Pantai Coro

Alamat: Reco Sewu, Besole, Besuki, Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Provinsi Jawa Timur memang menjadi salah satu provinsi yang kaya akan objek wisata laut dan kuliner yang ada di Indonesia. Hal ini beralasan karena letaknya yang berada di Pulau Jawa dan dengan adanya Sumber Daya Alam (SDA) yang baik. Tak hanya itu saja, Sumber Daya Manusia (SDM) di Jawa Timur pun mendukung perkembangan pariwisatanya. Walaupun yang dikenal akan keindahan Pantainya di Indonesia adalah Pulau Bali, namun nampaknya Jawa Timur tak mau kalah. Yaitu salah satu Pantai yang disebut sebagai surga dunia karena keindahan alam dan biru kehijauan lautnya, Pantai Coro. Meskipun dalam Bahasa Jawa coro bermakna kecoa, jangan samakan pantai ini dengan hewan menjijikan tersebut.

Harga Tiket Masuk di Pantai Coro

Asal-usul nama Coro dikatakan warga sekitar karena ketidak sengajaan saja, namun malah menjadi nama resmi Pantai tersebut. Pantai ini dikatakan cocok bagi Anda penyuka olahraga ekstrem seperti mendaki dan berjalan kaki dengan jarak yang jauh. Hal ini karena Pantai Coro terletak tersembunyi jadi mengharuskan semua pengunjung berjalanan kaki untuk sampai dan menginjakkan kaki. Pantai Coro sebenarnya tidak diberlakukan tiket masuk, namun karena kini mulai diminati dan dicari turis tarif dikenakan. Harga tiket masuknya yaitu Rp 5000,-/orang biaya parkir kendaraan yang dibawa misalnya mobil atau motor dikenakan biaya yang berbeda. Untuk kendaarn roda dua tiket parkirnya yaitu Rp 5000 dan untuk kendaraan roda empat yaitu Rp 10000. Pantai Coro tergolong objek wisata laut yang baru di Tulungagung, sehingga fasilitas yang ada belum begitu memadai seperti objek lainnya. Di Pantai ini disediakan kamar mandi seadanya tidak seperti kamar mandi yang layak pada umumnya, namun tetap dapat digunakan. Terkait penjual makanan dan minuman akan ditemui di sepanjang jalan yang ditempuh menuju Pantai Coro. Pantai ini kerap digunakan oleh pasukan pecinta alam untuk berkemah karena untuk sampai ke Pantai Coro tidaklah mudah. Anda harus memarkir kendaraan di sekitar rumah penduduk, lalu berjalan kaki sekitar maksimal 40 menit. Medan yang dilalui saat berjalan kaki pun akan memburuk bila cuaca hujan tiba karena tanah menjadi becek dan tergenang air.

Rute Menuju Lokasi Pantai Coro

Jarak Pantai Coro dari pusat kota Tulungagung yaitu 33 kilo meter dengan waktu tempuh satu jam bila keadaan jalan lancar. Rute yang harus Anda tempuh yaitu dari Jalan Pesantren jalan lurus ke depan menuju ke arah selatan. Setelah perempatan yang kelima berbeloklah ke arah kanan menuju ke arah barat dan akan melewati sebuah kafe. Terus jalan lurus ke depan mengikuti arus jalan hingga perempatan besar yang ketiga, lalu belok ke arah kiri. Ikuti arus jalan menuju Jalan Raya Pucung Kidul daerah Boyolangu hingga menemukan sebuah pasar, lalu berbelok ke kiri. Saat itu Anda telah sampai di Jalan Ki Mangun Sarkoro dan tetap ikuti jalan lurus ke depan atau arah selatan. Telusuri terus hingga Jalan Raya Pojok Campurdarat dan Jalan Raya Pelem serta Jalan Kanigoro, lalu akan menemukan sebuah pasar. Dari pasar pilih jalan ke arah kiri menuju Jalan Raya Pogoh, terus ikuti jalan tersebut hingga Jalan Neyama. Dari Jalan Neyama berbelok ke arah kiri dan dari situ hanya memerlukan waktu 12 menit untuk tiba di Pantai Coro.

Obyek Wisata di Pantai Coro

1. Pantai pasir putih

Menemukan Pantai berpasir putih di Pulau Jawa mungkin agak sulit karena sebagian besar Pantainya berpasir coklat. Namun, inilah yang menarik dari Pantai Coro, pasirnya yang berwarna putih dan bersih menjadikannya mulai ramai dikunjungi pengunjung. Karena pasirnya bersih, Pantai ini aman dijadikan lokasi wisata bersama si kecil yang hobi bermain pasir.

2. Laut yang menawan

Bila Anda berkunjung ke Jawa Timur khususnya Tulungagung tak ada salahnya menjajal Pantai Coro yang terletak di Reco Sewu. Pantai ini menyajikan pemandangan laut yang indah dengan warna laut yang biru kehijauan yang siap menyegarkan mata. Karena pemandangannya yang indah, lokasi ini cocok dijadikan tempat yang instagramable untuk mempercantik feed Anda.

3. Karang

Pantai Coro adalah Pantai yang dipenuhi karang sehingga menambah keindahan yang disajikan kepada turis yang datang. Dengan adanya karang memberi dampak positif dan negatif bagi Pantai itu sendiri. Dampak buruknya yaitu Pantai ini tidak dapat digunakan untuk berenang karena ombaknya yang besar sehingga sangat dilarang untuk bermain air karena berbahaya. Namun, dampak positif adanya karang yaitu adanya karang menambah keindahan yang dimiliki Pantai Coro dan menambah daya tarik turis manapun. Karang ini membuat pemandangan bawah laut tersaji sangat indah dan jelas dengan aneka biotanya. Pantai Coro ini sangat cocok dikunjungi Anda penyuka kesepian dengan pemandangan alam khususnya laut yang menawan.

10 Ulasan dari Pengunjung Pantai Coro

  1. Pantai yang indah dan juga akses jalan yang lumayan untuk kendaraan roda 2..dipantai sudah tersedia WC umum dan juga warung…punya banyak spot foto dan juga memancing….hamparan pasir dan karang yang sangat indah.harga tiket masuk 5000/orang.

    10 Juni 2018, 12:58 WIB

  2. Tempatnya bagus. Pasirnya putih meskipun di pinggir pantai banyak karang tapi bisa dipakai berenang meskipun hanya di pinggir. Semakin siang ombak memang semakin besar jadi dihimbau untuk tidak berenang ke tengah. Perjalanan ke pantai cukup jauh, apalagi memang kami parkir terlalu jauh dari tempat parkir terakhir yang bisa dijangkau. Setelah dari parkir masih harus berjalan. Tapi sudah disediakan ojek bagi yg tidak ingin berlelah lelah di jalan. Tarifnya 20rb sekali jalan sampai dengan tempat parkir. Jadi yg sudah capek berenang dan nggak sanggup jalan ke parkiran yg cukup jauh, bisa naik ojek saja.

    20 Juni 2018, 12:43 WIB

  3. pantai coro ada di kabupaten tulungagung, jawa timur, . . pantai ini masih satu lokasi dengan pantai popoh . . karena pantai ini lumayan baru dibuka untuk umum, maka kebersihan lingkungannya masih terjaga, . jalan masuk kesana juga baru dibangun, dan hanya bisa dileqati sepeda motor orang orang lokal, biasanya bisa disewa oleh pengunjung yang sudah capek berjalan kaki, karena memang lokasinya agak jauh kalau ditempuh dengan jalan kaki,. . taoi pemandangannya sangat bagus, dwngan pasir putih dan birunya laut,

    21 Juni 2018, 06:33 WIB

  4. Pantai coro. Lokasi nya dekat pantai popoh atau reco sewu. (Bisa cek langsung di google maps untuk petunjuk arahnya). Pantai coro hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki atau menyewa ojek motor. Anggaran:. HTM pantai popoh per orang Rp.15000. Parkir kendaraan Rp.5000. HTM pantai coro per orang Rp.5000

    23 Juni 2018, 01:02 WIB

  5. Pantainya sangat indah..masih alami,sangat bersih jarang sampah berceceran disana,sayangnya kita harus jalan kaki menuju pantai ini karena aksesnya cukup sulit,harus cepat diperbaiki agar orang” dapat menikmati keindahan pantai ini dgn mudah

    24 Juni 2018, 18:58 WIB

  6. Bayar 3 kali…pintu masuk 10 ribu…parkir 10 ribu (mobil)…masuk pantai coro 5ribu. 1.Pantainya bersih karena masih jarang wisatawan. 2.ada toilet sama orang jualan (blm banyak). 3.ojek motor (bayar). 4.lokasi parkir dengan pantainya sekitar 2kilometer jadi harus jalan kaki. 5.jalan naik turun dan blm beraspal (masih dalam perbaikan). 6.ombak besar dan berkarang. 7.pasir putih lembut dan bersih. 8.keamanan masih kurang. 9.tidak ada petunjuk jalan. 10.tidak disarankan berenang. 11.spot foto yang bagus. 12.belum ada tempat buang sampah. 13.pantai tidak terlalu luas. 14.meski bayar 3 kali (pintu masuk 10rb…parkir 10 rb..masuk pantai coro 5 ribu)

    1 Agustus 2018, 09:13 WIB

  7. cocok buat para surfer.tapi sayang akses jalan masih belum bisa dilalui mobil sekitar kurang lebih 4 KM. Dan tak ada yg main surfing disana

    27 Agustus 2018, 20:19 WIB

  8. Lngkungn pntai bersih… Klu ksna sore sudh sepi sersa pntai pribadi…yg mau cri destinsi pntai di tlungagung pntai coro bsa jdi plihan

    5 September 2018, 18:31 WIB

  9. Tiket masuk 5000 per orang..pantainya sepi masih baru,asri banget kalo kepantai coro namun kalo mau kepantai coro harus melewati tiket masuk ke pantai popoh padahal kan tujuannya hanya ke pantai coro

    1 Oktober 2018, 03:40 WIB

  10. Sangat indah.. dan masih asli. Belum ada sampah dan sedikit yg mampir kesana… Sangat memuaskan untuk dikunjungi… Jalan 1 arah dengan P. POPOH, Tiket masuk hanya Rp. 17.000 untuk 2 org 1 motor.. Usahakan membawa makanan sendiri sebelum mencapai area pantai… Karna jarang warung yg buka.

    5 Oktober 2018, 03:00 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Coro

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *