Pantai Pulau Tengah

Pantai Pulau Tengah

Pulau Tengah, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia

1 Ulasan

Pantai adalah destinasi wisata yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena memang Indonesia adalah negara kepulauan, makanya banyak pantai tersebar di wilayah Indonesia.

Salah satu pulau yang berada di laut Jawa yang memiliki banyak pantai dengan pasir putih yang sangat indah. Pulau itu adalah pulau Karimunjawa yang sudah sangat terkenal bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai yang terkenal di Karimunjawa adalah pantai batu Topeng, pantai Legon Lele, Pantai Nirwana, pantai Barakuda dan salah satunya adalah pantai Pulau Tengah.

Pantai Pulau Tengah Karimunjawa

Pantai Pulau Tengah di Karimunjawa ini merupakan salah satu pantai yang paling banyak penggemarnya. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga di pantai ini.

Silahkan simak ulasan mengenai keindahan pantai Pulau Tengah di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Tengah

Pertimbangan pertama saat berlibur biasanya adalah dana. Masalah tarif masuk wilayah tempat wisata ini pengunjung tidak perlu khawatir karena tergolong murah.

Tarif yang di banderol untuk masuk ke kawasan Pulau Tengah Karimunjawa untuk wisatawan lokal dan asing berbeda.

Wisatawan lokal pada hari biasa hanya perlu membayar Rp 5000 saja. Sedangkan wisatawan asing pada hari biasa di banderol sebesar Rp 150.000.

Berbeda dengan hari libur, tarif untuk wisatawan lokal sebesar Rp 7500. Sedangkan tarif hari libur untuk wisatawan asing adalah Rp 225.000.

Rute Menuju Pantai Pulau Tengah

Wisata Pantai Pulau Tengah Karimunjawa

Jika ingin berkunjung ke pantai Pulau Tengah Karimunjawa sangat mudah. Untuk mencapai pulau Karimunjawa ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Rute itu adalah:

1. Rute dari Kota Jepara

Untuk ke kota Jepara Anda dapat melakukan perjalanan darat dengan menggunakan mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Kemudian pengunjung bisa langsung menuju Pelabuhan Kartini menggunakan taksi atau becak.

Dari pelabuhan Kartini, dilanjutkan dengan naik kapal Ferry menuju ke pulau Karimunjawa dengan lama perjalanan berkisar antara 4 sampai 5 jam.

Anda dapat menggunakan kapal Bahari yang beroperasi setiap hari senin, selasa dan jumat dengan membayar jasa sesuai kebutuhan.

Biaya naik kapal Ferry untuk kelas Eksekutif AC sebesar Rp 175.000. Untuk kelas Bisnis Rp 150.000 dan kelas VIP Rp 200.000.

Pilihan kedua dengan menaiki Kapal Ferry Siginjai dengan membeli tiket sebesar Rp 45.000 khusus kelas ekonomi yang memiliki budget pas-pasan.

Kapal ini mulai beroperasi hari Senin, Rabu dan Sabtu, mulai pukul 07.00 atau 08.00 pagi kemudian langsung mengantarkan pengunjung ke tempat yang dituju.

Dari Pelabuhan Kartini nanti pengunjung akan turun di Pelabuhan Karimunjawa. Dari sana pengunjung bisa langsung menyewa kapal menuju ke Pantai Pulau Tengah.

Selain itu bisa juga ke Pelabuhan Sabandar yang menyediakan lebih banyak kapal untuk berkeliling kepulauan Karimunjawa.

2. Rute dari Kota Semarang

Ketika ingin pergi ke pulau Karimunjawa dari kota Semarang, Anda dapat melakukan perjalanan ini dengan dua pilihan perjalanan.

  • Melalui Jalur Laut : Naik kapal PELNI atau kapal Ferry dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa.
  • Melalui Jalur Udara : Dari Semarang, Anda juga bisa berangkat melalui jalur udara yaitu naik pesawat dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara Dewadaru yang ada di Karimunjawa. Diantaranya yaitu Susi Air, Wings Air, dan juga NAM Air. Harga yang ditawarkan berbagai perjalanan tersebut sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Semua rute di atas akan berakhir di Pulau Karimunjawa yang berada di laut Jawa.

Jika Anda tidak ingin ribet, Anda juga bisa menggunakan jasa agen wisata Karimunjawa serta tour guide agar lebih mudah. Ada banyak agen wisata ke Karimunjawa ini.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Obyek Wisata Pantai Pulau Tengah

Pantai ini adalah satu bagian dari sekian banyak pulau-pulau yang ada di Kepulauan Karimunjawa. Sama seperti pantai lain di Karimunjawa, pantai ini memiliki pesona alam luar biasa.

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap untuk memanjakan pengunjung. Selain itu tersedia berbagai macam transportasi yang bisa digunakan untuk menjangkau-nya.

1. Keindahan Pantai

Pantai Pulau Tengah Karimunjawa Jepara

Pantai yang berada di daerah Karimunjawa ini tidak diragukan lagi keindahannya karena pemandangan-nya masih alami. Selain pemandangan pantainya yang alami, biota laut yang dijaga juga menjadi salah satu pertimbangan para pelancong untuk datang lagi. Air biru, pemandangan hijau dan pasir putih adalah 3 hal yang pasti ditemui.

Lewat Pantai Pulau Tengah pengunjung bisa melihat terumbu karang yang terawat dan ikan badut atau ikan nemo yang sangat banyak. Air yang sangat jernih membantu pengunjung untuk berenang dan berfoto di bawah air.

Atau hanya sekedar duduk-duduk di bawah pohon yang rindang juga sudah sangat menyenangkan.

Disana pengunjung dapat memancing ikan, berenang Bersama ikan dan penyu, snorkling di bawah laut, atau sekedar berjalan menyusuri pulau. Bisa juga bermain bola di tepi pantai atau hanya sekedar duduk-duduk menunggu matahari terbenam.

2. Spot foto

Obyek Wisata Pantai Pulau Tengah Karimunjawa

Ada banyak spot foto yang bisa pengunjung datangi sebagai kenang-kenangan pernah berkunjung di Pantai Pulau Tengah Karimunjawa. Seperti di pinggir pantai pasir putih, di tengah laut menggunakan speed boat, pada saat snorkeling, di jembatan, dan beberapa tempat lainnya.

Tepatnya di atas jembatan dengan pemandangan laut biru nan jernih juga tidak kalah indah. Tentunya tidak cukup sekali foto untuk mengabadikan momen menyenangkan ini.

3. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Pulau Tengah Karimunjawa

Selama di pantai ini, Anda dapat melakukan kegiatan untuk melihat biota laut. Anda dapat menyelam atau snorkeling untuk melihat ikan-ikan di dalam air laut dan melihat terumbu karang yang ada di dalamnya.

Selain itu di Pulau Tengah juga terdapat kolam ikan untuk mengisi mengambil swafoto bersama keluarga. Namun tempat paling indah untuk berfoto sejauh ini adalah di pinggir pantainya.

Fasilitas di Pantai Pulau Tengah

Pariwisata di kepulauan Karimunjawa memang sudah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk itu pemerintah daerah selalu memperhatikan fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di tempat-tempat wisata ini.

Termasuk juga fasilitas-fasilitas yang ada di tempat wisata pantai Pulau Tengah Karimunjawa ini. Fasilitas yang terdapat di pulau ini sangat lengkap dan memanjakan pengunjungnya. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

  • Penginapan di sekitar pantai
  • Mushola
  • Toilet
  • Rumah Makan di sekitar Pantai
  • Tempat BBQ dan Lesehan
  • Kolam Ikan

Tidak perlu khawatir jika ingin menginap di pantai ini. Kalau Anda tidak mampu membayar biaya hotel atau resort yang ada di sini, ada banyak penginapan yang bisa pengunjung sewa.

Harga penginapan-nya juga sangat terjangkau. Biasanya ada plang pemberitahuan untuk rumah-rumah atau bangunan yang menyewakan penginapan. Bahkan ada banyak penduduk sekitar yang menjadikan rumahnya sebagai tempat menginap.

Jika berkunjung ke pantai ini, wajib rasanya untuk makan ikan bakar segar yang disajikan di tempat.

Tips Saat Berlibur ke Pantai Pulau Tengah

Untuk pengunjung yang sudah sampai Pelabuhan Kartini sebelum jadwal keberangkatan kapal Ferry jam 7 pagi, bisa langsung mencari penginapan setempat.

Apalagi jika berniat menggunakan kendaraan umum, mengingat jadwal berangkat bus mini dari Kota Semarang ke Jepara memakan waktu 2 jam. Sedangkan bus mini pertama baru mulai beroperasi jam 5 pagi.

Jangan lupa catat juga waktu keberangkatan masing-masing transportasi-nya. Jika seluruh persiapan sudah dilakukan, tentu liburan pengunjung akan semakin menyenangkan.

Demikian ulasan mengenai keindahan dan rute keberangkatan menuju tempat wisata Pantai Pulau Tengah Karimunjawa. Tempat ini tidak akan mengecewakan untuk dijadikan salah satu tujuan destinasi wisata keluarga.

Persiapkan juga untuk berlibur beberapa hari. Karena untuk menikmati pulau ini belum puas rasanya jika hanya menginap sehari dua hari.