Pantai Melawai

Pantai Melawai

Jl. Pelabuhan Semayang, Desa Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76111, Indonesia.

20 Ulasan

Kalimantan terkenal akan kegiatan tambang dari sumber daya alam yang disimpannya. Sehingga, banyak perekonomian yang berputar dan berkembang di pulau ini. Salah satunya yaitu Kota Balikpapan yang disebut sebagai kota kedua terbesar yang berpotensi menjadi metropolitan.

Oleh karena itu, tak heran jika kota ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Meskipun hanya sekedar untuk kepentingan pekerjaan. Namun lama kelamaan banyak orang yang datang untuk berlibur di kota ini.

Kalimantan memang dikelilingi dengan perairan, menjadikan adanya objek wisata pantai  yang menarik wisatawan. Salah satunya yaitu Pantai Melawai. Agar bisa mengetahui pesona pantai ini, sebaiknya Anda membaca ulasan berikut ini terlebih dahulu ya.

Sejarah Pantai Melawai

Pantai Melawai

Menurut sejarah yang ada, Pantai Melawai dahulu merupakan sebuah tempat pengeboran minyak pertama di Indonesia.

Pantai ini sebenarnya juga merupakan sebuah teluk. Walaupun sebagai tempat pengeboran minyak, Pantai Melawai ini tetap menawarkan pesona yang berbeda dari pantai pada umumnya.

Seiring berjalannya waktu, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Adanya hal tersebut menjadikan pemerintah setempat juga membangun fasilitas pendukung bagi para pengunjung. Hal ini juga menjadi sumber perekonomian bagi masyarakat sekitar, karena mereka bisa berjualan di kawasan Pantai Melawai.

Harga Tiket Masuk Pantai Melawai

Bagi Anda yang ingin datang dan menikmati pesona keindahan Pantai Melawai ini, Anda bisa mengajak keluarga maupun teman-teman. Untuk memasuki pantai pun cukup mudah dan bebas dikarenakan pantai ini berada di pinggir jalan.

Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan tidak ada pungutan biaya masuk sedikitpun atau bisa disebut juga sebagai objek wisata pantai yang gratis tiket masuk.

Dengan demikian, Anda dapat mengunjungi pantai ini kapan saja. Meskipun demikian, alangkah baiknya jika Anda berkunjung ke Pantai Melawai ini dengan tetap menjaga kebersihan ya! Agar pantai ini selalu terlihat bersih dan indah. 

Rute Menuju Pantai Melawai

Pantai Melawai

Lokasi Pantai Melawai berada di kawasan yang strategis, karena pantai ini cukup dekat dengan Pelabuhan Semayang Balikpapan dan juga Teluk Banua Patra. Pantai ini juga tidak jauh dari pusat kota Balikpapan sehingga Anda  tidak akan kesulitan jika ingin menemukannya.

Mengingat pantai ini sangat mudah di jangkau, maka tak heran jika pantai ini selalu ramai dengan dipenuhi pengunjung. Pantai ini juga sering digunakan oleh para pengunjung sebagai tempat beristirahat atau melepas penat selama perjalanan.

Untuk bisa sampai ke kawasan Pantai Melawai, jika Anda berada di pusat kota, maka Anda  harus menempuh jarak sekitar 3 kilometer. Jarak yang cukup dekat tersebut dapat ditempuh dengan sekitar 15 menit perjalanan.

Kondisi jalannya pun sudah baik dan tidak sulit dilalui, sehingga Anda bisa menggunakan transportasi pribadi dan juga transportasi umum seperti angkutan kota. Biasanya jalur yang bisa membawa Anda untuk sampai ke pantai ini yaitu angkutan kota nomor 6 atau 3.

Namun, bagi Anda yang akan menggunakan transportasi pribadi, bisa memilih rute perjalanan dari pusat kota Balikpapan. Arahkan saja ke jalan DI. Panjaitan, kemudian belok kanan menuju jalan DR. Sutomo.

Selanjutnya belok ke kiri menuju jalan P. Antasari, melewati Kantor Kesebangpol Balikpapan. Kemudian arahkan menuju bundaran jalan endral Sudirman dan sampailah ke Pantai Melawai.

Objek Wisata Pantai Melawai

Pantai Melawai bukanlah pantai yang sama seperti pada umumnya, dikarenakan Pantai Melawai tidak memiliki kawasan bibir pantai yang luas dengan hamparan pasir yang panjang.

Bibir pantai ini dibatasi oleh batuan karang dan juga tembok yang terbuat dari beton. Meskipun demikian, Pantai Melawai memiliki daya tarik seperti:

1. Pemandangan Pantai

Objek Wisata Pantai Melawai

Pemandangan yang ditawarkan dari pantai ini pun cukup indah dan mampu menjadi daya tarik bagi warga Balikpapan maupun wisatawan lain.

Jika Anda memandang ke arah laut, maka mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan lautan lepas lengkap dengan aktivitas laut, bahkan juga bisa melihat kapal tanker.

Pemandangan lain yaitu saat Anda memandang ke daratan, maka Anda akan dapat menyaksikan mobil dan motor yang berlalu lalang dan aktivitas lalu lintas yang melintasi Jalan Sudirman.

Anda juga bisa melihat tingginya gedung-gedung yang berada di dekat kawasan pantai. Anda pun bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan tersebut di pinggir pantai. 

2. Pulau Babi atau Tukung

Objek Wisata Pantai Melawai 2

Ketika air laut surut, Anda akan melihat adanya gundukan yang berada di tengah laut. Gundukan tersebut dikenal sebagai Pulau Babi atau bisa juga disebut sebagai Pulau Tukung.

Meskipun letaknya berada di tengah laut, saat air laut surut Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan berjalan kaki. 

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Melawai

Jika dilihat secara tata letak letak Kota Balikpapan, maka secara geografis berada di sisi paling timur nya kalimantan. Dengan demikian, seharusnya dengan mudah menemui panorama sunrise.

Namun, hal unik ada di Pantai Melawai ini, dikarenakan kondisi tersebut hanyalah sebatas teori saja.

Ternyata Pantai Melawai malah memiliki panorama sunset yang mempesona. Hal ini terbukti ketika Anda mengunjungi-nya saat sore hari dan ketika cuaca cerah. Dengan demikian, Anda dapat menyaksikan matahari yang mulai terbenam dan tidak terhalang oleh apapun.

4. Kuliner Malam

Kuliner Di Pantai Melawai

Ketika hari mulai malam dan setelah sang matahari tenggelam Pantai Melawai malah akan semakin ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Dikarenakan, pada malam hari di Pantai Melawai ini dilengkapi dengan kelap-kelip indah cahaya lampu-lampu kapal yang berada di atas gelombang laut.

Suasana dan pemandangan itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar maupun para wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Melawai pada malam hari.

Tak hanya menikmati suasana itu saja, adanya kafe-kafe yang menyajikan berbagai makanan ringan dan menu makan malam yang lengkap juga menjadikan semakin lengkapnya suasana malam di Pantai Melawai.

Menu makanan yang menjadi favorit para anak muda yang datang ke Pantai Melawai saat malam hari yaitu jagung bakar manis dan hangat.

Selain itu, Anda juga bisa memesan berbagai menu masakan seafood dengan olahan yang lezat, tak hanya seafood, menu lain juga bisa Anda temukan seperti pecel lele, ayam dan ikan bakar dan masih banyak lainnya.

Beragam minuman mulai dari kopi, teh hingga jus pun juga tersedia. Banyaknya menu yang tersedia dengan masakan yang lezat menjadikan kawasan ini selalu ramai.

Untuk harga makanan dan minuman pun juga standar, sehingga siapapun dapat mencoba memesan makanan dan menikmatinya tanpa merogoh kocek yang cukup dalam.

Fasilitas Pantai Melawai

Pantai Melawai juga sudah memiliki fasilitas, meskipun fasilitas yang dimiliki tidak selengkap dengan objek wisata pantai lainnya. Namun Anda tetap masih bisa menemukan dan menggunakan fasilitas tersebut, seperti:

1. Area Parkir

Meskipun berada di dekat jalan raya. Anda tetap dapat memarkirkan kendaraan Anda di sekitar kawasan pantai. Namun, sebaiknya parkirlah dengan rapi ya, agar memudahkan orang lain untuk parkir dan juga pastinya memudahkan diri sendiri juga.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Fasilitas berupa toilet juga sudah tersedia. Namun sayangnya, toilet di Pantai Melawai jumlahnya masih cukup sedikit, meskipun demikian toilet ini kondisinya cukup bersih. sehingga, Anda akan cukup merasa nyaman dan aman ketika menggunakannya.

Mengingat semakin ramai dan selalu bertambahnya wisatawan yang berkunjung di pantai ini, semoga pemerintah setempat memberikan fasilitas pendukung lainnya ya, agar dapat menambah kenyamanan para wisatawan saat berkunjung ke Pantai Melawai.

Ketika berada di Pantai Melawai, jangan lupa juga ya untuk mengabadikan dalam lensa kamera. Foto tersebut dapat menjadi kenang-kenangan Anda ketika berkunjung ke pantai atau bisa juga sebagai stok foto untuk di upload ke media sosial pribadi Anda.

Selain ke Pantai Melawai, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Batu-batu Banu Patra atau Pantai Lamaru, yang jaraknya tak jauh dari Pantai Melawai.

Itulah ulasan mengenai wisata Pantai Melawai di Balikpapan. Meskipun tidak bisa digunakan untuk berenang, namun pantai ini tetap memiliki daya tarik lainnya yang bisa Anda nikmati.

Anda juga bisa hanya sekedar mampir atau beristirahat sejenak ketika melakukan perjalanan di kawasan ini yang pastinya tetap dapat merasakan suasana pantai.

20 Ulasan untuk Pantai Melawai, Balikpapan, Kalimantan Timur

  1. Pantai ini sebenernya biasa aja. Tp yg bikin menarik adalah pemandangannya, utk foto dg background kapal tanker, kapal penumpang, jenis kapalnya macam2 jadi bagus. Kalo sore banyak yg jual makanan

  2. Pantai Melawai..salah satu tempat buat nongkrong..nyantai bareng teman ataupun someone atau jg keluarga tercinta..rindang saat siang hari di tambah semilir angin pantai di jamin bikin asik guys..hanya saja sore hari baru ada pedagang kuliner ataupun minuman..jd guys kalau kongkownya siang hari bawa bekal deh guys daripada mulut kering kehausan..hehehh… Pokoknya direkomendasikan..buat warga Balikpapan sendiri ataupun wisatawan yang lagi di Balikpapan..

  3. Tempat yang tepat untuk menikmati sunset. Sebagai wisata pantai yang dilengkapi dengan aneka kuliner yang murah meriah. Setiap sore menjelang petang, masyarakat dari berbagai usia dan strata memadati area bibir pantai sepanjang tak kurang dari 400 meter. Khususnya anak muda, tempat ini menjadi ajang pacaran terutama disaat malam merangkak naik.. . Ronde, es teler, ayam bakar, jagung bakar, es campur, keripik, tahu tek-tek, aneka jus, bakso dan beragam kuliner lainnya dapat dinikmati sambil menyapukan pandangan ke laut lepas sampai teluk balikpapan yang mengarah ke barat daya. Kapal-kapal besar baik kapal barang maupun kapal penumpang lalu lalang dari dan ke teluk Balikpapan. Diramaikan lagi oleh ponton-ponton batubara yang menuju teluk Tebang, khususnya ke Balikpapan Coal Terminal yang merupakan terminal batubara satu-satunya di Balikpapan.. . Bagi yang gampang masuk angin, jangan lupa bawa jacket jika hendak bersantai di Pantai Malawai malam hari, mengingat hembusan angin malam cukup kencang menerpa wilayah pantai.. . Dan bagi yang pacaran, harap tetap menjaga norma-norma agama dan masyarakat, karena satpol PP sewaktu-waktu bisa menciduk pelakunya.. . Yang hendak melaksanakan kewajiban sholat, diujung pantai ada masjid Al Muna, yang selalu berkumandang adzan setiap tiba sholat lima waktu. Ruangan masjid sejuk lantaran berAC. Di teras sisi selatan kita bisa melihat pemandangan laut dengan view yang lebih luas.

  4. Tempat yang paling nyaman, aman dan murah lah bersantai kalau malam. Sambil menikmati hembusan angin laut, sambil makan jagung bakar. Syuukkaaaa banget! Pasti ngangenin bgt deh kesini.

  5. Udaranya bersih dan segar. Bagus untuk cuci mata. Tempat yang bagus untuk menikmati matahari tenggelam namun masih banyak sampah. Semoga para pengunjung lebih sadar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan

  6. Semua warga balikpapan pasti sudah mengenal pantai melawai, kawasan yang satu ini mulai terlihat geliat aktifitasnya saat menjelang sore hari dan puncaknya setelah jam 20:00 malam. . . Pantai Melawai adalah pantai utama di sepanjang jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai Melawai juga merupakan tujuan wisata favorit di pusat kota hingga masyarakat setempat di Balikpapan dan sekitarnya, dan untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Pantai ini terletak di antara Pelabuhan Semayang dan Pantai Banua Patra. Kawasan ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari.. . Tidak seperti Pantai pada umumnya, di Pantai Melawai tidak bisa berenang atau menyelam karena airnya kotor. Tetapi itu terobati dengan keindahan sunset yang sangat menakjubkan. Sunset di Pantai Melawai diyakini merupakan salah satu yang terbaik di Kalimantan. Pengunjung akan bisa memandang sunset dengan leluasa tanpa ada penghalang.. . Pantai Melawai adalah lokasi yang menarik karena terletak di pusat kota dan dekat dengan Pelabuhan Semayang di Balikpapan. Selain menikmati pantai, pengunjung juga bisa melihat aktivitas bongkar muat di pelabuhan, menyaksikan kapal bergerak masuk dan keluar, dan menikmati berbagai jenis makanan dan minuman di pantai. Saat air surut, pengunjung bisa berjalan ke pulau Babi yang terletak di tengah Pantai Melawai. Namun jika air pasang datang, segeralah untuk kembali karena Anda bisa terperangkap di sana

  7. Pantainya kotor banyak sampah, pengunjung tiap sore pasti rame, udah ada cafe buat duduk2 dan minum2, viewnya sih bagus2 aja, ketersediaan tempat mandi dan toilet cukup banyak, biaya masuknya juga murah kok, dapat air mineral lagi, buat seru2an main pasir dan main basah2an sih pasti dapet banget, klo buat nginep sih kyanya ngga deh, soalnya bangunannya tua banget, serem

  8. Yaps….salah satu tongkrongan anak muda mudi Balikpapan,,eits,bkn anak muda saja kok yg hangout di sini, dari usia balita hingga orang tua pun,menjadikan tempat melawai ini salah satu tempat tongkrongan terpavorit di tengah jantung kota Balikpapan. Selain lokasi nya yang mudah di jangkau, melawai juga menjadi pusat kuliner di Balikpapan. beragam jajanan dan olahan makanan tersaji di sini..tidak usah tunggu weekend untuk berkunjung ke melawai, di hari hari sibuk pun melawai selalu ramai pengunjung terutama di sore hari menjelang matahari terbenam atau sunset. Yuk, silahkan datang ke melewai,anda akan ditemani view pantai dari teluk balikpapan, sunset view dan pastinya makanan yang enak enak.

  9. Makanannya hanya sedikit pilihan. Pemandangannya pun kurang. Mgkn karena mlm hari jadi kurang dpt menikmati pamandangan laut. Tp cukuplah hanya skedar untuk makan sambil duduk santai..

  10. Tarif masuk sangat murah dan di dalamnya terdapat berbagai cafe yang menyediakan aneka menu.. Pada malam tertentu ada live musicnya.. Garis pantai cukup panjang dan lumayan bersih cocok untuk berma bersama keluarga terutama anak kecil.

  11. Assalamualaikum,. Cocok banget buat santai-santai lesehan sambil melihat pemandangan terbenamnya matahari. . Ada berbagai macam makanan juga yang terjual sambil makan sambil belesehan. Dari makanan ringan sampai makanan berat juga ada, minumannya juga ada yang dingin dan panas dimulai dari jus sampai kopi dan teh panas. . Disini kita juga bisa melihat ada pulau kecilnya loh. Dan banyak kapal-kapal nya juga. . Coba deh nongkrong – nongkrong disini bareng temen-temen dijamin seru abis. Kuyy ajakin buhanmu pok 🤗. Ada musholla nya juga 😉. Favorit kalian apa?? Aku sih jagung bakar sama pisang gapit beuhhhhhhh mantulll (mantap betul) 🤤🤤. Terimakasih… Wassalamu’alaikum

  12. Pantai yang berada dibenua patra dekat dengan pelabuhan balikpapan yang menampilkan pemandangan indah yang selalu anda idamkan karena dipantainya itu sangat bagus ketika sunset karena pemandangan yang luar bisa dan setiap liburnya banyak sekali yang kesana karena ingin main surf dan paginya kalian bisa bermain air disana karena airnya naik hingga sampe lutut anda ketika anda dipantainya

  13. Kegiatan reuni kecil dengan rekan alumni dg acara makan mlm dg menu ikan bakar, Bisa dilakukan di sini. Dg catatan cuaca cerah.

  14. Spot yg bagus untuk poto walau cuma sekedar lewat aja. Bisa lihat sunset sunrise dengan view yg oke

  15. Cuma transit kmrn nunggu pergantian tahun. Makanan spt biasa lah, minuman jga spt biasa saja. . Untuk kunjungan sekali2 kemari bisa, buat melepas penat

  16. Salah satu pantai di balikpapan dengan posisi yang langsung menghadap ke laut, disamping itu juga banyak tempat jajanan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jika beruntung biasanya akan ada event event yang selalu di lakukan di sekitar tempat tersebut.
    Selain itu, pantai melawai bisa digunakan untuk aktivitas seperti olahraga atau melakukan kegiatan untuk menghabiskan waktu luang rekkomend banget untuk dikunjungi

  17. Lokasi pantai paling mudah di jangkau ga perlu bayar alias gratis paling bayar parkir doang karena jalan protokol persis berada di pinggir pantai, kuliner banyak ga perlu repot, untuk kopi santai bertebaran di pinggir jalan, di era th 90 an lokasi ini sering di jadikan ajang bali (Balapan Liar) karena jalan yang mulus, tapi sekarang udah jarang sekali karena sering di adakan razia….

  18. Pantainya bagus kalo pas sunset
    Kalo malam banyak yang jualan makanan
    Dari makanan berat sampai yang ringan
    Tapiiiiii
    Pengamen sama yang minta minta ampyuuuunnn deh
    Bolak balik itu itu doank orangnya
    Mohon ditertibkan
    Balikpapan jadi penyangga ibukota citranya bisa tercoreng kalau begini.
    Parkiran sih oke

  19. Tempat santai sambil menikmati makan minum sederhana. Banyak pilihan jenis makan-minum kelas masyarakat menengah bawah. Sayang untuk area yang hanya diberi alas plastik (biasa digunakan untuk penutup/pelindung/atap). Ditambah permukaan tanah yang tidak rata. Dan kebersihan kurang. Jadi tidak enak duduknya.
    Area ini juga ditepi jalan yang banyak lalu lintas berlalu lalang. Sehingga cukup mudah diakses dari berbagai sudut kota.
    Makanan cukup enak. Minuman juga cukup variatif, dari es teh serta macam-macam jus.

  20. Kalau ke balikpapan tdk mampir ketempat ini berarti belum ke bpn cuy..ini salah 1 destinasi wisata di bpn..tempat ini sangat ramai dikunjungi di Saturday Night alias malam mingguan bersama pasangan atau keluarga tercinta, sambil nongkrong pesen jagung bakar, minum sekoteng sambil melihat sunset..nikmat mana lagi yg kau dustakan..

Tinggalkan Balasan