga tidak terlalu luas namun sesampainya di lokasi, Anda akan langsung disuguhi pemandangan yang penuh dengan pepohonan yang masih rimbun dan pegunungan Karst. Selain itu warna laut yang berwarna biru tosca berpadu dengan air laut sangat terlihat menakjubkan. Untuk mengeksplore seluruh area lokasi pantai dapat memanfaatkan beberapa spot dan kegiatan yang dapat dilakukan, antara lain sebagai berikut :

1. Pantai Ngeden

Pantai ini terletak berderetan dengan Pantai Butuh. Pantai ini bisa menjadi alternatif apabila Anda sudah bosan dengan Pantai Butuh.

2. Pantai Ngalimun

Sama seperti Pantai Ngeden, pantai ini berdekatan dengan Pantai Butuh. Untuk menuju lokasi ini hanya dibutuhkan berjalan kaki beberapa menit saja.

3. Adanya tebing di area pantai

Di pantai ini kerapkali digunakan untuk spot foto pasangan-pasangan yang hadir disana. Suasana yang masih sepi membuat pantai ini diserbu banyak pasangan muda. Selain keindahan pantai, yang ditawarkan lainnya adalah pemandangan dari kedua tebing karang yang berpadu dengan pasir putih.

4. Bisa digunakan untuk bermain bola dan bermain air

Lokasi yang masih sangat sepi ini juga dapat Anda manfaatkan untuk bermain bola bersama teman-teman di tengah hamparan air pantai. Berbeda dengan pantai lainnya yang sudah banyak pengunjung sehingga kurang asik menikmati pantai.

5. Kuliner

Sayangnya di pantai ini tidak ada satu pun warung yang buka, bahkan tidak ada warung yang menjual minuman atau makanan-makana ringan. Jadi sebaiknya bagi Anda yang menginginkan suasana pantai seolah milik pribadi, sebaiknya membawa bekal makanan sendiri untuk dinikmati di dalam area pantai. Namun Anda juga harus menjaga kebersihan pantai dan jangan membuang sampah makanan di sembarang tempat.

Kelebihan dan kekurangan dari Pantai Butuh ini tentu harus dipikirkan matang-matang oleh Anda selaku wisatawan. Sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan wisata Anda, apabila hanya ingin melepas penat dengan teman-teman kantor atau kuliah, tentu pilihan yang sangat tepat jika berkunjung ke pantai ini. Cukup dengan membawa tenda sendiri dan melakukan api unggun di tengah malam nantinya. Selamat berlibur dan selamat menikmati pantai ini seperti pantai sendiri.

Ulasan Pengunjung

Belum ada ulasan untuk tempat ini