Pantai Cakang

Pantai Cakang

Pulau Galang Baru, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29484, Indonesia

4 Ulasan

Menjelang libur panjang pastinya Anda telah merencanakan liburan seru bareng keluarga kan. Salah satu tempat wisata yang biasa dikunjungi adalah pantai.

Siapa lagi yang tidak suka bermain dengan air laut secara langsung dan pemandangan akan pasir putihnya di pinggir pantai. Pastinya bakal mengasyikkan sekali ya.

Nah, salah satu pulau yang terkenal akan destinasi wisata pantainya adalah pulau Batam yang memang terkenal akan destinasi wisata pantainya yang mempesona.

Pantai Cakang Batam

Disana terdapat banyak sekali pantai yang menjadi tujuan berlibur para wisatawan. Misalnya pantai Ocarina, pantai Tanjung Pinggir, pantai Bale-Bale dan pantai Nongsa.

Terdapat salah satu pantai yang merupakan titik nol kota Batam yakni Pantai Cakang. Dimana lokasinya tepat berada pada titik referensi batas laut kota Batam tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Cakang

Bagi Anda yang ingin menikmati kondisi alam dari Pantai Cakang tentunya harus mengetahui harga tiket masuk ke pantai tersebut.

Karena Pantai Cakang dikelola oleh masyarakat setempat harga yang dipatok sangat terjangkau yakni hanya Rp 5000 saja dan Anda bebas menikmatinya sampai seharian penuh.

Namun, selain biaya tiket masuk ada juga biaya tambahan untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi yaitu biaya parkir. Dengan harga biaya parkir kisaran Rp 3000. Tergantung pada masing-masing pihak pengelola tempat parkir tersebut.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cakang

Pantai Cakang Titil Nol Kota Batam

Pantai Cakang adalah salah satu tempat wisata yang berada pada kawasan Pulau Galang baru dan merupakan pantai yang letaknya paling ujung di kota Batam, Kepulauan Riau.

Untuk menuju pantai ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan menggunakan jasa taksi, travel atau sewa kendaraan. Hal ini karena transportasi umum disekitar pantai agak sulit ditemui.

Untuk rute-nya, Anda dapat berpatokan pada arah menuju ke Pulau Galang. Namun, bila Anda mengambil rute dari Pulau Batam, maka Anda akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih untuk menemukan lokasi pantai ini.

Pantai Cakang tersebut berada pada jalan paling akhir bila mengikuti jalan lurus dari jembatan 6 Barelang.

Bagi Anda yang masih bingung, bisa juga mengakses-nya melalui Google Map. Selain itu, terkadang pintu masuk dari Pantai Cakang ini terkadang dibuka dan terkadang tidak.

Jadi mungkin, Anda akan mengira tidak ada pantai, karena pantainya juga tertutup semak dan juga pepohonan.

Obyek Wisata Pantai Cakang

Jumlah pantai di Pulau Batam memang terhitung lumayan banyak dan semuanya menawarkan keunikan dari keindahan alamnya yang berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Seperti halnya dengan Pantai Cakang yang mana memiliki spot yang menarik untuk berfoto selfie atau juga menampilkan pesona akan pemandangan sunset yang cukup memberikan tontonan yang indah.

Selain itu, ada juga hal lain yang ditawarkan oleh Pantai Cakang tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan secara lengkapnya pada informasi berikut ini.

1. Pasir Putih

Pantai Cakang Barelang Batam

Pemandangan pantai dengan pasir putih memang memberikan pesona yang tak akan pernah pudar bagi siapa saja yang melihatnya. Hal ini karena dengan hamparan warna putih terlihat gambaran akan sebuah makna yang suci dan bersih sehingga membuatnya menjadi daya tarik yang kuat.

Selain itu juga, Anda bisa mengabadikan-nya sebagai lokasi untuk pengambilan foto dan kemudian mengupload-nya ke media sosial Anda. Media sosial dengan bertemakan pasir putih dan lautan yang membiru pastinya akan memberikan kesan yang epic.

2. Pepohonan yang Rindang

Wisata Pantai Cakang Barelang

Selain pesona akan pasir putihnya yang membentang luas, rasanya tak lengkap jika tidak ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang. Hal ini tentunya akan membuat pemandangan di sekitar pantai tersebut terlihat asri dan juga alami.

Cocok untuk tempat berteduh yang baik sambil menikmati panorama pantai Cakang yang mengagumkan.

Belum lagi bila ditambah dengan suasana panas dan angin sepoi-sepoi yang menyapa Anda. Pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama berkunjung di pantai tersebut.

3. Spot Foto Keren

Wisata Pantai Cakang Batam

Anda penggemar fanatik Instagram? Dimana selalu mengupload spot-spot foto dengan bertemakan lautan dan juga hal yang unik.

Maka, tak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini. Hal ini karena terdapat cukup banyak spot foto yang menarik yang cocok untuk Anda.

Diantaranya ayunan kayu yang bergelantungan pada pohon dan pastinya membangkitkan kenangan masa kecil Anda ya ketika melihat ayunan tersebut. Walaupun terbuat dari bahan yang sederhana akan tetapi tetap saja diburu oleh para wisatawan yang berkunjung.

Selain ayunan, ada juga salah satu tempat beristirahat di pinggir pantai yang cocok juga digunakan untuk spot berfoto dengan bertemakan pantai. Juga terdapat spot seperti meja kursi yang diletakkan secara tidak beraturan. Tentunya spot disini tidak Kalah hits-nya dengan pantai yang lain.

4. Pemandangan Pulau Kecil

Obyek Wisata Pantai Cakang

Pantai Cakang yang letaknya memang berada di ujung Pulau Batam terlihat semakin mempesona dengan pemandangan pulau kecil yang berada pada bagian ujung pantai.

Hal ini karena Pulau Batam letaknya berdekatan dengan gugusan kepulauan-kepulauan kecil. Sehingga, membuatnya Nampak bila dilihat dari sisi pantai.

5. Sunset

Sunset Di Pantai Cakang Barelang

Setiap pantai tentunya tak kalah keren-nya dalam menampilkan keunikan akan pemandangan sunset-nya di sore hari. Pesona akan matahari tenggelam yang berwarna kemerah-merahan memang terlihat menakjubkan bila dilihat dari tepi pantai.

Belum lagi juga tersedia spot-spot andalan di Pantai Cakang, sehingga membuat Anda dapat menikmati bersantai rasa senja hari.

6. Pantai yang Asri

Pantai Cakang Yang Indah

Pantai Cakang yang memang letaknya agak jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. Tentunya, membuat suasana sekitar pantai masih asri dan alami. Belum tercemar akan segala polusi dan limbah dari pusat kota.

Sehingga, bagi Anda yang menginginkan suasana asri bak pedesaan, Anda dapat berkunjung ke Pantai Cakang ini.

7. Taman Bawah Laut

Setiap pantai pastinya memiliki taman bawah laut yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Nah, untuk Pantai Cakang ini tentunya memiliki pesona akan bawah laut-nya yang tak kalah keren.

Bahkan, dengan ditambah kondisi airnya yang sangat jernih membuat pemandangan terumbu karang dapat Anda saksikan langsung dengan mata.

Belum lagi bila Anda langsung terjun untuk menyelam ke dalamnya, wah Anda pasti akan merasa senang karena akan disambut dengan ikan-ikan kecil yang hidup di terumbu karang tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan-nya menjadi salah satu kenangan bahwa Anda pernah berkunjung ke Pantai Cakang ini.

8. Hutan Bakau

Daerah pesisir pantai memang identik dengan hutan bakau-nya. Namun, tetap saja membuat pemandangan menjadi semakin mempesona bila dilihat.

Pantai Cakang juga cukup banyak terdapat hutan bakau yang menghijau dan dihubungkan dengan kayu kecil untuk memudahkan para pengunjung melihat hutan bakau secara langsung.

9. Dihiasi Bebatuan

Wisata Pantai Cakang

Biasanya daerah pinggir pantai dihiasi oleh pasir putih yang asri, akan tetapi pengecualian untuk Pantai Cakang ini yang mana bagian ujungnya dihiasi oleh bebatuan.

Bebatuan yang disini lumayan cukup terjal akan tetapi tidak terlalu tinggi sehingga akan aman – aman saja bila dilewati oleh para wisatawan.

Bagian ujung pantai yang dihiasi oleh bebatuan ini tentunya bisa dijadikan salah satu spot foto terbaik Anda. Belum lagi jika posisi foto diambil dengan latar lautan yang membiru. Wah, pastinya kece abis kan?

Nah, itulah tadi informasi mengenai seputar wisata Pantai Cakang di Pulau Batam. Bagi Anda yang akan mengisi waktu liburan panjang Anda, jangan lupa untuk menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata utama Anda.

4 Ulasan untuk Pantai Cakang, Batam, Kepulauan Riau

  1. Itulah dia Pantai Cakang yang letaknya terpojok di Pulau Galang. Tepatnya berada di kawasan paling ujung Batam. Untuk menuju ke sini mesti melewat semua jembatan Barelang (Batam-Rempangg-Galang). . . Dari Batam, perlu menempuh waktu perjalanan kurang lebih 2 jam untuk menuju pantai ini. Itupun harus menggunakan kendaraan pribadi. Rute transportasi umum untuk ke sana belum tersedia.. . Berada di ujung jalan, Pantai Cakang dikelola oleh masyarakat setempat. Terkadang pintu masuk di buka terkadang tidak. Biaya masuk Rp 5 ribu saja. Di pintu masuk ada penjaga dari warga setempat, pos mereka hanya sekedar ada saja.. . Dari pintu masuk, anda mungkin mengira tidak ada pantai, karena pantai Cakang tertutup semak dan pepohonan. Tinggal telusuri jalan setapak hingga sampai di ujung di situlah pantai Cakang.. . Air laut Pantai Cakang cukup berisik. Spot yang menggugah keinginan pengunjung untuk memotret diri dengan pemandangan sudut pantai. Bila datang pada sore hari, pemandangan sunset cukup memberikan tontonan yang indah.. Paling pas duduk di pelantaran yang sudah tersedia di sebelah kanan pantai ini atau persis ketika menuruni tangga masuk. Ada beberapa pepohonan yang di pagar yang menghadap ke laut. Tersedia pula tempat duduk di bawah pohon itu.. . Pantai ini dikelilingi lingkungan hijau dan pepohonan, taman bunga, sehingga masih asri. Pantai Cakang cukup ditata dengan beton-beton, tangga yang diukir seadanya. Fasilitas lainnya yang tersedia seperti ayunan, pondok-pondok kecil yang gratis. Ada pelantaran kayu yang menjorok ke pantai.

  2. Pesona Pantai Cakang di Ujung Barelang. . JANGAN harap Anda akan menemukan hamparan pasir putih di tepi pantai ini. Cerita seperti itu sudah jamak di mana pun sama saja. Di sini pantainya hamparan batu seperti tanah liat.. . Coba lemparkan pandangan ke laut lepas. Amboi indahnya. Laksana lukisan di atas kanvas. Matahari sore  berkilau seperti cahaya emas yang menyembul dari punggung laut memantuli pulau-pulau kecil. Hilir mudik perahu nelayan pencari ikan meningkahi pesona alam ini.. . Itulah dia Pantai Cakang yang letaknya terpojok di Pulau Galang. Tepatnya berada di kawasan paling ujung Batam. Untuk menuju ke sini mesti melewat semua jembatan Barelang (Batam-Rempangg-Galang).   . . Dari Batam, perlu menempuh waktu perjalanan kurang lebih 2 jam untuk menuju  pantai ini. Itupun harus menggunakan kendaraan pribadi. Rute transportasi umum untuk ke sana belum tersedia.. . Berada di ujung jalan, Pantai Cakang dikelola oleh masyarakat setempat. Terkadang pintu masuk di buka terkadang tidak. Biaya masuk  Rp 5 ribu saja. Di pintu masuk ada penjaga dari warga setempat, pos mereka hanya sekedar ada saja.. . Dari pintu masuk, anda mungkin mengira tidak ada pantai, karena pantai Cakang tertutup semak dan pepohonan.  Tinggal telusuri jalan setapak hingga sampai di ujung di situlah pantai Cakang.. . Air laut Pantai Cakang cukup berisik. Spot yang menggugah keinginan pengunjung untuk memotret diri dengan pemandangan sudut pantai. Bila datang pada sore hari, pemandangan sunset cukup memberikan tontonan yang indah.. . Paling pas duduk di pelantaran yang sudah tersedia di sebelah kanan pantai ini atau persis ketika menuruni tangga masuk. Ada beberapa pepohonan yang di pagar yang menghadap ke laut. Tersedia pula tempat duduk di bawah pohon itu.. . Pantai ini dikelilingi lingkungan hijau dan pepohonan, taman bunga, sehingga masih asri. Pantai Cakang cukup ditata dengan beton-beton, tangga yang diukir seadanya. Fasilitas lainnya yang tersedia seperti ayunan, pondok-pondok kecil yang gratis. Ada pelantaran kayu yang menjorok ke pantai.

  3. Pantai Cakang memang bedah dengan pantai lainnya di Batam , hamparan pantainya berupa karang yg sangat indah karena terbentuk dari deburan ombak ,,,,,,,,,,,dan ada tonggak titik nol km , bagi yg belum pernah akan sangat penasaran

  4. Tempatnya ujung Batam Pulau Galang Baru, lokasinya enak buat liburan akhir pekan, Tidak di perbolehkan untuk berenang karena arusnya deras dan banyak karang. sayangnya sampah dimana2, jadi jangan nyampah ya, buang ke tempat sampah yg disediakan. . . noted : Datang pagi2 dari rumah bagi yg di batam kota, dan rasakan udara pagi di pantai cakang heheeh

Tinggalkan Balasan