Pantai Sioro

Pantai Sioro

Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283, Indonesia

18 Ulasan

Kota Tulungagung memang menyimpan banyak keindahan alami yang menawan. Namun sayangnya hal ini belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Keindahan alam tersebut yaitu objek wisata pantainya, karena di Tulungagung ada banyak sekali pantai yang terbentang di sepanjang pesisir selatan dengan pemandangan yang begitu indah.

Salah satu pilihan wisata pantai di kawasan Tulungagung adalah Pantai Sioro. Simak ulasan berikut ini ya agar menambah informasi untuk pilihan berlibur Anda.

Sejarah Pantai Sioro

Pantai Sioro Tulungagung

Pantai Sioro termasuk pantai yang belum begitu populer sehingga masih terlihat asri dan alami. Tidak ada legenda maupun cerita dari pantai ini. Kondisi Pantai Sioro pun cukup bersih, pasir pantainya yang putih masih terjaga dari sampah.

Di Pantai ini terdapat sebuah batu besar yang menyerupai pulau dan terletak berada di bagian tengah pantai, batu ini menjadi salah satu ciri dari Pantai Sioro yang indah.

Berlibur ke pantai ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa berpetualang. Dengan beratnya medan yang ditempuh, akan terbayar dengan menikmati keindahan alam menawan yang asri dan sepi.

Harga Tiket Masuk Pantai Sioro

Walaupun terletak di area pegunungan Ngrejo Tulungagung, sebenarnya Pantai Sioro sudah masuk ke objek wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Namun dikarenakan akses menuju pantai yang cukup sulit sehingga tidak setiap saat pantai ini diberlakukan tiket masuk. Penarikan tiket masuk hanya akan dilakukan jika suasana wisatawan yang ramai terutama pada saat libur panjang.

Rute Menuju Pantai Sioro

Pantai Sioro Tanggung Gunung

Pantai Sioro berada di lokasi Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Mengingat terletak di area pegunungan, akses jalan menuju pantai pun masih berupa jalan tanah dan hanya terdapat satu jalan beton.

Anda harus membawa kendaraan sendiri, baik mobil atau motor karena belum ada kendaraan umum yang beroperasi menuju pantai.

Jalan menuju pantai sangat cocok bagi Anda yang senang berpetualang. Anda bisa memilih menggunakan jenis kendaraan off road, dan tidak disarankan menggunakan mobil karena medannya yang dilalui cukup sulit.

Namun, bagi Anda yang akan membawa mobil tetap bisa kok. Tetapi sebaiknya memarkirkan mobil Anda di area pedesaan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Rute menuju Pantai Sioro dapat diakses dari Tulung Agung ke arah Campurdarat, sesampainya di Campurdarat Anda belok memilih saja akses untuk menuju ke pantai Popoh ke arah Tanggung Gunung.

Ikuti saja jalan tersebut hingga sekitar  5 Kilometer untuk menuju ke arah desa Ngrejo. Dari sini anda akan menemukan pertigaan, di pertigaan ini Anda belok kanan ke arah desa ngrejo, ketika sampai di desa Ngrejo Anda bisa tanya ke warga sekitar jalan menuju Pantai Sioro ya, agar tidak tersesat.

Selain itu, apabila anda dari terminal Gayatri Tulungagung, dapat memilih akses menuju jalan Nasional III. Setelah itu ambil saja jalan Ki Mangun Sarkoro dan jalan Raya Boyolangu ke jalan Sokolimo di Campurjanggrang.

dari sini langsung terus ke Ngepoh, lanjutkan ke  ke jalan Tanggung – Campurdarat dan menuju ke Area Pegunungan Pantai Sioro.

Objek Wisata Pantai Sioro

Apa saja sih pesona Pantai Sioro? Berikut adalah pesona eksotis yang bisa Anda nikmati.

1. Pemandangan

Obyek Wisata Pantai Sioro

Pantai Sioro memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona. Dengan warna air yang jernih dapat menyejukkan mata dan pandangan Anda ketika berada di sini lengkap dengan langit biru yang cerah dan awan putih.

Ditambah lagi adanya tebing-tebing yang berada di sekitar pantai serta batu karang berwarna hijau menambah pemandangan yang terlihat asri dan elok.

2. Berfoto

Wisata Pantai Sioro

Berada di Pantai Sioro dengan pemandangan yang indah, Anda bisa memanfaatkan dengan berfoto-foto sepuas-nya yang belakangnya pemandangan alam.

Selain itu, ketika di bibir pantai, Anda juga bisa mengambil foto dengan lensa kamera yang Anda miliki dengan bergaya sesuka hati agar terlihat menarik dan bisa juga ditambah dengan objek lain yang ada di sekitar kawasan pantai tersebut.

3. Bermain Air dan Pasir

Bagi sebagian orang, berlibur ke pantai kurang pas rasanya jika tidak bermain air dan pasir pantai. Nah, di pantai ini pun Anda dapat bermain air dan pasir pantai.

Namun sebaiknya jangan terlalu ke tengah laut ya! Dikarenakan kondisi ombak tidak dapat  diprediksi.

4. Camping

Pantai Sioro Tulung Agung

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan yaitu camping. Namun, warga setempat menyarankan untuk mendirikan tenda camping di dekat kebun warga saja.

Walaupun tidak berada di bibir pantai, tempat ini merupakan tempat yang cukup aman. Alasannya agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Tips Berlibur di Pantai Sioro

Pantai Sioro ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan untuk bermain. Sehingga, fasilitas wisata kurang lengkap, bahkan toilet, mushola, warung, bahkan tempat parkir pun belum ada. Jadi, apabila Anda ingin mengunjungi Pantai Sioro, sebaiknya menyiapkan :

1. Makanan dan Minuman

Mengingat letak Pantai Sioro ini cukup tersembunyi. Sebaiknya Anda harus mempersiapkan dengan membawa perbekalan yang mencukupi. Seperti makanan, minuman, untuk mengganjal perut ketika berada di sana, karena di sana juga jarang menemukan warung.

2. Kendaraan yang Prima

Karena jalan menuju pantai cukup menantang, maka persiapkan kendaraan dengan baik ya. Agar tetap aman dan tidak terjadi masalah di sepanjang jalan.

3. Fisik Yang Sehat

Selain kendaraan, hal yang wajib dipersiapkan yaitu fisik yang sehat. Jangan sampai ketika berlibur di Pantai Sioro justru Anda sakit sehingga tidak bisa menikmati keindahan Pantai Sioro.

Meski Pantai Sioro ini tidak sepopuler Pantai Gemah atau Pantai Ngalur dan lokasinya cukup terpencil. Namun, malah semakin banyak pengunjung yang berlibur dengan explore pantai ini apalagi jika libur panjang.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Pantai Sioro memiliki daya tarik yang bisa memikat para wisatawan baik dalam maupun luar daerah Tulungagung untuk menikmatinya.

18 Ulasan untuk Pantai Sioro, Tulungagung, Jawa Timur

  1. Akses ke pantai sulit, jangan ke sini waktu musim ujan atau anda akan menangis 😂 jangan lupa bawa bekal dan minum yang banyak karena nggak ada pedagang tapi tolong sampahnya dibawa balik agar pantai tidak dipenuhi sampah

  2. Suasana pantai yg sangat indah.,. Pemandangan yg masih alami dengan bukit.,. Untuk kesana hrus menggunakan sepeda motor dengan kondisi yg bagus

  3. Pantainya bagus masih sepi belum banyak orang yang tahu, tapi perlu perjuangan buat menuju kesananya. Tenang, perjuangan tidak menghianati hasil kok 🙂

  4. Bagi traveler yang suka berpetualang, tempat ini wajib dicoba. Untuk sampai ke tujuan perlu perjuangan ekstra. Disarankan banyak bertanya pada penduduk lokal agar tidak kesasar. Dan yang penting menuju pantai ini tidak bisa memakai mobil dan hanya bisa dilalui pakai motor laki. Tempat ini cocok buat menikmati sunset

  5. Pantainya bagus masih alami dan sepi bisa unyuk ngecamp juga. akses jalannya agak sulit disarankan pakai motor trail

  6. Sayang pantainya udah mulai kotor banyak sampah.. Tapi sepertinya kiriman dari pantai sebelah yang terseret ombak sampai ke pantai ini, karena pantai ini masih minim pengunjung.

  7. Sangat indah.. masih murni suasana alamnya…

  8. Pantai bagus. Pasir putih. Suka bgt karena jalan nya ekstrim. Seruu

  9. Penuh perjungangan . Tapi gak bakal kecewa setelah sampai

  10. Pantai SUORO tepatnya. Sepi juga. Tapi bagus kog

  11. Aksesnya sulit bosku, kalau mau kesini hindari saat musim hujan

  12. Pantai dan pemandangan sangat bagus tapi untuk akses jalan sangat menguji kesabaran dan harus ekstra hati hati, dan perbanyak berdoa saat dijalan ✨. . Tapi usaha tak menghianati hasil 🌱

  13. Pas saya kesana kk sepi amat yha…cuman saya dan sepupu saya

  14. pantainya bagus. cuma akses jalannya menuju kesana sangat ekstrem, hanya bisa dilewati kendaraan roda 2 saja karena jalan hanya seukuran setengah meter

  15. Sangat uindah, sepi romantis, yg paling penting masih bersih dari sampah

  16. Pantainya bagus, sudah ada papan petunjuk menuju pantai ini, pasirnya putih, ada beberapa tempat duduk, tapi belum ada kamar mandi, dan penjual makanan. Jadi saya sarankan bawa makan sendiri, akses jalan mendekati pantai, ada beberapa titik yang sulit, kalo mau ke sini saya sarankan bareng-bareng jadi kalo motornya dorong, ada yang bantu.

  17. tempat ini masih alami dan masih bagus dan untuk spot mancing juga mantep bagi yg suka mancing

  18. Pantai sioro lebih tepatnya suoro ato sengsara, mengapa?? Karena akses menuju pantai sangat susah dan berbahaya, bagaimana tidak? Bayangkan saja bila anda harus menaiki motor di jalan hanya sekitar setengah meter dengan satu sisi tebing dan sisi lain jurang, bila kurang keseimbangan jatuh terpental ke tebing langsung masuk jurang, alamat dah tinggal nama, tetapi usaha sangat terbayarkan dengan melihat panorama pantai yang tidak usah di ragukan lagi ke elokannya, sangat instagramable, tapi ingatlah bahwa perjuangan belum selesai sampai disini karena kalian harus menempuh jalan pulang yang sama bahayanya , sehingga bagi kalian yang memiliki jiwa petualang tinggi dan kemampuan mengemudi yang bagus disini adalah paket yang pas, tetapi bila anda masih amatiran berpikirlah berkali” dahulu sebelum memutuskan destinasi ke sini atau nyawa anda yang jadi taruhan.
    Nb : tidak ada penjual sama sekali karena pantai masih baru dan setelah saya bertanya2 warga sekitar, ternyata pantai masih masih belum selesai pembangunan jalannya.

Tinggalkan Balasan