Pantai Dlodo

Pantai Dlodo

Dusun Dlodo, Desa Panggungkalak, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66284, Indonesia

16 Ulasan

Pantai Dlodo merupakan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai ini memiliki garis pantai yang membentang kurang lebih hingga 2 kilometer.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai ini memiliki keunikan dengan adanya gumuk pasir di sepanjang pantai.

Kok bisa ada gumuk pasir ya? Unik sekali tampaknya pantai ini. Yuk simak ulasan singkat berikut ini ya, agar Anda dapat mengetahuinya.

Sejarah Pantai Dlodo

Pantai Dlodo Tulungagung

Dahulu pantai Dlodo seperti lapangan pasir yang begitu luas. Selanjutnya, kawasan ini digunakan sebagai penambang pasir besi.

Pantai ini termasuk ke dalam deretan pantai selatan, sehingga mempunyai ombak yang cukup besar. Namun, luasnya hamparan pasir, ombak tersebut menyebar jauh ke darat dan menjadi ombak kecil yang jinak.

Sayangnya saat tambang pasir besi tersebut beroperasi, semua hamparan pasir di kawasan pantai dikeruk. Pasir tersebut dipisahkan antara pasir bijih besi dengan pasir kuning.

Pasir kuning merupakan limbah yang dibiarkan begitu saja. Melihat hal tersebut, warga setempat berusaha menghentikan secara paksa penambangan tersebut dikarenakan tidak berkontribusi dan juga telah habis perizinannya.

Seiring berjalannya waktu, perlahan tumpukan limbah pasir tersebut kembali seperti semula. Ombak yang tinggi menjadikan pasir ini kembali rata.

Meskipun begitu. Ternyata pantai ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, itulah yang menjadi awal munculnya gagasan warga setempat untuk mengelola Pantai Dlodo sebagai lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Dlodo

Untuk memasuki Pantai Dlodo, ada perbedaan saat weekday dan weekend. Saat weekend Anda tidak dikenakan biaya tiket masuk, namun saat weekend anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 7.500 saja.

Harga yang sangat terjangkau bukan? Untuk biaya parkir-nya hanya dikenakan Rp 5000 saja untuk semua jenis kendaraan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Dlodo

Pantai Dlodo Tulungagung Yang Indah

Pantai Dlodo berlokasi di Dusun Dlodo, Desa Panggungkalak, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Dikarenakan lokasi pantai yang cukup terpencil, maka tidak ada angkutan umum untuk menuju ke pantai ini. Sehingga, akses jalan menuju Pantai Dlodo ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi saja seperti motor dan mobil.

Jarak Pantai Dlodo dari pusat Kota Tulungagung sekitar 32 kilometer, dapat ditempuh dalam waktu 60 menit perjalanan.

Rute yang bisa Anda lalui yaitu Dari Pasar Ngunut. Ikuti saja arah jalan hingga Pucanglaban atau Pantai Kedung Tumpang, kemudian Ikuti saja papan petunjuk yang sudah tersedia. Anda juga bisa menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan.

Objek Wisata Pantai Dlodo

Ketika Anda mulai memasuki kawasan Pantai Dlodo, akan disambut dengan perkebunan pohon kelapa yang menebarkan suasana nyaman. Namun tak hanya itu, di Pantai Dlodo juga memiliki objek wisata menarik seperti:

1. Keindahan Pantai

Wisata Pantai Dlodo

Pantai Dlodo memiliki pemandangan pantai yang sangat indah. Pasir putih yang membentang membuat pemandangan pantai semakin menarik.

Dengan duduk di pinggir pantai sambil menikmati keindahan laut sambil diterpa angin laut yang sepoi-sepoi membuat suasana semakin nyaman.

2. Rawa Air Payau

Pantai Dlodo Tulungagung Jawa Timur

Pemandangan unik yang mungkin masih jarang Anda jumpai di pantai pada umumnya yaitu adanya rawa air payau. Rawa ini terletak di dekat Pantai Dlodo.

Rawa ini cukup rindang dikarenakan hampir di sepanjang muara ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang semakin menambah kesan alami dan asri.

3. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Pantai Dlodo Tulungagung

Hampir sama seperti Pantai Parangtritis yang terletak di Yogyakarta. Pantai Dlodo memiliki gumuk pasir yang hampir sama seperti gurun pasir.

Nah, bagi Anda yang masih bingung mencari destinasi wisata pantai keluarga Pantai Dlodo ini bisa menjadi jadi pilihan yang paling tepat. Karena anda dapat bersantai dan bermain pasir di kawasan pantai.

Pantai Dlodo memiliki hamparan pasir yang cukup luas bahkan hingga 2 kilometer. Uniknya pasir ini memiliki 2 warna pasir putih dan hitam.

Bentukan pasir pantai menyusun menjadi punggungan bukit yang memanjang menjadi daya tarik tersendiri seperti layaknya berada pada padang pasir lengkap dengan gelombang-gelombang pasir tertiup angin.

Di gumuk pantai ini, Anda bisa mencoba seluncur alami dengan menggunakan pelepah daun kelapa yang ada di kawasan pantai ini lho. Pasti seru ya, apalagi Anda dapat lakukan berbagai gaya secara bebas di gumuk pasir ini.

4. Camping

Ternyata di Pantai Dlodo ini bisa digunakan untuk camping juga lho. Anda bisa bermalam di pantai ini dengan mendirikan tenda.

Namun disarankan apabila akan camping sebaiknya berada di kawasan perkebunan kelapa yang terletak di tepi pantai. Karena, kawasan ini lebih aman dari angin kencang dan panasnya terik matahari.

Walaupun demikian, Anda juga harus mencari tempat yang pas dan nyaman karena di perkebunan ini terkadang ditemukan kotoran sapi.

Fasilitas Pantai Dlodo

Fasilitas Pantai Dlodo

Pantai Dlodo masih terlihat sangat alami dan cukup sepi pengunjung, dikarenakan pantai ini merupakan objek wisata baru. Meskipun baru, pantai ini sudah memiliki fasilitas seperti :

1. Toilet

Salah satu fasilitas yang harus ada di suatu objek wisata yaitu toilet. Di pantai Dlodo sudah dibangun toilet dan dapat dipergunakan lho, apabila Anda berkunjung ke pantai ini maka tak perlu khawatir mencari toilet ya.

2. Warung makan

Warga sekitar pantai mendirikan beberapa warung untuk para wisatawan yang berlibur di Pantai Dlodo. Jadi, apabila anda berada di kawasan pantai ini, Anda dapat membeli makanan ringan ataupun minuman ringan di warung ini.

3. Area Parkir

Untuk memarkirkan kendaraan pun sudah disediakan area parkir yang terletak di dekat perkebunan kelapa. Anda bisa memarkirkan kendaraan disini dengan aman, sehingga liburan Anda akan terasa menyenangkan

Sedikit tips dari kami, Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata Pantai Dlodo, kami menyarankan untuk berkunjung saat musim kemarau ya.

Dikarenakan saat musim kemarau, kondisi gumuk pasir ini kering dan dapat digunakan untuk berselancar. Selain itu akses jalan untuk menuju ke Pantai Dlodo juga mudah dilalui karena tidak ada genangan air.

Menarik bukan? Jika anda berkunjung ke Tulungagung, sebaiknya menyempatkan untuk mengunjungi Pantai Dlodo yang unik ini ya.

16 Ulasan untuk Pantai Dlodo, Tulungagung, Jawa Timur

  1. Di deket pantai gak ada mushola atau masjid. Tempat sholat paling deket sekitar 500m jalan sebelum pantai

  2. Pantainya bagus cocok untuk Selfi ataupun berfoto-foto, pantainya bersih dan pasir putih yang membentang luas, tetapi ombaknya juga besar sehingga berbahaya untuk berenang

  3. Pantai yang indah dan masih asri. Masih belum terlalu banyak turis yang berwisata kesini. Pantai sangat luas dan panas

  4. 10 menit aja cukup disini, masih sepi. Fasilitas masih belum tersedia. Jalan utk mobil tidak layak.

  5. Yang mau kesini, harap kendaraan nya dicek dengan baik, terutama BAN!. karena jalan menuju pantai ada yang masih makadam,dengan batu2 yang “lumayan” tajam! , Menanjak , dan berkelok kelok! . awal2 jalan raya masih bagus,tapi kalau sudah hampir sampai ke pantai, jalan nya banyak yang berlubang dan rusak… tetap hati2,dan persiapkan semua dengan baik.. – Masuk Parkir+Tiket 5000 (27/07/2018). – Toilet ada. – Musholla Tidak ada (adanya di pemukiman warga). – Pantainya Kotor (sangat di sayangkan) mari jaga pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan!

  6. Pantai nya sangat sepii….jadi berasa seakan pantai privat milik kita sendiri.heheheh.. Pasir putih nya masih sangat bersih dan terjaga keasrianyaa….ombaknya memang besar jadi sedikit agak takut untuk mendekati bibir pantai…tapi masyallah pemandangan nya sangat indah…sedikit terlihat pemandangan pantai sine… Semoga suatu hari nanti di dekat pantai didirikan mushola…warung yang berjualan masih sangat jarang……harga tiket masuk hanya 5 k saja permotor… Kalau saja ada gubuk di dekat pantai …wisatawan tidak akan kepanasan… Semoga dapat di perbaiki lagii fasilitasnya

  7. Pantainya sangat menawan. Hamparan pasir yang sangat luas, nyiur pohon kelapa yanh selalu melambai-lambai. Batuan karang menjulang tinggi, lautan pasir berhamparan. Katanya juga ada goa, tapi sayangnya pas kesana gak nemuin. Tiket retribusi juga cukup murah, 5rb aja kemarin untuk buat parkir.

  8. Pantai yg luas dan ada gumuk pasirnya,tapi saat diatas gumuk pasir dipasirnya banyak jejak seperti bekas guratan2 jejak ular dengan diameter lumayan besar,jadi was2,apakah disana banyak ularanya ? Yg tau tolong komen ya 😂

  9. Garis pantainya panjang, jalan akses ke pantai sudah lumayan baik hanya sedikit yg rusak, mobil sudah bisa sampai lokasi.. Sebelum pantai ada perkebunan kelapa yg rindang

  10. Meskipun pasir pantainya tidak seputih pantai lain namun air lautnya begitu biru, cukup siapkan uang 5 ribu untuk parkir, dan hati2 karena ada sedikit jalan yang masih makadaman. O iya ada banyak spot foto bagus salah satunya kawasan yang menyerupai hawai ini

  11. Dari sekian banyak pantai yg pernah tak kunjungi, Bagiku ini pantai terindah & ternyaman untuk bermain air,
    Air nya jernih, pasir nya sangat halus padat GK ada karang/kerang tajam,
    ombak yg bersahabat cocok untuk bermain air sekeluarga & juga aman bagi anak-anak,
    Untuk bagian atas nya banyak sampah, tapi untuk lokasi bibir pantai nya super nyaman,

    Akses jalan menuju ke lokasi pantai sudah beraspal, R4 bisa masuk, tapi menjelang pantai jalan nya masih makadam berbatu
    Jadi harus hati-hati

  12. Pantai Dlodo ini merupakan pantai di tulungagung yg panjang dan luas. Pantai ini juga memiliki kerakteristik pantai yg landai dan banyak pohon kelapanya. Jalan menuju pantai ini masih rusak, banyak yg berlubang dan mengelupas. Harus sabar lewat jalannya apalagi kalau pakai matic. Untuk tiket masuk hanya 5k untuk sepeda motor. Kelebihan : pantai sepi, luas, landai, dan banyak warung. Kekurangan : jalan rusak, kurangnya tempat berteduh, fasilitas masih belum lengkap, dan banyak sampah yg terbawa ombak.

  13. Pantainya sangat sejuk, enak buat rekreasi bersama teman, jalanan kesini cukup mulus diawal tetapi saat hampir sampai di pantai jalanan mulai tidak rata tetapi mobil masih bisa masuk. Tapi disarankan kesini saat musim kemarau, jalanan jadi licin saat musim hujan. Disini ada juga warung kecil dan toilet umum. Pantai ini tidak bisa dibuat renang karena langsung laut lepas. Untuk pemandangan sangat bagus, instagramable. Tetapi pantainya banyak sampah. Kalau saja dibersihkab pasti bagus seperti pantai pantai di bali

  14. One of my favorite beaches. Banyak spot untuk foto. Gundukan pasir, rerumputan, pohon-pohon kelapa, sungai, dll. Saat siang sangat panas, jangan lupa pakai sunscreen kalau tidak mau kulit terbakar. Setahu saya pantai ini adalah kawasan 2 desa. Sebelah barat sungai area desa Rejosari Kecamatan Kalidawir , sebelah timur sungai area desa Panggungkalak Kecamatan Pucanglaban. Akses cukup mudah. Tidak perlu hiking untuk ke pantai ini. Hanya saja ada beberapa bagian jalan yang rusak jadi harus tetap berhati-hati.

  15. Kesini tahun 2017 , pantai masih murni belum ada warung2 ataupun fasilitas umum. untung aja kita bawa minum dan jajanan. Jalannya memang mulus diawal tapi akhir2nya kasar seperti bekas batu2 karang gitu, sempat takut nyasar soalnya jalannya masuk kayak hutan2, pemukimann warganya masih jarang2 , sampe takut diterkam macan wkwk . Tapi terbayar dengan keindahan nya , ombaknya yg bergelombang, ada gundukan pasir dan ada sungai kecil gitu . Sekarang sudah mulai banyak warung namun untuk fasilitas toilet kayaknya masih belum ada.

  16. Pantai dlodo pasirnya bersih. Pasir putih ya.. Bagusss bangett aku sukaa ❤❤🌊kalau sunset baguss banget🌅

    Jalan menuju ke sana menurut aku pengendara motor sih mudah ya.. Kalau mobil bisa akses kesana juga.. Jalan kesana kalian liat google map bisa.. 😀

    Pantainya luaaaass sekali… Ada gumuk pasirnya jugaa.. Bagus. Ada juga sport foto pohon pohon kelapa saat menuju ke gumuk pasir.. Tapi saya sarankan kalau kesana jangan siang hari panas soalnya.. Bagus kalo pagi ataupun sore.. 👍cocok deh recomended👍

Tinggalkan Balasan