Pantai AURI Sepinggan

Pantai AURI Sepinggan

Desa Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76115, Indonesia.

16 Ulasan

Meskipun Kalimantan merupakan suatu daerah yang memiliki daratan paling luas, namun kota ini tetaplah sebuah pulau yang memiliki kawasan perairan. Oleh karena itu, daerah ini tetap memiliki keindahan tempat wisata pantai yang sangat menawan.

Tepatnya berada di Balikpapan, Anda bisa memilih untuk menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi wisata Pantai AURI Sepinggan. Pantai ini sangatlah cocok digunakan sebagai tempat berwisata akhir pekan bersama keluarga maupun teman.

Meskipun bernama Pantai AURI Sepinggan, namun Anda bisa menemukan keseruan ketika mengunjungi pantai ini. Untuk lebih mengetahuinya, silahkan simak ulasan berikut ya.

Sejarah Pantai AURI Sepinggan

Pantai Auri Sepinggan

Jika mendengar AURI, pasti Anda akan teringat dengan pasukan TNI khususnya Angkatan Udara. Ya, ternyata betul pantai ini diberi nama tersebut karena letaknya berada di belakang Perumahan TNI AU yang juga masih menjadi satu dengan kawasan TNI AU.

Hal tersebut membuat nama AURI disematkan pada pantai dengan sebutan Pantai AURI Sepinggan. Sedangkan, nama Sepinggan memang diambil dari nama desa di kawasan pantai yaitu Desa Sepinggan Balikpapan.

Meskipun berada di kawasan militer, pantai ini memiliki daya tarik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Oleh karena itu, pantai ini menjadi populer bukan dari namanya saja, namun juga keunikan yang dimilikinya.

Harga Tiket Masuk Pantai AURI Sepinggan

Untuk dapat memasuki kawasan Pantai AURI Sepinggan, Anda harus mengeluarkan uang sebagai pembayaran tiket masuk yaitu Rp 10.000 per orang. Namun, sebelum memasuki pantai ini Anda harus melalui satu tahapan yang tidak dilakukan saat memasuki kawasan pantai pada umumnya.

Jadi, sebelum memasukinya kawasan pantai, tepatnya di pintu masuk pantai maka akan ada proses pemeriksaan barang bawaan terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan mengingat pantai ini berada di kawasan TNI AU, sehingga wisatawan yang akan memasuki kawasan pantai untuk berlibur pun sudah dipastikan aman dari ancaman maupun barang bawaan yang mencurigakan.

Rute Menuju Pantai AURI Sepinggan

Rute Menuju Pantai Auri Sepinggan

Untuk bisa mencapai lokasi Pantai AURI Sepinggan pun tak perlu khawatir. Dikarenakan, akses jalan menuju pantai ini kondisinya sudah baik dan beraspal. Letaknya pun juga masih di tengah kota.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menuju pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Pantai AURI Sepinggan ini juga berjarak cukup dekat yang hanya sekitar 4 kilometer saja dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Anda langsung saja menuju ke arah jalan Arrival terminal airport Sepinggan dan melanjutkan menuju ke jalan Marsma R. Iswahyudi, ikuti saja jalan tersebut lalu putar balik dan belok kanan menuju Pantai AURI Sepinggan.

Objek Wisata Pantai AURI Sepinggan

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa meskipun pantai ini berada di kawasan militer, namun tetap memiliki daya tarik, diantaranya yaitu:

1. Pemandangan Pantai

Wisata Pantai Auri Sepinggan

Ketika berada di kawasan Pantai AURI Sepinggan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah. Adanya hamparan pasir berwarna putih yang halus dan juga pohon-pohon yang tumbuh di sekeliling pantai yang begitu hijau.

Hal Inilah tentunya yang menjadi daya tarik tersendiri. Biasanya kebanyakan pantai dikenal dengan kesan yang panas terik. Namun nuansa yang berbeda akan timbul di pantai ini karena adanya pohon-pohon yang membuat lokasi ini lebih sejuk.

Terlebih lagi, Anda bisa merasakan semilir angin yang berhembus sepoi-sepoi sehingga akan semakin nyaman untuk beristirahat.

2. Jembatan Kayu

Pantai Auri Sepinggan Balikpapan

Anda juga akan menemukan sebuah jembatan yang sangat panjang menuju ke arah tengah lautan. Jembatan ini dibuat menggunakan susunan kayu yang kuat.

Sehingga, Anda dapat berjalan diatas jembatan sekaligus dapat menikmati keindahan pemandangan. Tepat di bagian ujung jembatan yang menjorok ke laut tersebut, terdapat gazebo.

Nah, melalui gazebo ini bisa Anda gunakan untuk berteduh. Di tempat ini Anda bisa mencoba merasakan sensasi angin yang lebih kencang daripada saat di pantai yang nantinya akan menghilangkan rasa jenuh atau beban Anda dan menyegarkan segala aktivitas kerja yang telah Anda lakukan.

Jembatan ini juga cukup panjang, ketika menyusurinya, Anda bisa berhenti di sisi jembatan tersebut untuk melakukan aktivitas seperti berfoto.

Dengan begitu, Anda dapat mengabadikan momen dengan melakukan swafoto dengan latar belakang pemandangan lautan dan alam sekitar yang begitu menawan..

3. Menikmati Sunset

Objek Wisata Pantai Auri Sepingan

Pemandangan laut pun tak sirna walaupun hari mulai sore. Dikarenakan Anda bisa melihat panorama sunset di sore hari saat cuaca cerah. Pemandangan sunset menyajikan keindahan pemandangan lautan yang berpadu dengan senja berwarna oranye yang menawan.

Anda dapat menikmatinya bersama keluarga ataupun teman. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen tersebut ya karena begitu natural dan menawan.

4. Bermain Air dan Berenang

Berada di sebuah objek wisata pantai, rasanya belum lengkap jika tidak menikmati lautnya. Oleh karena itu, sebaiknya jika akan berlibur di Pantai AURI Sepinggan ini jangan lupa untuk membawa baju ganti dan baju renang secukupnya ya.

Karena, Anda bisa menikmati kesejukan air dari Pantai AURI Sepinggan dengan bermain air atau melakukan aktivitas berenang.

Air laut-nya cukup tenang, ombak-nya yang dimiliki juga tidak terlalu besar serta memiliki permukaan yang dangkal. Sehingga  dapat menambah kenyamanan Anda ketika bermain di dalam air.

5. Memancing

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, di pantai ini juga bisa lho mengekspresikan hobi tersebut. Namun, sebaiknya bawa alat pancing pribadi ya, karena disini tidak tersedia penyewaan alat memancing.

Fasilitas Pantai AURI Sepinggan

Fasilitas Pantai Auri Sepingan

Adapun beberapa fasilitas yang memang disediakan bagi wisatawan ketika berada  di Pantai AURI Sepinggan antara lain adalah :

1. Rumah Makan

Adanya rumah makan, memudahkan Anda untuk mencari makanan atau minuman ringan maupun menu masakan. Anda juga dapat menemukan rumah makan ini dengan mudah di sekitar kawasan pantai.

Adapun menu masakan yang menjadi makanan andalan di sini adalah masakan dari ikan dan seafood yang dimasak dengan bumbu lokal. Rasanya pun hmm begitu lezat lho.

2. Gazebo

Setelah lelah beraktifitas, Anda bisa beristirahat dengan menggunakan fasilitas yang sudah tersedia seperti gazebo.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai dengan duduk-duduk di gazebo ini sambil bercerita atau menikmati bekal makanan yang Anda bawa atau menu makanan yang telah Anda beli di kawasan pantai.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Jika Anda melakukan aktivitas berenang pun tak usah ragu, karena di pantai ini juga menyediakan toilet yang bisa dipergunakan untuk bilas.

Sudah tahukan sekarang informasi terkait dengan Pantai AURI Sepinggan? Mudah-mudahan dengan adanya ulasan singkat diatas dapat menjadikan rekomendasi Anda jika bingung menentukan objek wisata di Balikpapan ya.

Namun, ketika di Balikpapan Anda juga bisa menemukan pantai lain selain Pantai AURI Sepinggan, seperti Pantai Sepinggan Balikpapan dan juga Pantai Serayi yang terletak di Kalimantan Barat.

16 Ulasan untuk Pantai AURI Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur

  1. Pantai Angkasa Indah, pertama kali buka beberapa tahun lalu dan fasilitas yang tersedia belum terlalu lengkap tapi karena baru maka tempat bermain seperti ayunan dan jungkat jungkitnya masih bagus. Tapi sekarang akses masuk harus bayar lumayan mahal (per orang Rp. 10.000 belum dengan parkir Rp.5.000) yang tidak sebanding dengan fasilitas dan kebersihan yang cukup mengenaskan. Pantainya tidak terlalu kotor dibandingkan pertama buka tapi banyak koral dan pecahan botol. Kesimpulannya pantai ini punya potensi bagus untuk wisata tapi harus dikelola lebih baik lagi.

  2. Ma sya Allah, pantainya bersih dan terawat. Cocok buat ngumpul bareng keluarga, teman, komunitas, dll.

  3. Tempat ini cukup bagus, dengan view menghadap pantai dan luas. Pohon-pohonnya banyak dan teduh juga ada rumah-rumah untuk makan minum dan bersantai. Untuk masuk ke tempat ini harus melewati pos pemeriksaan TNI AU karena masuk ke dalam komplek perumahan. Pantai ini terletak di belakang perumahan TNI AU, tetapi sudah dijadikan tempat wisata dengan berbagai fasilitas tadi

  4. Cocok untuk outbond, permainan dan kumpul-kumpul bersama keluarga, teman-teman. Ada banyak tenda dan banyak pohon sehingga lumayan teduh

  5. Cocok untuk hiburan keluarga outdoor dengan suasana pantai dan tersedia cafe untuk makan dan minum…

  6. Pantainya bagus sih cuma kurang dirawat. Terutama wcnya, gk ada air dan mampet lagi

  7. Ada mainan ayun-ayunnya, aku sukaaa 😁 ada jungkat-jungkitnya juga… Ada gazebo.. tapi sayang kurang terurus fasilitasnya… Terus tarif masuknya juga lumayan bengkak ya di kantong… Perorangnya 10.000, terus parkir motor 3.000… pas ke sana pas lagi sepi, jadi enak mau ngakak2.. palingan om2 yg jaga tiket aja yg liatin~~~

  8. bagus untuk tempat santai bersama keluarga, cuman akses ke pantai yang agak ribet 😉

  9. HTM 10 ribu per orang, masuknya dari gerbang Komplek AURI. Jangan lupa bawa cemilan

  10. Pantai nya bagus ada air lautnya, tolong lebih sering dikuras biar airnya jernih gak asin

  11. Pantainya lumayan teduh, tiket masuk juga murah meriah. Tidak banyak penjual makanan minuman di sekitar situ… tapi ada baiknya, kita jadi bawa makanan minuman sendiri dari rumah dengan tempat makan dan tumbler. Siapkan kantong sampah dan kumpulkan sampah kita ya supaya pantai tetap bersih dan nyaman buat semua 😊😉

  12. Lumayan buat cari hiburan bagi para englerr beginers..ada sewa perahu juga 40 k seharian cuiii..

  13. Pantainya bersih, tarif masuknya murah, parkiran luas, ada sarana bermain untuk anak2, banyak pendopo, bagus untuk keluarga yang membawa makanan dari rumah karena sedikit yang jual makanan

  14. Perlu dikembangkan untuk destinasi wisata baru balikpapan. view pesawat saat landing dan take off di bandara SAMS sangat bagus. sayang akses masuk terlalu sempit kalau bawa mobil, ga bisa papasan kl ada mobil dari depan

  15. Tpt nya enak buat nongkrong sore2..sayang kadang ombak bawa sampah banyak😞

  16. Bagus tp yaitu pantainya lumayan kotor

Tinggalkan Balasan