Pantai Godeg

Pantai Godeg

Dusun Kuning, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung 66283, Jawa Timur

10 Ulasan

Salah satu daerah yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur adalah Tulungagung. Oleh karena itu, kota ini mempunyai potensi wilayah perairan yang cukup luas lho.

Meskipun memiliki wilayah perairan yang cukup luas, potensi wisata daerah ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Salah satunya yaitu Pantai Godeg yang terletak di area pegunungan Ngrejo, Tulungagung.

 Langsung saja, kami akan mengulas mengenai pesona pantai ini. Simak baik-baik ya.

Sejarah Pantai Godeg Tulungagung

Pantai Godeg Tulungagung

Pantai Godeg terletak di Dusun Kuning, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini masih satu lokasi dengan Pantai Sirio.

Mengapa bisa disebut dengan Pantai Godeg?

Ternyata pantai ini memiliki keunikan yaitu ada sebuah pohon yang melengkung. Pohon ini berada di kawasan pantai, namun sayangnya saat ini pohon itu sudah tidak ada lagi.

Keunikan lainnya yaitu pantai ini memiliki terumbu karang dengan tekstur yang berlubang.

Selain terumbu karang yang berlubang, terdapat juga sebuah batu besar, tepatnya di ujung kanan pantai. Batu ini selalu terkena ombak, dan saat terkena ombak akan bergoyang, warga sekitar pun menyebutnya dengan “godeg-godeg”.

Berawal dari situlah, maka pantai ini dikenal dengan nama Pantai Godeg.

Harga Tiket Masuk Pantai Godeg

Hingga saat ini, untuk memasuki kawasan Pantai Godeg, wisatawan tidak dibebankan biaya tiket masuk maupun retribusi alias gratis.

Pantai ini juga dibuka 24 jam, Sehingga, Anda dapat memasuki kawasan ini kapanpun.

Rute Menuju Lokasi Pantai Godeg

Wisata Pantai Godeg Tanggunggunung

Seperti kebanyakan pantai di Tulungagung , untuk menuju Pantai Godeg masih cukup sulit. Dikarenakan pantai ini berada di kawasan pegunungan dan jalan sekitar pantai pun belum rata dengan aspal.

Untuk menuju pantai ini, sebaiknya Anda menggunakan sepeda motor. Anda bisa mengikuti petunjuk jalan ke arah Pantai Sioro, karena disini ada papan penunjuk jalan ke Pantai Godeg.

 Salah satu rute yang bisa Anda lalui yaitu dari pusat kota atau alun-alun Tulungagung, ambil saja jalan ke arah pantai popoh, sampai pasar campurdarat ambil arah kiri dan ikuti papan petunjuk jalan ke arah Pantai Sioro karena terletak di dekat Pantai Sioro.

Anda juga bisa menggunakan Google Maps ataupun bertanya kepada warga sekitar sebagai penunjuk jalan yang lebih akurat untuk menuju pantai ini.

Objek Wisata Pantai Godeg

Pantai Godeg merupakan pantai yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Namun, apabila Anda berkunjung di pantai ini, Anda bisa melakukan aktivitas :

1. Melihat Pemandangan

Pantai Godeg Tanggunggunung Tulungagung

Dikarenakan belum banyak wisatawan yang datang ke pantai ini, pantai ini masih terlihat alami. Lingkungan pantai masih banyak pohon-pohon dan tumbuhan hijau liar.

Apalagi ada yang menakjubkan yaitu warna air laut berubah menjadi warna hijau jika dilihat dari atas bukit.

2. Memancing

Selain memiliki pemandangan yang begitu bagus, Pantai Godeg juga memiliki sumber daya alam yang yang berlimpah, salah satunya ikan. Anda bisa melakukan aktivitas memancing di pantai ini.

Walaupun pantai ini cukup sepi, sebaiknya Anda Jangan khawatir sendirian, karena warga setempat sering melakukan aktivitas memancing ikan bahkan hingga hari mulai sore.

3. Berfoto

Wisata Pantai Godeg Tulungagung

Bagi Anda yang gemar berfoto, Anda bisa mengabadikan momen ketika berlibur di Pantai Godeg ini dengan background pemandangan pantai dan terumbu karang ala pantai.

Anda bisa melakukan berfoto dengan berbagai gaya menggunakan lensa kamera yang mendukung dan tambahan filter yang menarik. Pasti hasil foto Anda akan terlihat bagus dan akan lebih berkesan jika di upload di sosial media.

Fasilitas di Pantai Godeg

Meskipun Pantai Godeg memiliki keindahan pantai yang menakjubkan. Namun, hingga saat ini belum dikelola oleh pemerintah setempat. Sehingga, belum memiliki fasilitas pendukung bagi wisatawan.

Tips Berwisata Ke Pantai Godeg

Pantai Godeg Tanggunggunung

Jika Anda akan berkunjung ke pantai Godeg, berikut tips dari kami untuk menambah persiapan Anda berlibur di Pantai Godeg ini, yaitu :

1. Menyiapkan Mental dan Fisik

Bagi Anda yang senang berpetualang, pantai ini menjadi salah satu pantai yang bisa Anda pilih. Dikarenakan pantai ini berlokasi di daerah pegunungan yang memiliki jalan yang belum rata. Sehingga, Anda harus menyiapkan mental dan fisik jika akan berkunjung kesana.

2. Berkunjung Saat Cuaca Cerah

Mengingat jalan menuju pantai belum rata dan belum beraspal, sebaiknya Anda berkunjung pada waktu yang pas seperti saat cuaca sedang cerah. Hal ini dikarenakan agar terhindar dari jalanan yang berlumpur ketika hujan tiba.

Selain itu, saat cuaca cerah pun Anda bisa menikmati perjalanan dengan melihat pepohonan yang masih hijau dan subur yang berada di pegunungan.

3. Tetap Menjaga Kebersihan dan Keselamatan

Pantai Godeg merupakan pantai yang masih alami, hal ini terlihat dari belum banyaknya wisatawan yang mengetahui sehingga kawasan pantai masih terlihat natural.

Jika berkunjung ke pantai ini tak ada salahnya bila selalu menjaga kebersihan agar kealamian pantai ini tetap terjaga.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memperhatikan keselamatan diri, seperti tidak berenang terlalu jauh, mengingat ombak pantai ini cukup tinggi dan juga tidak adanya pos penjagaan.

4. Membawa Bekal Secukupnya

Setelah melalui perjalanan menuju pantai dan bermain di pantai, pasti Anda akan merasa lapar karena energi akan terkuras. Sayangnya, di pantai ini belum dilengkapi dengan warung penjual makan atau minuman.

Untuk menghindari hal tersebut, saran kami sebaiknya Anda membawa bekal sendiri dari rumah agar liburan Anda di pantai ini tetap asik.

Demikian ulasan mengenai Pantai Godeg Tulungagung. Jika Anda ingin menikmati destinasi pantai dengan suasana yang alami dan perjalanan yang menantang, maka Pantai Godeg merupakan pilihan yang tepat.

Apabila akan mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk mempersiapkan dan membawa peralatan liburan ya.

Di Tulungagung masih banyak pantai dengan panorama alam memukau yang bisa Anda kunjungi. Beberapa diantaranya yaitu Pantai Molang, Pantai Popoh, dan Pantai Sanggar.

10 Ulasan untuk Pantai Godeg, Tulungagung, Jawa Timur

  1. Baguss

  2. Wokey

  3. Semilir angine

  4. Sebenernya pantai ini bagus karena memiliki ikon sebuah pohon tunggal yg tumbuh ditengah pantai, namun sekarang pohon tersebut tumbang dan roboh (info dari warga desa terdekat). tapi mski begitu pantai ini tetap indah, yg menjadi ciri khas lain dari pantai ini adalah memiliki karang2 yg berlubang disebelah pantai sebelah kiri, sehingga sering dijumpai beberapa ikan2 yang terperangkap kedalam lubang karang itu, yaa jadi terlihat seperti pantai yg memiliki akuarium hehe. Kalau mau kesini saya sarankan ketika musim kemarau saja, supaya tdak seperti saya wkwk karena pertama kesini dulu pas musim penghujan atau pancaroba dan alhasil sampai sana terkena badai, langit dipantai gelap, angin, pulangnya hujan dan menyebabkan track nya mengalir air serta berlumpur, karena perjalanan naik jadi licin sehingga harus nunggu hujan reda pula.. (lbih jelasnya bisa dilihat difoto yg saya upload disini hehe). Utk rutenya ada 2, yg ke-1 kamu ambil belokan pertama ke kanan dan kamu akan menuju ke sebuah ujung bukit, lalu parkir motor disitu nah bukit itu letaknya ada di sebelah kanannya pas pantai nggodeg ini, jd tinggal turun aja dari bukit ke bawah. Kalo rute yg ke-2 kamu bisa lurus tanpa melewatiti belokan pertama tadi, stelah itu kamu akan sampai pda tanah lapang/ pepohonan pisang sampek mnemukan tempat terakhir yg ccok utk parkir, setelah itu kamu berjalan sebentar ke arah ujung bukit sampai menemukan pantai lalu kamu trun dari bukit itu (TAPI turunannya agak ekstrim karena tanah yg dipijak mudah longsor dan agak curam), sesudah nyampek bawah kamu akan menemukan aliran sungai kecil nah aliran itu akan menuju ke pantai nggodeg (dapet dari arah beakang nya pantai). Jika saya diminta untuk memilih mana rute yg terbaik, berdasarkan pengalaman saya yg sudah pernah melewati kedua rute tersebut saya akan memilih rute yg KE-1, karena aksesnya lebih mudah dan aman….Semoga bermanfaat, Selamat menjelajah, jgn lupa berdoa, solat tepat waktu dan bawa sampahmu kembali..

  5. Pantai yang indah dan asri… Sayangnya jalan nya kurang memadai semoga cepet diperbaiki

  6. Bagus

Tinggalkan Balasan