Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, Badung, Bali

Jl. Pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali

15 Ulasan

Sudah seharusnya sebagai generasi muda untuk mengerti tokoh – tokoh terkenal yang ada di dalam dunia wayang. Salah satu deretan tokoh penting adalah Pandawa yang diambil dari bahasa Sansekerta dengan arti anak Pandu. Semua kisah tersebut tertuang dalam Mahabharata.

Kisah ini kemudian dituangkan ke dalam bentuk tatahan patung yang mana dipajang di tebing kapur. Di Pantai tersebut terdapat tokoh Pandawa secara lengkap, seperti Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Keseluruhan patung tersebut di pajang di jalur saat akan memasuki Pantai Pandawa.

Pantai ini termasuk ke dalam kategori dari Pantai yang tersembunyi, sehingga masih jarang turis yang berpergian ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini menawarkan keindahan yang mempesona dan juga keunikan tersendiri, karena ada patung – patung Pandawa yang ditatah secara mendetail. Patung – patung seperti itu tidak terdapat di Pantai lain yang ada di Bali, sehingga inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai ini.

Bagi wisatawan diharuskan untuk membayar Rp 8000 per orang. Sedangkan, untuk mobil akan dikenakan Rp 5000 uper mobil, dan motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000 per motor. Tentu saja patokan harga tersebut dapat berubah – ubah.

Rute Menuju Lokasi

Pantai ini dapat dikatakan sebagai Pantai yang letaknya berada di Selatan, sehingga membutuhkan waktu yang lumayan banyak yaitu sekitar 39 sampai 45 menit dari Bandara Ngurah Rai. Untuk mencapai ke Pantai Pandawa, Anda dapat menyewa kendaraan pribadi.

Jika menyewa kendaraan pribadi, maka diharapkan untuk selalu memiliki akses internet untuk melihat Google Maps. Setelah melakukan penyewaan kendaraan pribadi, maka Anda dapat mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Airport Ngurah Rai hingga mencapai bundaran.

Pilih jalur belok ke kanan dengan cara memutari bundaran tersebut dan nama dari jalan tersebut adalah Jalan By Pass Ngurah Rai. Ikuti saja jalan utama tersebut sampai Anda melihat adanya Pizza Hut Jimbaran Bali pada sebelah kiri Anda dan belok kanan ke Jalan Raya Kampus Unud.

Ikuti terus jalan tersebut sampai bertemu dengan perempatan dan belok ke kiri menuju ke Jalan Goa Gong. Lurus terus sampai melewati 3 gang dan pada gang ketiga tersebut belok kiri. Anda masih tetap berada di Jalan Goa Gong.

Setelah itu ikuti sepanjang Jalan Goa Gong sampai bertemu dengan pertigaan dan belok kiri, sehingga dapat menjumpai adanya Warung Bu Ngurah di sebelah kiri Anda. Nama jalan tersebut adalah Jalan Dharmawangsa.

Lurus terus sampai mendapati adanya Rangga Cell pada bagian kiri Anda pada daerah perempatan. Arahkan kendaraan belok ke kanan menuju ke Jalan Melasti II. Ikuti sepanjang jalan tersebut sampai bertemu dengan bundaran.

Putari bundaran tersebut dan pilih jalur lurus, maka Anda sudah berada di Jalan Pantai Pandawa. Anda hanya harus mengikuti jalan tersebut terus, hingga mencapai Pantai Pandawa dan parkirkan kendaraan Anda di tempat parkiran yang tersedia.

Hal Menarik

Pantai Pandawa adalah salah satu Pantai berpasir putih yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pantai ini berlokasi di Disa Kutuh, Kabupaten Badung. Sebagian besar orang yang pergi ke tempat ini merupakan wisatawan domestik.

Pantai Pandawa ini termasuk ke dalam Pantai yang masih terjaga kebersihan dan keasriannya, sehingga Anda dapat melihat pemandangan yang masih bebas dari sampah. Bagi Anda yang akan berkunjung ke tempat ini, walaupun Anda diharuskan untuk membayar biaya tiket masuk.

Selain itu, tempat ini sangat jarang ditemukan adanya pedagang asongan. Hanya saja terdapat banyak sekali tempat makan di tempat ini, sehingga para turis tidak akan dikhawatirkan akan lapar, dahaga, dan dapat sepenuhnya menikmati keindahan tempat ini.

1. Pijat Tradisional

Bagi Anda yang sudah sangat lelah melalang buana di Bali dan membutuhkan pijat refleksi, Anda bisa saja mencoba pijat tradisional yang banyak disediakan di Pantai ini. Harga yang ditawarkan juga bervariasi sesuai dengan jenis dari message yang diinginkan.

Kisaran harga adalah bermulai dari Rp. 50.000 – Rp. 130.000. Untuk harga Rp. 50.000, jasa yang diberikan adalah back message atau pijat pada bagian punggung. Sedangkan untuk harga Rp. 130.000, jasa pijat yang diberikan adalah berupa pijatan pada bagian seluruh badan.

2. Tempat Makan

Bagi turis yang berwisata ke tempat ini, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kelaparan dan dehidrasi. Di Pantai Pandawa ada banyak sekali tempat makan yang dapat dipilih. Misalkan saja seperti Restaurant Pandawa Breeze.

Restaurant tersebut menawarkan berbagai macam Western menu dan Asian menu. Untuk Western menu contohnya saja burger keju dan steak. Sedangkan untuk Asian menu adalah nasi goreng dan mie goreng.

3. Sewa Kano

Pantai Pandawa juga menyediakan fasilitas olahraga air seperti kano. Bagi para turis yang sangat mendambakan untuk naik kano, Anda bisa saja menyewa kano di tempat ini. Harga sewa kano dapat dibanderol mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000

15 Ulasan untuk Pantai Pandawa, Badung, Bali

  1. PANTAI PANDAWA sebagai salah satu objek wisata di Bali dan telah menjadi destinasi wisata yang sangat populer sehingga menjadi salah satu tempat sebagai tujuan wajib dikunjungi. Lokasinya strategis menempati jalur perjalanan wisata arah Bali Selatan, dan terletak di desa Kutuh, Kecamatan Kutas Selatan, Kabupaten Badung dan dikenal juga dengan nama PANTAI KUTUH.. .  Sebelum Pantai Pandawa ini populer, oleh kalangan wisatawan asing lebih dikenal dengan nama Secret Beach, karena memang letaknya tersembunyi di balik bukit. Tetapi setelah ada akses jalan masuk dengan cara mengeruk bukit, maka keindahan pantai ini menjadi semakin terkenal, apalagi dengan keberadaan tebing batu kapur yang terbentuk setelah pembuatan jalan, terlihat berpadu serasi menampilkan panorama alam yang indah.. .  Tebing-tebing hasil dari pengeprasan (cut off) bukit dihiasi dengan patung pewayangan keluarga Pandawa yang berada pada tebing batu kapur, menyambut kedatangan wisatawan sebelum tiba di tepi Pantai Pandawa. Akses jalan masuk sangat memadai dan bahkan sangat mulus serta disediakan tempat parkir yang luas, bisa menampung mobil dan sampai bus pariwisata.. .  Memasuki kawasan pantai dari atas wisatawan sudah bisa menyaksikan keindahan Pantai Pandawa terhampar indah di depan mata, dari kejauhan terlihat sejumlah wisatawan yang terbang dengan ikut rekreasi paragliding, yang terbang dari ketinggian bukit Kutuh. Pantainya berpasir putih bersih, ombaknya juga tenang dengan airnya yang jernih, sehingga memungkinkan bagi wisatawan, untuk berenang, berjemur atau bersantai di bawah payung pantai sambil menyaksikan keindahan pemandangan laut dan merasakan udara segar pantai yang jauh dari polusi. Permainan watersport yang populer adalah permainan kano, terdapat banyak penyedia layanan sewa kano di tepi pantai.. .  Terdapat banyak warung makananan dan minuman dengan harga terjangkau, segarnya air kelapa muda, menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang sedang merasakan teriknya sinar matahari. panjang pantai ini sekitar 1 km menghadap ke Selatan, di sepanjang pantai terdapat payung pantai berjejer indah. Pantai Pandawa Bali yang dulunya di dominasi oleh wisatawan asing, kini malah lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik, apalagi saat-saat liburan tiba dan tahun baru, anda bisa merasakan bagaimana antusias wisatawan untuk bisa menikmati keindahannya lebih dekat.. .  Banyak spot untuk berfoto ria, pokoknya recommended deh…..

  2. Pantai Pandawa berlokasi di Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dahulu pantai ini dikenal sebagai Secret Beach karena lokasinya yang berada di belakang tebing-tebing tinggi ditumbuhi oleh semak belukar.. . Pantai yang hanya berjarak sekitar 3 km dari Nusa Dua ini sebenarnya sudah lama dikenal, tetapi karena akses menuju pantai cukup sulit menjadikan pantai ini sepi dari kunjungan wisatawan.. . Nama Pantai Pandawa diambil dari nama tokoh pewayangan Panca Pandawa. Oleh karena itu, ketika memasuki kawasan pantai, Anda akan disambut oleh patung Pandawa Lima, yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Kelimanya diukir dengan indah dan, uniknya, patung-patung tersebut disimpan di dalam tebing-tebing kapur. Anda dapat melihat kelima patung tersebut secara bersamaan dan berurutan dari bawah pantai ke arah barat.. . Keindahan pantainya sendiri tidak perlu diragukan lagi. Pesona pasir putihnya terhampar dari ujung ke ujung, airnya jernih dan bersih, serta deburan ombaknya mengalun di kejauhan. Harmonisasi berbagai keindahan tersebut siap menenteramkan hati Anda

  3. Seiring berjalan nya waktu pantai ini lambat laun berkembang layaknya pantai pantai yang sudah berumur seperti pantai kuta dan Sanur. Karena pantai ini memiliki spot yang bagus untuk menyaksikan Sunrise cantik yang terbit dari arah timur. Di Pantai Pandawa ini juga terdapat tempat untuk budidaya rumput laut. Budidaya ini dilakukan oleh sejumlah nelayan yang notabene merupakan warga setempat.. . Sebelum bernama Pandawa, Pantai ini lebih dulu dikenal dengan nama “Secret Beach”, yaitu pantai yang belum banyak diketahui banyak orang. Ketidaktahuan wisatawan yang berkunjung ke Bali akan keberadaan pantai ini dikarenakan letaknya yang sedikit terisolasi dari pusat keramaian, tepatnya berada di balik tebing tinggi, atau yang dikenal dengan tebing kapur.. . Di Pantai ini di sediakan beberapa bangku yang dilengkapi dengan payung yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati panorama pantai Pandawa. Ketika bersantai di bangku bangku ini, terkadang ada beberapa orang yang mendatangi untuk menawarkan pijat. Banyak para turis yang menyukai pijat ini, karena selain nyaman juga dapat membuat badan kembali bugar.. . Tidak jauh dari lokasi pantai juga terdapat penjual makanan seafood. Setelah wisatawan lelah bermain main di pantai, banyak dari mereka yang memilih untuk singgah di resto ini untuk menikmati berbagai macam sajian Seafood.. . Selain sebagai tempat wisata di bali, pantai ini juga dijadikan sebagai tempat upacara Malesti. Malesti merupakan sebuah upacara keagamaan bagi umat Hindu dalam memperingati hari raya Nyepi yang bertujuan untuk menyucikan diri.. . Asal usul nama Pantai Pandawa dilatar-belakangi dengan adanya 5 buah patung Pandawa. Patung Pandawa dalam ajaran agama Hindu terdiri dari Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.

  4. Kunjungan yang kedua ke pantai pandawa. Perjalanan dari GWK sekitar 30menit dikarenakan kepadatan lalu lintas. Saya sampai pukul 2 siang. Matahari masih panas menyengat. Sehingga saya dan keluarga memutuskan mencari warung makan yg sekiranya bersih dan nyaman untuk menyimpan barang bawaan dan membawa orang tua serta anak kecil. Posisi parkir mobil dekat dengan mercusuar pandawa. Kira kira pukul 3 sore saya mulai jalan ke arah bibir pantai untuk melihat kondisi dan sudah ramai pengunjung yang bermain air dan kano. Saya juga sewa kano harga Rp 50.000 untuk 1 jam. Ombak di pantai ini jauuuh ditengah sehingga sangat nyaman dan aman untuk sekedar berendam dipinggir maupun untuk bermain kano. Airnya bersih bening dan dingin. Sangat cocok untuk kunjungan keluarga. Saya sarankan datang sekitar diatas pukul 2 siang agar lebih puas bermain sampai matahari tidak terlalu terasa panas.

  5. Pantai ini sudah mulai rame dikunjungi orang saat libur dan sudah mulai ditata dengan rapi 3tahun terakhir ini. Saat kunjungan pertama kurleb 4th lalu, masih belum teratur dan tertata rapi baik jalan, parkiran dan tatanan pantai serta counter2 sederhana penjual makanan dan makanan ringan di pinggir pantai. . Banyak aktivitas bisa dilakukan di sekitar pantai, seperti berenang(sayang air lautnya masih kotor dg kotoran dan ganggang laut), foto2 bersama, spot foto di ayunan , di paling ujung pantai ada batu2 cadas bagus utk foto2 juga, juga ada spot foto dg background hati, ada juga yg bermain layang-layang, dan terlihat di kejauhan ada yg bermain paralayang. Sayang sudah sejauh ini masih kurang maksimal di fasilitas spt parkir yg tertata lebih rapi(tempat parkir memang sangat luas) sedikit spy enak flow masuk dr beli tiket, sampai cek karcis dan parkirnya(oh yah loket pembelian tiket nya ga cukup buat masuknya bus pariwisata, jadi bus harus melawan arah sejauh 200mtr-an). Kurang nya fasilitas kebersihan spt tempat mandi yg memadai dan bersih. . Pasir di pantai nya juga kurang bersih, masih banyak ganggang laut dan beberapa bekas bungkus makanan dan minuman yg di nikmati pengunjung lalu dibuang seenaknya.. Mengenai makanan dan minuman yg dijual disini, masih lumayan atau tidak terlalu mahal dg posisi di area wisata pantai dan cukup enak kok rasanya.. . Sepertinya di daerah ini bisa dipakai sebagai pergelaran seni(bagian bawah deket bibir pantai). Di bagian tebing atas mau masuk areal ini ada 7patung yg di pajang (patung -maap- binatang spt tikus, patung ibunda pandawa-ibu dewi kunti- dan patung para pandawa). Juga ada patung garuda pancasila di bagian atas nya…. Woooowww keren dech

  6. Saat ini pantai Pandawa menjadi salah satu pilihan tujuan wisata pantai di Bali yang cukup mengasyikkan diantara beberapa tujuan wisata pantai lainnya, dan menjadi pilihan baru jika anda bosan dan merasa terlalu mainstream kalau harus ke pantai Kuta lagi, dan lagi dan lagi. . . Letak geografis pantai Pandawa yang tidak terlalu jauh dari ibukota Bali (Denpasar), lebih tepatnya di Kabupaten Badung, Kuta bagian Selatan, menjadikan pantai Pandawa sebagai salah satu pilihan destinasi wisata pantai favorit yang dituju baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan harga ticket masuk 10.000 rupiah saja per-orang (harga ticket per-Juli 2018), anda bisa menikmati pantai Pandawa dengan pasir putihnya, sekaligus bisa berenang di sepanjang garis pantainya yang landai dan tak berkarang. . . Memang untuk kegiatan water sport di pantai ini tidak selengkap seperti di Tanjung Benoa, anda hanya bisa melakukan Canoeing (naik Kano) dengan harga sewa 50.000 rupiah saja (pemakaian sepuas anda). Kano bisa ditumpangi oleh 3 orang (sudah termasuk life jacket). Dengan biaya yang sangat terjangkau tsbt anda sudah bisa mengencangkan Bisep anda mengelilingi pantai Pandawa mulai dari tepian sampai agak menjorok ke tengah laut (sekitar +- 50 – 100 meter dari tepi pantai). Anda tidak perlu khawatir jika Kano anda terbalik, karena selain memakai life jacket, kedalaman pantai Pandawa sd. +- 100 meter lepas pantai hanya sedalam dada orang dewasa, sooo.. it’s very safety for canoeing at pantai Pandawa. . . Bagi anda yang mungkin sedang tidak mood untuk berjemur dan berbasah-basahan, anda bisa menyewa Payung berukuran besar berikut 2 buah kursi pantai untuk anda bermalas-malasan dan bersantai sambil menikmati food massage cukup dengan merogoh kocek 50.000 rupiah untuk penggunaan selama +- 2 jam.. . Untuk fasilitas di pantai ini lumayan baik, toilet umum tersedia, shower/pancuran bilas-pun ada, penjual makanan dan minuman berderet hampir disepanjang pinggir pantai yang tertata rapi dalam kios-kios yang menjamin anda tidak akan kelaparan selama berwisata di pantai Pandawa ini. Untuk area parkir, pantai Pandawa memiliki area parkir yang sangat luas yang mampu menampung tidak hanya mobil kecil dalam jumlah besar, namun juga mampu menampung Bis yang setiap harinya mendatangi pantai ini. Namun satu hal, untuk fasilitas ibadah umat Muslim, sangat disayangkan Musholla yang ada tidak memadai (tidak cukup besar dan proper), mengingat banyak sekali pengunjung yang melaksanakan ibadah di Musholla tsbt. semoga hal ini dapat diperhatikan oleh pengelola pantai Pandawa.. . Soo, demikian review yang bisa saya sampaikan, semoga sedikit banyaknya bisa memberikan gambaran bagi anda yang akan berwisata ke pantai Pandawa.. . PS: selain pantai Pandawa, masih ada beberapa wisata pantai lain di Bali yang tidak kalah indah dan eksotis, seperti pantai Melasti dan pantai Karma, yang akan saya coba review dalam kesempatan lain.. . Tunggu review untuk obyek wisata lainnya. Salam wisata Indonesia..!!

  7. Salah satu tempat wisata terkenal dibali dengan pantainya ini, tempatnya cukup jauh dr kota, termasuk dalam kabupaten. Membutuhkan perjalanan kurang lebih 30mnit dr bandara i gusti ngurah rai. Jalan menuju pantai pandawa terbilang bagus tetapi berkelok. Pemandangannya tidak diragukan lagi memang bagus banget, ada paralayang juga disini, pantai dg pasir putih dan airnya bening

  8. Pantai Pandawa,adalah salah satu pantai dari beribu pantai di bali,pantai ini memiliki pemandangan yg benar benar menawan. . Harga tiket masuk hanya 8000 per orang loh,murah banget..cuma 8000 kalian bisa liburan sepuasnya disini… . Pantai pandawa,tempatnya bersih, nyaman..cocok buat liburan bersama keluarga,handai tolan,dan kekasih..Toiletnya juga bersih,banyak makanan yg enak enak juga. Salah satunya adalah rujak,rujak khas bali di pantai pandawa ini suuuperrrrr enakkk!! Kalian harus coba! . . Jangan lupa kalau datang ke sini,foto yg bagus dan upload instgram. Ooosiyyaaapp!!

  9. Tempat ter asiiiikk menurut gw, ada gocart juga n tempatnya indah. Anda bisa berfoto dengan background pantai dan tebing serta ruko ruko yg menarik pokoknya keren deh, selama ke Bali ini salah satu tempat yang berkesan di hati, lebih berkesan dibanding pantai Kuta atau tanjung Benoa

  10. Pantai yang cukup indah untuk dikunjungi bersama keluarga, teman-teman, ataupun bersama dengan rekan kerja. Parkir juga cukup luas, dan banyak Waring disekitar pantai yang menyediakan jajanan Dan minuman. Namun disarankan pergi disaat Pagi sebelum jam 7 agar bisa menikmati pantai di jam-jam agak sepi karena pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Berfoto juga dapat diambil dari atas tebing ataupun dari pantai banyak spot foto yg dapat diabadikan. Tidak terkecuali tebing-tebing setelah pembayaran retribusi.

  11. Pemandangan yang sangan indah. Dengan laut yang berwarna biru kehijauan terkrna sinar matahari. Sungguh memanjakan mata. Dan sekarang di pandawa beach sudah menyuguhkan acara-acara yang dapat menghibur pengunjung. Serta banyaknya spot foto yang bagus. Dan jangan lupakan warung-warung makan yang menyajikan banyak sekali jenis masakan laut dengan harga yang pas di kantong para turis dalam negri maupun luar negri.

  12. Recommended banget buat warga lokal wisatawan ataupun pelancong² buat dateng ke pantai inii, keindahan pantai dan pasir putihnya selalu membuat ingin mengulangi mengunjungi pantai Pandawa, jangan lupa ajak pasangan biar makin berkesan, ada juga tilisan pandawa juga sekarang menjadi tempat foto yang hits, untuk masuk lingkungan pantai pandawa membayar biaya 8k tp untuk biaya lainnya tidak ada, sangat2 recommended banget ini pantai

  13. Salah satu pantai yang jadi favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Pantainya memiliki garis pantai yang panjang, dengan pasir pantai yang masih berwarna putih atau krem dan bersih dari sampah. Mungkin inilah yang menjadi keunggulan wisata di Bali. Ada tebing yang bisa dinaiki sehingga kita bisa lebih jelas melihat keindahan alamnya. Biasanya ada kegiatan paraseling dari atas tebing. Recommended buat dikunjungi kalo ke Bali.

  14. Pantai ini sangat indah sekali. Lokasinya memang agak jauh, tapi yakinlah pemandangannya sangat indah. Ketika pertama kali sampai, kita akan disambut sama tebing tebing yg cakep. Pas udah sampe nanti ada tebing batu, ada tulisan Pandawa. Dibawah tebing itu ada patung-patung. Pantainya ada dibawah. Kalau mau ke Pantai bisa turun lagi kebawah, pakai kendaraan juga bisa. Pantainya bagus. Kalau mau beli oleh oleh juga bisa di pantai ini, kadang juga ada pertunjukan seni tari kecak di kawasan ini. Biasanya pertunjukannya dimulai waktu malam. Recomended lah. Tapi mmg agak jauh dari Denpasar, pokoknya worth it deh.

  15. Disepanjang perjalanan menuju Pandawa Beach disuguhkan pemandangan yang indah jalan yang menanjak. Sesampai di lokasi tempat nya sangat ramai. Tapi waktu itu puanas banget. Disana banyak yg jualan es kelapa. Spot foto yang bagus juga sangat banyak. Cucok untuk dikunjungi bila berkunjung ke Bali ❣

Tinggalkan Balasan