Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Desa Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76116, Indonesia.

15 Ulasan

Berbicara tentang keindahan pantai di Indonesia memang tak ada habisnya. Meskipun pantai yang populer berada di Pulau Bali, namun pada kenyataannya masih banyak objek wisata pantai lain yang indah dan menarik bagi wisatawan.

Tak terkecuali yaitu Pantai Manggar Segarasari yang berada di Kalimantan Timur, tepatnya berada di Balikpapan Timur. Sudah pernahkah Anda mengunjungi-nya?Β 

Jika belum, maka sebaiknya simak informasi di bawah ini terlebih dahulu ya, karena ada hal-hal baru mengenai pantai ini yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke pantai ini.

Sejarah Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari 1

Masyarakat sekitar biasa menyebut pantai ini dengan Pantai Manggar Segarasari, walaupun sebenarnya pantai ini bernama Pantai Segarasari. Namun karena terletak di Desa Manggar, Balikpapan Timur, maka pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Manggar Segarasari.

Sama halnya dengan Pantai Monpera, Pantai Manggar Segarasari juga memilik sejarah pada masa penjajahan. Hal ini dibuktikan bahwa di kawasan pantai terdapat cagar budaya peninggalan masa Jepang saat menduduki Kota Balikpapan.

Oleh sebab itu, pantai yang memiliki luas kurang lebih 13.000 meter persegi ini, memiliki pesona tersendiri bagi para wisatawan.

Tak hanya cerita sejarahnya, namun juga memiliki keunikan lain yang bisa Anda dapatkan ketika berlibur di pantai ini. Luas pantai ini 13.000 meter persegi dengan air laut yang begitu jernih. Serta pasir pantai yang putih dan ombak-nya cukup tenang.

Harga Tiket Masuk Pantai Manggar Segarasari

Pantai ini sudah dikelola dengan pemerintah setempat dan juga dinas terkait. Oleh karena itu, jika berlibur di sini maka Anda akan dikenakan biaya tiket masuk agar bisa menikmati keindahannya.

Tak perlu mahal, untuk dapat memasuki area pantai ini, namun ada perbedaan harga bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Perbedaan harga retribusi tersebut yaitu Rp 5.000 untuk anak-anak, dan Rp 10.000 untuk orang dewasa

Rute Menuju Lokasi Pantai Manggar Segarasari

Rute Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarsari ini tepatnya berada di Desa Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pantai ini berjarak sekitar 13 kilometer dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Untuk menuju objek wisata ini bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 26 menit saja.

Rute yang bisa Anda tempuh jika dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman yaitu dengan melewati jalan Marsma R. Iswahyudi, kemudian menuju ke arah jalan Mulawarman dan menyusuri jalan lurus tersebut.

Kemudian belok ke kanan menuju jalan Partai. Selanjutnya, ikuti saja jalan Partai tersebut sekitar 600 meter dan sampailah ke Pantai Manggar Segarasari.

Objek Wisata Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari merupakan sebuah objek wisata pantai yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Tidak hanya pada hari libur saja namun juga setiap harinya. Beberapa hal yang membuat pantai ini dipilih oleh wisatawan sebagai tempat berlibur, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Wisata Pantai Manggar Segarasari Balikpapan

Ketika berkunjung ke pantai Manggar Segarasari ini, Anda akan menikmati panorama dan keindahan pantai yang sangat indah. Pantai yang dekat dengan jalan raya ini selalu ramai di datangi pengunjung.

Pantai ini juga memiliki taman yang bagus sehingga para pengunjung dapat menikmati suasana pantai dengan duduk santai di kursi-kursi taman yang ada.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Manggar Segarasari

Menuju ke bagian pantai, Anda akan disambut dengan hembusan angin sepoi-sepoi. Angin tersebut membawa ombak yang cukup tenang. Dengan demikian maka memungkinkan jika digunakan untuk berenang.

Anda pun bisa mencoba sensasi berenang atau hanya sekedar bermain air laut Pantai Manggar Segarasari yang segar ini. Untuk lebih menikmati kesegaran air ini, Anda pun bisa menyewa pelampung yang berada di tepi pantai dengan pilihan berbagai ukuran dan bentuk yang menarik.

3. Menaiki Perahu

Pantai Manggar Segarasari Balikpapan

Apabila Anda lupa membawa baju ganti atau memang tidak ingin bermain air yang dapat membasahi pakaian Anda, pantai ini juga memiliki aktivitas menarik dan asik yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan menaiki perahu.

Untuk bisa menaiki perahu tersebut, Anda bisa menyewa perahu terlebih dahulu kepada para nelayan yang menyewakannya di tepian pantai. Ketika sudah menyewa dan menaikinya, maka Anda dapat melihat pemandangan laut dengan mengitarinya secara lebih dekat. 

4. Patung Beruang Madu

Obyek Wisata Pantai Manggar Segarasari

Ketika Anda sampai berada di lokasi kawasan pantai, maka Anda akan disambut dengan patung beruang madu. Beruang madu ini merupakan salah satu ikon kota Balikpapan, oleh karena itu untuk menambah daya tarik wisatawan, maka pengelola mendirikan patung ini.

Tak hanya patung beruang madu saja, di dekatnya pun juga terdapat patung ikan, namun patung beruang madu lah yang berukuran lebih besar. Dengan adanya patung tersebut, Anda bisa memanfaatkan sebagai sarana latar belakang untuk melakukan swafoto.

Hal ini akan membuktikan dan menjadi kenang-kenangan Anda jika telah berkunjung ke kota Balikpapan dan mengunjungi Pantai Manggar Segarasari.

5. Bermain Layang-layang

Bermain Layang Layang Di Pantai Manggar Segarasari

Berlibur di pantai memang akan semakin seru jika dilakukan dengan berbagai kegiatan yang menarik. Selain aktivitas-aktivitas yang telah disebutkan diatas, ketika Anda berada di pantai ini pun bisa melakukan kegiatan dengan bermain layang-layang.

Yap, layang-layang merupakan sebuah permainan tradisional yang bisa dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika Anda ingin bermain layang-layang namun tidak membawa peralatan permainan tersebut pun tak usah bingung. 

Dikarenakan, kawasan pantai ini pun juga terdapat para pedagang layang-layang dengan berbagai pilihan model dan gambar yang menarik.

Dengan demikian, Anda bisa membelinya dan langsung menerbangkan layangan tersebut ke udara dengan bantuan hembusan angin laut Pantai Manggar Segarasari.

6. Jet Ski Dan Banana Boat

Bermain Di Pantai Manggar Segarasari

Wahana permainan air berupa jet ski dan banana boat juga sudah disediakan oleh pengelola dan siap digunakan oleh wisatawan. Jika Anda menyukai adrenalin yang menantang, maka dapat mencoba untuk memainkan dan mengendarai permainan ini.

Untuk bisa menemui-nya, Anda harus menyewa dan membayar terlebih dahulu pada petugas yang berjaga di dekat wahana ini dengan biaya sewa Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Dengan demikian, Anda tak perlu ragu karena permainan ini tetap didampingi oleh instruktur yang akan memandu.Β 

Selain itu, ketika menaiki-nya pun Anda harus menggunakan peralatan keamanan diri seperti pelampung. Sehingga, permainan ini dijamin aman dan Anda akan merasakan sensasi yang seru dan menantang jika mencobanya.

7. Spot Foto

Wisata Pantai Manggar Segara Sari

Untuk menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung, Pantai Manggar Segarasari pun terus berbenah dan mengikuti selera zaman yang berkembang. Salah satu hal yang dilakukan oleh pengelola yaitu dengan mendirikan berbagai macam spot yang menarik.

Dengan demikian pantai ini pun tak hanya mempunyai pemandangan laut yang indah namun juga memiliki berbagai tambahan hiasan yang dapat dijadikan sebagai spot foto.

Sehingga, wisatawan tidak akan merasa jenuh ketika berlibur di pantai ini. Karena dapat mencoba kegiatan berfoto dengan ayunan, tempat duduk gantung dan bahkan beberapa hal lain yang bisa Anda temukan yang pastinya membuat foto Anda terlihat instagramable.

8. Bunker Peninggalan Jepang

Bunker Di Pantai Manggar Segarasari

Anda bisa menemukan sebuah bangunan bersejarah. Bangunan tersebut adalah bunker peninggalan masa penjajahan Jepang di Balikpapan. Bunker tersebut merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk perlindungan para tentara Jepang.

Pihak pengelola juga memperbolehkan wisatawan untuk masuk dan mengunjungi ke bagian dalam bunker. Meskipun digunakan pada masa lampau, namun Anda masih dapat melihat sisa-sisa peninggalan tersebut.

Seperti masih terdapat peralatan perang yang pernah digunakan saat itu. Walaupun kini sebagian peninggalan tersebut dalam kondisi rusak, namun tidak mengurangi nilai-nilai sejarah yang tersimpan.

Dengan adanya bunker dan sisa-sisa peninggalan Jepang, Anda bisa melakukan napak tilas dan mungkin merasakan suasana pada zaman penjajahan. Pada bagian depan bunker juga terdapat papan yang memberi penjelasan mengenai sejarah dan informasi terkait dengan bunker tersebut.

Oleh karena itu, dengan adanya cagar budaya berupa bunker peninggalan Jepang ini, bisa menambah pengetahuan yang baru meskipun saat sedang berlibur.

Fasilitas Pantai Manggar Segarasari

Mengingat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, maka pengelola pun melakukan beberapa renovasi dan penambahan fasilitas secara bertahap.

Hal ini dilakukan agar dapat memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung. Fasilitas tersebut adalah:

1. Area Parkir

Bagi Anda yang berkunjung menggunakan kendaraan, maka dapat memarkirkannya di area parkir yang memang sudah disediakan.

Untuk tarif parkir kendaraan nya pun cukup murah, yaitu Rp 5.000 untuk jenis kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Pantai Manggar Segarasari juga memiliki kamar mandi dan toilet yang bisa dipergunakan. Kondisi dari toilet ini pun cukup bersih, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan nyaman.Β 

3. Gazebo

Jika Anda lupa membawa tikar untuk duduk bersantai pun tak usah bingung. Pantai ini sudah memiliki gazebo yang memang diperuntukkan bagi pengunjung.

Dengan demikian, jika Anda merasa lelah dan butuh beristirahat sejenak, maka gazebo ini dapat dipergunakan untuk bersantai.

4. Amfiteater

Nah, kabar baiknya Pantai Manggar Segarasari ini telah memiliki fasilitas berupa amfiteater yang dibangun oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan dari dana anggaran.

Amfiteater ini digunakan untuk menampilkan berbagai bidang seni dan budaya lokal Balikpapan. Namun, penampilan ini hanya akan ada pada saat akhir pekan atau saat adanya event tertentu saja.

Meskipun demikian, hal ini akan tetap menambah daya tarik wisatawan pantai sekaligus mengenalkan budaya lokal Balikpapan dan juga akan menambah perekonomian masyarakat sekitar.

5. Pujasera

Pasti Anda akan bertanya-tanya apakah itu Pujasera, ya? jadi, Pujasera merupakan singkatan dari Pusat Jajanan Serba Ada, yang memang berada di kawasan pantai ini.

Pujasera ini menyediakan berbagai menu makanan dan minuman bagi Ada yang sedang berlibur di Pantai Manggar Segarasari.

Jadi, jika Anda lupa tidak membawa bekal makanan atau minuman ketika berlibur di pantai ini pun maka Anda bisa membeli makanan atau minuman di Pujasera ini.

Untuk harga makanan yang dijual cukup murah dan bervariasi yakni untuk menu makanan mulai dari Rp 15.000. Cita rasa masakannya pun cukup lezat.

Itulah ulasan mengenai Pantai Manggar Segarasari. Menurut Anda, bagaimana dengan Pantai Manggar Segarasari yang memiliki keindahan, berbagai aktivitas yang bisa dilakukan hingga fasilitas pendukungnya?

Sangat menarik bukan? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Manggar Segarasari tersebut? Silahkan segera buktikan dengan mengunjungi pantai di Balikpapan ini ya.

Selain berlibur di Pantai Manggar Segarasari, Anda juga bisa menjelajah dan mendatangi pantai-pantai lain yang dimiliki oleh Balikpapan untuk berlibur.

Pantai itu seperti Pantai AURI Sepinggan, Pantai Lamaru dan Pantai Serumpun yang berlokasi tidak jauh dan berderet setelah Pantai Manggar Segarasari ini.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Manggar Segarasari yang indah ini. Silahkan rencanakan liburan Anda untuk berkunjung ke pantai ini.

15 Ulasan untuk Pantai Manggar Segarasari, Balikpapan, Kalimantan Timur

  1. Kalau berkunjung ke Balikpapan tapi tidak mampir ke Pantai Manggar rasanya tidaklah lengkap. Sebagai pecinta alam khususnya pantai Pantai Manggar sangatlah perlu untuk dikunjungi. Sisi pantai yang sepi penjual makanan menurut saya cukup bagus dan bersih. Bersantai disini rasanya sangat nyaman dan bisa menikmatinya dengan tenang. Sedang disisi yang banyak penjual makanan, terutama penjual makanan yang tak menetap keadaannya memang berbeda, agak kotor dan relatif banyak sampah. Penjual makanannya pun tidak semua baik, ada yang memanfaatkan situasi dengan menaikkan harga makanannya (terutama yang jualan dipinggir pantai). Jadi kalau membeli makanan harus tanya dulu harganya. Anak-anak senang bermain disini, berlari-lari sambil mengejar kepiting-kepting kecil yang banyak terdapat disini. Kalau bisa menangkap mereka berteriak kegirangan. Kalau cuacanya sedang baik rasanya betah berlama-lama disini. Menu makanan yang ditawarkan warung disini juga cukup bervariasi (tdrutama masakan hasil laut) dan harganyapun wajar. Kalau menurut saya makan dengan menggelar tikar dipantai lebih nyaman dari pada diwarungnya.

  2. Pantainya bersih dan banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang luar biasa murah. Loketnya tutup saat sore, membuat biaya yang dikeluarkan juga menjadi cukup murah. Aksesnya dengan jalan mulawarman, memungkinkan untuk naik angkot, dan tidak terlalu melelahkan. Jalan menuju ke pantai juga sudah sangat baik. Sungguh pilihan yang bagus untuk wisata hemat di balikpapan. Dari kota paling sekitar setengah jam, atau bahkan tidak sampai. Selamat menikmati.

  3. Tempat asik buat nongkrong sama teman, mengadakan acara outdoor seperti retreat, dan asik untuk berkumpul bersama keluarga. Saya harap kebersihan lebih diperhatikan oleh pihak pantai dan menegur pengunjung yang membuang sampah sembarangan, dan juga menyediakan tempat sampah untuk sampah pengunjung agar tidak kotor. Juga untuk karcis masuk, menurut saya tarif yang dipasang terlalu mahal, apalagi untuk kendaraan roda 4, padahal ini tempat rekreasi untuk umum, saya harap kedepannya bisa dikurangi, bahkan digratiskan πŸ˜‚ untuk kamar mandi, sudah cukup bagus namun beberapa kamar mandi terdapat celah bolong di dinding dan dapat memungkinkan privasi terganggu, saya harap juga kedepannya kamar mandi bisa lebih tertutup mengingat terdapat tarif untuk menggunakan kamar mandi. Dan untuk parkiran, sebaiknya diberikan pembatas untuk kendaraan roda 4 karena saat saya berkunjung, banyak mobil yang parkir seenaknya sehingga tidak terdapat tempat untuk parkir. Sekian dan sukses untuk kedepannya. A b c d e f g h i j k l m n o p q r s t. U v w x y z z y x w v u t s r Q p o n m l k j i h g f e

  4. Salah satu wisata pantai di balikpapan. . Terletak di timur nya kota balikpapan, semakin kesini banyak banget perubahan yg lebih baik di pantai ini, ada banyak penjual souvenir, warung makan. Cuma, para pedagang sering memanfaatkan keadaan, harga makanan yg di luar logika. Tips nya supaya tidak kecewa, tanya dulu harga sebelum beli makanan.

  5. Merupaka pantai wisata yg dikelola oleh dinas pariwisata kota balikpapan dan terletak di balikpapan timur atau 45 menit dri pusat kota balikpapan. Terdapat berbagai macam fasilitas untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para pengunjung

  6. Benar benar beda pantai ini sekarang karena fasilitas sudah benar benar baik…. Tapi untuk bagian yang di ujung kurang bagus fasilitasnya jadi ya terkesan biasa…. Dan disini banyak spot foto bagus jadi gak rugi untuk main disini πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  7. Tempat wisata pantai di Balikpapan yang sangat terkenal. Di pantai ini terdapat berbagai macam permainan air seperti banana boat, speed boat, dan kapal yang akan membawa kita menyisiri sepanjang pantai. Dipinggir pantai tersedia tikar dan hamock sehingga pengunjung tidak perlu repot membawa tikar dari rumah. Tersedia juga berbagai macam makanan dan minuman dengb harga yg lumayan terjangkau.

  8. Pantai udah di pugar dan jauh lebih bersih sekarang, cuma jogging track jadi menghilang karena terlalu banyak kendaraan parkir

  9. Lama gak ke pantai manggar banyak perubahan…. Mulai dari jalannya yg sudah beraspal…. Banyak spot foto yg instagramable , Toiletnya yg bagus…. Jembatan yang di cat warna warni…. Dll. . Untuk kebersihan memang masih banyak sampah yg terlihat dipinggir pantai seperti botol minuman…

  10. Masih terasa nyaman kaya dulu, apalagi dengan adanya renovasi.. Cuman buat masuk, harganya udah lumayan gede buat anak kost..

  11. Datang berkunjung pada hari Minggu sekitar pukul 08.30 WITA dan cuaca sangat cerah, sehingga matahari di pantai sudah terik sekali. Ada banyak gazebo2 kecil untuk family gathering, sewa ban, dan perahu karet juga kalau ingin bermain-main di air. Sepertinya cari sunrise & sunset di sini cocok.

    Harga tiket masuk dan parkir lumayan terjangkau. Parkir motor 5 ribu dan tiket per orang dewasa 10 ribu.

  12. Asiiiik jga tiaaap hari libuuuur panjaaaang aq slaaaau maaain di sini berenang dan liburaaaan bareeeeeeng kluuuuuargaaa dan temaaaan teman enaknya kaloooo soooore hariiiii dudukkkkk sambiiiiil nikmaaaaaTi es klapaaaaaaaaaa muuuuuuudaaaaaa rasaaaaaaaaaanyaaaaaaa seeeeegeeeeer bangeeeeeeet…….. Asiiiiiiiiik deeeeeeeeh

  13. Pantainya nyaman buat keluarga dan acara banyak orang, karena lahan untuk nyantai lumayan luas..

    Banyal penjual makanan berat atau pun ringan…

    Tempat parkir luas, mobil motor oky..

    Ada tiket masuknya, mobil, motor, dewasa, anak-anak…

    Pokoknya pingin lagi ke pantai ini…

    Ada penyewaan karpet dan hamoq..

  14. pntai nya bgus suasananya indah ada banana boat nya juga tp pas saya ksna keadaan pantai kotor bnyk smpah yg brserakan .semoga kdpannya lebih dikelola dgn baik πŸ˜ŠπŸ‘

  15. Semakin hari semakin cantink, harus terus di improve. Memperbanyak festival di selenggarakan di Pantai manggar supaya lebih bisa menarik pengunjung. Untuk parkir manajemen lebih di tingkatakan. Usul : untuk membuat taman parkir tidak dekat dengan pantai.

Tinggalkan Balasan