Pantai Monpera

Pantai Monpera

Desa Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76112, Indonesia.

14 Ulasan

Objek wisata pantai belakangan memang menjadi primadona bagi kalangan wisatawan. Dikarenakan, pantai merupakan suatu tempat yang bisa digunakan untuk memanjakan mata sekaligus menenangkan pikiran. Hal tersebut pun bisa Anda lakukan di Pantai Monpera Balikpapan.

Masyarakat Balikpapan dan sekitarnya sudah membuktikannya sendiri dengan menghabiskan waktunya untuk berlibur di pantai ini. Namun, ternyata tak hanya sebatas itu saja.

Tidak ingin tahukah Anda pesona apa saja yang ditawarkan pantai ini? Agar Anda mengetahuinya, simak informasi berikut ya.   

Sejarah Pantai Monpera

Fasilitas Pantai Monpera

Ketika sampai ke kawasan Pantai Monpera, Anda akan disambut dengan dengan patung perunggu yang menggambarkan tiga orang yang sedang mendirikan tiang bendera.

Patung ini disebut sebagai monumen peringatan karena dahulu masyarakat Balikpapan sedang berjuang untuk mempertahankan wilayahnya dari serangan para penjajah.

Peringatan ini sebagai simbol dari adanya kejadian-kejadian masa penjajahan seperti pada saat itu. Pasukan Belanda datang ke wilayah ini, namun para masyarakat Balikpapan berusaha menghadang dan melindungi untuk mempertahankan wilayahnya.

Adanya pergolakan tersebut mengakibatkan banyak masyarakat Balikpapan menjadi korban. Peristiwa lainnya yaitu pada saat tentara Jepang dengan tentara Belanda yang berebut sumur Mathilda.

Perebutan sumur Mathilda ini menyebabkan pembantaian bahkan secara besar-besaran. Hingga akhirnya tentara Jepang menang atas Belanda dari pembantaian tersebut dan Sumur Mathilda berhasil direbut oleh tentara Jepang.

Peristiwa tersebut mengakibatkan masyarakat Balikpapan tidak terima atas pengambilan sumur Mathilda. Oleh karena itu, masyarakat mulai melakukan penyerangan terhadap tentara Jepang dengan maksud merebut kembali wilayah sumur Mathilda.

Proses perebutan wilayah ini pun tidak mudah sehingga menyebabkan banyak orang yang tewas. Meskipun demikian, akhirnya kemenangan berpihak pada masyarakat Balikpapan dan memiliki kembali sumur Mathilda.

Dengan adanya peristiwa-peristiwa tersebut akhirnya dimenangkan oleh warga Balikpapan. Untuk mengenang jasa para pahlawan dan memperingati peristiwa yang telah terjadi, maka di bangun sebuah patung di kawasan pantai Monpera yang menggambarkan sebagai sebuah lambang perjuangan.

Sedangkan, nama Monpera merupakan sebuah nama yang diambil dari ‘Monumen Perjuangan Rakyat’ yang kemudian disingkat menjadi Monpera. Namun sayangnya pada tahun 2016, patung di Pantai Monpera ini roboh.

Kemudian pembenahan dilakukan agar tetap menjadi bangunan seperti semula. Meskipun demikian, Anda tetap bisa berkunjung ke Pantai Menpora ini untuk berlibur karena pantai ini memiliki daya tarik dan juga beberapa aktivitas berlibur yang bisa Anda temukan.

Harga Tiket Masuk Pantai Monpera

Objek Wisata Pantai Monpera

Untuk memasuki kawasan Pantai Monpera ini pun sangatlah murah, jika Anda menggunakan Motor akan dikenakan biaya Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Namun, jika Anda tidak memakai kendaraan, maka tidak akan ditarik tiket masuk.

Pantai Monpera ini sangat cocok bagi Anda yang akan berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Dikarenakan pantai ini begitu nyaman dan pastinya menjadi salah satu objek wisata yang murah meriah.

Rute Menuju Pantai Monpera

Untuk mengunjungi pantai ini tidaklah sulit jika Anda berkunjung saat di Balikpapan. Lokasinya Pantai Monpera pun cukup strategis, tepatnya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rute yang bisa Anda lalui yaitu dari jalan DI Panjaitan, lalu belok ke kanan sekitar 400 meter menyusuri jalan DR. Sutomo. Setelah itu, Anda bisa menuju jalan P. Antasari yang kemudian ke arah jalan Ahmad Yani.

Lalu memasuki jalan Jendral Sudirman. Anda bisa juga memanfaatkan google maps sebagai penunjuk jalan dengan pilihan akses yang cepat dan mudah.

Mengingat Pantai Monpera ini berlokasi di kawasan yang strategis, maka jika Anda warga Balikpapan dan sekitarnya sedang merasa penat karena pekerjaan kantor, ketika akhir pekan tiba, bisa menyempatkan untuk menyegarkan pikiran dengan mengunjungi pinggir pantai ini.

Objek Wisata Pantai Monpera

Selain warga Balikpapan dan sekitarnya, Jika Anda berasal dari kota lain namun sedang berada di kota ini, Pantai Monpera menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Balikpapan.

Ha ini dikarenakan pantai ini memiliki objek wisata dengan pemandangan yang indah. Anda juga dapat melakukan banyak aktivitas untuk mengisi liburan Anda di pantai ini. Aktivitas itu seperti:

1. Pemandangan yang Menarik

Pantai Monpera 1

Tak hanya memiliki cerita sejarah nasionalis yang melekat di pantai ini, namun Pantai Monpera juga memiliki panorama pemandangan yang indah dan menarik. Pantai ini tidak terlalu  luas, tetapi memiliki garis pantai yang membentang.

Pemandangan yang dimiliki Pantai Monpera akan membuat siapapun yang berkunjung merasa takjub. Dikarenakan, Anda akan disajikan pemandangan alami khas pantai yaitu laut yang tenang, biru nya awan dan ditambah lagi burung-burung yang beterbangan di kawasan pantai ini.

2. Hamparan Pasir Putih

Pantai Monpera

Pantai Monpera atau Pantai Monumen Perjuangan Rakyat di Balikpapan ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Anda dapat menikmati pemandangan pantai sambil menyusuri pinggiran pantai di beralaskan pasir ini.

3. Bermain Air dan Pasir

Objek Wisata Pantai Monpera 2

Pantai Monpera ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Sehingga ketika berkunjung ke pantai ini, Anda bisa bermain pasir dengan menggalinya untuk menguburkan diri atau membuat istana pasir bersama keluarga ataupun teman-teman.

Tak hanya pasirnya saja yang bisa digunakan bermain, tetapi karena deburan ombak pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga bisa dipergunakan untuk sekedar berbasah-basahan bermain air atau bisa juga berenang. Namun, yang perlu diingat yaitu agar selalu berhati-hati ya karena pantai ini tidak menyediakan dan tidak menyewakan peralatan renang dan pelampung.

4. Taman yang Nyaman

Taman Pantai Monpera Balikpapan

Selain menikmati suasana pantai, Anda juga bisa berjalan-jalan di bagian taman. Taman ini cukup rindang, karena adanya pepohonan yang tumbuh subur.

Sehingga taman ini cukup nyaman apalagi ditambah dengan adanya angin laut yang sepoi-sepoi. Area taman Pantai Monpera ini juga sering dipergunakan oleh para pengunjung untuk berbagai acara seperti tempat berkumpul dan kegiatan-kegiatan lainnya.

5. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Monpera Balikpapan

Pantai Monpera ini dekat dengan jalan utama di kota Balikpapan. Jadi banyak warga Balikpapan yang memanfaatkan momen untuk melihat ketika matahari tenggelam di pinggiran pantai ini.

Suasana sunset dengan warna langit yang kuning keemasan sangat ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Panorama ini dimanfaatkan untuk dijadikan background photo yang sangat indah.

Fasilitas Pantai Monpera

Selain memiliki daya tarik wisata yang sudah disebutkan di atas, Pantai Monpera juga sudah dilengkapi dengan adanya fasilitas pendukung.

Fasilitas ini tentunya bisa dipergunakan oleh para wisatawan ketika berlibur di pantai ini. Fasilitas tersebut diantaranya yaitu:

1. Kamar Mandi dan Toilet

Saat berwisata ke sebuah pantai, maka toilet merupakan salah satu fasilitas yang wajib tersedia. Begitupun dengan Pantai Monpera yang sudah memiliki fasilitas bagi para pengunjung.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini setelah melakukan aktivitas seperti berenang atau bermain pasir untuk menjadi tempat bilas.

Namun sayangnya pada saat suasana ramai, pengunjung harus antri untuk menggunakan toilet ini, sehingga diharapkan kedepan agar fasilitas seperti toilet ini perlu ditambahkan jumlahnya.

2. Warung Makan

Nah bagi Anda yang lupa membawa bekal makanan ketika berkunjung ke pantai ini pun tak perlu khawatir Karena, di area kawasan pantai ini terdapat para pedagang warung makan sederhana dan juga adanya pedagang keliling yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

Hal tersebut, menjadikan semakin mudahnya menemui aneka makanan dan minuman saat berada di pantai ini mulai dari bakso, gado-gado, dan menu berbagai menu olahan seafood. Untuk minumannya pun ada es kelapa muda, es cendol, es campur dan minuman kemasan lainnya.

3. Mushola

Fasilitas berupa tempat beribadah berupa mushola juga sudah tersedia. Anda pun bisa menggunakan mushola ini yang berlokasi di dekat toilet. 

Jika berkunjung ke Pantai Monpera dan sedang beruntung, Anda bisa menyaksikan adanya event atau acara yang digelar di pantai ini, seperti pentas seni, pasar malam, atau acara lain yang ada pada saat hari-hari tertentu.

Sangat menarik bukan? Oleh karena itu, silahkan segera atur liburan Anda ke Balikpapan untuk mengunjungi Pantai Monpera.

Anda pun juga bisa mampir untuk mengunjungi Pantai Kemala yang berada di samping Pantai Monpera yang tentunya juga memiliki daya tarik lainnya.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Monpera yang indah. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan saat berlibur lainnya dan tentunya juga bisa sebagai wisata edukasi mempelajari sejarah perjuangan Balikpapan.

14 Ulasan untuk Pantai Monpera, Balikpapan, Kalimantan Timur

  1. pantai nya masih agak kotor,pecahan kaca kaca nya juga tolong di bersih kan kasian kalau terkena anak anak,untuk yang berkunjung atau yang jualan jangan buang sampah sembarangan deh kasian pantai nya.utk jajanan nya top enak enak

  2. Sebagai tempat wisata pinggir pantai yang baik dan juga untuk jalan bersama keluarga dan anak cukup menarik karena posisinya dipinggir pantai dan jalan jalan raya dengan adanya taman yang cukup menarik .

  3. Asik buat santai. Pemandangan pantai yg sangat luas. Suasananya sejuk. Banyak tanaman. Angin sepoy dari pantai bikin betah. Masuk cuma bayar biaya parkir. Di dalam ada fasilitas toilet dan musola.

  4. Mohon nanti di buatkan tempat duduk umum agar nyaman berada disana terima kasih

  5. Sangat buruk… Dulu tempat ini satu”nya hiburan pantai terdekat bagi warga Balikpapan,anak” dan remaja suka bermain disini saat liburan, Dijadikan bisnis pribadi padahal tempat ini dulu menyimpan dokumenter Kota Balikpapan dibawah tugu patung tersebut terdapat pustaka foto-foto perjuangan dan riwayat kota Balikpapan tempo dulu… Sekarang tempat ini seperti area terlantar lepas dari perhatian Pemkot Balikpapan…

  6. Merupakan salah satu tempat wisata pantai yang cukup lama dikenal di Balikpapan. Mekipun bagi saya pantainya tidak cukup bersih namun lokasinya yang berada di pusat kota Balikpapan dengan harga tiket masuk yang tergolong murah merupakan daya tarik yang tidak dapat diabaikan. Selain itu fasilitas pendukung di sekitar pantai juga terhitung lengkap mulai dari kamar mandi dan toilet, restoran dan tempat makan, taman, dan areal parkir yang cukup luas.

  7. Saya dan anak” sangat suka pantai, jdi saya sering ksni untuk mengajak anak saya bermain pasir dan main air juga. Tempat nya strategis dan juga banyak penjual makanan nya..

  8. ketika butuh vit sea di kota balikpapan, kalian bisa ke sini. namun masih sangat perlu perhstian masyarakat, khususnya komunitas pecinta lingkungan, pemerintah kota untuk meningkatkan tourism value

  9. Pantainya indah, airnya jernih, udaranya segar, makanan dan minuman dijual disini jadi gak perlu takut kelaparan.

  10. enaknya dateng pagi atau sore, gratis sih cman malemnya sepi, jarak parkiran ke paintai ga sampe 3 menit

  11. Di pinggiran pantai setiap hari ada penjual makanan dan minuman. Tidak dipungut biaya per orang saat masuk ke Monpera, hanya diminta untuk membayar karcis kendaraan saja. Untuk roda dua, tarifnya 3.000 rupiah (tidak ada batasan waktu).

  12. Pantai Bersih, pasir halus, dan banyak penjual makanan.

    Tapi penjual makanan sepertinya baru ramai diatas jam 10

  13. Pantai monumen perjuangan rakyat (MONPERA) berada di pusat kota balikpapan, beberapa lokasi di sana sering dijadikan tempat nongkrong muda-mudi yang menyalurkan hobi fotografi, beberap sudut kurang perawatan kondisinya kotor, mohon kepada bapak walikota, patung ikon monpera segera dibangun kembali, untuk lebih mempercantik lokasi monumen itu….

  14. Tempat rekreasi keluarga yg ekonomis letaknya yg strategis di tengah kota.

Tinggalkan Balasan