Pantai Gemah

Pantai Gemah, Tulungagung, Jawa Timur

Jalur Lintas Selatan, Soireng, Keboireng, Besuki, Tulungagung, Jawa Timur

25 Ulasan

Salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur yaitu Kota Tulungagung kini ramai dibicarakan oleh para pecinta alam. Hal ini beralasan karena di kota ini bermunculan objek wisata alam yang menarik seperti wisata bahari yaitu Pantai. Salah satu Pantai yang mulai naik daun yaitu Pantai Gemah yang berada di Jalur Lintas Selatan, Besuki.

Pantai Gemah menyajikan panorama laut yang biru berpadu dengan jernihnya air dan juga indahnya langit ditambah dengan lingkungan yang bersih. Pantai yang belum banyak dijamah wisatawan ini masih sepi sehingga belum banyak sampah yang berserakan pengotor lingkungan. Bila Anda tertarik untuk datang ke Kota Tulungagung khususnya ke Pantai Gemah simak infomarsi di bawah ini.

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal yang paling diperhatikan calon pengunjung yang ingin berlibur pastinya yaitu harga tiket masuk yang dipatok petugas. Tarif tiket masuk di Pantai Gemah yaitu Rp 5.000 per orang dan ditambah dengan biaya parkir sesuai jenis kendaraan. Harga tiket masuk akan berubah bila waktu liburan seperti liburan anak sekolah, tahun baru dan hari libur nasional tiba.

Untuk hari libur, tarif yang dikenakan berkisar Rp 7.500 sampai dengan Rp 10.000 per orangnya, itu pun dapat berubah sewaktu-waktu. Biaya parkir yang harus dibayarkan yaitu Rp 3000 untuk kendaraan roda dua seperti motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Bila datang menggunakan bus, biaya parkirnya yaitu Rp 10.000 dan harga tiket masuk dapat dibayarkan secara rombongan.

Fasilitas yang ada di Pantai Gemah terbilang cukup baik dengan adanya kamar mandi yang jumlahnya memadai. Biaya untuk menggunakan kamar mandi dan toilet sama seperti biaya pada umumnya, biaya belum termasuk dengan tiket masuk. Sehingga bila Anda akan menggunakan kamar mandi atau toilet harus membayar kembali di petugas yang menjaga atau memasukkannya ke kotak.

Fasilitas lain yang ada disini yaitu tersedianya rumah makan dan pedagang yang menjual pakaian atau kaos dengan tulisan dan gambar. Rumah makan di Pantai Gemah biasanya menyediakan menu ikan asap yang memang menjadi andalan disini. Anda dapat menikmati lezatnya ikan asap setelah lelah main air di Pantai sembari menyeruput es kelapa muda.

Rute Menuju Lokasi

Jarak Pantai Gemah dari pusat kota yaitu sekitar 37 kilo meter dengan waktu tempuh satu jam bila jalanan tidak macet. Waktu yang diperlukan untuk sampai juga bergantung pada kecepatan kendaraan yang melaju dan hari apa Anda melakukan perjalanan. Rute yang harus ditempuh yaitu ikuti Jalan Pesantren sekitar dua kilo meter jauhnya lalu berbelok ke kanan.

Setelah berjalan sejauh 2,5 kilo meter, Anda harus belok ke kiri lalu lanjutkan sejauh 550 meter dan belok ke kanan. Terus lanjutkan perjalanan sejauh dua kilo meter lalu belok ke kiri dan akan melewati sebuah objek wisata di kanan jalan. Lanjutkan perjalanan ke arah Pasar Boyolangu, dari pasar Anda berbelok ke kiri menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro.

Teruskan perjalanan tujuh kilo meter, lalu belok ke arah kiri menuju Jalan Raya Popoh dengan ciri ada pasar di belokan. Lanjutkan perjalanan sejauh sebelas kilo meter kemudian belok ke arah kiri menuju Jalan Lintas Selatan. Dari sini Anda hanya memerlukan perjalanan sejauh tujuh kilo meter lagi untuk sampai di Pantai Gemah, Tulungagung.

Hal Menarik

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Gemah adalah Pantai yang memiliki pasir berwarna putih kecoklatan dengan kebersihan sehingga aman dimainkan anak. Pantai dengan pasir yang berwarna putih memang diincar para pecinta alam karena jarang ditemukan di Pulau Jawa. Hal yang menjadi keunggulan dari pasir Pantai Gemah yaitu terhindarnya pasir dari aneka sampah, pasirnya bersih dan menawan.

2. Spot Berenang

Salah satu ciri Pantai laut selatan yaitu ombaknya yang tenang dan tidak besar sama seperti ombak yang dipunya Pantai Gemah. Ombaknya yang tenang memungkinkan para pengunjung yang hadir untuk melakukan aktivitas air seperti berenang atau sekedar bermain di tepian. Walau diizinkan berenang, pastikan Anda tetap menjaga keselamatan pribadi dan orang terdekat.

3. ATV

Salah satu objek wisata yang dapat Anda mainkan di Pantai Gemah yaitu ATV dengan biaya sewa tertentu. Harga yang dipatok untuk menyewa ATV diberlakukan per 20 menit dengan harga sekitar Rp 20.000 saja. Anda dapat menyewanya untuk mengelilingi lingkungan Pantai ditemani angin yang berhembus serta pemandangan Pantai yang menawan indah.

4. Spot Sunrise dan Sunset

Pantai Gemah juga menjadi salah satu spot untuk menikmati indahnya matahari terbit, sehingga sudah ramai dikunjungi sejak pagi. Pantai memang salah satu tempat yang menyajikan aktivitas matahari dengan jelas karena tak terhalang bangunan apa pun. Tak hanya matahari terbit saja, matahari terbenam pun dapat Anda saksikan di Pantai yang berada di Besuki ini.

5. Hutan Pinus

Objek wisata lain yang ada di Pantai Gemah yaitu pohon-pohon pinus yang berada di sekitar Pantai dengan tinggi menjulang. Hutan ini dapat Anda jadikan tempat untuk berteduh saat matahari tepat berada di atas kepala. Anda juga dapat berfoto dengan background rombongan pinus yang elok mengitari area kawasan sekitar Pantai Gemah.

25 Ulasan untuk Pantai Gemah, Tulungagung, Jawa Timur

  1. jalan menuju pantai gemah sangat indah banyak pemandangan seperti pegunungan, bukit dengan banyak pepohonan, bahkan bisa liat pantai dari jalan jika mulai dekat dengan lokasi, meskipun jalannya naik turun but it’s ok the view so beautiful. parkir bayarnya juga murah, banyak kuliner nya mulai dari jajanan hingga ikan laut yang diolah. disana juga banyak fasilitas mushola, kamar mandi dll. di pantai kita bisa main Atv, motor traill, flaying fox, banana boat, perahu. ketika naik perahu kita akan dipandu oleh gaet dan kita bisa melihat pantai popoh, klatak dr pantai gemah. banyak juga spot foto disana dari tebing yg bertuliskan “pantai gemah” dan ayunannya. ombak tidak begitu besar jd aman untuk main dinpinggir pantai. sayangnya jika ramai pengunjung kadang parkirannya tidak cukup sehingga memakan tempat yg biasanya digunakan untuk duduk santai di pinggir laut. jd arena main atv dan motor traill sangat minim (sempit).

  2. jalan menuju pantai gemah sangat indah banyak pemandangan seperti pegunungan, bukit dengan banyak pepohonan, bahkan bisa liat pantai dari jalan jika mulai dekat dengan lokasi, meskipun jalannya naik turun but it’s ok the view so beautiful. parkir bayarnya juga murah, banyak kuliner nya mulai dari jajanan hingga ikan laut yang diolah. disana juga banyak fasilitas mushola, kamar mandi dll. di pantai kita bisa main Atv, motor traill, flaying fox, banana boat, perahu. ketika naik perahu kita akan dipandu oleh gaet dan kita bisa melihat pantai popoh, klatak dr pantai gemah. banyak juga spot foto disana dari tebing yg bertuliskan “pantai gemah” dan ayunannya. ombak tidak begitu besar jd aman untuk main dinpinggir pantai. sayangnya jika ramai pengunjung kadang parkirannya tidak cukup sehingga memakan tempat yg biasanya digunakan untuk duduk santai di pinggir laut. jd arena main atv dan motor traill sangat minim (sempit).

  3. jalan menuju pantai sangat mulus.. kelok-kelok dan tanjakannya juga ndak seberapa curam.. htm msh murah.. parkir luas.. penjual makanan sudah banyak.. tapi mending bawa bekal sendiri.. ada flying fox, banana boat, pantainya sangat indah.. 😍 ada persewaan tikar juga disana.. kesana lagi ok nih..

  4. Bismillah. Alhamdulillah. Akhirnya sampai juga di Pantai Gemah. Setelah hampir tiga jam perjalanan dari Madiun. Kalo di maps sih Pantai ini ada di balik Pasir Putih. Kenapa pilih ke Pantai Gemah daripada Pantai Pasir Putih? Karena udah berkali kali ke Pasir Putih Karanggongso dan Prigi. Jadi pengen cari pantai yang beda.. .. Awal berangkat, sudah memantapkan hati untuk gak terlalu berharap tinggi, karena dah baca review yang stated bahwa pantai ini ramai….ATV dan motor trail nya yang seliweran 😬. Dan itu terbukti.. .. Di pinggir pantai yang teduh, sekelompok orang atau keluarga besar kecil, teman main, teman kerja, menggelar tikar, dan…..bawa rantang. Ada juga yang pesan di warung warung dekat tempat parkir, untuk dibawa ke pinggir pantai. . Biaya sewa tikar 10k per lembar, untuk waktu yang tidak ditentukan (I guess).. .. Not much to see here. Saran untuk pengelola, harus lebih komitmen untuk jaga kebersihan pantai. Disediakan lebih banyak tong sampah besar. Pengunjung sering diingatkan untuk buang sampah pada tempatnya. . .. β€œKabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedihβ€œ #satuharisatuayat. Barakallah πŸ™

  5. Keren bagus bersih.. buat yang lagi boring penat bosan dirumah atau pengen holiday baren temen n keluarga boleh lah coba pantai gemah… . Di jamin stres hilang pusing melayang yang galau jadi tenang.. . . Ada juga ATV motor trail dan flayingfox cocok banget nih yang suka aktifitas menantang.. . . Yuk cuzzz piknik tipis tipis

  6. Bila berkunjung ke Kabupaten Tulungagung jawa timur wajib menikmati wisata alamnya.salah satunya adalah pantai, yang merupakan tempat destinasi baru di Tulungagung yaitu pantai gemah. Meski pantai ini terbilang baru tapi tempatnya keren banget..untuk menuju ke pantai gemah dari Tulungagung bisa kearah Selatan lewat campur darat atau ke arah barat lewat durenan Trenggalek keselatan. Jalanan menuju pantai gemah cukup landai dan jalanya cukup lebar serta mulus banget aspalnya. Sehingga cukup nyaman dan dari kota Tulungagung bisa ditempuh cukup 45 an menit saja.bila ingin menjelajah pantai tanpa capek, tenang disini banyak persewaan motor cross dan ATV dengan harga yang terjangkau.untuk toilet cukup banyak, mushola banyak.tidak perlu khawatir kelaparan, disini banyak warung dengan makanan khas ikan laut dengan sambal yang pedas. Ada juga oleh2 kaos, topi dll.oh ya tempat parkir bus dan mobiL cukup luas, parkir bus sudah berpaving.semoga artikel ini menjadi referensi.rekreasi tidak perlu mahal dan jangan lupa bahagia ya…..

  7. Keren banget. Agak kotor, masih ada sampahnya. Boleh sewa ATV dan motor cross. Kalo lagi rame, ATV yang lalu lalang bisa jadi masalah tersendiri karena lumayan bahaya buat pejalan kaki yang lewat. Bagus juga buat spot foto. Ombaknya lumayan kenceng pada saat tertentu, gak recommended buat 🏊 renang. Kalo sekadar di pinggiran, anak kecil pun okelah, dengan pengawasan orang tua. Sinyal; Telkomsel lancar jaya, 4G juga, Indosat sama XL zonk β€” πŸ€— gak ada. Parkiran super luas. Di areal pantai buanyak bgt yang jual ikan asap, kaos, makanan, degan, dan lain-lain. Juga layangan. Lumayan untuk wisata.

  8. Salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Akses menuju ke pantai ini sangatlah mudah dengan melewati Jalur Lintas Selatan anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Garis pantai yang panjang serta ombak yang agak gede tapi anda masih tetap dapat bermain air dipinggir pantai. Cocok untuk liburan bareng temen atau keluarga.. Disini tersedia juga perahu motor, banana boat, motor trail atau atv untuk anda yang ingin menikmati keindahan pantai gemah, serta ada juga flying fox untuk menguji adrenalin anda. Banyak juga warung-warung makan dengan harga yang terjangkau. Tersedia juga musholla, ada banyak toilet juga. Tapi sayang, Pantai Gemah ini masih terbilang cukup kotor karena sampah-sampah dari para pengunjung yang dibuang sembarangan. Memang sih sebenarnya tempat sampah disini masih sangat kurang banyak dan semoga untuk kedepannya pengelola wisata bisa menambah lagi tempat sampah supaya pengunjung tidak membuang sampahnya sembarangan supaya Pantai Gemah ini tetap indah, asri dan bersih..

  9. kondisi pantai mulai kurang baik karna terlalu rami pengunjung yang tidak cinta alam, buang sampah sana sini. jalanan kesana amat mulus, tapi untuk kendaraan lawas mungkin mesin tidak terlalu kuat jadi sering mogok dan harus jalan kaki karna jalanan yang naik turun meskipun jalur lintas selatan. saran aja kesana di hari weekday lebih seru wkwk

  10. Lumayan bagus, yg terpenting kebersihannya selalu dijaga, dikelola dgn manajemen yg bagus oleh karang taruna setempat. Harga ikan bakar dan berbagai olahan seafood yg dijual juga termasuk murah. Hanya sebagai tujuan wisata utk menikmati pantainya masih perlu utk ditingkatkan.

  11. Saat saya berkunjung suasananya sangat ramai, dan ombak juga sedang besar. Di area pantai gemah memiliki banyak fasilitas diantara lain atv, penyewaan tikar, kamar mandi yang bersih dan murah, resto bakar ikan yang berjajar.untuk harga masih tergolong terjangkau.

  12. Yuhuuuu seneng banget liburan bisa jalan2 bareng keluarga ke pantai Gemah πŸ™Œ ngajak bayi gentun jadi tambah meriah 😘 personilnya kurang yeobo yg g bisa ikut krn masuk shift sore 😚 kapan2 aja ya bang ikutan jalan πŸ˜…

  13. Wana wisatanya Tulungagung… Akses jalan baru dan bagus.. Ragam outbond ad.. Penyewaan atv dan motor cross banyak berjejeran.. Flaying fox dan juga ada penginapan… Banana boat juga perahu buat keliling pantai… Pasir pantainya lumayan luas …. Saat ini masih booming pantai grmah Tulungagung.

  14. Pantai yang indah… Rindang banyak pohon cemara jadi sejuk dan adem. Tempat parkir luas leluasa.. Ada toilet mussola.tempat makan tersedia .ada penjual ikan asap bagi yang mau beli buat oleh-oleh. Ada persewaan motor APV buat keliling pantai dengan harga terjangkau

  15. Bagi yang belum pernah kesini, mengikuti jalan utama adalah pilihan yg bagus. Jangan pakai google maps karna akan diarahkan ke jalan yang sempit atau jalan untuk pengguna sepwda motor. Jalan menuju pantai gemah sudah bagus. Pada saat kalian masuk ke bibir pantai akan langsung dihadapkan pemandangan yang luar biasa luas tidak ada satupun entah itu pohon atah bangunan yang menggangu. Ada beberapa vasilitas yang diberikan oleh pantai gemah, parkir 30k untuk 3 orang 1 mobil itu sudah temasuk parkir dan ada asuransi dari pihak pengelola. Ada wahana flying fox, penyewaan motor ATV, motor cross, dan penyewaan perahu beserta pelampung biaya sewa sekitar 15k untuk masing2 wahahna, murahkan. Untuk warung makan disini sudah disiapkan meski lebih murah bila bawa dari rumah, adanya penginapan dan fasilitas umum seperti toilet dan ruang ganti juga sudah ada.

  16. tempat xg nyaman dan santae cocok buat melepas penat atau pun berburu kuliner harga nx pun lumayan ekonomis gaaaesss _ nggx seperti warteg xg gampang betel harga jangan asem satus sewu ..😁😁 // ok gaaaeeesss silahkan berkunjung saya rekomendasiin soo xg pasti kuliner nx enak and murmer gaaaaessss .. monggoo πŸ‘πŸ‘

  17. Pantai gemah memang cukup indah, akan tetapi tak seindah waktu dahulu, Hutan yang cukup lebat saat ini menjadi gundul, Hanya tersisa tonjolan batu & sedikit lapisan tanah, fauna yang dahulunya banyak sekarang hanya tersisa namanya saja. Sepanjang lintasan jln jls hanya terlihat bentangan ladang para perambah hutan.

  18. gk diragukan lagi keindahan alam di pantai gemah, klopun kesana kita tempuh dng prjlanan lumayan jauh, saat tiba disana kita akan merasa puas terbayar sdh dng keindahan pantainya…..tp klo mnrut saya sih keindahan pantai gemah hanyalah semu belaka, krn terus terang saja, saya sndiri blm prh kesana πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    tp tenang …. insyaAllah awal bulan februari perusahaan tmpt saya bkrj akan mngadakan gathering di pantai gemah…yeaahhh asyyiiikkkkk πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ
    tp sayang sekali 😒 saya gk bisa ikutan lagi krn masih harus ttp msuk krj 😭😭😭😭😭😭😭

  19. Sayang sekali, pantai tambah kotor oleh ulah pengunjung. Kios2 di sekitar pantai juga memperparah karena buangan got langsung ke pantai di depannya. Sampah lama dan baru, spt nya tdk ada pengelolaan kebersihan dari pengurusnya, padahal tiket masuk ada. Bagi sy cukup sekali sj ke gemah, mending ke pantai pasir putih.

  20. Kecewa berat dg pantai gemah. Kabarnya indah & bersih tp kmrn ksana trnyata kebalikanny. Airnya coklat kotor lmyn banyak sampah, bkn pasir putih tp tanah coklat biasa. Mending ke pantai prigi pasir putih.

  21. Saya sangat senang bisa mengetahui dan akhirnya mengunjungi tempat ini karena pemandangan pantai yang ditawarkan sangat indah. Fasilitas yang ada di pantai tersebut lengkap seperti toilet, tempat shalat, warung makan ikan bakar, dll. Selain juga terdapat penyewaan atv (150cc dan 250cc) dan trail 110 cc dengan harga terjangkau. Tempat parkir luas dan cukup untuk banyak sepeda motor, mobil, dan bus meskipun sangat ramai. Untuk kebersihan pantai sebaiknya lebih dibersihkan karena masih terdapat beberapa sampah yang berserakan

  22. Pantai gemah adalah salah satu lokasi yang di bilang seru untuk dikunjungu bersama keluarga ataupun keluarga besar. Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang. Selain itu banyak ikan bakar disini. salag saty favorit aku salmon bakar. Kemarin pesn ikan bakar untuk 7 orang. totalnya 254.000 walau bakarnya lama hampir 1 jam tapi worth it banget dan fresh. Aku usulkan pesen dulu baru makan. Bumbu favoritnya asam manis. dan ikan nta gede gede. Kemarin totalnya 3 kg 3 ikan. Makan disana langsung sambil menikmati suasana pantai. Aksesnya mudah yaitu lewat jalur lintas selatan. Oia ikan bakar yang aku share ini bukanya hanya weekend ya. untuk wahana permainan banyak. kalau aku naiknya perahu kalau g salah 10 rb per orang. atau g 12.5k. Agak lupa si..cuma masih relativ murah. Parkir bayar ya. sama ada tiket masuknya juga. Dari kota hampir 1 jam perjalanan. Usahakan datang siang menjelang sore :). Karena momen terbaik makan ikan bakar waktu itu si.. πŸ˜‚πŸ–€. Yang bikin orang tua nyaman lagi adalah parkirnya g jauh sama pantai . pantainya bersih…warna pasirnya coklat tapi bersih..sukaa..

  23. Pantai yang sangat ramai pengunjung di hari libur…sampai2 tempat parkir yang sangat luas penuh dengan kendaraan..tepi pantai yg di tumbuh i pepohonan rindang bisa untuk berteduh n istirahat para pengunjung yang lelah setelah perjalanan jauh…air laut nya yang pinggir terlihat keruh..jadi kurang minat untuk berenang…terdapat banyak kios-kios menjual oleh2..tersedia juga kamar mandi untuk membersihkan badan setelah bermain di tepi pantai…ada juga penyewaan ATV serta flayingfox..

  24. Pengelolaan tempat wisata khususnya saat pembelian tiket dan masuk-keluarnya rombongan wisatawan cukup bagus.. Pengelolaan parkir cukup rapi.. Penataan pedagang rapi sekali, tidak ada pedagang yang berjualan seenaknya sendiri.. Komponen pendukung seperti mushola sangat memadai.. Toilet dan kamar mandi cukup banyak dan cukup bagus walaupun saat musim liburan/akhir pekan cukup membludak dan membuat antrean yg cukup panjang.. . Wahana wisata cukup banyak, seperti atv, motorcross, dll.. Namun yg menjadi kendala atau ketidaknyamanan adalah ketika bermain di sekitaran pantai sangat terganggu dg wisatawan lain yg bermain atv atau motorcross, mereka seliweran dan kadang tidak hati-hati saat berkendara. Kejadian seperti itu terjadi khususnya di akhir pekan di mana kunjungan wisatawan meningkat.. Umpel-umpelan, rebutan tempat.

  25. Pantai yang indah dan sangat menarik.. cocok buat liburan keluarga..akses menuju lokasi sangat mudah di jangkau karena berada di pinggir jalan lintas selatan Tulungagung . Harga tiket masuk sangat murah banget. Juga di dalamnya ada beberapa wahana yang bisa di nikmati bersama keluarga seperti , flying fox, β›΅, spot foto , motor trail, motor ATV dan masih banyak lagi

Berikan Ulasan