Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam. Kepulauan Riau

4 Ulasan

Berbicara soal pantai emang tidak akan ada habisnya, karena begitu banyak pantai yang indah di Indonesia. Sebagaimana di Jawa yang identik dengan Pantai-pantai di wilayah selatan Jawa.

Maka kita akan bergeser agak jauh untuk melihat keindahan pantai yang berada di belahan bumi Indonesia lainnya. Berada di kepulauan Riau tepatnya berada di pulau Batam.

Pantai Tanjung Pinggir

Batam adalah kota perdagangan yang sekaligus dekat dengan Negara Singapura yang memiliki banyak pantai cantik didalamnya. Sebut saja pantai Nongsa, pantai Ocarina. Pantai Marina dan salah satu diantaranya adalah Pantai Tanjung Pinggir.

Pantai Tanjung Pinggir terbentang luas dengan hamparan pasir-nya yang berwarna kecoklatan dan cukup bersih. Dengan kedalaman yang cukup dangkal dan ombak yang tenang.

Pantai Tanjung Pinggir Batam

Pantai ini bisa dibilang cukup aman bagi wisatawan yang ingin berenang bersama keluarga. Dan juga ada pemandangan unik selain hanya sekedar menikmati pemandangan alam atau berenang saja.

Karena dari pantai ini Anda dapat mengintip panorama indah gedung gedung pencakar langit Negara tetangga Singapura. Jarak yang dekat memungkinkan Anda melihat lebih jelas kemewahan bangunan-bangunan gedung mereka.

Dan momen instagramable ini kerap diabadikan pengunjung dalam jepretan kamera. Selain itu ada banyak sekali wahana serta fasilitas yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung di Pantai ini.

Apa saja keindahan pantai ini, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Pinggir

Kawasan ini dibuka dari jam 07.00 pagi  sampai dengan pukul 19.00 WIB. Biaya tiket masuk ke Pantai Tanjung Pinggir cukup terjangkau yakni sebesar Rp 10.000 per orang.

Biaya parkir untuk kendaraan khusus roda dua atau motor sebesar Rp 5.000 rupiah. Sedangkan biaya parkir untuk kendaraan roda 4 adalah Rp 10.000 rupiah.

Cukup terjangkau bukan bagi Anda yang menginginkan wisata murah dengan konsep pantai yang instagramable.

Rute menuju Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir berada di sebelah utara dari wilayah Pulau di Batam, tepatnya di bilangan Sekupang, kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang , Kota Batam, Propinsi Kepualauan Riau.

Lokasi Pantai dekat dengan Pelabuhan Ferry Sekupang dan juga berdekatan dengan area Rumah Sakit BP Batam dan juga Taman Habibi.

Nah, untuk dapat mencapai  serta menikmati keindahan alam di Pantai ini, Anda dapat menempuh melalui darat atau laut.

Jika Anda dari luar pulau batam, Anda dapat naik pesawat terlebih dahulu dan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam. Dari Bandara Anda dapat menggunakan jalan darat sekitar 30 sampai 45 menit untuk sampai ke Pantai tanjung Pinggir.

Anda bisa menaiki Bis Damri dengan rute Hang Nadim – Jodoh yang nantinya turun di Simpang Jam.

Dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bis Trans Batam Kor 1 arah Batam Centre – Sekupang. Sampai di Sekupang Anda bisa menggunakan ojek untuk selanjutnya melanjutkan ke Pantai Tanjung Pinggir.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan melalui laut maka Anda dapat mendarat di Pelabuhan terdekat yaitu pelabuhan Sekupang Batam.

Setelah dari Pelabuhan Sekupang maka Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal kecil dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Atau anda juga bisa menggunakan ojek jika melalui jalur darat .

Objek Wisata Pantai Tanjung Pinggir

Banyaknya pohon menghiasi di sepanjang Pantai Tanjung Pinggir memberi kesan keteduhan. DI pantai ini juga disediakan tenda-tenda kecil dimana Anda bisa bersantai dengan baik sambil menikmati keindahan pantainya.

Pantai Tanjung Pinggir sendiri memiliki keindahan alam yang cukup unik, dengan hamparan pasir coklat-nya yang cukup bersih. Deburan riak ombak yang tidak terlalu besar dengan sensasi aroma laut-nya yang membuat pengunjung benar-benar dapat menikmati suasana laut-nya.

Hamparan pasir di pantai ini cukup luas dengan mencapai 250 meter. Dengan pemandangan yang unik dimana disisi sebelah kanan terdapat hutan bakau.

Hutan bakau ini menawarkan suasana alami sekaligus berfungsi sebagai pelindung pantai dari potensi kerusakan yang diakibatkan oleh abrasi.

Dengan tekstur pasir pantai yang sedikit kasar maka sepertinya kurang cocok jika Anda bermain istana pasir disini. Namun ada banyak hal yang ditawarkan di pantai Tanjung Pinggir ini.

Simak aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai Tanjung Pinggir berikut:

1. Mengintip Singapura

Mengintip Singapura Dari Pantai Tanjung Pinggir Batam

Pesona utama yang wisatawan cari di Pantai Tanjung Pinggir ini apalagi kalau bukan panorama berupa bangunan gedung-gedung menjulang yang ada di Singapura.

Saat cuaca bagus akan terlihat sangat jelas gedung-gedung pencakar langit Singapura salah satunya Giant Wheel yang merupakan salah satu gedung yang menjadi landmark Marina Bay di Negara Singapura tersebut.

Begitu juga dengan gedung kembar tiga Singapura yang mempesona layaknya kapal luar angkasa yang sedang bertengger diatas gedung-gedung. Menarik bukan, sebuah pemandangan yang jarang kita temui di pantai-pantai lainnya di Indonesia.

Bahkan, masyarakat lokal Batam sering menjadikan pantai Tanjung Pinggir sebagai tujuan liburan keluarga. Terutama pada momen tahun baru.

Pada momen tahun baru pantai Tanjung Pinggir sering dijadikan sebagai destinasi favorit. hal ini karena bisa melihat lebih dekat keindahan pesta kembang api Singapura saat malam perayaan pergantian tahun.

2. Water Sport

Naik Banana Boat Pantai Tanjung Pinggir Batam

Jika Anda seorang yang pemberani maka Anda bisa mencoba wahana yang memacu adrenalin yang disediakan disini yakni Banana Boat dan juga snorkelling.

Wahana air Banana Boat pada umumnya sangat disukai wisatawan yang sedang berkunjung bersama dengan keluarga dan anak-anak.

Karena dengan naik banana boat bersama dengan anggota keluarga lainnya akan memberikan hiburan yang menyenangkan.

Banana boat akan di tarik oleh perahu motor dan berkeliling di pantai tanjung Pinggir dengan kecepatan tertentu. Jangan khawatir untuk keamanannya karena peserta telah diwajibkan memakai jaket pelampung sebelum menaiki wahana.

Anda juga dapat menikmati menikmati pemandangan laut seperti terumbu karang, rumput laut, kerang bahkan ikan-ikan-nya dengan melakukan snorkeling

Jangan lupa memakai perlengkapan keamanan seperti baju pelampung untuk safety. Tidak ada skill khusus untuk kegiatan ini, karena siapapun bisa melakukannya.

3. Hunting Photo

Sunset Di Pantai Tanjung Pinggir Batam

Momen berfoto di pantai Tanjung Pinggir Batam makin instragamable jika dilakukan di sore hari saat cuaca cerah. Pemandangan langit yang berwarna jingga dipadukan dengan gedung pencakar langit Singapura akan terlihat sangat cantik.

Belum lagi jika pantai dalam keadaan surut, maka pantai akan terlihat lebih lebar dan penuh dengan batuan laut. Hal ini menjadikan waktu yang pas untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

Momen instragamable ini didukung juga dengan kapal-kapal yang berada di laut lepas Tanjung Pinggir. Terdapat kapal besar di lepas Pantai hingga perahu-perahu milik nelayan yang  bertengger di pesisir pantai.

Kondisi ini menjadikan pemandangan laut yang unik dan sangat menarik. Sangat tepat untuk dijadikan momen berfoto untuk kenang-kenangan.

4. Naik Kano

Di pantai Tanjung Pinggir juga menyediakan penyewaan kano atau kayak. Kano ini disewakan untuk wisatawan yang berminat menghabiskan waktu mereka dengan menikmati pemandangan laut diatas perahu.

Ada dua jenis kano yang disewakan yakni kano single dan juga doble. Untuk harga sewanya sendiri yakni Rp 30.000 untuk yang single dan Rp 50.000 untuk yang doble.

5. Camping Ground

Pantai Tanjung Pinggir juga bisa menjadi alternatif jika Anda ingin mengadakan kegiatan alam seperti berkemah.

Jangan khawatir yang belum memiliki perlengkapan berkemah, karena biasanya pengelola menyediakan perlengkapan seperti tenda, tikar dan lainnya sehingga pengunjung tidak perlu repot lagi mempersiapkannya.

Apalagi momen tahun baru yang biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menikmati malam pergantian tahun dengan berkemah di Pantai ini. Bahkan pengelola juga menyediakan tenda besar hingga bisa memuat 100 orang

6. Outbond dan Paint Ball

Paint Ball Di Pantai Tanjung Pinggir Batam
Sumber : TribunBatam

Lagi-lagi Anda bisa bermain di wahana yang bisa memacu adrenalin yakni  outbond dan paint ball. Untuk out bond disini bukan hanya dilakukan di pantai tapi juga diatas bukit dan diantara rindang-nya pepohonan Pantai Tanjung Pinggir.

Luas area outbond secara keseluruhan sekitar 4 hektar. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti team building, ice breaking, trouble solving, adrenaline activities, fun games.

Begitu juga dengan Paint Ball yang merupakan permainan favorit para wisatawan saat ini. Anda bisa bermain sepuas-nya disini.

Pengelola menyediakan kapasitas maksimal hingga 10 orang peserta untuk permainan Paint Ball ini. Sebagai pelengkap pantai tanjung Pinggir juga menyediakan fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang luas, musholla, toilet serta kantin yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan.

Demikian ulasan mengenai keindahan pantai Tanjung Pinggir Batam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Jadi tunggu apalagi, jika Anda belum menentukan tempat untuk berlibur akhir minggu ini. Maka Pantai Tanjung Pinggir bisa menjadi alternatif terbaik destinasi perjalanan Anda.

4 Ulasan untuk Pantai Tanjung Pinggir, Batam, Kepulauan Riau

  1. Pantai tanjung pinggir yg terletak dekat ktm ressort biaya masuk per orang 10rb sudah termasuk biaya parkir, dsni juga ada tempat mandi tapi per ember itu d kenakan biaya 3rb.nkalo menurut ku pantai ini enak bersih pasir nya juga halus soalnya pernah k pantai yg d nongsa tp berasa sakit aja pasirnya kalo gak pake sendal tp d pantai tanjung pinggir ini beda pasir nya halus dan saran ku seperti biasa kalo mau main k pantai harus siapkan tikar dan enak nya bawa nasi bungkus untuk d makan d tepi pantai pokoknya enk lah silahkan di coba. Bawa air minum yg banyak soalnya warunf d pantai ini terbatas.noh iya jalan masuk k pantai ini melalu agak2 hutan gitu tp tenang d ujung jalan nya ada pantai yg indah

  2. Pantai Tanjung Pinggir merupakan pantai yang menjadi destinasi ketika berkunjung ke Batam. Namun hati-hati bagi yang membawa balita, karena di seputaran pantai ada kolam renang yang sudah lama tidak di pakai namun tidak ada pagarnya. Seharusnya dengan biaya masuk per orang Rp 10,000 rupiah, pantai ini di lengkapi fasilitas sederhana seperti tempat duduk sederhana. Kalau ingin melihat negara Singapura dari dekat, pantai ini lumayan rekomended.

  3. Pantai tanjung pinggir itu merupakan pantai favorite aku meskipun agak jorok. Tapi ini pantai nyaman bangett bisa liat singapore dari kejauhan. Terus enak pokok nya di situ. With doi.

  4. Kelihatan gedung-gedung pencakar langit negara Singapura dari lokasi pantai Tanjung Pinggir. Biaya masuknya cukup murah, yaitu hanya Rp 10rb/orang. Lokasi pantai ini juga mudah dijangkau dari arah Sekupang. Dengan view negara Singapura menjadikan pantai ini akan selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Jangan sampai lupa untuk menyambangi pantai ini bersama keluarga sekalian melihat Singapura. Apalagi ketika tahun baru, pantai ini akan ramai didatangi anak-anak muda.

Tinggalkan Balasan