Pantai Kemala

Pantai Kemala

Desa Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76112, Indonesia.

16 Ulasan

Balikpapan adalah sebuah kota yang memiliki pelabuhan terbesar yang berada di Pulau Kalimantan. Banyaknya sumber daya alam yang tersimpan di wilayah ini menjadikan sebuah industri yang bisa dimanfaatkan bagi kehidupan manusia.

Namun, dibalik hal tersebut, pulau ini memiliki berbagai deretan pantai dengan pesona pariwisata yang begitu menarik. Salah satunya adalah pantai yang berada di kota ini adalah Pantai Kemala.

Bagaimana tidak, karena Pantai Kemala ini termasuk ke dalam destinasi wisata yang cukup mempesona. Pantai ini menjadi primadona bagi warga Balikpapan dan sekitarnya

Sejarah Pantai Kemala

Pantai Kemala

Tidak seperti pantai lain di Balikpapan yang memiliki sejarah atau cerita yang melekat. Di Pantai Kamala ini bahkan tidak ada sangkut paut-nya dengan legenda maupun cerita yang berkembang di masyarakat.

Yang ada hanyalah bahwa Pantai Kemala ini memiliki nama lain yang biasa disebut dengan Pantai Polda. Sebutan ini diambil oleh masyarakat karena pantai ini merupakan pantai yang dikelola oleh Polda Kalimantan Timur.

Oleh karena itu, pantai ini bisa menjadi pilihan Anda ketika berlibur, dikarenakan sudah memiliki fasilitas pendukung yang bisa memberikan kenyamanan Anda saat berkunjung. Selain itu Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang bisa menambah kegiatan berlibur Anda.

Harga Tiket Masuk Pantai Kemala

Saat ini, sudah banyak objek wisata dengan pengelolaan agar menambah daya tarik serta memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang. Hal ini juga sama dilakukan oleh pengelola Pantai Kemala.

Dengan demikian, untuk bisa menikmati panorama Pantai Kemala akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk pun tidak mahal sehingga Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam. 

Untuk bisa memasuki kawasan pantai ini, Anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk hanya dengan Rp 5000 saja per orang. Harga yang cukup mudah bukan? Namun, jika Anda ingin mencoba wahana permainan yang menarik maka harus membayar tarif tambahan sendiri ya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kemala

Pantai Kemala 1

Pantai Kemala ini berada di jalan Jendral Sudirman, Desa Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Lokasi pantai ini cukup mudah ditemukan, dikarenakan memang tidak jauh dari pusat kota. Anda hanya akan menyusuri jalan kota dengan jarak 2,6 kilometer saja. Sehingga, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor atau mobil.

Pantai ini berada di sebelah Tugu Australia. Untuk rute perjalanan yang bisa Anda lalui jika dari pusat kota yaitu dengan mengambil arah utara Plaza Balikpapan.

Kemudian belok kiri menuju jalan Jendral Sudirman ikuti saja jalan tersebut kurang lebih 2 kilometer lalu belok ke kiri dan masuklah ke kawasan Pantai Kemala Balikpapan.

Objek Wisata Pantai Kemala

Pantai Kemala ini, bisa digunakan oleh para wisatawan dengan bersantai bersama keluarga atau teman-teman.

Saat berada di pantai ini, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang memiliki daya tarik di daerah pantai tersebut. Daya tarik tersebut antara lain: 

1. Pemandangan Mempesona

Pantai Kemala Balikpapan

Salah satu daya tarik dari Pantai Kemala yaitu adanya pemandangan Pantai yang dapat menghipnotis para pengunjung yang datang. Melalui pantai ini, Anda dapat melihat air laut berwarna biru yang pasti akan membuat betah untuk berkunjung karena terlihat segar.

Selain itu, ketika melihat kawasan laut, maka akan ada pemandangan berupa kapal-kapal tanker besar yang sedang berlalu lalang membawa muatan. Anda pun bisa melihat kapal tanker tersebut jika kapal itu sedang melewati lautan meskipun Anda hanya berada di kawasan pantai.

2. Bermain Pasir dan Berenang

Wisata Pantai Kemala

Hamparan pasir yang dimiliki Pantai Kemala ini berwarna kecoklatan dan lembut. Adanya pasir ini akan menambah kesan eksotis pantai dan biasa juga dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk bermain pasir laut.

Untuk mengisi kegiatan berlibur Anda agar semakin seru dan berkesan, maka Anda bisa bermain pasir di pantai ini.

Para pengunjung biasanya bermain dengan menguburkan diri atau membuat bentuk-bentuk dari pasir pantai ini, apalagi jika bersama anak-anak pasti mereka akan senang. 

Walaupun lautan Pantai Kemala biasa dilewati oleh kapal tanker yang berlalu lalang, bukan berarti air ombak yang datang ke bibir pantai ini besar.

Anda bisa mencoba bermain air atau bisa juga berenang di pantai ini dikarenakan ombak pantai ini cukup landai.

Sayangnya, pantai ini tidak dilengkapi dengan penyewaan peralatan berenang seperti ban atau pelampung. Jadi, sebaiknya jika berenang di pantai ini tetaplah berhati-hati ya. 

Kami juga menyarankan agar sudah tidak bermain air ketika senja mulai datang ya. Dikarenakan pantai ini akan mengalami gelombang pasang dan air laut-nya bisa mengalami kenaikan ke daerah daratan dan cukup berbahaya.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Kemala Balikpapan

Ketika berkunjung di pantai, salah satu momen yang ditunggu-tunggu adalah ketika saat-saat matahari mau tenggelam. Momen sunset ini sangat ditunggu karena panorama langit saat itu sangat indah.

Begitu juga ketika berkunjung ke pantai Kemala Balikpapan ini. Momen sunset sering dijadikan background photo untuk dapat di upload di akun sosial media.

Pemandangan langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga akan membuat panorama dan suasana langit kala itu sangat indah dan memukau.

3. Naik Banana Boat

Banana Boat Di Pantai Kemala

Permainan wahana air juga sudah tersedia di pantai ini. Permainan ini adalah banana boat yang siap memacu adrenalin Anda.Anda bisa menyewa permainan ini kepada petugas yang berjaga di sekitar wahana.

Namun, untuk bisa menaiki-nya, harus mengisi slot penumpang dulu hingga penuh dalam sekali permainan yang dapat diisi oleh enam orang. Setelah penuh, maka Anda bisa menikmati permainan banana boat ini.

Sensasi menaiki sebuah balon berbentuk pisang yang ditarik oleh jetski terlihat begitu mengasyikkan. Permainan ini semakin seru karena banana boat ini akan membawa wisatawan yang menaiki-nya berkeliling di atas air laut Pantai Kemala hingga ke Pantai Monpera.

4. Paragliding

Paragliding Di Pantai Kemala

Apabila Anda sedang berlibur di Pantai Kemala, maka tak hanya akan bermain air atau pasir saja. Anda bisa mencoba paragliding untuk menguji keberanian Anda.

Dengan naik paragliding ini, Anda dapat menguji keberanian Anda ketika melayang di ketinggian. Anda tidak perlu khawatir karena ketika melakukan aktivitas ini, Anda akan dipandu oleh petugas yang ada di pantai tersebut.

Fasilitas Pantai Kemala

Pantai yang disebut mirip dengan suasana pantai yang berada di Bali ini juga sudah dilengkapi fasilitas bagi para pengunjung, seperti:

1. Warung Makan

Pantai ini memiliki warung makan dan juga cafe yang bisa Anda coba untuk menikmati pilihan menu saat berlibur di Pantai Kemala. Warung makan ini juga didesain sehingga terlihat bagus dan menarik. Warung-warung ini menyediakan berbagai makanan untuk menemani waktu berlibur Anda.

Bahkan tak hanya saat siang hari saja, pada malam hari pun warung makan ini masih buka dan bisa digunakan untuk menikmati dinner dengan suasana pantai malam hari yang romantis.

Dengan ditemani lilin dan lampu serta pemandangan bintang yang menghiasi malam tentu mendukung bagi Anda yang akan melamar kekasih atau hanya menikmati makan bersama dengan teman atau keluarga.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Fasilitas wajib seperti toilet juga sudah tersedia bagi para wisatawan yang berkunjung di pantai ini. Anda juga bisa melakukan bilas dengan air tawar di toilet ini.

Namun tempat bilas tersebut tidak dibedakan antara perempuan dan laki-laki, sehingga kedepan semoga fasilitas ini dapat ditambah agar wisatawan dapat menggunakannya dengan nyaman.

3. Area Parkir

Pantai Kemala ini juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas. Dengan begitu, maka memang sebaiknya Anda memarkirkan kendaraan di area parkir ini yang memang sudah disediakan.

Namun, kondisi tempat parkir ini seperti kurang terawat, Anda harus berhati-hati karena sedikit terlihat kotor dan bahkan terdapat pecahan-pecahan beling botol minuman kaca.

Hal yang perlu diingat ketika mengunjungi sebuah pantai apalagi berada di Pantai Kemala ini adalah agar selalu menjaga kebersihan dan keindahan kawasan pantai ya!

Hal ini bertujuan agar dapat menjaga kelestarian alam serta membuat nyaman para wisatawan yang datang.

4. Penginapan

Di kawasan ini pun juga terdapat berbagai penginapan dengan pilihan hotel, cottage, maupun villa.

Untuk harganya pun tak menjadi masalah, dikarenakan tersedia berbagai pilihan tempat dan juga dapat disewa dengan berbagai pilihan harga dengan fasilitas yang sesuai.

Jika bermalam pun Anda bisa mengunjungi pantai lainnya pada hari berikutnya, seperti Pantai Monpera dan Pantai Lamaru.

Jika Anda berasal dari luar Kota Balikpapan, pun tak perlu risau untuk berlibur dengan mengunjungi Pantai Kemala. Mengingat, akses pantai ini cukup mudah dan berada di dalam Kota.

Demikian informasi mengenai wisata Pantai Kemala Balikpapan. Harapan kami dengan adanya bacaan ini dapat menambah informasi Anda ketika memilih tujuan berlibur di Kota Balikpapan.

16 Ulasan untuk Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur

  1. Ish pokoknya kalo kesini pas hari besar pasti nda kebagian tempat deh. Tp ya sesuai bangetlah sm suasana pantai nya disini bagus bersih jg. Ada pondokannya gt jg jd bisa sambil santai ada caffenya jg bisa karokean deh. Kesini yaa

  2. Cuma duiit parkir 2000 untuk motor masuk…murah meriah dah liad pantai bersih…ada restoran seafood juga looh

  3. Tempat yg lumayan bagus untuk rekreasi dihari libur dgn biaya yg gk mahal, cuma byr biaya parkir motor atau mobil aja lngsung aja dah kita bisa mndi” dilaut atw hanya sekedar refressing aja…

  4. Sebagai wisatawan asal Jawa, yang ga pernah liat pasir putih, tempat ini lumayan lah buat jadi tempat destinasi. Dekat dengan pusat kota, akses mudah (bisa dengan naik angkot), view nya juga lumayan. Better lah kalau dibanding Ancol sih.. Dipinggir pantainya banyak semacam food court gitu. Kebetulan saya ambil yang paling ujung. Tepatnya Jimbaran Cafe. Tastenya standar, tapi lumayan untuk dinikmati. Harga masih cukup logis, mengingat view yang ditawarkan. So far oke lah kalau meluangkan waktu kesini kalau mampir ke Balikpapan. Walau bukan untuk berkali-kali yaa..

  5. Tempat oke eksotik dengan nuansa bali yang memberikan kenyamann karena berada dekat dengan kantor kepolisian RI..

  6. Pantainya bagus aja dilihat sekilas, pasirnya cukup bagus untuk main futsal rame”…. Air lautnya enggak keruh tapi sampah rumah tangga cukup banyak. Tempat mandi/ganti baju ada 4, bayar 5k untuk mandi. For all 👍👍cukup puas. Tapi bukan sangat puas.

  7. Berkunjung kesini hari keempat lebaran cukup banyak pengunjung. Parkir mobil full. Gak boleh bawa makanan dari luar. Ada mushalla dan tempat wudhunya. Sayangnya toilet masih minim fasilitas, toilet belum terpisah laki perempuan dan kamarnya sedikit pengunjung banyak. . Biaya masuk untuk pejalan kaki Rp 2.000 per orang, pake mobil +5.000, motor lupa berapa. Lumayan suka disini bisa lihat setelah jalan jalan dari Transmart.

  8. Recommended bgt yg dtg ke Balikpapan, Karena:. . 1. Kuliner : Banyak restoran dan kafe harga terjangkau… . 2. Fitur : Bisa buat berenang… Pasirnya putih… Bsa liat sun rise… . 3. Kebersihan : Airnya bersih…. 4. Kenyamanan : Klo sore teduh bgt karena banyak pohon kelapa. 5. Akses : Gampang karena cuma 20 meter dr jalan utama. 6. Harga masuk : Cuma dua rebo per orang, satu mobil 5000. 7. Parkir : Luas. 8. Keamanan : dekat kantor polisi. . Minus nya sih dikit :. 1. Wahana : ga ada banana boat atau sejenisnya. 2. Sunset : tidak bsa melihat sunset . 3. Tidk bsa buat selancar

  9. Pantai yang lumayan bersih di banding Manggar atau AURI . . Tiket masuk lebih murah dan lebih dekat dengan pusat kota. . . Terdapat juga tempat duduk dan kursi bagi pengunjung namun harus memesan makanan. . . Rasa makanan di tempat ini termasuk biasa saja . . 1 porsi singkok 15.000. 1 porsi kentang 20.000 (mahal karena isi sediki). 1 porsi pisang goreng keju (isi 3) 15.000. Kelapa utuh (22.000). Es kopi mocca (12.000). . #harga dapat berubah sewaktu-waktu. . Namun tempat nyaman dan bersih, tidak terlalu ramai.

  10. Pantai Kemala Balikpapan.. Salah satu destinasi tempat rekreasi maupun liburan yang cukup popuper, tempatnya lumayan bersih juga cukup terawat.. Menurut saya masih banyak yang harus dikelola lebih lagi, seperti halnya tempat sampah mohon diperbanyak dibeberapa titik, lalu seperti halnya harga makanan disana… Cukup menguras dompet.. Saran saya juga supaya tempat ini makin ramai, bolehlah ditambahkan ayunan atau permainan-permainan yang lainnya supaya kesannya tidak biasa-biasa saja…. Misalnya untuk volly pantai…wah cocok banget itu, juga kalau ada banana boat, atau yang lainnya…. Biar pengunjung makin betah…. Mohon disediakan penyewaan tikar dan sekaligus colokan listriknya tapi dengan harga yang terjangkau…. . Soalnya kan, makanan udah dilarang dibawa dari luar area….. Ya mohon lah harga dan variasi makanan berat, sedang hingga makanan ringan di perbanyak variasinya…. Alangkah baiknya jika pantai ini punya orang bagian manajemen yang berpengalaman mungkin bisa kerjasama dengan instansi pemerintah di bagian pariwisata.. Intinya kesan pertama saya berkunjung dipantai ini, kesannya hanya bersahaja saja, kurang berpotensi untuk kunjungan turis…… Saya duduk cuma termenung…. Aja lihatin orang sama kapal-kapal nun jauh disamudera sana….. Kurang menarik untuk tempat menghabiskan waktu berlama-lama

  11. Tempat nya sangat bagus.
    Kebersihan masih kurang terjaga.
    Harusnya foodcourt lebih di manfaatkan dan di eksploitasi agar pantainya bisa berkembang dan semakin ramai.
    Tempatnya juga sebenarnyaa sangat bagus untuk berfoto.
    Untuk menu bir lumayan bagus, tapi banyak yg kosong.
    Keseluruhan sudah bagus, kamar mandi juga perlu di perindahh.
    Aula yg kosong bisa disewa kan untuk menambah pemghasilan, jangan lupq di bersihkan.
    Itu saja terima kasih

  12. Untuk pantai standar… Makanan standar… Cuma kenapa selalu ke sana kalau ke Balikpapan…karena di tengah kota, cukup bersih, kamar bilas tersedia… Untuk resto nya, makanan enak lah.. standar… Pelayanan memang kurang, kebersihan juga kurang, tapi dari pada g ada.. jadi sudah lumayan banget…
    Uia, tiket masuknya murah, mobil 5k, pengunjung 2k/orang..

  13. Pantai dengan potensi besar menjadi obyek wisata andalan di Balikpapan dimana air lautnya bersih, pantai landai, ombak cenderung tenang, pasir lembut, kantin makanan dan minuman tersedia namun minim tersedia tempat sampah (kesadaran membuang sampah di tempatnya kurang) masih ditemui beberapa kemasan air mineral dan bekas bungkus makanan di tepi pantai. Selain itu toilet, tempat bilas dan tempat ganti baju bagi pengunjung masih seadanya. Perlu perhatian lebih dari pemerintah daerah untuk mengelola lebih profesional karena potensinya sangat besar selain menjadi icon juga dapat menambah APBD untuk membangun kota Balikpapan. Maju terus Pantai Kemala, maju terus Kota Balikpapan.

  14. Pantai Kemala Balikpapan merupakan salah satu pantai rekomendasi untuk liburan di Balikpapan. Tempatnya yg strategis dan berada di dekat pusat kota Balikpapan menjadikannya sangat mudah untuk dikunjungi. Untuk masuk pun biayanya sangat murah , yaitu utk parkir mbl Rp.5.000,- dan biaya per orang Rp. 2.500,-. Untuk mandi bilas sebesar Rp.5.000,-/orang.

    Saran untuk para pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan pantai. Apalagi jika membawa makanan dr rumah. Tolong sampahnya dikondisikan🙏🏾

  15. Pantai dipusat kota yang sangat layak untuk dikunjungi, bersih, rapi, pantai juga landai, kunjungan ataupun mau buat acara besar di area pantai ini gak bakalan rugi, lokasi cukup strategis yang berada persis di belakang kantor jaga sabhara polda kaltim, harga tiket masuk juga ramah di dompet, kuliner banyak jadi ga perlu repot bawa bekal, paling juga kita tinggal bawa bola untuk main di pantainya…..

  16. Kesini waktu malam hari sama temen-temen kantor dan malam jumat pula, alhasip pantainya sepi banget. Ada beberapa resto tepi pantai yang menjual olahan seafood dengan harga sedikit di atas rata-rata, bisa dibilang wajar karena posisinya di daerah wisata. Tapi untuk rasa masakannya saya berikan rate 3 out of 5, dan untuk pelayanannya 3 out of 5 juga

Tinggalkan Balasan