Pantai Suluban

Alamat: Pantai Suluban, Bali, Indonesia

(4/5) Baca ulasan

Pantai Suluban adalah salah satu pantai di Bali yang paling unik, ditutupi dengan rangkaian batuan kapur dan bisa di akses melalui tangga serta jalan setapak di antara bebatuan. Ditutupi oleh bibir tebing yang luas, pantai kecil ini mungkin tidak ideal untukAnda yang mau berjemur, namun sangat cocok untuk surfing dan mengendarai kapal. Anda juga bisa ke area Uluwatu jika menuju Selatan.

Mempunyai julukan “Blue Point”, Pantai Suluban terletak di ujung Jalan Mamo di area pantai Labuan Sait, sebuah kawasan yang mencakup lokasi surfing Padang Padang dan Uluwatu. Kecuali Anda menginap di villa yang baru saja didirikan di area ini, menuju kawasan bisa ditempuh menggunakan shuttle bus, taksi, atau sepeda motor.

Harga Tiket Masuk di Pantai Suluban

Pantai Suluban adalah salah satu pantai di Bali yang tidak dikenakan biaya untuk tiket masuknya. Namun Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 5.000 untuk masuknya kendaraan.

Sebelum menuju pantai Suluban, Anda bisa parkir di pinggir jalan sebelum tangga yang menuju kepantai. Anda harus membayar Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 15.000 untuk mobil. Dari Sini, Anda bisa melanjutkan perjalanan selama 10 menit melalui tangga beton.

Namun, Anda tidak akan langsung menemukan pantai di ujungnya. Setelah melewati kafe-kafe lokal (yang menawarkan bir dingin, makanan ringan, bahkan nasi campur), penyewaan papan selancar dan toko seni lalu akhirnya Anda akan menemukan pintu masuk pantai.

Karena bentuk jalannya sempit dan curam, Anda biasanya harus memperbolehkan orang lain lewat terlebih dulu sebelum Anda mulai berjalan. Sebuah kayu panjang akan menuntun Anda melewati bebatuan menuju area pasir yang halus diiringi dengan suara ombak yang berdeburan. Ada juga sebuah gua yang menjadi favorit untuk berkemah serta membuat api unggun.

Jauh di depannya, Anda bisa melihat air jernih dan langit indah yang terlihat melalui bukaan jurang yang ada.

Obyek Wisata di Pantai Suluban

1. Bersantai di Dalam Gua

Ada beberapa bukaan di bebatuan dan gua kecil yang bisa Anda jelajahi dan “klaim” sementara sebagai tempat beristirahat pada hari itu. Anda juga bisa menelusuri bagian-bagian pantai yang berbeda melalui tempat ini. waktu terbaik untuk menjelajahinya adalah saat ombak tidak ganas, sehingga Anda bisa melihat lebih banyak tempat dan jalur berpasir yang bisa diakses.

2. Menikmati Kolam Ombak

Anda juga bisa mengunjungi kolam ombak yang bisa dinikmati bersama teman dan keluarga. Peselancar datang dan pergi setiap saat tanpa memperdulikan tingginya ombak.

Penjaga pantai selalu berjaga setiap saat di menara, memperhatikan tingkat keganasan ombak dan para peselancar. Sayangnya, tidak banyak yang berjaga di pantai itu sendiri. Pastikan Anda memperhatikan ganasnya ombak, karena arus kadang begitu kuat dan ombak bisa saja menerjang melalui bukaan gua sehingga membahayakan.

Karena alasan ini lah, Pantai Suluban tidak begitu disarankan sebagai tempat wisata anak-anak.

3. Menikmati Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam

Pagi hari merupakan waktu paling baik jika Anda ingin menghindari keramaian dan meng”klaim” tempat favorit Anda, namun pemandangan paling indah bisa ditemui pada saat matahari terbenam. Cobalah menuju lokasi yang terletak di atas untuk suasana yang berbeda.

Hal yang membedakan pemandangan matahari terbit di pantai ini dan pantai lainnya adalah karena matahari terbenam kedalam celah bebatuan. Anda dijamin tidak akan menyesal jika menikmati satu senja di pantai ini.

4. Menikmati Keindahan Tebing Karang

Seperti yang sudah Anda baca di beberapa bagian sebelumnya, Anda pasti sudah mengetahui bahwa di Pantai Suluban ada banyak tebing yang indah untuk dilihat maupun menjadi objek fotografi. Selain indah, tebing-tebing ini sangat tinggi sehingga bisa melindungi Anda dari teriknya panas matahari.

Posisinya menempatkan pantai di bagian tengah. Area yang dicakup sangat luas dan ini bisa menjadi objek fotografi yang menarik.

5. Menikmati Pantai Pasir Putih

Pantai yang berpasir putih tidak banyak ditemui di Indonesia, namun salah satu pantai yang menyediakan pemandangan ini adalah Pantai Suluban. Jika Anda sudah banyak mengunjungi pantai di Indonesia dan ingin suasana baru, kunjungilah pantai ini.

6. Mengakses Berbagai Tempat Wisata Lainnya

Kelebihan lain dari Pantai Suluban adalah lokasinya yang begitu dekat dengan objek wisata lainnya. Anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi tempat wisata lain. Sebut saja Garuda Wisnu Kencana, Pantai Balangan dan Pantai Dreamland.

7. Nikmati Kuliner Khas Bali

Tentunya perjalanan yang panjang dan melelahkan menuntut Anda untuk menghabiskan banyak energi. Anda bisa menambah energi di sekitar PantaiSuluban. Banyak sekali restoran beraneka macam yang tersedia di sekitar Pantai Suluban. Kebanyakan dari restoran ini pun menghadap kepantai sehingga Anda bisa menikmati santapan sekaligus pemandangan pantai.

4 Ulasan dari Pengunjung Pantai Suluban

  1. 2 tahun lalu kesini setelah dari Uluwatu, biaya masuknya sangat murah sudah termasuk parkir. Namun area parkirnya yang masih kurang luas.. Perjalanan ke pantai nya lumayan menantang dan melelahkan, tetapi begitu sampai, keindahan batu karang dan deburan ombaknya sangat indah. Menjadi tempat surfing wisatawan asing.. Bisa melihat sunset disini.

    22 Juni 2018, 02:38 WIB

  2. hanya membayar uang parkir, kalian bisa menikmati tempat ini.. melihat para peselancar di laut, dengan air yang membiru. tempat ini dijadikan spot terbaik untuk menikmati sunset di uluwatu.. . banyak tempat makan dan penyewaan alat surf maupun toko penjual pakaian.. . jadi sangat nyaman berlama-lama di tempat ini.

    16 Juli 2018, 04:36 WIB

  3. Tempatnya bagus dan indah. Tapi jalan menuju pantinya butuh tenaga ekstra karena jarak yg lumayan jauh dari tempat parkir kendaraan.

    3 Agustus 2018, 23:20 WIB

  4. Tempatnya agak jauh di haruskan berjalan dari parkir terdapat villa dan hotel yang di sewakan

    4 Agustus 2018, 21:47 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Suluban

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *