Pantai Popoh

Alamat: Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66382, Indonesia

(3.9/5) Baca ulasan

Provinsi Jawa Timur adalah suatu provinsi yang memiliki kota-kota besar dengan pariwisata yang terus maju dan berkembang salah satunya Tulungagung. Kota yang berada diantara Kota Trenggalek dan Kota Blitar ini ternyata memiliki Pantai-Pantai yang indah. Salah satunya Pantai Popoh yang terletak di Jalan Raya Pantai Prigi, Desa Besole, Kelurahan Besuki, sejalur dengan beberapa Pantai lainnya. Pantai Popoh adalah salah satu wisata laut favorit yang ada di Tulungagung dan ramai dikunjungi turis setiap waktunya. Pengunjung di Pantai ini akan meningkat ketika musim liburan tiba seperti libur anak sekolah, tahun baru dan hari perayaan besar. Hal ini karena pemandangan yang disajikan Pantai Popoh sangat indah dan menawan sehingga pengunjung gemar hadir untuk menikmati pesonanya.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Popoh

Bila liburan biasanya hal utama yang terpikirkan adalah biaya besar yang harus dikeluarkan untuk segala keperluannya. Namun, hal ini tak berlaku bila Anda berkunjung ke Pantai Popoh karena tarif masuknya murah dan terjangkau di kantong. Anda hanya memerlukan biaya masuk sekitar tiga sampai sepuluh ribu rupiah per orang tergantung hari apa Anda berkunjung. Harga tiket yang diberlakukan akan lebih murah bila Anda datang secara rombongan seperti datang memakai bus pariwisata yang besar. Bila datang menggunakan minibus elef akan dikenakan tarif sekitar Rp 120.000 untuk satu bus, hal ini dapat berubah sesuai keadaan. Tarif tiketnya dikatakan relatif murah dengan tambahan membayar tiket parkir untuk kendaraan roda rua, roda empat dan bus. Di Pantai Popoh, selain Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dapat pula memahami dan berkunjung ke situs bersejarah. Pantai selatan memang selalu memiliki cerita sejarah yang unik dan terkadang sedikit memberi bau bau mistis di dalamnya. Selain itu, Pantai ini akan emberikan kepada seluruh pengunjungnya fasilitas yang memadai dan pelayanan yang baik serta tempat yang nyaman. Fasilitas yang ada di Pantai Popoh diantaranya kamar mandi dengan jumlah yang memadai dan warung penjual makanan dan minuman. Tak hanya itu saja, jam operasional Pantai Popoh ialah 24 jam penuh sehingga memungkinkan untuk digunakan berkemah. Penjual makanan dan minuman yang ada di Pantai ini menjual aneka makanan mulai makanan ringan hingga makanan besar.

Rute Menuju Lokasi Pantai Popoh

Jarak Pantai Popoh dari pusat kota Tulungagung 33 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar satu jam bila keadaan jalan lancar. Rute yang harus Anda tempuh yaitu dari Jalan Raya Tulungagung – Blitarlurus ke depan lalu berbelok ke arah kanan. Tanda dimana Anda harus berbelok yaitu bila menemukan sebuah perempatan dengan suatu kafe dan tempat futsal. Lalu terus ikuti jalan hingga menemukan perempatan jalan besar kemudian berbelok ke arah kiri, setelah itu belok ke kanan. Sekitar dua kilo meter dari sana, beloklah ke arah kiri yang kemudian akan melewati suatu objek wisata di kiri jalan. Ikuti jalan tersebut lalu di perempatan pasar belok ke arah kiri menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jalan Raya Pelem dan Jalan Kanigoro lalu bila menemukan suatu pasar berbelok ke arah kiri. Saat itu Anda telah sampai di Jalan Raya Popoh kemudian terus ikuti jalan menuju Jalan Neyama. Setelah itu pilih arah kiri menuju Jalan Pantai Popoh, saat ini jalan akan mulai berkelok sehingga harus tetap berhati-hati. Sekitar lima kilo meter dari jalan terakhir Anda akan tiba di Pantai Popoh atau lebih tepatnya sampai di area parkiran. Parkirkan kendaraan Anda di lokasi parkir lalu membayar biaya parkir, sebelumnya Anda diharuskan membayar tiket masuk terlebih dahulu. Setelah itu, Anda langsung dapat menikmati pesona yang disajikan oleh Pantai Popoh.

Obyek Wisata di Pantai Popoh

1. Ritual Tradisional

Salah satu objek wisata yang dapat Anda temui di Pantai Popoh yaitu adanya ritual tradisional di hari-hari tertentu. Semua pengunjung yang hadir pada acara ritual tersebut diizinkan melihatnya secara langsung tanpa dipungut biaya tambahan. Sembari menikmati panorama akan indah biru air laut, Anda juga dapat menyaksikan ritual kuno yang mungkin belum pernah Anda lihat.

2. Makam Bersejarah

Di Pantai Popoh tak hanya ada ritual kuno yang dapat dilihat, ada juga sebuah makam yang dipercaya adalah makam leluhur. Makam ini menjadi salah satu objek wisata di popoh yang juga menjadi daya tarik calon pengunjung pecinta sejarah kuno. Tak ada salahnya bila Anda datang dan belajar mengenai sejarah salah satunya melalui makam tersebut.

3. Tebing

Objek wisata yang ketiga yaitu tebing di bagian timur dan barat Pantai Popoh, lokasinya alami dan apik digunakan untuk berfoto. Disekitar tebing telah diberikan pagar pengaman, namun Anda tetap harus menjaga keselamatan diri sendiri agar tetap dapat berkumpul bersama keluarga. Medannya yang sedikit curam dan terjal menghimbau semua yang berkunjung agar berhati-hati.

4. Spot Sunset

Pantai Popoh menjadi salah satu spot terbaik bagi Anda untuk menikmati indahnya matahari terbenam di ufuk barat. Bila Anda berkunjung ke Pantai Popoh alangkah baiknya menunggu hingga waktu sunset tiba lalu mengabadikannya. Selain itu, jangan lupa membawa alat seperti smartphone atau kamera untuk memotret indahnya sunset di Pantai Popoh Tulungagung.

5. Perahu

Objek wisata kelima yang dapat Anda nikmati di Pantai Popoh yaitu adanya persewaan perahu atau kano. Perahu ini akan mengantarkan Anda berkeliling area Pantai dan sekitar dengan biaya yang relatif murah. Bila menyewa perahu dengan jumlah orang yang banyak, Anda dapat menyewa perahunya tanpa tarif per individu atau istilahnya rombongan.

11 Ulasan dari Pengunjung Pantai Popoh

  1. Popoh..oh popoh.segeralah berbenah diri.agar popularitasmu tidak ketinggalan dengan pantai pantai di Tulungagung lainnya yang tanpa tiket.pengunjung disini akan diberikan 2 tiket.1 tiket ke popoh.1 nya lagi tiket ke sidem.jika anda lebih suka bermain dengan ombak dan berlama lama bergaul atau mandi air laut,sebaiknya anda memilih masuk tiket yang ke sidemnya dulu.meski pasir di sini hitam dan membuat kotor pakaian.belum lagi sampah yang terdorong oleh ombak air laut.apa boleh buat.itulah kenyataan.tapi jika anda lebih suka berdiam diri dengan melihat perahu perahu nelayan atau berbelanja ikan segar maupun ikan bakar juga menikmati panggung hiburan,silahkan berlama lama menggunakan tiket popoh.karena air laut disini cuma pantas dinikmati oleh anak balita.karena luasnya yang terbatas.di sini anda juga bisa membayar ongkos sendiri untuk naik perahu bersama pengunjung lainnya mengitari lautan melihat pemandangan laut di sekitar popoh.harga waktu itu kalau tidak salah 15rb/org.

    3 April 2018, 22:15 WIB

  2. Di Pantai Popoh banyak sekali yang bisa kamu lakukan. Karena pantai ini dibuka selama 24 jam maka kamu bisa menghabiskan waktu dari pagi hingga sore hari. Apalagi yang dinantikan saat berlibur ke pantai kalau tidak dengan merasakan nikmatnya pemandangan yang ada. Selain itu kamu bisa bermain pasir di Pantai Popoh in. Udara yang ada juga memberikan kesejukan sehingga akan membuat nyaman dan betah bagi para wisatawan.

    6 Mei 2018, 09:46 WIB

  3. Akses jalan menuju pantai perlu diperbaiki dulu ada jalan ke laut lepas apakah sekarang masih ada saya tidak tahu. Pantai sidem dengan pasir lembut dan landai lebih aman bagi anak².

    13 Juni 2018, 20:32 WIB

  4. Perlu dijaga lagi pantai nya, mungkin sering-sering untuk dibersihkan. Ada sebagian yang terlalu kotor, mumpung ramai pengunjungnya juga. 🙏👌

    20 Juni 2018, 03:29 WIB

  5. Di pantai popoh terdapat tempat makan sederhana, yaitu warung makan ‘Mak Yah’ dengan sajian seafood yang sangat spesial.

    22 Juni 2018, 06:43 WIB

  6. Beautiful beach where locals spend their holiday… Sampah yang menumpuk mengurangi keindahan..mohon pihak terkait bekerjasama untuk saling menjaga kebersihan..termasuk para pedagang..agar pantai lebih indah dan lebih banyak pengunjung..dan beberapa fasilitas penunjang agar dirawat..

    22 Juni 2018, 19:54 WIB

  7. Pantai yang lumayan bagus, tetapi seperti tidak terawat kumuh, kotor untuk kebersihan sampah berserakan ada dimana mana. Sangat sayang sekali, semoga lebih ditingkatkan lagi untuk kebersihan dan menarik untuk wisatawan supaya berkunjung lagi.

    1 Juli 2018, 05:04 WIB

  8. Di sini ada tempat khusus untuk pembuangan abu dan bunga untuk nyekar……tempatnya sederhana tapi bersih…..dan prmandangannya bagus

    7 Juli 2018, 18:24 WIB

  9. Dulu jaman masih kecil suka diajakin kesini sama bapak. Lautnya biru. Rasanya pengen pegang air tp takut ombak😂. Sayang dulu terlihatsedikit kotor dipinggiran pantai. Ga tau kalo sekarang ya. Suka bersantai di deket lautnya. Hm… wisata keluarga yg recommended. Pengen kesana lg.

    26 Agustus 2018, 05:36 WIB

  10. Salah satu ikon wisata di kota Tulungagung, trdapat berbagai fasilitas disana, lumayan untuk bersantai bersama keluarga. Banyak pedagang accesories, cinderamata oleh2 khas dr pesisir pantai,kuliner dan snack juga tentunya adalah pasar ikan.

    20 September 2018, 22:08 WIB

  11. Pantai Popoh, adalah objek wisata pantai yang terletak di pesisir Samudra Hindia Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata andalan Tulungagung.. . Popoh berada sekitar 30 km sebelah selatan kota Tulungagung. Kawasan Popoh berada di ujung timur Pegunungan Kidul.. . Pantai popoh merupakan pantai yang telah dikembangkan dengan baik oleh P.R. Retjo Pentung. Akses menuju pantai popoh dapat ditempuh dengan aman dan nyaman melalui jalan aspal.. . Pantai ini berbentuk teluk sehingga suasana tercipta suasana khas di dalamnya. Air yang cukup tenang, angin laut yang tidak begitu kuat, dan keindahan gunung disekitar teluk telah menjadi daya tarik utama pantai ini.

    21 September 2018, 01:56 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Popoh

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *