Pantai Seger

Alamat: Kuta, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Lombok, salah satu destinasi wisata setelah bali. Banyak wisatawan berbondong – bondong menuju Lombok, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata yang terkenal di Lombok adalah keindahan dan keaslian pantainya. Salah satu pantai di Lombok yang menjadi destinasi favorit para wisatawan adalah Pantai Seger. Pantai ini terletak di Desa Sukedane, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTT.

Pantai ini terdiri atas beberapa bagian, yang tiap bagiannya mempunyai ciri khasnya sendiri. Bagian tersebut adalah bagian tengah yang biasa disebut sebagai seger satu,  kemudian sisi selatan yang disebut sebagai seger dua. Selanjutnya bagian utara, Ombak dan arus disetiap bagiannya pun berbeda – beda. Arus dan ombak tenang pada bagian utara dan selatan dan sebaliknya pada bagian tengah.

Harga Tiket Masuk di Pantai Seger

Untuk dapat memasuki Pantai Seger cukup murah, yaitu sekitar Rp 5000 untuk motor, dan Rp 10.000 bila Anda mengendarai mobil.

Rute Menuju Lokasi Pantai Seger

Pantai Seger dapat dicapai dengan kendaraan bermotor. Apabila Anda dari bandara internasional yang terletak daerah Praya, Anda dapat mencapai Pantai Seger hanya dalam waktu 30 menit saja. Bila anda sedang berada di Pantai Kuta, lalu ingin melanjutkan ke Pantai Seger, Anda cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk mencapainya. Apabila dari arah Senggigi, sekitar 1,5 jam untuk sampai di Pantai Seger.Sedangkan dari Mataram butuh waktu sekitar 1 jam untuk mencapai pantai ini. Kemudian untuk masuk ke pantai bagian tengah, Anda dapat melaluinya dari sisi utara. Sedangkan untuk masuk ke pantai bagian selatan, Anda dapat melalui sisi selatan.

Obyek Wisata di Pantai Seger

1. Legenda Masyarakat

Berkembang legenda masyarakat mengenai Pantai Seger ini, yaitu tentang kisah Putri Mandalika, seorang putri kerajaan yang teramat cantik paras dan budi pekertinya. Menjadikan banyak pengeran dari kerajaan lain ingin mempersuntingnya. Lamaran mereka ajukan, dan semua lamaran pangeran tersebut diterima oleh sang putri. Namun, hal di luar perkiraan sang putri terjadi.

Para pangeran tersebut akhirnya saling bersaing, tidak hanya itu, mereka lalu bersepakat untuk mengadakan peperanganguna memperebutkan sang putri dan menjadikannya istri. Mendengar kabar tersebut, sang putri tidak rela. Sang putri tidak ingin terjadi perang, perpecahan atau pertumpahan darah. Tidak ingin semua hal itu terjadi, sang putri pun melakukan sesuatu.

Putri Mandalika menceburkan dirinya kedalam laut. Dan sang putri pun menghilang. Namun, tidak lama berselang, muncul cacing – cacing laut yang indah di tempat sang putri menceburkan diri. Sehingga cacing – cacing laut yang disebut dengan nyale tersebut dipercaya sebagai penjelmaan atau reinkarnasi dari Putri Mandalika. Kepercayaan tersebut berkembang sampai saat ini.

Untuk mengingat legenda dan menghormati Putri Mandalika, dibangun sebuah monumen Putri Mandalika. Tidak hanya sang putri, namun patung tiga pangeran turut dibangun bersamanya di bagian utara dari Pantai Seger. Tidak hanya itu, berdasarkan legenda yang berkembang, para masyarakat lokal pun menyebut Pantai Seger ini dengan sebutan Pantai Legenda Putri Nyale.

2. Festival Bau Nyale

Festival yang berkembang terkait dengan legenda masyarakat yang beredar tentang Putri Mandalika yang menjelma menjadi nyale, atau cacing laut. Festival ini diadakan pada bulan Februari hingga Maret. Festival dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk para wisatawan lokal maupun asing. Festival Bau Nyale diadakan dengan menangkap nyale (cacing laut) sebanyak – banyaknya. Tahukah Anda kalau cacing ini kaya akan protein, sehingga oleh masyarakat sekitar cacing ini kemudian dimasak dan dikonsumsi.

3. Ombak Bagi Pecinta Selancar

Ombak yang cukup besar dan jernih dimiliki Pantai Seger pada bagian tengahnya. Bagi Anda yang senang berselancar, wajib mencicipi ombak di Pantai Seger ini.

4. Spot Snorkeling, Berenang, atau Bermain Kano

Bila dibandingkan dengan bagian tengahnya, Pantai Seger bagian utara dan selatan ombak dan arusnya cukup tenang. Aman bagi Anda melakukan kegiatan olahraga air ringan, seperti kano, berenang, atau snorkling, karena biota laut di Pantai Seger pun beragam dan indah. Apabila sedang surut, Anda dapat berjalan sampai ke tengah – tengah laut, namun harus tetap hati – hati dan waspada.

5. Batu Jamur / Batu Tengkong

Berada di bagian selatan Pantai Seger. Disebut sebagai batu jamur atau tengkong karena bentuknya yang seperti jamur. Batu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melihatnya langsung, dan berfoto ria.

6. Bukit Seger  Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Bukit

Anda dapat menikmati landscape pantai secara keseluruhan dengan menaiki bukit seger yang berbentuk landai.

7. Pantai Berpasir Putih yang Indah

Pantai Seger, salah satu pantai pasir putih dengan teksturnya yang halus hingga sedang. Dipadukan dengan bukit, dan air laut yang masih jernih, menjadikan Pantai Seger makin indah dipandang.

8. Air Laut yang Masih Biru

Air laut Pantai Seger belum tercemar, hingga warnanya pun masih biru jernih, dengan ombak dan arus yang berbeda – beda di tiap bagian pantai ini

9. Sunset yang Indah

Salah satu tempat untuk menikmati sunset dengan jelas adalah pantai. Dan Pantai Seger menawarkan keindahan ini.

10. Spot Foto yang Beragam

Terdiri dari beberapa bagian dengan karakteristiknya masing – masing, menjadikan Anda yang berkunjung akan mendapatkan background foto yang beragam yang membuat Anda tidak jenuh.

Sesuai dengan namanya, Pantai Seger, pantai yang membuat Anda segar kembali dengan keindahan panoramanya hingga legenda yang beredar di masyarakatnya. Bagian utara dengan patung Putri Mandalika, bagian selatan dengan batu jamurnya, dan bagian tengah dengan ombak bagi pecinta selancar. Begitu banyak yang ditawarkan pantai ini bukan? Jadi tunggu apa lagi, Pantai Seger sudah menanti Anda.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Seger

  1. Pantai indah ini di kelilingi oleh perbukitan kecil yang dapat kita naiki. Pemandangan dari atas salah satu bukit yang saya naiki sangat indah, mata jadi sangat luas memandang. Kalo lagi ke Lombok harus kesini yaaa… Ga cukup dijelaskan dengan kata-kata. Harus datang, melihat dan merasakan langsung suasana disini 😄

    16 Juni 2018, 14:30 WIB

  2. Pantai indah, banyak bukit untk selfie dengan pemandang pntai yg indah mempesona, biaya masuk cmn 5rb, free parkir, aman, sejuk & enak untk berselancar

    3 Juli 2018, 00:25 WIB

  3. Dilokasi ini setiap tahun diadakan pesta Bau Nyale yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara

    2 Agustus 2018, 02:08 WIB

  4. Kemarin pas kesana pas surut airnya jadi bebas foto2 dibawah.. Tidak sempat naik ke perbukitannya.. Sayang banget, karena waktu jalan2 nya mepet

    19 Agustus 2018, 01:27 WIB

  5. Seger beach, a very beautiful beach in lombok, where white sand beautiful wave and reef make it even better. Great for surfing, or just chill. The best part is when u climb the hill there you will see the greatest view, stay there till dawn, the sunset is wow

    5 September 2018, 20:28 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Seger

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *