Pantai Gemah

10x dibaca

Nama Pantai Gemah
Lokasi Jalur Lintas Selatan, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66275, Indonesia
Ulasan (4.1 / 5)

Salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur yaitu Kota Tulungagung kini ramai dibicarakan oleh para pecinta alam. Hal ini beralasan karena di kota ini bermunculan objek wisata alam yang menarik seperti wisata bahari yaitu Pantai. Salah satu Pantai yang mulai naik daun yaitu Pantai Gemah yang berada di Jalur Lintas Selatan, Besuki.

Pantai Gemah menyajikan panorama laut yang biru berpadu dengan jernihnya air dan juga indahnya langit ditambah dengan lingkungan yang bersih. Pantai yang belum banyak dijamah wisatawan ini masih sepi sehingga belum banyak sampah yang berserakan pengotor lingkungan. Bila Anda tertarik untuk datang ke Kota Tulungagung khususnya ke Pantai Gemah simak infomarsi di bawah ini.

Harga Tiket di Pantai Gemah

Salah satu hal yang paling diperhatikan calon pengunjung yang ingin berlibur pastinya yaitu harga tiket masuk yang dipatok petugas. Tarif tiket masuk di Pantai Gemah yaitu Rp 5.000 per orang dan ditambah dengan biaya parkir sesuai jenis kendaraan. Harga tiket masuk akan berubah bila waktu liburan seperti liburan anak sekolah, tahun baru dan hari libur nasional tiba.

Untuk hari libur, tarif yang dikenakan berkisar Rp 7500 sampai dengan Rp 10.000 per orangnya, itu pun dapat berubah sewaktu-waktu. Biaya parkir yang harus dibayarkan yaitu Rp 3000 untuk kendaraan roda dua seperti motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Bila datang menggunakan bus, biaya parkirnya yaitu Rp 10.000 dan harga tiket masuk dapat dibayarkan secara rombongan.

Fasilitas yang ada di Pantai Gemah terbilang cukup baik dengan adanya kamar mandi yang jumlahnya memadai. Biaya untuk menggunakan kamar mandi dan toilet sama seperti biaya pada umumnya, biaya belum termasuk dengan tiket masuk. Sehingga bila Anda akan menggunakan kamar mandi atau toilet harus membayar kembali di petugas yang menjaga atau memasukkannya ke kotak.

Fasilitas lain yang ada disini yaitu tersedianya rumah makan dan pedagang yang menjual pakaian atau kaos dengan tulisan dan gambar. Rumah makan di Pantai Gemah biasanya menyediakan menu ikan asap yang memang menjadi andalan disini. Anda dapat menikmati lezatnya ikan asap setelah lelah main air di Pantai sembari menyeruput es kelapa muda.

Rute Menuju Pantai Gemah

Jarak Pantai Gemah dari pusat kota yaitu sekitar 37 kilo meter dengan waktu tempuh satu jam bila jalanan tidak macet. Waktu yang diperlukan untuk sampai juga bergantung pada kecepatan kendaraan yang melaju dan hari apa Anda melakukan perjalanan. Rute yang harus ditempuh yaitu ikuti Jalan Pesantren sekitar dua kilo meter jauhnya lalu berbelok ke kanan.

Setelah berjalan sejauh 2,5 kilo meter, Anda harus belok ke kiri lalu lanjutkan sejauh 550 meter dan belok ke kanan. Terus lanjutkan perjalanan sejauh dua kilo meter lalu belok ke kiri dan akan melewati sebuah objek wisata di kanan jalan. Lanjutkan perjalanan ke arah Pasar Boyolangu, dari pasar Anda berbelok ke kiri menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro.

Teruskan perjalanan tujuh kilo meter, lalu belok ke arah kiri menuju Jalan Raya Popoh dengan ciri ada pasar di belokan. Lanjutkan perjalanan sejauh sebelas kilo meter kemudian belok ke arah kiri menuju Jalan Lintas Selatan. Dari sini Anda hanya memerlukan perjalanan sejauh tujuh kilo meter lagi untuk sampai di Pantai Gemah, Tulungagung.

Objek Wisata di Pantai Gemah

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Gemah adalah Pantai yang memiliki pasir berwarna putih kecoklatan dengan kebersihan sehingga aman dimainkan anak. Pantai dengan pasir yang berwarna putih memang diincar para pecinta alam karena jarang ditemukan di Pulau Jawa. Hal yang menjadi keunggulan dari pasir Pantai Gemah yaitu terhindarnya pasir dari aneka sampah, pasirnya bersih dan menawan.

2. Spot Berenang

Salah satu ciri Pantai laut selatan yaitu ombaknya yang tenang dan tidak besar sama seperti ombak yang dipunya Pantai Gemah. Ombaknya yang tenang memungkinkan para pengunjung yang hadir untuk melakukan aktivitas air seperti berenang atau sekedar bermain di tepian. Walau diizinkan berenang, pastikan Anda tetap menjaga keselamatan pribadi dan orang terdekat.

3. ATV

Salah satu objek wisata yang dapat Anda mainkan di Pantai Gemah yaitu ATV dengan biaya sewa tertentu. Harga yang dipatok untuk menyewa ATV diberlakukan per 20 menit dengan harga sekitar Rp 20.000 saja. Anda dapat menyewanya untuk mengelilingi lingkungan Pantai ditemani angin yang berhembus serta pemandangan Pantai yang menawan indah.

4. Spot Sunrise dan Sunset

Pantai Gemah juga menjadi salah satu spot untuk menikmati indahnya matahari terbit, sehingga sudah ramai dikunjungi sejak pagi. Pantai memang salah satu tempat yang menyajikan aktivitas matahari dengan jelas karena tak terhalang bangunan apa pun. Tak hanya matahari terbit saja, matahari terbenam pun dapat Anda saksikan di Pantai yang berada di Besuki ini.

5. Hutan Pinus

Objek wisata lain yang ada di Pantai Gemah yaitu pohon-pohon pinus yang berada di sekitar Pantai dengan tinggi menjulang. Hutan ini dapat Anda jadikan tempat untuk berteduh saat matahari tepat berada di atas kepala. Anda juga dapat berfoto dengan background rombongan pinus yang elok mengitari area kawasan sekitar Pantai Gemah.


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

5 ulasan untuk Pantai Gemah

  1. Pokoknya asik deh! Ada banyak pengalaman menarik yang bisa kita peroleh di Pantai Gemah. Suguhan pemandangan alam yang indah disertai suasana yang segar dan asri akan membuat Anda betah berwisata di Pantai Gemah. Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi di sekitar pantai juga bisa menjadi spot berfoto yang ‘instagramable’ banget lho. Fasilitas wisata di Pantai Gemah juga sudah cukup lengkap. Tersedia berbagai fasilitas yang akan menunjang kenyamanan pengunjung saat berwisata di Pantai Gemah, mulai dari kamar mandi, toilet, mushola, hingga warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan.

  2. Pantai nya kotor, kurang terjaga kebersihannya padahal sudah banyak tempat sampah, banyak bleduk(pasir yang beterbangan) karena banyak yg menggunakan atv / motorcross, hiburannya juga banyak, ada banana boat juga, ada perahu juga. airnya juga keruh mungkin karena longsor yang di bicarakan orang2, sarannya kebersihannya agar di jaga. Bagi pengunjung harap menjaga kebersihan.

  3. Pantainya berpasir coklat. Ombaknya kecil jdi aman buat mandi di laut. Ada sewa kapal per orang 10 ribu. Ada sewa ATV per jam 80 ribu. Tempat parkir luuaaasss. Yg jualan buanyaaakk. Banyak ikan asap (cumi dan tuna (tongkol lbih tepatnya)). Akses jalan muluuuussss. Tapi sayang banget pantainya berdebu dan sampah dimana2. Baru kali ini saya ke pantai sesingkat ini. Kr situasi n kondisi pantai yg gak asyik.

  4. Seru bgt.. Banyak spot foto menarik. Banyak org jualan. Pokoknya praktis. Hanya saja kamar mandi terbatas serta banyak sampah di pantai, sering terbawa ombak. Saya sarankan klo mau ke pantai gemah dan pantai klatak lewat *JALUR LINTAS SELATAN*

  5. Pantai kotor.. karena terlalu banyak pengunjung. Tapi ada atv, trail, banana boat, perahu.. tetep seru aja.. perjalanan juga asyik viewnya.. recomended lah buat yg lagi TRIP di tulungagung.. oia.. kuliner juga murah + enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *