Pantai Ngalur

Pantai Ngalur

Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283, Indonesia

21 Ulasan

Pantai mana saja yang sudah pernah Anda kunjungi di kawasan Tulungagung? Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Pantai Ngalur? Jika Anda sudah pernah ke Pantai Sanggar, maka seharusnya Anda juga melihat pantai ini.

Di pantai ini, Anda akan mendapatkan suasana yang menyegarkan. Kalau tidak percaya coba saja main ke Pantai Ngalur. Pasti tidak ingin pulang.

Sudah tidak sabar ya ingin menikmati aroma pantai ini? Yuk, simak deskripsi Pantai Ngalur mulai dari pesona, objek wisata, rute sampai fasilitasnya!

Pantai Ngalur

Pantai Ngalur Tulungagung 1

Tulungagung ternyata memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan daerah lainnya. Terutama untuk potensi wisata pantainya.

Pantai Ngalur ini terletak di ujung selatan Kabupaten Tulungagung. Pantai ini sangat unik karena memiliki karakteristik pantai yang ada di Pulau Dewata Bali. Yaitu banyak terdapat terumbu karang.

Maka kawasan wisata ini pun cocok digunakan sebagai jalur trekking. Siapa nih yang suka trekking di alam? Wajib deh berwisata di pantai ini.

Pantai Ngalur menyuguhkan sajian yang lengkap. Dari pasir pantai putih yang terhampar luas, pepohonan hijau yang rimbun bisa menyejukkan mata dan pikiran.

Namun Anda harus waspada karena ombak-nya terbilang ekstrim. Suara deburan ombak-nya juga berirama bergantian.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngalur

Untuk menikmati keindahan Pantai Ngalur sangat murah alias gratis. Anda cukup membayar biaya parkir-nya saja kok yaitu Rp 5000 saja.

Namun bagi Anda yang datang dengan kendaraan roda empat, tidak bisa turun sampai ke pantai. Karena jalan menuju pantai hanya jalan setapak.

Jika Anda datang menggunakan kendaraan roda empat, silahkan gunakan ojek yang disewakan oleh penduduk setempat. Cukup murah kok hanya Rp 25.000 saja!

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngalur

Pantai Ngalur Tulungagung Jawa Timur

Pantai Ngalur terletak di Desa Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Tulungagung, Jawa Timur. Bisa ditemukan sekitar 24,6 km ke arah Selatan pusat Kota Tulungagung.

Pantai ini bisa ditempuh selama 1,5 jam dengan kendaraan pribadi. Namun Anda tidak bisa membawa kendaraan menuju pantai.

Karena Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke pantainya. Untuk menuju pantai ini, Anda bisa menggunakan beberapa rute

Rute pertama dari Kota Tulungagung. Arahkan kendaraan menuju Jl. Ki Mangun Sarkoro kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jl, Raya Boyolangu.

Jalan tersebut akan langsung menuju Jl. Sokolimo Campurjanggrang. Ikuti saja jalan tersebut sampai menuju Ngepoh. Maka Anda akan sampai ke Jl. Raya Tulungagung. Lanjut terus sampai Kalitalun.

Dari situ arahkan kendaraan menuju Pantai Sanggar. Dari pantai ini terdapat dua jalan yang bercabang. Kemudian pilihlah jalan yang ke kanan yang menuju Pantai Patok Gebang.

Setelah itu Anda bisa berbelok ke kiri. Anda akan menemui perbukitan kemudian sampailah Anda di Pantai Ngalur.

Sebelum berangkat pastikan Anda sudah makan dan jangan lupa bawa bekal ya. Karena perjalanan menuju pantai ini membutuhkan kondisi fisik yang prima.

Alasannya adalah karena rutenya cukup ekstrim. Anda akan menemukan jalanan yang berliku. Kondisi jalannya pun juga belum diaspal.

Jadi maklum saja kalau perjalanan memakan waktu yang lumayan. Yang akan Anda dapatkan adalah perkebunan pisang serta hutan di kanan kiri jalan.

Objek Wisata Pantai Ngalur

Kegiatan apa yang bisa dilakukan di Pantai Ngalur? Silahkan simak aktivitas dan hal menarik yang dapat dilakukan selama di pantai ini.

1. Spot Foto

Pantai Ngalur Yang Indah

Pantai ini menyajikan berbagai spot foto yang menarik. Anda bisa menyusuri pantai dari satu sisi ke sisi yang lain.

Pemandangannya pun juga bisa berbeda-beda. Ada pantai, karang maupun pepohonan. Tinggal pilih saja background yang diinginkan.

2. Refleksi Kaki

Bagi Anda yang suka berjalan kaki bisa coba merefleksikan kaki dengan berjalan di atas karang atau batu-batuan. Namun Anda harus waspada, salah-salah malah jadi terpeleset.

3. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Ngalur

Penikmat senja pasti akan suka melihat pemandangan matahari terbit di pantai ini. Anda pun bisa menangkap pemandangan tersebut dengan kamera Anda.

Selain itu pantai ini juga menyuguhkan pemandangan matahari terbit lho. Jarang bukan pantai yang seperti ini?

4. Ayunan

Wisata Pantai Ngalur

Apakah kamu anaknya Instagramable? Kalau iya, wajib mencoba berfoto di tempat ikonik Pantai Ngalur. Ya, di sini terdapat ayunan gantung.

Anda bisa menikmati pemandangan dari ayunan tersebut atau berpose bak model-model. Setelah mendapatkan hasil jepretan terbaik, jangan lupa diposting di sosmed ya!

5. Piknik

Karena karakter ombak di pantai ini tergolong ekstrim, maka Anda bisa menikmatinya sambil duduk-duduk santai. Anda bisa menggelar tikar atau duduk di gazebo sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

Fasilitas Pantai Ngalur

Wisata Pantai Ngalur Tulungagung

Pantai ini memang belum dikelola oleh Pemerintah secara resmi. Maka dari itu fasilitasnya pun juga seadanya saja. Tetapi sudah lumayan oke kok bagi fasilitas pantai yang agak terpencil, seperti:

1. Warung Makan dan Kios

Bagi Anda penikmat kuliner laut atau seafood bisa mencoba singgah di warung makan atau kios yang terletak di pinggir pantai. Aroma bakarannya sungguh menggoda lho.

2. Toilet

Bagi Anda yang selesai bermain air di pinggir pantai atau sekedar ingin buang air kecil, maka bisa menggunakan fasilitas toilet yang tersedia.

3. Gazebo

Di pinggiran Pantai Ngalur in, Anda bisa menikmati pemandangan atau berjemur di gazebo atau balai-balai yang tersedia.

Bagaimana? Dari cerita kami saja sudah membuat Anda ingin berlibur ke Pantai Ngalur Tulungagung bukan? Rekomendasi dari kami, silahkan kunjungi pantai ini pagi hari dan tentunya pada weekday.

Karena di akhir pekan, pantai ini sudah lumayan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Mari berburu foto sambil refreshing!

Oh iya, di daerah Tulungagung juga masih banyak obyek wisata pantai yang tidak kalah indahnya. Selain Pantai sanggar, ada juga namanya Pantai Pacar dan Pantai Godeg.

21 Ulasan untuk Pantai Ngalur, Tulungagung, Jawa Timur

  1. Pantai sanggar, benar benar hiden beach paradise. pantai yang masih alami dan juga berada di desa jengglungharjo terletak di kecamatan tanggunggunung, kabupaten tulungagung. Pantai ini ternyata juga bersebelahan langsung dengan pantai ngalur , dan di pantai sanggar ini juga masih sangat jarang dikunjungi para wisatawan karena tempatnya yang juga masih sangat jauh dari pemukiman warga. . . Nah, karena letaknya yang juga cukup jauh dari pemukiman warga , sehingga pantai ini pun juga masih terasa alami dan sangat cocok untuk anda para wisatawan yang suka berkunjung ke tempat – tempat indah yang juga masih sangat jarang dijamah oleh manusia . dan untuk berkunjung ke pantai ini maka andapun juga sangat disarankan untuk ke pantai pada pagi sampai siang hari, demi keselamatan.. . Akses menuju pantai ini sangatlah sulit, jarang ada papan petunjuk, dari pemukiman warga kita harus melewati jalan setapapak lewat kebun kebun warga kurang lebih 1,5km yang hanya bisa dilalui montor. Mobil hanya bisa sampai pemukiman. Jangan lupa bawa perbekalan karena tidak ada warung jualan.. Bener bener alami.. Selamat berlibur..

  2. Pantai yang sangat indah, airnya sangat biru, bersih tanpa terdapat banyak sampah disini. Pasirnya sangat putih. Dan subhanallah, ini adalah pantai yang sangat sangat sangat sangat indah yg pernah saya kunjungi. Tempat ini bersebelahan dengan pantai ngalur. Dan bisa ditempuh dengan jalan kakii sekitar 10 menit dari pantai ngalur melewati hutan”. Tetapi jangan khwatir, sudah diberi jalan pintas disana. . Tempat ini pun sangat dekat juga dengan pantai Pathok Gebang, cukup berjalan sekitar 10 menit melewati hutan yg sudah diberi jalan pintas.. Kebersihan pantainya sangat terjaga. Tetapi disini kalian tidak bisa berenang, karena yaah tau sendiri, ombak pantai selatan sangat sangat sangat berbahaya 😣😣😣. Disini pun ada penjual minuman, rokok, dan makanan. Ada es degan juga, 1 buah degan besar dibandrol skitar 8000 rupiah. Jadi anda bisa menikmati sambil duduk dipinggir pantai 😍😍. Disini sudah tersedia toilet umum juga, gazebo yg terbuat dari kayu dan daun” yg kuat, sudah tersedia dipinggir” pantai, gratiiisssssss,. Semua orang bisa menggunakan fasilitas tersebut πŸ˜πŸ˜‚. Oh ya tiket ke pantai ini 5000rb per orang.. Pantai ini sangat rekomended bagi kamu” yg jiwanya petualang, karena medan nya yg sangat susah, dan sangat curam terkadang membuat motor anda harus benar” dicek dulu, terutama Rem nya. Alhamdulillah kesininya ketika musim kemarau, jadi tidak merasakan licinnya jalan menuju pantai ini😣 karena jalannya disini menggunakan tanahnya merah, jadi otomatis akan sangat licin ketika terkena air, apalagi air hujan.. Benar” tidak rekomended ketika musim penghujan.. Oh iya, saya kesini menggunakan matic 125CC, jadii untuk kamu” yg pengen pakek matic, it’s oke. Yg penting, skill mengendarai motor harus benar” luar biasa πŸ˜‚πŸ˜‚ yg amatiran, sorry, jangan pernah dicoba yaa…. Gak akan pernah bisa lupa pantai seindah ini 😍😍 kalo ada waktu, ya pasti aku bakalan kesnaa lagi😍😍

  3. Pantainya sangat indah serta masih lumayan bersih, namun ombaknya besar jadi tidak direkomendasikan untuk bermain air. sudah ada toilet namun belum terlalu banyak penjualan. jalan menuju pantai ngalur masih sulit, namun masih bisa ditempuh dengan motor tetapi tidak direkomendasikan ketika musim hujan menggunakan motor.

  4. Pantai yang masih lumayan asri sob..meski akses masuk memiliki jalur sempit dipibggir jurang.disarankan memakai motor tanpa kopling manual agar lebih fokus untuk keseimbangan

  5. Pantainya lumayan curam namun pasirnya putih dan lautnya jernih. Ombaknya lumayan besar jadi berbahaya jika digunakan berenang. Jalan kesana sulit masih dalam tahap pembukaan

  6. Pantainya sangat sangat sangat indah😍 rasa lelah diperjalanan terbayarkan dengan keindahan pantainya. Masih bersih dan alami. Ombaknya besar, pantainya luas pasirnya putih😍 Penduduknya juga ramah. Disarankan kalo cuaca hujan jangan kesana karena akses jalannya yang ekstrem hanya bisa dilalui roda dua, belum diaspal dan hanya bisa dilewati satu motor. Kalo ada motor berlawanan arah harus ada yang berhenti salah satunya. Pokoknya kesana harus bener2 siap fisik dan mentalπŸ™Œ

  7. Usaha tak mengkhianati hasil .. Akses jalan masuk ke pantai masih sulit . Hanya untuk roda2 saja. Saran jangan berangkat malam dan musim hujan . Jalannya pun cukup untuk 1 pengendara sepeda motor . Kalo belum mahir tidak disarankan . Tiket 8000/org . Parkir 5000 . Ada toilet juga ada warung makanan . Penduduk sangat ramah . Lelah dijalan terbayar dengan keindahan alam yang luar biasa

  8. pantai yang cukup besar ombaknya. air laut yang jernih berpadu dengan karang-karang kecil di sepanjang garis pantai berpasir putih, membuat pengunjung enggan untuk meninggalkan tempat ini. tersedia fasilitas kamar mandi umum, musholla, juga warung. untuk akses jalan, terbilang ekstrim..

  9. Pantainya bagus tpi sayang gak bisa buat berenang.. sama jalan menuju pantai masih exstrim.. . saran saya jangan kesana kalo musim hujan.. πŸ‘Œ

  10. tulungagung kurang begitu dikenal orang.. sebetulnya tulungagung memiliki banyak pantai yang indah indah dan sangat menarik.. selama ini saya cuma tau pantai popoh dan kedung tumpang.. ternyata masih banyak lagi pantai pantai indah di tulungagung salah satunya pantai sangar.. pertama kali kesini 2011, kesannya pantainya indah, alami, ombaknya besar.sangat menawan.sayang kendalanya hanya akses jalannya yang kurang bagus.

  11. tulungagung kurang begitu dikenal orang.. sebetulnya tulungagung memiliki banyak pantai yang indah indah dan sangat menarik.. selama ini saya cuma tau pantai popoh dan kedung tumpang.. ternyata masih banyak lagi pantai pantai indah di tulungagung salah satunya pantai sanggar.. pertama kali kesini 2011, kesannya pantainya indah, alami, ombaknya besar.sangat menawan.sayang kendalanya hanya akses jalannya yang kurang bagus.. pasirnya putih..tapi hati hati gan banyak batu batu karang yang tajam…

  12. Pantai dengan pasir yang lembut , juga lumayan bersih karena masih sepi pengunjung ,cocok juga buat camping bersama keluarga mendirikan tenda,bisa juga buat memancing ,soal akses jalan masih agak sulit di lalui .

  13. Tempat nya bagus, tapi jalan nya yang membuat saya tidak ingin kesini lagi 😰. Semoga suatu saat nanti jalan transportasi nya diperbaiki

  14. Akses bersebelahan dengan pantai ngalur. Pasirnya putih, agak kotor, lebih sempit dari pantai ngalur. Aksesnya masih susah karena jalan belum seluruhnya dicor atau aspal

  15. Yang mau kesini harus kondisi fit dan punya sekil berkendara, soalnya jalan nya sangat buruk. Semoga jalannya cepat di perbaiki

  16. Pernah kejebak sehari,gara2 jembatan putus,jalan juga kurang bagus,kalo hujan,,,Untung Yg punya warung orangnya baik,🀣🀣🀣🀣

  17. Pantai paling asik yang pernah saya kunjungi sampai saat ini. Walaupun perjuangan ke sana sungguh sangat menguras tenaga, jalannya sgt menantang apalagi kalau musim hujan bisa merendam separo ban motor trs jalan dari parkiran motor ke pantai juga jauh sekitar 1-2 km dengan medan naik turun, tapi lelah sy sangat terbayar dengan pemandangan pantainya yg apik, pasirnya putih, ombaknya yang tidak ganas sehingga dpt dipakai berendam, dan adanya cekungan batuan yang bisa dipakai berteduh sambil bermain air. Tarif masuk ke sana juga terjangkau. Kalau tidak ingin jalan kaki bisa naik ojek trail yang ditawarkan penduduk sekitar yang tarifnya menurut saya sebanding dengan medan dan jarak yg harus ditempuh. (Pengalaman dua tahun lalu, desember 2017)

  18. Mantap kan? Emang. Tapi tydack dengan jalannya -_-. Plis deh pemerintah helooo tolong dong perhatiin wisata pantai sanggar. Peluang pengembangan wisata Kabupaten Tulungagung loohhh. Hmmm, mohon infrastrukturnya diperbaiki 😭 kutidak mau bertaruh nyawa ketika ke sanggar. Padahal pantainya ASELI SEBAGUS ITU.

  19. tempatnya masih sangat alami… rekomendasi untuk anda… tetapi sementara ini hanya bisa mengunakan kendaraan roda dua saja. semoga kedepanya bisa menjadi destinasi wisata andalan di tulungagung… #mantap

  20. Rutenya menantang, setelah sampai bukan main indahnya, ngga rugi bertualang ke sana

  21. Pantainya indah, masih asri, ombaknya tenang jadi bisa main main dipinggiran.

Tinggalkan Balasan