Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Desa Teritip, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76118, Indonesia.

10 Ulasan

Balikpapan merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur yang populer dengan sebutan beruang madu. Kota ini terletak di garis khatulistiwa dan memiliki potensi wisata yang mempesona. Terutama yaitu adanya pantai yang indah.

Salah satu pantai tersebut yaitu Pantai Lamaru. Pernahkah Anda mengunjungi Pantai Lamaru?

Kalau belum, silahkan simak ulasan berikut ya, agar bisa menjadi referensi liburan Anda. Walaupun sudah pernah datang pun tak apa, karena pantai ini juga selalu memberikan hal-hal baru bagi wisatawan.

Sejarah Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru memiliki sejarah yang berkaitan pada saat masa penjajahan. Terutama saat masa kepemimpinan Jepang.

Hal ini dibuktikan adanya bangunan cagar budaya yang terletak di pantai Lamaru yaitu berupa tugu dan juga menjadi makam prajurit Jepang yang telah gugur dalam perang.

Oleh Karena itu, pada tanggal 30 Mei 2013, datanglah lima nasionalis Jepang datang ke Pantai Lamaru untuk membersihkan daerah tugu peringatan tersebut dan berdoa.

Mereka juga meletakkan papan nama yang ditaruh di kuburan Jepang tersebut. Papan itu bertuliskan beberapa nama yayasan yang berada di jepang.

Tugu dan makam tersebut ternyata telah dibangun pada tahun 1990. Tempat ini memang digunakan sebagai tanda bahwa telah berguguran puluhan prajurit Jepang. Terlepas dari cerita sejarah tersebut, ternyata Pantai Lamaru ini tidak dikelola oleh pemerintah loh.

Kabarnya, Pantai Lamaru Balikpapan ini merupakan salah satu pantai yang dimiliki oleh perorangan. Pemiliknya pun adalah orang yang terpandang yaitu pengusaha bernama Haji Muhammad Jos Soetomo. Yang merupakan masuk dalam katagori 150 orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia.

Harga Tiket Masuk Pantai Lamaru

Mengingat bahwa pantai ini dikelola oleh pihak swasta yang dimiliki oleh perseorangan, maka tiket masuknya pun lumayan mahal.

Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000 per orang. Oleh karena itu, dikabarkan bahwa Pantai Lamaru Balikpapan adalah objek wisata pantai dengan tiket masuk termahal di Balikpapan.

Meskipun demikian, hal ini tidak menjadi masalah bagi para wisatawan yang datang, dikarenakan menurunnya sesuai dengan daya tarik dan juga kelengkapan fasilitas yang disediakan.

Untuk jam operasional pantai pun juga diatur, pantai ini di buka setiap harinya, mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WITA.

Rute Menuju Pantai Lamaru

Pantai Lamaru Balikpapan

Untuk menuju Pantai Lamaru Anda bisa menempuhnya dengan akses jalan yang cukup mudah. Dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti roda dua maupun roda empat.

Anda bisa memulai perjalanan  dari pusat Kota Balikpapan. Ikuti saja jalan tersebut hingga menuju Jalan Sudirman dan Iswahyudi atau Jalan Ring Road. Selanjutnya, melanjutkan perjalanan menuju ke arah Bandara Sepinggan. Ikuti saja perjalanan ke arah Semboja atau Senipah.

Jaraknya Kira-kira 15 Kilometer dari bandara. Dengan menyusuri jalan tersebut, Anda akan melewati komplek angkatan udara dan berbelok ke kanan. Kemudian Anda akan menemukan gapura menuju Pantai Lamaru.

Obyek Wisata Pantai Lamaru

Pantai Lamaru ini cukup terkenal dan populer oleh para wisatawan lokal akan daya tarik-nya. Lalu apa saja ya daya tarik dari Pantai Lamaru ini hingga menjadi populer? Daya tarik objek wisata di kawasan ini yaitu:

1. Deretan Pohon Cemara

Rute Menuju Pantai Lamaru

Ketika Anda memasuki ke kawasan pantai ini, maka akan disambut dengan berdirinya pagar pohon-pohon cemara yang tinggi di sepanjang jalan. Pohon cemara ini memang sengaja ditanam agar memberikan suasana yang nyaman.

Sehingga, hal ini dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai tempat santai yang teduh. Dengan demikian, Anda tidak harus menyewa payung untuk berteduh di pantai, karena adanya pohon cemara di pantai ini cukup tumbuh rindang.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Lamaru

Pantai Lamaru ini ternyata memiliki ombak yang cukup tenang, bahkan gulungan ombak tersebut tidak sampai ke bibir pantai. Oleh karena itu, kawasan pantai ini bisa digunakan sebagai salah satu aktivitas wisatawan seperti berenang.

Namun, sebaiknya Anda tetap harus berhati-hati dan memperhatikan petunjuk yang ada di sekitar pantai ya. Dikarenakan tidak semua bibir pantai ini landai, terdapat beberapa area pantai yang memiliki dasar yang dalam.

Jika Anda ingin lebih nyaman dan aman ketika berenang, Anda bisa menyewa pelampung atau ban renang yang disediakan oleh petugas. Pelampung tersebut dapat dipergunakan untuk berenang di laut sekitar Pantai Lamaru. Untuk biaya sewa ban atau pelampung sekitar Rp 10.000 saja.

Hamparan pasir Pantai Lamaru berwarna putih dengan kondisi yang landai. Air laut nya pun cukup dangkal. Sehingga memiliki dengan ombak yang tenang. Mengajak anak-anak bermain air dan juga pasir pun relatif aman.

Dikarenakan sudah adanya deretan pemecah gelombang air laut yang berjajar rapi. Selain itu, pantai ini juga cukup bersih dari sampah sehingga cukup nyaman digunakan berlibur bersama keluarga maupun teman-teman.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Lamaru

Kegiatan menarik lainnya yaitu saat sore hari. Ketika sore mulai tiba, Anda bisa menunggu terbenam-nya mentari yang begitu indah di pantai ini.

Jika ingin menikmati panorama sunset ini, sebaiknya datang pada saat cuaca sedang cerah dan pada waktu sekitar jam 3 atau jam 4 sore.

Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga membuat panorama langit saat itu begitu indah. Momen ini sangat tepat utuk dijadikan background dari photo Anda.

4. Camping

Objek Wisata Pantai Lamaru2

Daya tarik wisata lain ketika berada di pantai ini yaitu adanya area untuk berkemah atau camping. Anda pun bisa mencoba berkemah di area hutan cemara ini.

Dengan berkemah di hutan cemara di pantai Lamaru ini akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan saat berlibur.

5. Flying Fox

Fasilitas Pantai Lamaru 2

Jika Anda tak ingin bermain basah-basahan karena lupa membawa baju ganti pun tak apa. Karena, di pantai ini juga tersedia wahana permainan berupa flying fox. Untuk menaikinya, Anda akan diikat menggunakan sabuk dan tali pengaman.

Kemudian, Anda akan meluncur dari ketinggian 6 meter yang tentunya sambil menikmati pemandangan pantai dan laut. Dengan begitu, hal ini menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan ketika berada di Pantai Lamaru.

6. Berkeliling Hutan Pinus

Fasilitas Pantai Lamaru

Daya tarik lain dari obyek wisata Pantai Lamaru lainnya yaitu menyediakan andong untuk para wisatawan yang ingin berkeliling pantai atau mengelilingi hutan cemara dengan mengendarai kuda.

Dengan menggunakan kereta kuda atau andong ini maka Anda tidak harus merasakan kelelahan untuk berkeliling kawasan pantai. 

Berbeda dengan pantai lainnya, di Pantai Lamaru, Anda akan menemukan mobil golf. Ya ternyata mobil golf ini disewakan kepada wisatawan untuk berkeliling di hutan cemara di sekitar pantai.

Untuk bisa sewa, Anda dikenakan biaya Rp 150.000 dengan waktu selama 30 menit. Anda pun tak perlu khawatir memikirkan kurangnya kendaraan tersebut untuk berkeliling, karena sudah disediakan puluhan unit.

Fasilitas Pantai Lamaru

Jika Anda mengunjungi ke Pantai Lamaru untuk berlibur merupakan hal yang tepat. Dikarenakan, Anda tidak perlu repot membawa berbagai perbekalan. Dikarenakan Pantai Lamaru sudah memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti:

1. Warung Makan

Tak perlu bingung untuk mencari makanan dan minuman di pantai ini, karena pantai ini dilengkapi dengan warung makan yang terletak di beberapa bangunan khusus. 

Oleh karena itu, Anda bisa menikmati suasana pantai dan pemandangan pantai sambil ditemani dengan menyantap aneka menu kuliner yang tersedia di warung makan ini  seperti soto, nasi campur, gado-gado, dan berbagai makanan dan minuman lainnya.

2. Area Parkir

Tempat parkir kendaraan bagi para wisatawan juga sudah disediakan. Area ini berada di bagian tengah dan kendaraan para wisatawan tertata oleh petugas, sehingga terlihat rapi. 

Namun, Anda akan dikenakan jasa pengelola parkir yaitu untuk parkir kendaraan roda dua biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5000, sedangkan kendaraan roda empat Rp 15.000.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Toilet di pantai ini cukup mudah ditemukan. Untuk kondisinya pun baik, sepertinya pengelola selalu melakukan pengecekan dan pembersihan toilet. Sehingga para wisatawan merasa nyaman saat menggunakannya.

4. Mushola

Fasilitas untuk beribadah juga dalam kondisi baik dan bersih. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk beribadah bagi Anda yang muslim.

5. Toko Souvenir

Bagi Anda yang sedang berlibur namun tak bersama keluarga, Anda pun bisa membeli oleh-oleh dari Pantai Lamaru. Yaitu berbagai souvenir yang tersedia di toko souvenir pantai ini. Dengan demikian, liburan Anda akan semakin terkesan.

6. Klinik

Pantai ini juga dilengkapi dengan sebuah klinik. Jadi, bila kondisi Anda kurang fit bisa untuk mendatangi klinik ini agar dibantu diberikan penanganan. Klinik ini juga siap membantu bagi wisatawan yang sedang sakit atau mengalami hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan kondisi tubuh.

Demikian ulasan dan informasi yang menarik dari objek wisata Pantai Lamaru, mulai dari sejarah hingga fasilitas yang disediakan. Setelah Anda melakukan rutinitas panjang yang melelahkan maka waktunya Anda untuk berlibur, sejenak menenangkan pikiran di Pantai.

Ketika berada di Balikpapan, Anda juga bisa berkunjung ke Pantai Manggar Segarasari yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Pantai Lamaru. Atau Pantai Dato yang terletak di Kalimantan Barat juga patut dikunjungi.

10 Ulasan untuk Pantai Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur

  1. Pantainya asik, ada kantor sar nya fan sepertinya dikelola oleh bumi senyiur group hotel, karena di fasilitas umumnya ada lambangnya senyiur. Di tempat ini beda dengan pantai manggar yang banyak penjual makanan gelar tikar makan lesehan dibawah pohon pinus, disini hanya warung warung namun tempatnya luas dan asik untuk kemping dan prewed (dengan biaya tertentu), ada juga aula aula dan balai pertemuan yang disewakan. Ada juga persewaan golf cart,ban pelampung,tenda dll. Pantainya lumayan bersih dan rindang oleh pohon pohon cemaranya, fasilitas umum gratis sudah include fee masuk 25k perorang dan kebetulan saya naik mobil bayar masuknya 20k dan bebas parkir di dalam.

  2. Pemandangannya bagus, harga tiket masuk 25 rbu untuk mtor khusus hari sabtu dan minggu untuk hari biasa hanya 20 rbu. cocok sekali untuk rekreasi keluarga, menikmati liburan bersama kluarga, teman dan kerabat,, ada banana boats dan bermacam macam mainan pantai sperti layang-layang, juga ada penyewaan ban renang plus tikar untuk yang ingin bersantai menikmati makanan ringan atau sekedar bersantai makan-makan,, pantai ny bersih dan terawat, salut untuk pemda kota balikpapan yang telah memperhatikan aset daerahnya.

  3. Fasilitas (toilet,musola,signal coverage) oke lah, hrga masuk 25k/org, mobil 20k/mobil. Sayang pantainya lumayan banyak sampah,terutama saat surut,kelihatan bgt. Seperti pantai lain d balikpapan,air tidak jernih.

  4. Recommended as a gathering venue. Tempatnya cocok untuk dijadikan rekreasi atau berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Banyak pohon-pohon di pinggir pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menggelar tikar dan berteduh.

  5. Untuk harga tiket masuk nya agak mahal ya kalo saya bandingkan dengan tiket masuk ke wisata pantai di pulau Jawa… Tapi gak papa sih kalo sebanding dengan sarana nya semoga makin baik lg ya

  6. Hutan pinusnya lumayan buat rekreasi, tapi seperti pantai Balikpapan lainnya lumayan banyak sampah di air lautnya, dan hati hati dengan karang tajam terutama buat anak anak

  7. Pqantai lamaru bersih enak tenag adem pokoknya klo aku cocok untuk ngadem jg enak berenang enak bersma keluarga dn sahabat

  8. Bagi yang hanya ingin sekedar mampir sebentar ke pantai maka pantai ini tidak cocok. Tiket masuk yang mahal lebih baik dimanfaatkan jika akan berliburan dan bersantai dalam waktu yang lama sekalian

  9. Salah satu wisata pantai terbaik dan bersih di balikpapan, bagus untuk kegiatan gathering, foto prewed dsb… semoga fasilitas di dalam makin dikembangkan terutama untuk wisata anak seperti perahu bebek yang sepertinya tidak difungsikan dan ditambah fasilitas lainnya sehingga ada alternatif hiburan lain selain berenang, dan berpiknik di sana

  10. Sebenarnya pantai ini bagus nyaman dan terbaik di balikpapan, tapi sayang penataan sewa tikar nya, ban, dll membuat nya terkesan agak semrawut dan mengurangi kebebasan privasi pengunjung mencari tempat buat refreshing, sebaiknya ada solusi sewa tikar ban dalam bangunan saja, jadi area open space nya tetap terbaik buat pengunjung

Tinggalkan Balasan