Pantai Pulau Sintok

Pantai Pulau Sintok

Pulau Sintok, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia

1 Ulasan

Kepulauan Karimunjawa memiliki banyak pantai dengan pasir putih yang sangat indah. Di kepulauan ini, terdapat salah satu pantai yang sangat indah seperti pantai Pulau Sintok.

Pantai Pulau Sintok tidak hanya menyuguhkan keindahan laut namun juga memberi pemandangan yang indah di dalam laut-nya akan keberadaan terumbu karang yang sangat bervariasi.

Selain itu, di pantai ini pengunjung bisa mendapatkan pengalaman liburan yang jauh berbeda dengan pantai lainnya.

Wisata Pantai Pulau Sintok

Hal itulah yang membuat banyak wisatawan yang datang ke pantai Pulau Sintok ini. Perjalanan jauh akan terbayar dengan pemandangan indah di pantai ini. Simak ada apa saja yang dapat dilakukan di pulau ini lengkap di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Sintok

Jika hendak menuju pulau ini tentunya harus masuk ke Pulau Karimunjawa dengan mempertimbangkan perjalanan satu jam dari pulau Karimun kesana.

Harga tiket masuk sangat murah yaitu Rp 5000 untuk wisatawan domestik sedangkan wisatawan mancanegara di tarif Rp150.000 pada hari kerja atau weekday.

Sedangkan pada waktu akhir pekan atau weekend, harga tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 7.500 dan wisatawan mancanegara Rp 225.000.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Pulau Sintok

Wisata Pantai Pulau Sintok Karimunjawa

Pulau Sintok berada di wilayah kepulauan Karimunjawa. Untuk mencapai ke pulau Sintok, Anda harus ke Karimunjawa. Ada beberapa rute untuk menuju ke Karimunjawa, rute itu adalah:

1. Rute dari Kota Jepara

Untuk ke kota Jepara Anda dapat melakukan perjalanan darat dengan naik menggunakan mobil, sepeda motor, atau angkutan umum. Kemudian dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Kartini yang ada di pantai Kartini Jepara.

Dari pelabuhan Kartini, dilanjutkan dengan naik kapal Ferry menuju ke pulau Karimunjawa dengan lama perjalanan berkisar antara 4 sampai 5 jam.

Anda dapat menggunakan kapal Bahari yang beroperasi setiap hari senin, selasa dan jumat dengan membayar jasa sesuai kebutuhan.

Biaya naik kapal Ferry untuk kelas Eksekutif AC sebesar Rp 175.000. Untuk kelas Bisnis Rp 150.000 dan kelas VIP Rp 200.000.

Pilihan kedua dengan menaiki Kapal Ferry Siginjai dengan membeli tiket sebesar Rp 45.000 khusus kelas ekonomi yang memiliki budget pas-pasan.

Kapal ini mulai beroperasi hari Senin, Rabu dan Sabtu, mulai pukul 07.00 atau 08.00 pagi kemudian langsung mengantarkan pengunjung ke tempat yang dituju.

2. Rute dari Kota Semarang

Ketika ingin pergi ke pulau Karimunjawa dari kota Semarang, Anda dapat melakukan perjalanan ini dengan dua pilihan perjalanan.

  • Melalui Jalur Laut : Naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa.
  • Melalui Jalur Udara : Dari Semarang, Anda juga bisa berangkat melalui jalur udara yaitu naik pesawat dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara Dewadaru yang ada di Karimunjawa. Diantaranya yaitu Susi Air, Wings Air, dan juga NAM Air. Harga yang ditawarkan berbagai perjalanan tersebut sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Semua rute di atas akan berakhir di Pulau Karimunjawa yang berada di laut Jawa.

Jika Anda tidak ingin ribet, Anda juga bisa menggunakan jasa paket wisata Karimunjawa serta tour guide agar lebih mudah. Ada banyak agen wisata ke Karimunjawa ini.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Objek Wisata Pantai Pulau Sintok

Banyak pilihan dalam melakukan trip ke daerah Karimunjawa, mulai dari bermain diatas pantai hingga menyelam ke dalamnya. Silahkan simak penjelasannya dibawah ini:

1. Diving For Diver Lovers

Diving Di Pantai Pulau Sintok

Keanekaragaman bawah laut tentunya sangat menarik untuk dijelajahi, akan sangat disayangkan jika tidak dicoba. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diving.

Para pecinta biota laut pasti tak akan melewatkan kesempatan emas menikmati indahnya ragam pemandangan bawah laut yang tercipta secara indah di dasar pantai Pulau Sintok.

Tersimpan rapi karang-karang yang tersebar menjajar seakan melindungi bagian dasar laut. Hal menakjubkan bagi para penyelam tak akan menyesal dengan menyelam berlama-lama di dalam laut.

Tak perlu ragu dengan menyelam di pulau Sintok karena harganya pun sangat terjangkau yaitu Rp 25.000. Pengunjung dapat menikmati dengan nyaman.

2. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Pulau Sintok

Keindahan bawah laut dimana para divers atau yang sering snorkling pasti akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut seperti table coral.

Table coral mirip dengan jamur, staghorn coral, brain coral, dan belum lengkap rasanya jika tak melihat jenis ikan yang berkeliaran mengelilingi terumbu karang.

Ikan karang yang terdapat di dasar laut Pantai Pulau Sintok sangat terjaga karena para pengelola sangat mengawasi kegiatan illegal fishing.

Spot ini bisa digunakan untuk memenuhi akun sosial media para divers selain bisa bersantai di pesisir pantai bisa juga menikmati indahnya alam bawah laut.

Harga tiket untuk snorkeling pun terjangkau dengan mengeluarkan Rp 15.000 pengunjung dapat melakukan kegiatan wisata ini. Tinggal membawa kamera Go Pro dan abadikan momen indah ini.

3. Camping

Camping Di Pantai Pulau Sintok

Kegiatan yang sangat patut dicoba adalah dengan mengadakan kemah di pesisir pantai. Suasana alam terbuka dengan pasir pantai putih yang membentang.

Camping dengan hamparan angin laut yang memberikan ketenangan membuat pengunjung bisa menikmati indahnya kemah di pantai yang ada di Karimunjawa.

Kegiatan outdoor yang banyak disukai para wisatawan utamanya pengunjung yang sudah berkeluarga atau datang bersama sahabat, rekan kerja, dan pasangan.

View yang menarik dan pastinya tak akan merogoh biaya yang mahal dengan membayar biaya camping sebesar Rp 50.000. Cukup murah pastinya.

Ada juga tenda home yang bisa digunakan dan dipesan oleh keluarga untuk menginap karena ada pula sejenis pasar malam yang ada disana.

Penyuka kegiatan kemah harus mencoba berkemah di pantai Pulau Sintik ini. Anda dapat menikmati indahnya matahari terbenam sembari menyalakan api unggun tidak lupa pula dengan kegiatan bakar ikan.

Ikan yang dibakar pun diambil dari laut bebas. Hal ini akan menjadi pengalaman yang indah dan tak terlupakan sepanjang masa.

4. Tracking Hutan Mangrove

Mangrove Pantai Pulau Sintok

Sembari liburan tentunya harus juga mengunjungi hutan mangrove yang ada di daerah Karimunjawa dijamin tidak akan ada pemandangan seperti ini. Hutan mangrove memiliki fungsi penting demi melindungi erosi dari air laut yang ada di pesisir pantai yang rawan terjadi di Indonesia.

Para pengunjung bisa menikmati berjalan santai di sekitar hutan mangrove sembari melihat ragam binatang yang terdapat di sekitar hutan.

Bagi para pengunjung yang suka selfie pastikan abadikan momen jalan-jalan dengan berkunjung ke hutan mangrove yang sulit ditemukan di pulau manapun.

Sembari menikmati gemuruh air pantai serta semilir angin yang menemani langkah pengunjung dengan perlahan. Pemandangan ini tidak akan luput dari kenangan para pengunjung.

4. Habitat Penyu

Pulau Sintok tidak hanya terkenal dengan keindahan alam bawah laut namun dengan salah satu habitat penyu laut yang tengah dibudadayakan pemerintah sampai sekarang.

Telur penyu yang sengaja diambil dari pulau Sintok kembali dirawat di penangkaran khusus. Terdapat dua jenis penyu yang di kembangkan yaitu penyu hijau dan penyu sisik.

Bagaimana? Sudah mulai merencanakan liburan? Jika sedang berada di Karimunjawa tentunya tidak salah mencoba berkeliling pantai dan menjelajahi pesona pantai Pulau Sintok yang indah. Untuk itu pastikan momen liburan bukan hanya dalam mimpi saja.