Pantai Ngeden

Alamat: Krambil Sawit, Sapto Sari, Bedalo, Krambil Sawit, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Pantai Ngeden beradadi desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sebelumnya pantai ini bernama Ngedan kemudian setelah dikelola pemerintah, masyarakat sekitar menggantinya dengan pantai Ngeden.

Pantai Ngeden termasuk pantai yang masih alami karena belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Meskipun demikian, pantai ini cukup populer di kalangan masyarakat lokal atau sekitar khususnya para pecinta alam. Di sana menyuguhkan banyak pesona alam yang menakjubkan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngeden

Untuk menikmati pemandangan indah pantai Ngeden pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja bagi pengunjung yang membawa kendaraan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 4.000 untuk mobil.Sementara itu bagi pengunjung yang ingin memancing maupun camping tidak dipungut biaya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngeden

Untuk sampai ke pantai Ngeden dari Yogyakarta harus bisa melewati Jalan Wonosari – Sampaan – Piyungan – Bukit Bintang – Sambipitu – Hutan Bunder – Gading atau pertigaan sesudah lapangan udara ke arah kanan menuju Playen – Tumpak – Pasar Playen – Kecamatan Playen – Pasar Paliyan – Pusat latihan TNI AD masih lurus ke selatan sesudah ada telaga belok ke kanan – Polsek Saptosari – Jalan Jalur Lingkar Selatan – Lapangan Saptosari lurus  kemudian sampai di pertigaan depan balai desa Jetis belok kiri – SMPN 2 Saptosari – SDN Bibis sampai ke pertigaan belok kanan dan memasuki jalan corblok di sana terdapat papan petunjuk menuju lokasi pantai Ngeden.

Selain itu juga ada rute yang lebih sederhana sebagai alternatif yaitu dimulai dari Yogyakarta melewati Bantul – Imogiri – Tanjakan Siluk – Panggang – Saptosari – Desa Krambilsawit – Dusun Bedalo dan akhirnya menuju lokasi pantai Ngeden. Jadi, untuk menuju ke pantai ini bisa menggunakan transportasi probadi berupa motor maupun mobil.

Obyek Wisata di Pantai Ngeden

1. Terdapat Gazebo Khusus Pengunjung

Sejak pantai Ngeden dikelola oleh pemerintah daerah beberapa hal seperti kebutuhan pengunjung mulai diperhatikan seperti halnya gazebo. Di sana terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung sebagai tempat berteduh atau sekedar santai sambil menikmati pemandangan pantai dan lautan.

2. Pemandangan Dua Bukit di Samping Kanan Kiri

Sebagaimana pantai Gunungkidul lainnya, pantai Ngeden juga dikelilingi oleh bukit ataupun tebing yang cukup tinggi.Bukit tersebut tampak kehijauan dan menambah pesona pantai Ngeden. Di puncak bukit tersebut juga ada gardu pandang yang bisa dijadikan tempat melihat pemandangan alam sekitar.

Pengunjung bisa menaiki puncak bukit karena sudah tersedia jalan setapak yang permanen menuju bukit. Di sana pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dan laut secara keseluruhan dari jarak yang relatif jauh. Meskipun demikian harus tetap hati-hati karena jalannya yang licin dan terjal.

3. Hamparan Pasir Pantai yang Luas

Pantai Ngeden mempunyai hamparan pasir yang luas dan berwarna putih, selain itu sangat bersih. Aapalgi ditambah dengan warna kebiruan laut di sekiitar pantai membuat pemandangan alam di sana sangat menakjubkan.Hal itu dikarenakan pantai ini masih sangat alami dan belum banyak masyarakat luas yang mengetahui keberadaan destinasi wisata ini.

Hamparan pasir yang luas dan bersih tersebut setidaknya aman bagi pengunjung untuk sekedar bermain pasir, bermain bola, voli, dan sebagainya.Selain itu pengunjung juga bisa berfoto denga latar belakang bentanga laut yang biru atau sekedar menjadikan pantai Ngeden dan lautnya sebagai objek fotografi.

4. Bisa untuk Memancing

Beberapa warga sekitar terlihat memancing di tepi lautan ataupun di atas batu karang yang ada di sekitar laut. Pengunjung sebenarnya juga bisa melakukan hal demikian, namun harus membawa peralatan sendiri dari rumah sebab di sana tidak menyediakan peralatan memancing dan sebagainya.

Di pantai Ngeden terdapat kawasan terumbu karang yang banyak dihuni oleh ikan kerapu dan lobster. Air laut di pantai ini juga cukup tenang sehingga tetap aman bagi pengunjung yang sedang memancing ataupun sekedar berenang di lautan.

5. Cocok untuk Camping

Sering kali pantai ini dijadikan sebagai tempat camping baik bersama teman maupun keluarga kecil. Pengunjung yang ingin camping harus membawa kebutuhan atau peralatan sendiri dari rumah karena di sana tidak menyediakan hal tersebut. Meskipun demikian harus tetap menjaga kebersihan pantai.

6. Fasilitas yang Cukup Lengkap

Pengelolaan destinasi wisata ini sudah cukup baik karena di sana sudah ada beberapa fasilitas untuk kebutuhan pengunjung seperti warung, toilet, area parkir, dan lainnya. Pengunjung yang berlama-lama di sana tidak perlu khawatir akan makanan karena sudah tersedia di warung cukup lengkap sekaligus minuman.

Selain itu juga ada penyewaan payung payung dome, sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari tempat berteduh sesuka hati. Begitu pula dengan tempat peristirahatan sementara seperti gazebo sebagaimana pada keterangan di atas.

7. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sunrise dan sunset di pantai Ngeden. Namun jika ingin lebih jelas melihat sunrise maupun sunset, pengunjung bisa naik menuju puncak bukit samping pantai. Bagi yang menyukai dunia fotografi, pemandangan tersebut bisa menjadi objek yang sangat diidamkan.

Ketika matahari terbenam langit di atas laut dan pantai terlihat indah kekuningan dan jingga. Sementara itu ketika sedang terbit di pagi hari sinarnya membuat pasir pantai Ngeden terlihat lebih putih cemerlang dan bersih. Jadi, pemandangan tersebut sangat cocok untuk spot swafoto dan sebagainya.

Demikian ulasan tentang pantai Ngeden yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai besar yang ada di Gunungkidul. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Yogyakarta sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ngeden

  1. Pantainya bikin nagih pengen datang lagi.. 😍 suasana ada diatas dan dibawah tebingnya itu sesuatu banget lah. Dan belum banyak pengunjung juga.. semoga semakin di tingkatkan fasilitasnya..

    2 Agustus 2018, 18:23 WIB

  2. Not too crowded. Kalau mau ke pendopo atas bukit kudu hiking (duh!). Pasir putih. Nggak banyak tempat teduh, kecuali di atas, di tempat makan.

    19 Agustus 2018, 17:00 WIB

  3. Gunung Kidul !. ⚠️ 2jam ramai lancar dari Malioboro .. Dari jalan raya masuk jalan desa, batu rata 3KM, semen 3KM (sempit pas 1mobil), hanya ada beberapa spot untuk papasan 🚗 . . 🚫 Parkir mobil ±15 kapasitas . . 🚾 Sedikit toilet , kalau non libur TUTUP SEMUA . . 🏖️ Garis pasir pantai jauh, cocok bawa anak kecil . . #MantapJiwa

    25 Agustus 2018, 22:21 WIB

  4. Kalau suka dengan pantai yang cukup sepi, bisa pilih pantai ini. Apalagi jika berkunjungnya tidak bertepatan liburan. Banyak tulisan jagalah kebersihan dan jangan membuang sampah, sayangnya cari tempat sampah susah.

    28 Agustus 2018, 22:17 WIB

  5. Jalan menuju lokasi sangat wow, mungkin karena belum banyak wisatawan. Lokasi kurang terawat. Tapi pemandangannya tetep OK

    27 September 2018, 07:48 WIB

  6. akses ke lokasi cukup mudah, sudah banyak penunjuk arah, ga terlalu rame, bisa menikmati laut di pasir atau dr tebing yg udah ada gazebonya.. prewed di sini banyak pilihan spot nya

    29 September 2018, 00:34 WIB

  7. pantai Ngeden, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, salah satu pantai cantik yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantai sepi ini cocok bagi pecinta petualangan karena nyaman digunakan untuk camping. . . Untuk menuju Pantai Ngeden, dari kota Wonosari berjarak sekitar 28 km, dengan melalui jalan menuju Kecamatan Panggang. Selain itu bagi wisatawan dari Yogyakarta bisa melalui pantai Parangtritis naik ke atas dengan jarak sekitar 15 km dari perbatasan Bantul-Gunungkidul melewati Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Tak perlu takut, karena sudah banyak papan petunjuk ke Pantai Ngeden

    3 Oktober 2018, 02:26 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ngeden

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *