Pantai Mawun

Berbicara soal wisata Pulau Lombok memang tidak akan pernah ada habisnya, keindahan setiap objek wisata yang ada di pulau ini sangat memikat perhatian setiap wisatawan yang datang mengungjungi pulau pemiliki gunung Rinjani ini. Pantai dengan pemandangan bukit-bukit hijau memang sudah menjadi ciri khas dari pulau Lombok ini.

Salah satunya ialah Pantai Mawun . Pantai Mawun merupakan objek wisata Pantai yang ada di pulau Lombok, ciri khas dari Pantai ini adalah bukit besar hijau yang berada mengapit bibir Pantai nya, Pantai mawun memiliki panorama yang sangat menakjubkan, keasrian Pantai Mawun yang belum tersentuh modernisasi membuat lingkungan Pantai ini terasa tenang dan damai.

Harga Tiket Masuk Pantai Mawun

Informasi mengenai Pantai Mawun lainnya adalah Harga tiket masuk ke Pantai ini, yakni sebesar Rp 10.000 per orang. Tentunya harga tersebut dirasa tidak terlalu mahal mengingat akan terbalaskan dengan keindahan Pantai dengan keindahan bukit hijau. Ditambah lagi, anda dapat melihat panorama eksotis yang sangat beragam, serta Pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru dan jernih.

Rute dan Lokasi Pantai Mawun

Pantai mawun berada di lokasi yang cukup rumit dan jauh dari perkotaan, sehingga membuat kita sangat sulit untuk mendatangi Pantai ini. Terlebih dengan kondisi jalan yang tidak begitu bagus, akan menghambat dan memperpanjang waktu perjalanan.

Pantai mawun ini berada di antara 2 Lokasi yakni Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak yang juga tidak kalah indah dan mempesona dari Pantai ini. Pantai Mawun berlokasi tepatnya di Desa Tumpak, Kec.Pujuk, Kab.Pulau Lombok Tengah.

Untuk mencapai lokasi Pantai Mawun ini, wisatawan bisa menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam dari kota Mataram dengan kendaraan bermotor. Walaupun harus membutuhkan waktu perjalanan yang lama dengan lokasi yang cukup jauh, namun anda tidak akan sia-sia ketika sampai ke lokasi ini.

Kegiatan Wisata di Pantai Mawun

Lokasi Pantai yang cukup jauh dan membutuhkan waktu perjalanan yang terbilang cukup lama, tidak akan menjadi hambatan bagi wisatawan untuk bertamasya ke Pantai indah ini. Keadaan Pantai yang terbilah sudah terbebas dari sampah sehingga membuat lingkungan Pantai Mawun terlihat bersih dan indah, tidak ingin terlewatkan ketika anda berkesempatan mengunjungi Pulau Lombok.

Anda akan merasa betah dan nyaman dengan suasana yang menenangkan dari Pantai Mawun yang masih asli ini, angin yang sepoi-sepoi menyejukan kala kita berada dipinggir Pantai untuk menikmati deburan ombak yang tidak terlalu besar menambah ciri khas dari Pantai ini. Beberapa kegiatan wisata yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Panta Mawun adalah sebagai berikut:

1. Berenang dan bermain Ombak di Pinggir Pantai

Berenang memang seperti kegiatan wajib yang sering kita lakukan saat berwisata ke Pantai, terlebih jika Pantai tersebut memiliki air laut yang biru dan jernih serta pasir putih yang seolah-olah memanggil kita untuk bermain bersamanya.

Namun, ada beberapa Pantai yang tidak diperbolehkan untuk wisatawan yang ingin berenang, seperti misalnya Pantai dengan ombak yang sangat besar yang memang tidak aman bagi keselamatan para pengunjung. Akan tetapi tidak untuk Pantai mawun.

Karakteristik ombak yang tidak begitu besar, sehingga memungkinkan bagi para wisatawan yang ingin berenang di Pantai ini, serta air laut yang biru dan jernih akan membuat kita semakin ingin menikmati kejernihan laut tersebut. Berenang di Pantai Mawun tidak berbahaya dan memang menjadi salah satu kegiatan wisata di Pantai ini.

Akan tetapi, walaupun tidak terlalu bahaya bagi anda yang ingin berenang di Pantai tersebut untuk tetap berhati-hati, terutama jika anda membawa anak-anak, agar tetap mengawasi anak-anak anda ketika berenang, sebab dasar Pantai yang cukup curam bisa membuat anak anda masuk kedalam bagian Pantai yang dalam, maka dari itu harus tetap mengawasi sang buah hati anda.

2. Menikmati kelezatan hidangan Seafood di Pantai Mawun

Seafood adalah makanan khas dari suatu Pantai, tak terkecuali Pantai Mawun. Banyak warung-warung tradisional yang berada di pinggir Pantai Mawun, yang memungkinkan anda untuk menikmati Seafood di pulau Lombok ini. Tersedia berbagai menu seperti Lobster, Kepiting, Ikan-ikan laut yang dimasak dengan bumbu khas Lombok.

Pemandangan Alam yang indah dari Pantai Mawun ini akan menambah selera makan anda saat bersantap di Pantai ini. Pemandangan hijau dari bukit-bukit yang terbentang di Pantai Mawun serta angina sepoi-sepoi yang menyejukan turut serta sebagai penambah selera makan anda.

3. Menikmati keindahan Pantai sambil bermalam di Pantai mawun

Mengingat Pantai ini belum tersentuh oleh modernisasi sehingga tidak ada penginapan yang berada di lokasi Pantai mawun ini. Namun, bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam Pantai Mawun yang masih asli, dan ingin bermalam disini, anda bisa berkemah disini.

Namun sebelumnya, demi keamanan dan keselamatan anda saat melakukan camping disini, anda diwajibkan untuk membayar keamanan kepada masyarakat disana sebesar Rp.50.000 per malam.

Ulasan Pengunjung

  • Andi Baso Mappincara
    2 bulan lalu
    Pantai Mawun Lombok Tengah – Mawun adalah salah satu nama pantai yang terkenal di Lombok saat ini. Pantai Mawun terletak di daerah Praya kabupaten Lombok Tengah. Pantai Mawun merupakan salah satu wisata pantai yang sangat indah di Pulau Lombok.Pantai Mawun juga merupakan salah satu dari beberapa deretan pantai selatan di Pulau Lombok sama seperti pantai Tanjung An. Pantai Mawun bisa dibilang sebagai surga tersembunyi di sebelah selatan pulau Lombok. Dikatakan surga tersembunyi karena pantai Mawun belum banyak dikenal oleh para wisatawan. Ketika penulis berkunjung ke pantai Mawun, waktu itu kalau tidak salah hanya ada 3 atau 4 turis yang sedang berjemur di pinggir pantai. Tapi seandainya sudah banyak yang tau, mungkin para wisatawan akan berbondong-bondong mengunjungi tempat ini. Dari semua pantai yang penulis kunjungi, sampai saat ini belum ada yang bisa menyaingi keindahan pantai Mawun ini. Karena bukan hanya sekedar indah, tapi tempatnya juga masih terjaga keaslian dan kebersihannya. Pantai mawun juga merupakan salah satu objek wisata dengan panorama pantai dan pegunungannya yang tidak kalah bagusnya dengan pantai Selong Belanak, Pantai Kuta, dan Pantai Lainnya. Dimulai dari keindahan pasir, pantai, pegunungan dan bukitnya juga. Pasir putih dengan garis pantai panjang dan bibir pantai yang juga panjang akan melengkapi ombak besar dengan sensasi berselancar yang luar biasa. Tidak salah beberapa orang menyebutnya sebagai salah satu pantai surga. Hal yang paling indah adalah pemandangan ketika kita melihat ke arah garis yang memisahkan pantai dan langitnya. Terlihat air laut yang mengisi pantai Mawun berasal dari sebuah area yang hampir mirip seperti selat yang diapit oleh 2 gunung yang masih hijau dan sangat indah.Pantai Mawun juga sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang suka dengan fotografi, terutama yang suka mengabadikan gambar pemandangan (landscape). Selain pesisir pantainya yang masih bersih, 2 gunung yang mengapit jalur masuknya air laut juga dapat dijadikan sebagai objek fotografi yang sangat bagus. Beberapa tempat seperti Pantai Kuta, Pantai Selong Belanak, Pantai Seger, dan Pantai Mawun kerap menjadi tempat tujuan wisata. Salah satu contoh, Pantai Mawun (Mawun Beach). Mawun adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, NTB. Lokasi yang cukup jauh dan kehidupan yang masih primitive menjadikan destinasi wisata Pantai Mawun masih kurang terjamah saat ini jika dibandingkan dengan Pantai Senggigi dan gugusan 3 Gili (Trawangan, Meno, Air) yang cukup terkenal. Padahal panorama alam dan perbukitan yang hijau, disertai keindahan pantai tidak kalah indah dan menawan.
  • Izzati Choirina
    sebulan yang lalu
    Ini pantai kece abisss. Keren. Kesana sebelum subuh, jadinya bisa lihat matahari muncul dari balik bukit. Cantik banget. Air nya jernih bersih. Ombak okeh. Keren lah pokok nya. Akses kesana juga bagus jalan nya. Top abisss
  • liizha anwar
    sebulan yang lalu
    Pantainya bersih, bagus, asri. Pas banget buat yg mau maen kesini. Untuk biaya masuknya utk motor cukup 10 ribu rupiah saja. Disini kalau mau duduk-duduk dibawah payung harus beli kelapa dulu 50ribu 2 buah Kalau mau lama. Airnya tenang. Cocok banget untuk yang mau main air disini karna bersih, jernih dan ombaknya tenang
  • Hari yanto
    5 bulan lalu
    Melihat air pantai mawun yang sangat biru akan membuat siapapun tidak tahan untuk segera bermain-main dengan air. Entah berenang atau sekedar berbasah-basahan. Tapi Anda harus tetap hati-hati karena ombak yang datang pada sisi pantai bagian tengah relatif lebih besar dibandingkan pada sisi sebelah timur dan barat karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi kalau mau aman, Anda pilih lokasi pantai yang ada pada bagian timur dan barat karena ombaknya cukup tenang dan terlindung oleh bukit. Bibir pantai ini cukup dalam, beberapa pengunjung ada yang melakukan snorkeling untuk menyaksikan keindahana bawah air. Pasir putih selembut sutera juga bisa anda temukan di sini. Berjalan-jalan sambil bertelanjang kaki pun tidak masalah karena anda bisa merasakan langsung suasana pantai yang sebenarnya sambil mengitari kawasan pantai mawun
  • joni indo
    4 bulan lalu
    Wisata keluarga pertama di pantai Mawun, pantai bersih dan putih dengan ombak yang bersahabat. Tidak kalah dengan pantai-pantai di pulau Bali. Sangat menarik sebagai wisata pantai di sekitar kota Mataram dan tidak jauh dari bandara internasional Mataram.