Pantai Sidem

Pantai Sidem

Dusun Popoh, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66275, Indonesia

5 Ulasan

Masih ingatkah Anda dengan Teluk Popoh yang berada di Tulungagung? Ya, Teluk Popoh merupakan salah satu teluk yang berada di pesisir selatan daerah Jawa Timur.

Teluk popoh ini biasa terkenal dengan Pantai Popoh. Meskipun demikian, kawasan teluk ini ternyata memiliki deretan pantai yang memukau lho selain Pantai Popoh.

Satu diantaranya yaitu Pantai Sidem. Apa saja sih yang menjadi daya tarik wisata Pantai Sidem? Yuk simak ulasan berikut ya.

Sejarah Pantai Sidem

Pantai Sidem Tulungagung 1

Letak Pantai Sidem ini berada dekat dengan PLTA Niama atau biasa disebut dengan bendungan Niama. Bendungan ini merupakan titik terakhir sungai Tulungagung wilayah selatan.

Pada tahun 1980, wilayah ini menjadi kawasan banjir. Meskipun demikian, pantai ini menjadi penyelamat musibah banjir tersebut.

Di Pantai Sidem ini, Anda dapat menjumpai sebuah perkampungan yang dihuni oleh nelayan setempat. Anda juga akan menemui salah satu pemandangan unik. Anda akan melihat dua arus air bertemu, yakni antara air sungai dan air laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Sidem

Untuk memasuki Pantai Sidem, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000/ orang. Cukup murah bukan?

Rute Menuju Pantai Sidem

Pantai Sidem Tulung Agung

Alamat Pantai Sidem berada di Dusun Popoh, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai Sidem terletak dibawah kaki bukit.

Anda bisa mengunjungi objek wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil dan juga kendaraan
umum seperti ojek.

Meskipun berada di bawah kaki bukti, ketika di perjalanan menuju kawasan pantai, Anda akan disuguhi oleh keindahan pohon jati yang tumbuh disepanjang jalan.

Dari Tulungagung, Anda bisa menuju Boyolangu, lalu lanjutkan saja perjalanan ke arah Campurdarat. Dari situ langsung saja mengikuti petunjuk arah Pantai Sidem.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Maps agar mendapat rute jalan yang mudah dilalui.

Mengingat Pantai Sidem terletak berdekatan dengan Pantai Popoh, Anda juga bisa mengakses jalan dari Pantai Popoh menuju pantai ini lho. Ternyata ada dua pilihan jalan.

Jalur pertama, Anda bisa melewati jembatan di tebing karang yang berada di tepat sebelah barat Pantai Popoh. Sedangkan jalur kedua yaitu jalur kendaraan yang searah dengan pintu keluar Pantai Popoh.

Objek Wisata Pantai Sidem

Pantai Sidem merupakan pantai yang masih asri dan masih terlihat alami. Di pantai Sidem ini, anda juga dapat berlibur menikmati wisata pantai dengan:

1. Pemandangan

Pbyek Wisata Pantai Sidem

Pantai Sidem memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan. Di kawasan pantai ini ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang rindang.
Selain itu, anda juga dapat melihat Teluk Popoh dari kejauhan

2. Bermain Air

Wisata Pantai Sidem Tulungagung

Pantai ini terletak dekat dengan pemukiman warga. Kelebihan lain pantai Sidem yaitu Memiliki bibir pantai yang cukup luas.

Ombak pantai pun tidak terlalu besar sehingga Anda bisa bermain air ketika berada di pantai ini. Sehingga pantai ini cocok untuk piknik bersama keluarga.

Anda bisa mengajak anak-anak maupun teman untuk bermain air bersama. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati jika bermain dan jangan lengah bermain ya.

3. Berjalan-jalan

Wisata Pantai Sidem

Pantai Sidem merupakan salah satu pantai yang memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sehingga Anda bisa berjalan jalan untuk menemukan berbagai keindahan di pantai ini.

Selain itu, dengan berjalan jalan juga bisa menghilangkan sejenak beban pikiran untuk mencari ketenangan dari suasana perkotaan dengan melihat pemandangan yang begitu indah.

Fasilitas di Pantai Sidem

Pantai Sidem Yang Indah

Wisata Pantai Sidem di Tulungagung juga sudah dilengkapi fasilitas pendukung bagi para pengunjung, seperti:

1. Area Parkir Kendaraan

Terdapat area parkir yang cukup luas. Anda bisa memarkirkan kendaraan di area ini.

Untuk area parkir ini cukup aman, jadi Anda tidak perlu khawatir memarkirkan kendaraan. Nah, untuk biaya parkir kendaraan motor cukup Rp. 1.000, sedangkan untuk mobil Rp. 2.000 saja.

2. Warung Makan

Tersedia berbagai aneka olahan seafood yang lezat seperti Ikan bakar, kepiting, cumi-cumi, dan aneka hidangan laut lainnya yang lengkap dengan berbagai lalapan segar.

Warung makan ini juga menyediakan minuman lho, seperti minuman khas pantai yaitu air kelapa muda yang pastinya akan menambah kesegaran ketiga berlibur di Pantai Sidem.

Meskipun memiliki pilihan makanan dan minuman. Jangan ragu untuk membelinya ya, karena harganya pun cukup murah untuk kelapa muda utuh hanya Rp. 10.000 saja lho.

3. Kamar Mandi

Pantai Sidem sudah memiliki fasilitas toilet lho. Anda bisa menggunakan fasilitas ini sebagai tempat bilas ataupun sebagai MCK, dikarenakan toilet ini cukup besar dan memiliki air yang bersih.

4. Mushola

Fasilitas pendukung lain yang sudah terdapat di Pantai Sidem yaitu mushola. Anda bisa melakukan ibadah di mushola ini dan tempatnya pun cukup luas sehingga bisa digunakan secara bersama sama.

Bagaimana ulasan diatas? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi objek wisata Pantai Sidem Tulungagung? Yuk segera ajak keluarga maupun teman untuk berlibur disini, pasti liburan Anda akan semakin seru.

Jangan ragu untuk datang ke Tulungagung. Karena masih banyak objek wisata yang tidak kalah indah untuk dijelajahi.

5 Ulasan untuk Pantai Sidem, Tulungagung, Jawa Timur

  1. Pantainya nyaman, cocok sekali buat keluarga yang membawa anak kecil. Untuk tempat duduknya banyak, dan teduh juga. Banyak penjual makanan juga. Aksesnya pun cukup mudah, hanya saja jalannya yang agak rusak, namun hanyak sedikit yaa tidak rata, harga tiketnya untuk satuan kurang pasti, waktu itu saya masuk dengan 13 orang, itu 150rb saja, itu sudah bisa ke popoh juga. Signal di pantai ini 4G untuk telkomsel saja untuk operator lain kurang tau, namun kalau indoasat gak ada sama sekali. Di pantai sidem juga ada naik perahu, yang harga tiketnya pasti pas di kantong, dan juga sudah di sediakan pelampung jadi jangan khawatir dengan keselamatan anda.

  2. Pantainya bagus, sejuk, luas, pasir hitam, untuk tiket masuknya gratis itu sih waktu aku dulu kesana udah lama banget, kalo sekarang nggak tahu deh ya😁

  3. Yg bikin pantai Sidem indah adalah kebersihan dan kerapian penataan wisatanya. Semoga selalu dilancarkan rezekinya bagi warna lokal disini

  4. Pantai yang masih terjaga yang cocok untuk piknik disana namun , kebersihan dan fasilitasnya harus dijaga disana . Bisa juga buat acara outdoor juga disana dengan menikmati pemandangan disana , diharapkan juga harus berhati hati kadang air laut bisa pasang juga tanpa diduga .

  5. Pantai selatan Jawa berpasir hitam. Bersebelahan dg pantai popoh di Tulungagung. Masuk gratis, parkir mbl bayar 5000 roh. Hanya sayang kurang dikelola dg baik dan ckp banyak sampah di pantainya

Tinggalkan Balasan