Pantai Molang

Alamat: Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia

(3.4/5) Baca ulasan

Provinsi yang kaya akan Pantai nampaknya kini tak hanya Bali saja karena Jawa Timur mulai melebarkan sayap pariwisata yang dimiliki. Provinsi Jawa Timur kini mempunyai Pantai yang beraneka ragam dan tersebar di beberapa wilayah salah satunya Tulungagung. Pantai yang ada di kota ini cukup banyak salah satunya yaitu Pantai Molang yang terletak di Pucang Laban. Pantai ini dikenal dengan Pantai yang cocok dikunjungi oleh para bocah petualang atau biasa disebut bolang karena kondisi Pantainya. Pemandangan birunya laut yang berpadu dengan birunya langit di Pantai ini menjadi salah satu daya tarik yang diberikan. Selain itu, pasir Pantai yang putih bersih dan juga airnya yang bening menambah keindahan tersendiri.

Harga Tiket Masuk di Pantai Molang

Pantai Molang dikenal cocok dengan para bolang karena kondisi Pantainya dan juga karena tiada tarif yang dipatok untuk masuk. Pantai ini memang masih tergolong ke dalam Pantai yang sepi dan tenang sehingga saat cocok dikunjungi untuk bersantai melepas penat. Dengan tarif yang gratis, Pantai ini tentunya dibuka selama 24 lamanya karena belum ada petugas penjaga seperti tukang parkir. Para wisatawan khususnya wisatawan lokal yang memiliki dana terbatas untuk berlibur disarankan untuk datang ke Pantai Molang. Pantai yang terletak di bagian selatan kota Tulungagung ini berhadapan secara langsung dengan Samudera Hindia yang memengaruhi jenis ombaknya. Pantai yang ada di Molang cukup besar dan berbahaya sehingga dianjurkan untuk tidak berenang. Walaupun begitu, keindahan panorama yang disajikan akan mengobati rasa kece Anda karena tidak bisa melakukan aktivitas berenang disini. Salah satu misteri yang ada di Pantai Molang yaitu pasir Pantainya yang selalu basah walau berada jauh dari bibir Pantai. Hal ini menjadi keunikan tersendiri yang belum dapat dipecahkan oleh siapa pun. Karena Pantainya yang masih sepi dan belum banyak dijamah pengunjung, fasilitas yang ada tentunya kurang memadai, berbeda dengan Pantai lainnya. Disini Anda tidak akan menemui ramainya warung atau toko yang menjual makanan minuman berjajar di sekitar Pantai. Anda juga tidak akan menemukan petugas yang berkeliling di kawasan Pantai karena memang objek wisata ini belum dikoordinasikan.

Rute Menuju Pantai Molang

Jarak Pantai ini dari pusat kota yaitu 37 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar satu jam bila keadaan jalan ramai lancar. Hal ini tentunya akan berbeda bila Anda pergi pada masa liburan karena jalanan akan macet sehingga memperlambat perjalanan. Rute yang harus Anda tempuh yaitu dari Jalan Pesantren lanjutkan perjalanan sekitar dua kilo meter lalu berbelok ke arah kiri. Lalu teruskan perjalanan sekitar dua kilo meter kemudian belok ke arah kanan, setelah 300 meter belok ke arah kanan lagi. Setelah melakukan perjalanan sekitar sejauh empat kilo belok ke kiri menuju Jalan Kalidawi – Panjerejo dan akan melewati sebuah rumah sakit. Lalu setelah dua kilo meter belok ke arah kanan dengan ciri terdapat SPBU di kiri jalan. Lanjutkan perjalanan lurus ke depan sejauh kurang lebih tiga kilo meter lalu berbelok ke arah kiri kemudian arah kanan. Saat itu Anda telah berada di Jalan Demuk dan akan menjumpai jalan yang terjal berkelok-kelok, dianjurkan mengurangi kecepatan dan berhati-hati. Lanjutkan perjalanan sejauh sepuluh kilo meter da terus ikuti petunjuk jalan yang ada. Pantai Molang yang belum begitu dikenal warga akan memberi tantangan ke para calon pengunjungnya untuk dapat sampai disana. Pastikan Anda memiliki jaringan internet yang mendukung agar dapat terus menggunakan peta di jalan. Bila pahitnya koneksi internet terputus, Anda dapat bertanya ke warga sekitar yang mungkin mengetahui letak Pantai Molang berada.

Objek Wisata di Pantai Molang

1. Pantai Pasir Putih

Daya tarik yang menonjol yaitu pasirnya yang berwarna putih dan bersih, berbeda dengan Pantai pada umumnya di Pulau Jawa. Banyak orang yang ingin berkunjung ke Pantai, namun ingin Pantai yang memiliki pasir putih. Warna pasir yang putih dinilai memiliki keindahan tersendiri khususnya bila digunakan backgorund untuk berfoto-foto ria mengabadikan momen yang ada.

2. Air Laut yang Jernih

Objek wisata kedua yang ada di Pantai Molang yaitu air lautnya dengan warna bening sehingga memberi efek warna hijau kebiruan. Keuntungan dari sepinya pengunjung di Pantai ini salah satunya yaitu terjaga kondisi Pantai yang jauh dari sampah. Sehingga, air laut pun ikut terbebas dari sampah dan terhindar dari pencemaran air yang menimbulkan perubahan warna.

3. Tebing

Di sekitar Pantai Molang terdapat tebing yang dihuni pepohonan hijau alami, Anda dapat naik kesana dengan berjalan kaki. Dari atas tebing Anda dapat menikmati indahnya pesona laut Pantai ditemani angin sepoi-sepoi yang memberi kesejukan tersendiri. Tebing ini dapat pula Anda jadikan background untuk berfoto sendiri maupun bergerombol yang instagramable banget.

4. Tempat Kemah

Lokasinya yang sepi membuat Pantai Molang memberikan tempat yang luas untuk semua orang yang hadir terutama para petualang. Kegiatan camping dapat Anda lakukan disini bersama teman dengan membawa peralatan yang dibutuhkan secara pribadi karena tidak ada persewaan. Hal yang harus diperhatikan yaitu keselamatan Anda dan kondisi tubuh saat melakukan kemah.

5. Spot Sunset dan Sunrise

Matahari terbenam dan matahari terbit memang kini sedang naik daun karena mulai diincar para remaja hingga dewasa. Mereka menganggap kejadian ini patut untuk diabadikan karena saat sunrise maupun sunset memunculkan warna-warna yang unik di langit. Bila berkunjung ke Pantai Molang, dua hal ini dapat Anda nikmati dan jangan lupa membawa smartphone atau kamera.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Molang

  1. Pantai Molang ini terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Yang secara tidak langsung ini juga merupakan bagian selatan Tulungagung yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Blitar.Pantai Molang ini adalah pantai selatan Jawa Timur yang cantik dengan ombak yang cukup kencang khas pantai selatan Jawa. Jadi sebaiknya tidak berenang disini, karena ombaknya cukup kencang. Lebih baik bersantai atau bermain – main saja di pasir Pantai Molang yang halus itu.Sementara itu dari beberapa kota terdekatnya, Pantai Molang ini bisa dicapai melalui beberapa rute umum

    14 Maret 2018, 00:51 WIB

  2. Saya tidak merekomendasikan tempat ini untuk tujuan wisata anda.akses jalan yang sulit.minim petunjuk.jauh dari kota.jalanan yang buruk.sangat sepi.dikelilingi hutan jati.bertanya pada warga setempat terkadang malah di jawab tidak jujur.katanya pantai tinggal 5km lagi.ternyata jalan 10km tetap belum sampai juga.bukannya petunjuk anda menuju pantai yang ada petunjuk anda memasuki hutan jati.jika anda nekat ke sini mending anda mengajak rombongan mobil atau kalau sepeda motor rame rame lebih dari 6 orang.karena di hutan jati yang sepi sangat rawan begal.Alhamdulillah waktu itu bisa selamat dan menghindar.semoga tidak terjadi pada anda.dan memang lebih baik mencegah dari pada terjadi.masih banyak pantai indah yang aman dikunjungi di Tulungagung.tidak harus ke sini.pengalaman yang lumayan bikin trauma dalam hidup.

    27 Maret 2018, 02:15 WIB

  3. jalannya sulit kalau musim hujan. tempatnya sangat jauh dan terpelosok tetapi pemandangannya worth it bangett

    15 April 2018, 21:59 WIB

  4. Bersantai di Pantai Molang dengan ditemani suara ombak dan juga desiran angin menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Apalagi jika berlibur bersama keluarga, tentu saja akan lebih menarik dan juga mengasyikkan. Untuk menuju ke kawasan wisata alam Pantai Molang ini tentu saja sangat mudah untuk dijangkau dan juga bisa memudahkan para wisatawan. Akses menuju pantai Molang ini sudah ada jalan aspal yang langsung mengarah ke pantai. Akan tetapi akses tersebut tidak sepenuhnya halus. Ada beberapa bagian jalan yang sudah berlubang. Harap berhati-hati. Apalagi yang menggunakan sepeda motor.

    6 Mei 2018, 09:34 WIB

  5. Buat kalian yg suka ke wisata yg msih sdikit wisatawannya yg tau ini cocok banget, wisatawannya masih jarang, jalan sudah dapat diakses menggunakan mobil, tapi sedikit sulit karena belom di aspal

    12 Mei 2018, 08:12 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Molang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *