Pantai Kedung Tumpang

5x dibaca

Nama Pantai Kedung Tumpang
Lokasi Pucanglaban, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66284, Indonesia
Ulasan (4.4 / 5)

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alam terutama kawasan perairan karena sebagian besar wilayahnya terdiri atas lautan. Negara tropis ini kerap menjadi pilihan utama bagi warga asing dari berbagai negara untuk datang dan berlibur. Kekayaan wisata Pantai di Indonesia tak hanya ada di Pulau Bali dan Lombok saja, Pulau Jawa pun memiliki wisata Pantai.

Salah satu kota yang mempunyai wisata Pantai di Indonesia adalah Kota Tulungagung yang ada di Jawa Timur. Di kota ini terdapat beberapa Pantai dengan aneka keunikan dan keindahannya masing-masing dan objek yang berbeda. Salah satu Pantai yang dapat Anda jadikan tujuan untuk berlibur yaitu Pantai Kedung Tumpang yang buka selama 24 jam lamanya.

Harga Tiket di Pantai Kedung Tumpang

Tarif adalah hal yang paling dipikirkan seseorang bila akan melakukan kunjungan ke suatu objek wisata karena terkait dengan isi kantong. Bila Anda memiliki budget yang terbatas, namun tetap ingin melepas penat dengan berlibur datang saja ke Pantai Kedung Tumpang. Di Pantai ini, harga tiket masuk dibedakan berdasarkan hari biasa dan hari libur.

Jika ingin masuk dengan biaya yang gratis dan tanpa biaya tiket parkir, datanglah pada hari biasa karena tidak ada petugas. Bila datang pada saat hari libur seperti weekend atau hari libur nasional lainnya akan dikenakan tarif masuk Rp 5.000. Tak hanya itu saja, parkir juga diberlakukan saat hari libur tiba Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai ini memang belum memiliki pengelolaan yang baik sehingga petugas yang berjaga pun tidak ada setiap harinya. Petugas yang berjaga hanya ada saat hari libur saja sehingga hari biasa semua orang dipersilahkan masuk tanpa biaya. Lahan parkir yang disediakan berada satu kilo meter dari lokasi Pantai dan lahannya cukup memadai serta luas.

Akses jalan yang ada sudah cukup baik dengan jalanan aspal, namun jalan aspal hanya terhenti sampai lahan parkir tersebut. Setelah itu jalanan masih bebatuan yang terjal sehingga tidak mungkin untuk dilalui kendaraan terutama mobil. Anda dianjurkan untuk berjalan kaki sejauh satu kilo meter menuju Pantai untuk menghindar terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Rute Menuju Pantai Kedung Tumpang

Jarak Pantai dari pusat kota yaitu sekitar 35 kilo meter dengan waktu tempuh satu jam perjalanan apabila keadaan jalan lancar. Rute yang harus Anda tempuh yaitu ikuti Jalan Pesantren sejauh sekitar 1,5 kilo meter lalu berbelok ke kiri. Terus lanjutkan perjalanan sejauh dua kilo meter kemudian belok ke arah kanan.

Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Kalidawir – Panjerejo dengan ciri belok ke kiri bila menemukan sebuah gedung rumah sakit di persimpangan jalan. Ikuti jalan lurus ke depan sejauh dua kilo meter lalu berbelok ke kanan melewati pengisian bahan bakar di kiri jalan. Kemudian ikuti jalan sejauh tiga kilo meter panjangnya, lalu belok ke arah kiri.

Perjalanan Anda terus dilakukan sejauh 1,5 kilo meter lalu berbelok ke arah kanan kemudian akan menuju Jalan Demuk. Saat itu Anda akan mulai melewati jalan yang berkelok dengan tanjakan dan medan yang cukup terjal. Anda harus menjaga fokus dan jangan melaju dengan kecepatan yang membahayakan karena jalan yang dilalui cukup berbahaya.

Lanjutkan perjalanan Anda sejauh 21 kilo meter jauhnya, ikuti petunjuk jalan yang ada di sekitar area yang Anda lewati. Setelah itu Anda akan sampai di area parkir seperti yang telah dijelaskan di paragraf sebelumnya. Kemudian Anda harus berjalanan kaki sejauh satu kilo meter untuk resmi berada di Pantai Kedung Tumpang.

Objek Wisata di Pantai Kedung Tumpang

1. Tebing

Di sekitar Pantai ini dikelilingi oleh tebing dengan ketinggian yang cukup menantang dan dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Bila datang ke Kedung Tumpang naiklah ke atas tebing untuk melihat indahnya Pantai dari ketinggian. Pastikan Anda memakai pakaian dan sepatu yang mendukung untuk melakukan pendakian tebing karena medannya cukup terjal dan menantang.

2. Karang

Salah satu keunikan yang dimiliki Pantai ini adalah tersebarnya karang laut yang besar dan mampu menahan ombak. Karang ini berada tidak jauh dari bibir Pantai sehingga bila memiliki keberanian Anda dapat melangkah ke lokasi karang. Karang ini cukup menawan karena membuat air laut terjebak sehingga menimbulkan genangan dengan warna air yang biru.

3. Spot Berfoto

Pantai Kedung Tumpang tergolong ke dalam objek wisata Pantai yang masih sepi dan belum banyak dijamah wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini memiliki dampak positif salah satunya yaitu menjadi spot berfoto dengan hasil yang memukau. Anda hanya perlu memilih spot mana saja yang layak dijadikan background untuk menghasilkan foto yang instagramable.

4. Spot Sunset dan Sunrise

Pantai adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati terbit dan tenggelamnya matahari karena lokasinya yang clear. Pantai bebas dari bangunan yang tinggi menjulang sehingga aksi terbit dan matahari tenggelam terlihat secara jelas. Untuk itu, tak ada salahnya Anda datang ke Pantai Kedung Tumpang untuk mengawali atau menutup hari yang ada.

5. Spot foto Srewedding

Sebelum menikah salah satu hal yang paling digemari calon pengantin yaitu melakukan sesi foto prewedding. Anda dapat melakukan hal itu di Pantai ini dan jika bisa lakukan pada hari biasa agar terhindar dari biaya tiket masuk. Selain akan mendapat hasil foto yang memuaskan, budget yang dikeluarkan pun sedikit dan sangat murah.


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

5 ulasan untuk Pantai Kedung Tumpang

  1. An amazing experience i ever had. Untuk menuju pantai perlu berjalan kaki cukup jauh. Untuk menuruni tebing dan menuju pantainya harus melalui track yg cukup curam. Jangan datang ketika musim hujan karena track menuruni tebing jadi benar benar licin. Ada aturan tidak boleh membawa jeruk menuruni tebing. Tutup jam 16.00.. Naik ojek dari tempat parkir menuju lokasi 15.000 per kepala

  2. Pantai dengan pemandangan batubkarang yg indah. Siapkan fisik & kendaraan sebelum nerkunjung kemari. Diasarankan untuk mengisi persediaan bahan bakar & konsumsi (air) dari awal karena lokasi jauh dari pemukiman penduduk

  3. PANTAI…. selalu ga pernah bosan kalo main ke pantai. . Pantai ini unik, sebuah pantai tanpa pasir, terdiri dari karang2 terjal dan tajam, dengan genangan air di karang yg membentuk sebuah kolam dengan air yang sangatttt jenih…. Kolam yang sangat indah dan berbatasan langsung dengan laut selatan, yang hanya dibatasi oleh karang, dengan deburan ombak yang sangat besar, menjadikan tempat ini sebagai spot fotografi yang sangat cantik.. Berjalan menuruni lereng bukit yg terjal selama sekitar 10 menit, semua capek dan penat hilang seketika begitu kita menginjakkan kaki di batu2 karang Pantai Kedung Tumpang.. Terletak di Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, pantai ini bisa ditempuh 1,5 jam perjalanan dr kota Blitar/Tulungagung…. Perjalanan Anda akan semakin menyenangkan dengan indahnya pemandangan sepanjang jalan sampai ke lokasi.. Anda para travellers dijamin puas dan ga akan kecewa berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang.. OK…. Buktikan sendiri keindahannya guys, enjoy your trip your adventure…

  4. Untuk menuju ke Pantai Kedung Tumpang tidak dikenakan biaya masuk khusus, hanya membayar biaya parkir saja sebesar Rp 5 ribu per motor. Mengingat jalan menuju ke destinasi ini masih belum terbangun dengan mulus, opsi kendaraan roda dua menjadi oda transportasi terbaik menuju ke Kedung Tumpang. Saat sudah sampai ke Pantai Kedung Tumpang, sulitnya akses menuju ke surga tersembunyi ini langsung terbayar sudah. Pantai karang berlaguna alami ini sungguhlah indah. Tak cukup kata-kata untuk menggambarkannya, traveler harus membuktikan sendiri keindahannya.

  5. jalan makadam. ombak ganas. jarak dari parkiran sangat jauh. area perbukitan perjalanan melalahkan. not recomended bagi yang stamina minim. bukan pantai, cuma tebing bebatuan kalaupun buat mandi juga tidak nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *