Pantai Cicaladi

Alamat: Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Barat 43179, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Pantai Cicaladi berada di desa Sukatani, kecamatan Surade, kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Pantai ini termasuk pantai yang masih sangat alami juga belum banyak masyarakat luar yang mengetahui keberadaan dan keindahannya. Hanya masyarakat sekitar saja yang mengetahuinya dan sering berkunjung ke sana.

Meskipun demikian, pantai Cicaladi sebenarnya mempunyai daya tarik tersendiri seperti kealamian pantai dan eksotisme yang tidak kalah dengan pantai besar dan terkenal lainnya. Selain itu, pantai Cicaladi juga belum ada yang mengelola secara resmi sehingga tidak heran jika di sana belum banyak fasilitas yang tersedia.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cicaladi

Untuk masuk ke Pantai Cicaladi tidak dipungut biaya apapun alias gratis, terlebih pada hari-hari biasa. Hanya saja pada akhir pekan pengunjung akan dikenakan biaya parkir. Jadi, pantai ini termasuk dalam daftar destinasi paling murah di Sukabumi dan ramah bagi semua kalangan baik pelajar, ibu rumah tangga, pegawai, dan sebagainya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cicaladi

Untuk menuju pantai ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor maupun mobil. Namun jika sudah sampai pada daerah tertentu, jalanan tidak bisa dilewati dengan kendaraan roda empat.

Untuk menuju pantai Cicaladi bisa melewati jalur Cikidang yang mempunyai jalan cukup sulit kemudian menuju Jampang Kulon kecamatan Surade. Kemudian setelah masuk kawasan pantai yang ada di Cikaret, pengunjung baru bisa meneruskan perjalanan ke pantai Cicaladi.

Selian itu pengujung juga bisa melewati rute Jalan Cisako, desa Cidahu kemudian masuk ke Ciroyom hutan Jati kemudian terus berjalan atau bertanya kepada warga sekitar mengenai pantai Cicaladi atau pantai Karangbolong sehingga kemudian bisa sampai di pantai tersebut.

Obyek Wisata di Pantai Cicaladi

1. Pantai Pasir Putih yang Indah

Pantai Cicaladi termasuk pantai yang mempunyai pasir putih yang bersih dan lembut. Hal itu disebabkan memang belum banyak pengunjung yang singgah dipantai ini, sehingga tidak meninggalkan banyak sampah. Pemandangan pasir putih tersebut setidaknya bisa dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar bermain pasir, volli, hingga sepak bola.

Terlebih pantai ini masih cukup sepi sehingga bisa menjadi tempat refreshing paling tenang dan enjoying bagi pengunjung yang menyukai suasana sepi. Bentangan pasir putih dipadukan dengan lautan yang kebiruan menambah eksotisme tersendiri pada pantai ini. Pastinya pemandangan itu bisa menjadi backrond foto selfie ataupun sekedar sebagai objek fotografi bagi pengunjung.

2. Pemandangan Batu Karang

Di sekeliling pantai Cicaladi terdapat beberapa batu karang dan  di samping kanan kiri terdapat bukit yang cukup tinggi berwarna kehijauan. Batuan karang yang ada di sekitar pantai sering dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat memancing. Ombak lautan yang mengenai batu karang di tepinya membuat deburan ombak terdengar lebih sejuk dan menakjubkan.

3. Ada Banyak Ikan yang Terlihat di Sekitar Pantai

Lautan di sekitar pantai Cicaladi terdapat banyak jenis ikan yang sering muncul dan terlihat dari daratan pantai. Hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung sebagai suguhan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu juga menarik pengunjung untuk memancing serta berfoto ria di sekitar pantai dan lautan.

4. Cocok untuk Surfing

Ombak di lautan pantai Cicaladi cukup besar dan tinggi, sehingga cocok untuk digunakan sebagai tempat selancar atau surfing. Hanya saja jika pengunjung menginginkannya harus membawa perlatan surfing sendiri dari rumah. Hal itu disebabkan di pantai ini belum banyak fasilitas dan perlengkapan yang tersedia karena belum adanya pengelolaan secara maksimal.

Meskipun demikian, pengunjung yang sedang surfing harus tetap hati-hati dan memang bagi mereka yang sudah terlatih. Hal itu bertujuan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan lain sebagainya. Jadi, surfing di pantai Cicaladi akan tetap puas bagi pengunjung.

5. Sebagai Tempat Camping

Pantai ini memang belum banyak atau ramai pengunjung. Oleh sebab itu, sangat cocok digunakan sebagai tempat camping baik bersama keuarga maupun teman. Di sana pengunjung boleh puas melakukan camp selama beberapa hari jika mau dan mempunyai bekal cukup.

Meskipun demikian pengunjung harus tetap membawa kebutuhan dan kelengkapan camping dari rumah sendiri, mengingat di pantai ini tidak menyediakan fasilitas berupa peralatan camping dan semacamnya. Selain itu, pengunjung harus tetap hati-hati dan menjaga kebersihan pantai.

6. Sebagai Tempat Memancing

Pantai Cicaladi cocok pula jika dijadikan sebagai tempat memancing. Warga sekitar memang sering terlihat mencari ikan di sekitar pantai ini termasuk dengan cara memancing, tidak pula menggunakan perahu. Begitu pula pengunjung juga bisa memancing di pantai ini asal membawa peralatan sendiri dari rumah.

Hasil pancingan pengunjung bisa diolah dengan cara dibakar di tepi pantai sambil menikmati pemandangan eksotis pantai Cicaladi dan sekitarnya. Jadi, pengunjung tidak hanya disuguhi dengan pemandangan alam yang indah dan keasrian pantai ini, namun juga bebas melakukan aktifitas pantai lainnya asal tetap menjaga kebersihan pantai.

7. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Pantai Cicaladi menyuguhi pemandangan terbenamnya matahari dengan warnanya yang kekuningan dan jingga, dimana warna langit di atas lautan terlihat semakin indah. Sementara itu ketika matahari mulai muncul sinarnya membuat pasir pantai terlihat lebih putih dan seolah mengkilat. Hal itu pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pengunjung bisa sekedar menikmati keindahan pemandangan tersebut. Selain itu juga bisa mengabadikan moment tersebut dengan cara memotret sebagai objek fotografi. Bagi pengunjung yang menyukai selfie bisa menjadikan pemandangan sunset maupun sunrise sebagai backround foto mereka.

Demikian ulasan tentang pantai Cicaladi yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai besar yang ada di Bali dan sebagainya. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Sukabumi sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Cicaladi

  1. Pantai cicaladi atau villa kepresidenan..(pejabat tinggi orde baru villa nya ini)..

    13 April 2018, 23:23 WIB

  2. Pantai di ujung Sukabumi yang sangat mempesona, keindahan dan eksotisme nya tak perlu di ragukan lagi, dimana anda akan dimanjakan oleh pemandangan hamparan pasir hitam khas pantai Cicaladi.. Tak hanya itu disana juga ada akan temukan tebing-tebing pantai layaknya Nusa Penida di Bali dan hamparan sabana layaknya disumba, serta gundukan pasir layaknya di Padang pasir.

    16 Mei 2018, 19:20 WIB

  3. Pantai cicaladi sering di sebut pantai karangbolong. Secara administratif berada di kecamatan Surade berbatasan langsung dengan kecamatan cibitung. Pantai ini masih jarang pengunjung dikarenakan akses jalannya yg belum memadai sehingga tempat tersebut terkesan masih alami karena jarang dikunjungi wisatawan.. Pantai ini memiliki karakter ombak yang besar dan tebing-tebing yang membatasi pantai tersebut. Pasirnya putih. Disana banyak sekali nelayan dari luar daerah untuk menangkap ikan, bahkan banyak yang mencari udang lobster… ayo kesini

    23 Mei 2018, 23:12 WIB

  4. Surga tersembunyi di pantai selatan Sukabumi. Akses jalan msh berbatu, tapi ada upaya perbaikan dari pemda setempat. Pemandangan spektakuler berupa tebing dan karang dgn ombak yg besar

    26 Juli 2018, 05:33 WIB

  5. Pantai cicaladi adalah salah satu pantai yang berada di perbatasan kecamatan sukatani dan kecamatan cibitung.. Di pantai yang ini mempunyai keunikan karena mempunyai pasir yg hitam selain itu disini juga berjejer dermaga2 bambu nelayan untuk menangkap baby lobster pemandangan nya cukup indah karena kita bisa melihat garis pantai dari atas ketinggian vuman sayang akses jalan masuk masih melewati jalan berbatu untuk fasilitas disini banyak warung2 kecil uang menjual makanan dan minuman jadi kalau berkunjung kesini tidak perlu khawatir kelaparan.

    31 Juli 2018, 03:42 WIB

  6. Laut dan pemandangannya baguss… . Tapi tidak ada pantai tuk bermain pasir… . Hati hati kl tuk anak anak perlu kehati hatian (tidak cocok) karangnya curam dan berbahaya ,.

    19 Agustus 2018, 22:15 WIB

  7. Pantainya oke, cuma buat foto² sama makan ² aja, gak bisa berenang…

    24 Agustus 2018, 00:15 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Cicaladi

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *