Pantai Klatak

Pantai Klatak

Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66275, Indonesia

22 Ulasan

Tulungagung merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki berbagai objek wisata. Namun, masih banyak tempat wisata baru yang belum diketahui oleh wisatawan yaitu pantainya.

Pantai-pantai yang berada di Tulungagung bahkan masih dalam kondisi alami karena belum banyak terjamah. Salah satu pantai yang masih terjaga keaslian-nya yaitu Pantai Klatak.

Apakah Anda tertarik mengunjungi pantai yang masih virgin ini? Yuk merapat membayangkan keindahannya dulu dengan membaca ulasan berikut!

Sejarah Pantai Klatak

Pantai Klatak Tulungagung

Pantai Klatak merupakan pantai yang memiliki sebaran batuan di bibir pantainya. Uniknya, batu-batuan di pantai ini seperti batu sungai.

Sekilas bentuknya memang mirip batuan sungai. Ternyata batu-batuan ini memang batusungai yang terbawa oleh aliran sungai menuju pantai.

Ketika batu sungai ini sampai di pantai maka akan ada ombak yang mengenai batuan tersebut. Ombak air laut ini akan berbenturan dengan batu-batuan lain, sehingga menimbulkan bunyi ‘klatak-klatak‘.

Nah, dari bunyi batuan yang terkena ombak itulah warga menyebutnya dengan Pantai Klatak.

Seperti yang Anda ketahui, Pantai Klatak merupakan salah satu objek wisata baru. Pantai ini baru mulai dibuka untuk umum pada bulan Januari 2017. 

Menurut penuturan warga sekitar, ternyata dahulu kawasan  ini adalah kampung nelayan. Masyarakat menggantungkan hidupnya sebagai nelayan dan menjual hasil tangkapan laut.

Namun, seiring berjalannya waktu, muncul gagasan baru dari warga setempat untuk mengelola pantai ini secara swadaya sebagai obyek wisata.

Adanya gagasan tersebut, membuat warga setempat rela mengumpulkan dana secara kolektif yang kemudian digunakan untuk mengelola objek wisata pantai ini.

Beberapa fasilitas mulai dibangun oleh warga dengan menggunakan dana iuran, mulai dari akses jalan menuju pantai, lahan parkir, bahkan membuat berbagai hiasan untuk mempercantik pantai.

Meskipun pantai ini tergolong baru dibuka untuk umum, sudah banyak wisatawan yang datang mengunjungi-nya. Karena pantai ini mempunyai keistimewaan tersendiri.

Harga Tiket Masuk Pantai Klatak

Sejarah Pantai Klatak

Untuk mengunjungi objek wisata Pantai Klatak tidaklah mahal. Anda hanya cukup membayar Rp. 5.000 saja agar bisa memasuki kawasan Pantai Klatak. 

Rute Menuju Lokasi Pantai Klatak

Dimana lokasi Pantai Klatak? Pantai ini terletak di Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung. Ada pantai lain yang letaknya berdekatan dengan pantai ini yaitu Pantai Gemah

Jaraknya sekitar 39 kilometer dari Kota Tulungagung. Pantai ini termasuk dalam jalur lintas selatan, sehingga kondisi jalan cukup baik. Namun, tetap berhati-hati ya, karena untuk menuju pantai jalannya berkelok dan terdapat sejumlah tanjakan dan turunan yang tajam.

Rute yang bisa Anda lalui jika dari Kota Tulungagung, yaitu ambil jalur menuju Boyolangu. Dari Boyolangu, Anda bisa langsung menuju jalan Raya Popoh.

Kemudian, arahkan kendaraan Anda untuk masuk ke Jalur Lintas Selatan. Selanjutnya, ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu dengan papan petunjuk Pantai Klatak.

Objek Wisata Pantai Klatak

Sesampainya di kawasan Pantai Klatak, Anda akan disambut hembusan angin laut yang seakan membelai kita dengan udara yang sejuk. Selain itu, pantai ini memiliki daya tarik objek wisata seperti:

1. Bermain Air

Alamat Pantai Klatak
source: instagram.com/yudhinjoed/

Pantai ini terletak di kawasan Teluk Popoh. Tak heran jika ombak di pantai ini cukup tenang, karena berada di antara perbukitan.

Angin kencang pun jarang sekali membawa ombak besar di sini. Dengan begitu, Pantai ini pun cocok digunakan sebagai tempat wisata dan bermain air laut. Anda bisa bermain air dan berenang.

Namun, tetap waspada ya, untuk menjaga keselamatan diri dengan tetap harus berhati-hati, agar tidak berenang terlalu jauh dari pantai,

2. Spot Foto

Rute Ke Pantai Klatak
source: instagram.com/tulungagungsparkling/

Apabila Anda lupa membawa baju ganti dan tidak bisa bermain air, jangan khawatir. Dikarenakan warga setempat sudah menyediakan beberapa spot foto yang menarik untuk yang bisa dijadikan spot foto.

Anda bisa berfoto ria dengan lensa kamera yang Anda miliki. Spot foto tersebut diantaranya adalah jembatan pelangi, ayunan dan beberapa hiasan yang berada di kawasan pantai.

3. Goa Tebing

Harga Tiket Pantai Klatak
source: blogspot.com

Di sebelah barat pantai, Anda akan menemukan tebing bebatuan. Di tebing ini, Anda akan menemukan lorong yang seperti Goa.

Hal ini menjadi salah satu spot favorit bagi Anda yang gemar berjelajah. Bahkan, jika air laut surut, goa ini sebagai penghubung pantai klatak dengan pantai Gemah loh.

4. Tambak Lobster

Lokasi Pantai Klatak
source: instagram.com/rika_prastiwi/

Para nelayan juga memiliki tambak lobster yang berada di antara perahu-perahu mereka. Lobster ini berada di keramba-keramba yang telah dibuat.

Anda bisa melihat tambak lobster ini sekaligus bisa membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Fasilitas Di Pantai Klatak

Fasilitas Pantai Klatak
source: instagram.com/tulungagungsparkling/

Walaupun dikelola secara swadaya oleh penduduk setempat, namun Pantai Klatak sudah memiliki fasilitas pendukung bagi para wisatawan lho, sangat keren kan. Fasilitas tersebut seperti :

1. Toilet

Dengan adanya dana iuran warga, menjadikan pantai ini memiliki toilet. Toilet ini sudah dibagun dan bisa dipergunakan oleh wisatawan yang berkunjung.

Jadi anda tak perlu kerepotan bila bermain air, karena sudah bisa bilas dan mandi disini.

2. Mushola

Fasilitas lain yaitu mushola. Meskipun masih sederhana, namun Anda tetap bisa melakukan ibadah ketika berlibur di pantai ini.

3. Area Parkir

Tak tanggung-tanggung, ternyata warga setempat juga menyulap tempat perahu sebagai area parkir bagi pengunjung. Anda bisa menaruh kendaraan di area parkir yang sudah disediakan dengan aman.

4. Warung

Jika berkunjung ke objek wisata pantai, belum lengkap jika tidak menikmati hidangan laut bukan? Pantai Klatak juga dilengkapi warung-warung miliki warga yang menjual masakan khas pantai.

Selain membeli makanan dan minuman ringan, Anda juga bisa mencoba ikan bakar yang baunya begitu membuat perut lapar. Harga yang ditawarkan pun cukup murah dengan citarasa yang lezat. 

Bagaimana ulasan di atas? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Klatak Tulungagung dengan segala keunikan yang dimilikinya? Yuk segera agendakan liburan Anda.

Saran kami jika berkunjung ke pantai tetap menjaga kebersihan ya, mengingat Pantai Klatak ini baru dikelola oleh warga setempat.

22 Ulasan untuk Pantai Klatak, Tulungagung, Jawa Timur

  1. Akses sudah lumayan baik, masih banyak sampah di bibir pantai. Bisa jadi opsi kalau ingin menikmati suasana pantai, sayang sekali waktu kesini pas ada yg nyalain musik dangdut kenceng alhasil suara ombaknya kalah dengan suara musik. Di sisi barat banyak pemancing ikan sepertinya.

  2. Pantai yang letaknya paling ujung di antara deretan pantai di Kab. Telungagung. Pantainya cukup sepi di banding pantai-pantai lainnya tapi segala fasilitas sudah cukup memadahi, seperti toilet, mushola, dan pedagang makanan.. Pantainya masih tergolong bersih, mungkin karena baru di buka. Buat tiket masuk kemarin cuman di tarik 5000 rupiah per motor. . Struktur pantainya batuan, di ujungnya ada gua kecil yang bisa di eksplore. Ombaknya nggak begitu besar meskipun pantai selatan, bisalah buat main air dengan aman untuk keluarga dan anak-anak.. Kalo ke sini jangan lupa bawa tiker karena belum ada penyewaan tiker. . Recommended lah buat rekreasi keluarga di akhir minggu.

  3. Pas disini kumpul² trus Makan²…. Masakan nya wuenaak…. Menu hasil laut…. Ayo makan ikan….. 😀😎😍

  4. Pantai ini masih asri, belum dikembangkan secara maksimal (semoga selalu dijaga keasrian nya).. . Sudah ada mushola, warung makan, tempat parkir dilokasi sekitar pantai ini.. . Untuk akses jalan menuju ke lokasi masih berbatu dan agak licin, tp lumayan enak dan tidak terlalu jauh dari jalan beraspal.. . Semoga kedepannya lokasi ini segera di pasang paving biar lebih bersih.. . Oh iya, pantai ini sebenarnya juga sebagai perkampungan nelayan, kebanyakan sih nelayan kepiting dan lobster yg saya jumpai.

  5. Dibandingkan dengan pantai gemah, pantai klatak lebih sepi, garis pantainya tidak begitu panjang dan pasirnya kecokelatan. Jalan masuk dari JLS(jalur lintas selatan) tidak begitu jauh hanya 500meter namun masih berupa makadam. Terdapat warung dan fasilitas lain seperti kamar mandi/toilet dan mushola

  6. Kalau ke pantai gemah alangkah pebih baiknya dilengkapi dengan ke pantai klatak ini, karena tempatnya berdekatan dan view nya juga sama2 indahnya, hanya saja di pantai ini banyak sampahnya di pinggiran pantai, padahal udah bagus pinggiran pantainya masih berbatu2. Untuk Jalannya juga lumayan lumayan buat semua kendaraan bisa…

  7. Masih alami, masih jarang juga yg datang jadi masih sepi😁 bisa mandi n main pasir yg penting jangan ke tengah😂. Sayangnya baunya amis maklum pantai nelayan.

  8. Libur natal kmrn tgl 24 des barusan dari sini…lumayan bagus pantainya dan yang penting medannya ke sana ga terlalu berat..cuman saran buat yg mau kesana dalam waktu dekat mending lewat rute durenan aja..krn kmrn saya lewat jalur popoh ada perbaikan jalan..lewat jalan alternatif kampung jadinya..sejauh ini oke lah pantainya… Lumayan buat asupan viitamin sea😍😍😍walau saya sebetulnya suka pantai berpasir putih

  9. Akan sangat indah untuk pantai yg tdk begitu luas,tapi cukup puas untuk spot foto dan makanan. Sayangnya sampah dimana-mana. Tolong jaga kebersihan, atau lebih baik jangan keluar rumah kalau cuma mengotori.

  10. Pantai yang enak buat keluarga, tempatnya sepi dan tidak ramai dibanding pantai sebelahnya, masih asri dan lengkap fasilitasnya . Meskipun jalannya ada sedikit yang belum di aspal, saran saya lebih enak datang ke pantai pagi” masih sejuk dan kalau beruntung bisa beli ikan langsung ke nelayan yang barusan selesai melaut

  11. Salah satu tempat wisata dinTulungagung yg wajib dikunjungi. Gak nyesel pokoknya datang kesini..

  12. Pantai yang letaknya paling ujung di antara deretan pantai di Kab. Telungagung. Pantainya cukup sepi di banding pantai-pantai lainnya tapi segala fasilitas sudah cukup memadahi, seperti toilet, mushola, dan pedagang makanan.. Pantainya masih tergolong bersih, mungkin karena baru di buka. Buat tiket masuk kemarin cuman di tarik 5000 rupiah per motor. . Struktur pantainya batuan, di ujungnya ada gua kecil yang bisa di eksplore. Ombaknya nggak begitu besar meskipun pantai selatan, bisalah buat main air dengan aman untuk keluarga dan anak-anak.. Kalo ke sini jangan lupa bawa tiker karena belum ada penyewaan tiker. . Recommended lah buat rekreasi keluarga di akhir minggu.

  13. Salah satu pantai di Tulungagung yang memiliki keunikan tersendiri. Memiliki pantai yang landai dengan pasir namun ada sedikit bebatuan unik yang bisa digunakan untuk pijakan. Lokasinya tepat di sebelah selatan pantai gemah namun terpisah dengan karang yang membentuk goa alami dan bisa dilewati untuk akses antara dua pantai namun harus dalam kondisi air laut surut. Di bagian selatan pantai, memiliki batuan-batuan besar yang seringkali dijadikan spot mancing mania. Kekurangan dari pantai klatak ini adalah di akses jalan masuk yang masih sebagian besar makadam dan batuan yang pastinya gak nyaman banget.

  14. Suasana Pantai Klatak Masih Sangat Alami,Mgkn Kalo Di Poles Lagi Lebih Banyak Pengunjungnya.Masih Banyak Sampah Di Pinggir Pantai.Perlu adannya Perhatian Dari Dinas Terkait

  15. Tempatnya cukup bagus. Ada warung/tempat makan yang enak dan terhitung murah.

  16. Yang menarik dari pantai klatak adalah warung warung seafood yang berada di sepanjang pantai. Dengan bintangnya adalah * lobster* . Harga seafood disini murah sekali dan masih fresh. Gak akan menyesal makan sea food disini. Sayang jalan menuju ke pantai ini masih belum di aspal . Jadi perlu sedikit perjuangan

  17. Keren… ada spot2 foto buat yg seneng selfie2, klo mau makan ikan bakar juga enak ikannya, masih segar… tapi klo mau berenang harus hati2 krn ombaknya tinggi klo udah sore…

  18. Pantai yang masih belum terlalu banyak pengunjung pas aku kesana. Pantainya nanyak bebatuannya jadi mungkin agak berbahaya untuk anak kecil. Tapi bersih, dengan beberapa toilet umum yang juga bersih. Untuk jalan masuk masih kecil dan melewati kampungnya sedikit. Pemandangannya bagus juga diabit bukit kecil. Untuk makanan relatif dan olahan seafoodnya juga enak. Hanya perlu bersabar.

  19. Pantai yang indah. Ada bunyi klatak-klatak saat ombak kuat menerjang pantai dan itu bersumber dari benturan antar bebatuan yang ada di tepi pantai.

    Posisi pantai ini persis ada di sebelah barat pantai Gemah. Dipisahkan oleh sebuah bukit. Sayangnya akses masih belum beraspal. Padahal sudah diperkeras.

    Banyak warung sudah tersedia di lokasi. Termasuk tempat ibadah dan toilet.

  20. Bagus,, tapi perlu dibenahi utk kebesihan pinggir pantainya.. . Kalo bakar bekas kelapa, sampah lain jagan dibibir pantai, mungkin ini pesan utk pengelola pantai klatak yhaa. Saya beli udang lobter disini

  21. kampung nelayan klatak sungguh tempat wisata yg sgt menakjubkan krn apa, layaknya pantai itu pasir kalau yg satu ini lain dr pd yg lain, pantainya batu bulat2 dan setiap pasang berbunyi klatak klatak gitu, ayo temen2 segera berwisata kekampung nelayan klatak disana ada gua yg sgt mistis, masakan yg khas, dan tempat mancing yg sangat luas, dermaga yg alami dan byk tempat2 berphoto yg indah

  22. Pantai Klatak merupakan tetangga dari Pantai Gemah. Pantai ini masih sangat alami dan tenang. Pengunjungnya juga tidak terlalu banyak krn orang² lebih tertarik ke Pantai Gemah daripada pantai Klatak ini. Fasilitas seperti kamar mandi belum saya temui di pantai ini, apalagi warung dan tempat parkir. Tetapi terkadang ada beberapa club motor yang masuk ke area pantai ini dan langsung memarkirkan motornya di tepi pantai.

Tinggalkan Balasan