Pantai Mekaki

Alamat: Jl. Raya Mekaki, Pelangan, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar. 83365, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang berada di bagian tengah wilayah Indonesia menawarkan berbagai keindahan pantainya. Begitu banyak objek wisata di Lombok ini, baik pantai yang sudah dikenal di mancanegara, sampai dengan pantai – pantai tersembunyi yang tidak kalah indahnya. Salah satunya adalah pantai yang terletak diantara perbukitan di Kabupaten Lombok Barat, yaitu Pantai Mekaki.

Pantai Mekaki, disebut sebagai salah satu keindahan yang tersembunyi yang dimiliki oleh alam Indonesia. Mengapa? Karena banyak yang belum mengenal Pantai Mekaki, sehingga masih sedikit yang berkunjung ke pantai ini. Selain itu letaknya yang agak tersembunyi di antara perbukitan bagian selatan Sekotong.Pantai ini tepatnya terletak di Jalan Raya Mekaki, Pelangan, Sekotong Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Harga Tiket Masuk di Pantai Mekaki

Tiket masuk ke Pantai Mekaki cukup murah, setiap orang dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,-. Untuk biaya parkir kendaraan, motor sebesar Rp 5.000,- mobil Rp 10.000,- dan bus sebesar Rp 20.000,-. Cukup murah bukan? Namun pemandangan yang disajikan tidak kalah dengan pantai–pantai yang sudah terkenal dan dengantiket masuk yang mahal.

Rute Menuju Lokasi Pantai Mekaki

Cukup mudah untuk mencapai Pantai Mekaki, hanya dengan menempuh perjalanan darat. Sebaiknya Anda gunakan kendaraan pribadi/sewa/jasa travel untuk memudahkan perjalanan Anda, karena perjalanan yang akan Anda tempuh cukup lama, yaitu sekitar 1,5 – 2 jam bila Anda dari arah Mataram. Perjalanan menuju pantai ini adalah perjalanan yang menyusuri perbukitan dan persawahan masyarakat.

Tidak heran bila perjalanan menuju pantai ini menanjak dan menurun. Hanya sekitar 100 meter sebelum memasuki Pantai Mekaki, Anda akan melewati jalanan yang berbatu, namun masih aman dan nyaman untuk dilewati. Selain persawahan dan perbukitan, pemandangan yang disajikan sepanjang perjalanan menuju Pantai Mekaki adalah gugusan Gili, yaitu Gili Nanggu, Gili Gede, dan Gili Penyu.

Obyek Wisata di Pantai Mekaki

1. Keindahan Alami

Pantai Mekaki dikelilingi oleh perbukitan. Bukit yang mengelilinginya masih hijau, karena pepohonan yang tumbuh disana. Selain itu juga terdapat persawahan masyarakat sekitar, membuat pemandangan Pantai Mekaki menjadi beragam.Kemudian dipadukan dengan pasir putih dan air laut yang jernih, tidak lupa pohon kelapa yang banyak tumbuh di bibir pantainya menjadikan nuansa alami makin terasa di Pantai Mekaki. Tidak jarang penduduk sekitar menawarkan buah kelapa segar yang tumbuh di sekitar pantai untuk dikonsumsi oleh Anda. Anda cukup membayar sekitar Rp. 10.000,- saja sebagai ungkapan terimakasih. Begitu menarik bukan? Menikmati keindahan pantai yang masih alami dengan menyeruput kelapa segar dari pohon kelapa yang tumbuh di Pantai Mekaki.

2. Indahnya Perjalanan Menuju Pantai Mekaki

Untuk mencapai Pantai Mekaki, Anda harus melalui jalan perbukitan, karena memang Pantai Mekaki terletak diantara bukit – bukit. Walau harus melewati perbukitan, Anda tidak akan merasa jenuh selama perjalanan, karena pemandangan selama perjalanan menuju Pantai Mekaki begitu indah dan menakjubkan. Selain hijaunya perbukitan, hijaunya persawahan akan Anda temui sepanjang perjalanan. Lalu, tidak ketinggalan gugusan pulau–pulau kecil yang disebut dengan Gili dari kejauhan dapat Anda nikmati.

3. Suasana Pantai yang Tenang Mendamaikan

Pantai Mekaki masih belum dikenal oleh para wisatawan, menjadikan pantai ini belum ramai dikunjungi dan keindahannya masih terjaga. Dengan pengunjung yang masih sedikit, sehingga tidak banyak yang lalu lalang di pantai. Ini menjadikan Pantai Mekaki salah satu pantai yang menawarkan ketenangan selain keindahannya yang mampu membuat Anda merasa damai dan rileks sejenak dari semua rutinitas bahkan dari permasalahan di kehidupan Anda.

4. Karang Pantai yang Indah

Pasir Pantai Mekaki berupa pasir putih yang berasal dari karang yang sudah hancur, menjadikan tekstur pasir di pantai ini sedikit kasar, namun tetap aman bila Anda ingin berjalan–jalan di atas pasir Pantai Mekaki tanpa alas kaki.Selain putih, pasir pantai di Pantai Mekaki pun masih bersih, belum tercemar. Anda pun dapat menemukan kerang–kerang indah yang dapat Anda jadikan objek foto diantara pasir putih Pantai Mekaki.

5. Ombak Cukup Besar Namun Bersahabat

Ombak di pantai ini tergolong cukup besar. Namun tetap aman bagi Anda untuk bersantai dan menikmati keindahan di bibir pantainya atau berenang di tepi Pantai Mekaki dan melihat keindahan biota pantai ini. Namun harus tetap hati – hati dan waspada.

6. Air Laut yang Jernih

Air laut di Pantai Mekaki belum tercemar oleh kegitan manusia, sehingga masih terlihat jernih. Bila dilihat, pantai ini memiliki dua warna air laut, yang sebenarnya menggambarkan kedalaman dari laut Pantai Mekaki. Warna hijau toska yang jernih berada di tepi yang menandakan tidak dalam, kemudian makin ke tengah berwarna biru hingga biru tua yang jernih, menandakan laut di Pantai Mekaki yang semakin dalam.

7. Bukit untuk Menikmati Landsacape Pantai Secara Keseluruhan

Apabila Anda ingin melihat landscape Pantai Mekaki secara keseluruhan, Anda dapat melihatnya dari atas bukit yang mengelilinginya. Pantai ini terlihat cekung ke dalam diantara bukit yang mengelilinginya, membuatnya terlihat seperti bulan sabit yang indah bila dilihat dari atas bukit.

Penasaran bukan dengan keindahan Pantai Mekaki yang tersembunyi? Sebelum Anda menyesal, dan sebelum pantai ini menjadi pantai yang terkenal di seluruh dunia, yang menjadikan harga tiket masuk ke pantai ini menjadi mahal, dan sudah berkurang keindahan serta keasliannya, segeralah berkunjung ke pantai yang menjadi salah satu surga tersembunyi yang dimiliki oleh alam Indonesia.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Mekaki

  1. Pantai yg bagus dengan ombak yg besar, masih sepi jarang pengunjung. Sebelum sampai k pantai dari jalan yg dilewati untuk menuju k pantai terdapat pemandangan pantai yg sangat indah dilihat dari atas, dpat view menyeluruh pantai dr ujung k ujung, sayangnya saya tak sempat motret.

    15 Januari 2018, 07:17 WIB

  2. Ada di ujung sekotong. Pantainya sepiiii kayak milik pribadi dan bagus sekali. Biasa bakal ada anak muda sekitar yang nawarin kelapa muda 10ribu saja. Kelapanya fresh dari pohon langsung.

    6 Maret 2018, 22:45 WIB

  3. pantainya masih alami… view nya bagus banget… serasa pantai pribadi… sayangnya belum dikelola dengan baik.. tidak ada fasilitas apapun…

    4 Mei 2018, 00:21 WIB

  4. Bagus bangettt, masih sepi, ombak gede, banyak pohon kelapa.. Enak buat surfing dan camping kali ya

    17 Mei 2018, 03:59 WIB

  5. Pantai mekaki terletak di wilayah sekotong selatan. Dari arah sekotong sampai dengan pintu masuk wilayah pantai sangat bagus. Namun dari pintu masuk wilayah pantai jalannya curam dan sangat jelek. Harus hati2 di jalanan ini.. . Pinggir pantainya sangat luas tanpa ada tempat ataupun pohon untuk berteduh. Selain itu daerah pantai mekaki kurang terjaga kebersihannya.. . Pantai mekaki memiliki ombak yang cukup besar yang biasa digunakan untuk surfing. Pantainya tidak cocok untuk bermain-main karena ombak yang besar tanpa adanya penjaga pantai.

    17 Agustus 2018, 00:51 WIB

  6. Sangat cocok bagi anda yang suka suasana pantai. Pantainya sangat indah, bersih, dan sangat nyaman, lokasinya juga mudah di jangkau, dari bandara internasional lombok bisa melalui angkutan bus, atau sewa mobil juga banyak, untuk penginapan juga banyak, harga terjangkau. Untuk warung makan juga banyak pilihan, harga terjangkau.

    10 September 2018, 06:42 WIB

  7. Masih sejuk asri… Tapi pengunjung tidak terlalu ramai

    15 September 2018, 04:42 WIB

  8. Memiliki pasir putih dengan view pantai yang luas dan ombak yg besar, cocok untuk weekend.

    23 September 2018, 03:55 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Mekaki

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *