Pantai Nongsa

Pulau Batam tidak hanya terkenal sebagai pulau paling luar di Indonesia bagian barat yang hanya berjarak beberapa mil dari negara kecil Singapura dan menjadi tempat singgah utama bagi barang-barang impor sebelum didistribusikan ke seluruh Indonesia. Sebagian besar orang mengunggulkan pulau di Provinsi Riau ini sebagai pusat ancang-ancang menuju Singapura dengan tiket murah, namun untuk apa harus pergi ke negeri orang apabila di Indonesia saja menyimpan berbagai surga alam yang patut kita syukuri dan nikmati. Salah satu surga wisata alam tersebut bahkan terletak di Pulau Batam. Yap, pulau yang dikenal sebagai customs check island ini memang terbilang kecil dan lokasinya yang terpisah dari satu di antara tiga pulau terbesar di Indonesia, Pulau Sumatera. Pulau Batam dikelilingi berbagai laut luas mulai dari laut Riau hingga wilayah territorial negara tetangga karena letaknya tidak jauh dari selat Singapura.

Salah satu Pantai yang terkenal dengan keindahan dan eksotisme nya di Pulau Batam adalah Pantai Nongsa sehingga siapa pun yang berniat menyeberang menuju Singapura akan berpikir dua kali ketika melihat surga alam dengan keajaiban keasrian air dan ekosistemnya dan tentu akan lebih memilih menghabiskan waktu di Pantai nan eksotis ini. Diambil dari nama seorang tokoh Melayu yang membangun kota Batam yang kini menjadi kota indusri, Pantai Nongsa ini terkenal akan ombak biru laut nya, hamparan pasir putih yang luas, jajaran terumbu karang hingga arena outbond dan pemandangan Pulau Sumatera dan Singapur yang nyata.

Pantai sepi yang jauh dari suasana ramai perkotaan ini tidak hanya menyajikan berbagai fasilitas alam mulai dari air laut yang natural, hamparan pasir putih, rimbunan pohon dan pemandangan luar biasa saja namun tentu nya terdapat fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan mulai resort mewah dengan lapangan golf, rumah makan, ATM, kamar mandi, mushola dan tempat parkir luas.

Namun, dikarenakan memang lokasi nya yang jauh dari perkotaan, Pantai yang letaknya kurang dari 20 menit menuju pusat perbelanjaan, kampung Melayu dan kamp pengungsi Vietnam ini tidak memiliki lifeguards sehingga kewaspadaan tetap diutamakan meskipun banyak warga lokal dan pengelola resort yang berjaga di sana.

Harga Tiket Masuk di Pantai Nongsa

Memasuki Pantai dengan sejuta pesona mulai dari ombak alami dan natural, deretan batu karang, hamparan pasir putih hingga pemandangan Pulau Sumatera dan Singapur ini hanya dikenai tariff sebesar Rp 10.000 per orang yang merangkap berbagai bonus keindahan alam lain dimana Pantai ini buka 24 jam setiap hari sehingga pengunjung akan semakin dimanjakkan dengan pesona yang tiada batasnya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Nongsa

Bagi warga Sumatera khusus nya yang tinggal di Pangkal Pinang atau sekitar Provinsi Riau tentu tidak akan sulit menjangkau pulau ini yang hanya dengan speedboat dapat dijangkau meskipun jarak pulau ini ke negara tetangga jauh lebih dekat. Sementara bagi pengunjung yang datang dari luar pulau dapat mendarat di Bandara Hang Nadim sekitar 40 menit dengan menggunakan transportasi umum. Detail lokasi dari Pantai nan eksotis ini terletak di Kecamatan Nongsa tepatnya di Kampung Nongsa, Kelurahan Sambau, Batam yang jauh dari nuansa ramai perkotaan sehingga cocok dijadikan tempat relaksasi.

Obyek Wisata di Pantai Nongsa

1. Spot Snorkeling

Pantai Nongsa ini tidak hanya menampilkan pemandangan atas laut yang menakjubkan namun juga bawah laut nya yang masih natural dan asri sehingga sangat direkomendasikan bagi setiap pengunjung untuk menyelam mengarunginya dengan ekosistem laut yang menyihir setiap pasang mata.

2. Dermaga dengan Hutan Buatan nan Rindang

Pemerintah kota menyajikan dermaga yang membuat pengunjung sekilas serasa berada dalam film Manchester by the Sea dengan hutan kecil buatan yang menambah nuansa eksotis. Dermaga ini dibuat tidak lain adalah agar pengunjung dapat melihat lebih dekat suasana ramai kapal-kapal mancanegara yang transit di pelabuhan dekat.

3. Pemandangan Malam

Berbeda dengan Pantai-Pantai lain yang saat malam justru pemandangan tidak nampak, bonus bagi pengunjung di Pantai Nongsa yang akan disuguhkan kerlap-kerlip cahaya lampu nan mempesona. Terletak setengah jam dari negara kecil yang sibuk yaitu Singapur dan geografis nya sebagai pulau transit utama menjadikan posisi nya menguntungkan dengan gemerlap lampu yang akan terlihat.

4. Spot Sunset

Bagi pulau yang terletak di wilayah paling ujung Indonesia ini memang tidak heran bahwa sunset nya akan begitu mempesona di tambah dengan kedamaian suasana yang dapat dinikmati baik dari dermaga, resort mewah mau pun di bawah pohon kelapa.

5. Spot Foto

Sangat disayangkan apabila pengunjung tidak memanfaatkan momen. Setengah jam dari Singapur, terlepas dari Pulau Sumatera, dikelilingi kapal mancanegara, ombak laut, pasir putih, snorkeling dan batu karang menjadikan Pantai ini memiliki banyak spot foto yang luar biasa.

Pantai Nongsa merupakan ikon kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai bukti bahwa Indonesia merupakan tempat bagi surga-surga yang tersembunyi akan keasrian dan keindahan serta bonus geografis nya yang menguntungkan.

 

Ulasan Pengunjung

  • Witarsa Wahyudin
    sebulan yang lalu
    Untuk Sekedar bawa rekreasi anak,istri, kakek dan nenek cukup murah meriah cukup membayar Karcis masuk Pantai Nongsa Rp.10.000 untuk 1 mobil ditambah biaya parkir Rp.5.000, Bagi yang mau sewa pondok tepi pantai juga bisa, ataupun mau makan Fresh Seafood juga bisa yang pastinya kalo mau makan Seafood harus bawa duit agak banyak ya, tapi kalo mau yang murah meriah siapin makanan dari rumah trus kemas di bagasi mobil sambil bawa tikar di pantainya tinggal cari tempat teduh deh. Bagi yang mau nyebrang ke Pulau Putri juga bisa perjalan kurang lebih 15 menit di tempuh dengan pompong dengan biaya Rp.25.000 Pulang-pergi cukup murah. Di Pulau Putri juga kita bisa kamping tapi bawa fasilitas sendiri. Untuk hunting foto Sunrise juga Ajib lokasinya tapi kalo pas mau nyebrang coba tanya dulu sama pemilik pomponnya gelombang gimana lagi tenang atau lagi tinggi.... Mudah mudahan bisa bermanfaat Terima kasih
  • firman ikhsana
    2 bulan lalu
    #LetsGuide Merupakan salah satu destinasi objek wisata pantai terbaik di kota Batam. Lokasi lumayan jauh dari pusat kota, lebih dekat dari arah bandara. Pantai yang sepi, pasir putih dan air laut yang biru. Overall Good, Recommended.
  • Galih Wardhana
    3 bulan lalu
    Salah satu alternatif pantai yang paling dekat dengan bandara hang nadim. Banyak resort yang langsung berada di tepi pantai nongsa. Potensi pantai ini sangat bagus untuk tujuan wisata namun masih belum digarap secara maksimal. Ada beberapa penjual kelapa muda di tempat ini, jadi kita bisa bersantai menikmati pantai sembari meneguk nikmatnya kelapa
  • Muhammad Idris
    4 bulan lalu
    Pantai yang bagus, saat liburan tiba ramai orang2 berkunjung kesini, untuk menikmati suasana pantai. atau sekedar makan bareng dengan teman-teman dan keluarga, sekitarnya dikelilingi dengan jajanan ringan ato air mineral. jadi jangan takut kelaparan deh. di sebelahnya ada pulau putri loh. yang pastinya ada jasa antar jemput ke pulau tersebut. selamat menikmati.
  • Liu Li Shi
    5 bulan lalu
    Pantainya sich bagus, hanya sign mark di jalanan nongsa sana yg kurang, penerangannya juga. Jadi kalau pergi, sering kali kelewatan. Karena terlalu banyak titik pantai (resort) yg lainnya. Harap diperhatikan untk Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pariwisata kota Batam. Kalau berhasil diperbaiki dan dilengkapi fasilitasnya, semua beach dan resort akan saya berikan bintang 5. sorry sementara 4 saja dulu.