Pantai Tanjung Jabe

Pantai Tanjung Jabe

Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia

1 Ulasan

Taman nasional laut Karimunjawa sangatlah terkenal dengan perairan-nya yang jernih. Pantai Tanjung Jabe atau lebih dikenal dengan pantai Bunga Jabe merupakan salah satu dari sekian banyak pantai-pantai dan pulau populer yang ada di Karimunjawa.

Letaknya berada di bagian ujung utara Karimunjawa. Pantai Tanjung Jabe lebih tepatnya berada di Kemujan, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, di belakang bandara Dewandaru.

Letak pantai Bunga Jabe yang jauh dari perkotaan memberi atmosfer yang sepi namun menjadi daya tarik tersendiri. Sangat cocok untuk para wisatawan yang cenderung menyukai suasana yang damai dan tenang.

Pantai Tanjung Jabe Karimunjawa

Pantai Bunga Jabe adalah perpaduan komplit antara keindahan alam yang eksotis, sentuhan nilai seni yang tertata rapi dan kekentalan budaya bugis. Tidak mengherankan jika pantai yang satu ini menjadi pantai yang paling banyak diminati oleh para wisatawan.

Kebersihan pantai yang masih terjaga dan cahaya matahari terbitnya yang memanjakan mata menjadi nilai tambah tersendiri tentunya.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Jabe

Harga tiket masuk ke pantai Bunga Jabe tergolong sangat terjangkau bagi para wisatawan yang hendak berwisata ke Bunga Jabe.

Untuk wisatawan yang ingin menginap hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp 150.000 per malamnya. Namun perlu diketahui bahwa harga sewa untuk setiap kamar berbeda-beda.

Sedangkan untuk para wisatawan yang sekedar berkunjung untuk menikmati keindahan alam pantai Bunga Jabe tidak perlu mengeluarkan biaya. Selain biaya untuk sewa parkir yang berkisar kurang lebih Rp 5000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Jabe

Untuk sampai ke pulau Karimunjawa Anda dapat melalui beberapa Rute:

  • Rute dari Jepara : Perjalanan darat menuju ke Jepara dengan naik angkutan darat kemudian dilanjutkan naik kapal ferry ke pulau Karimunjawa.
  • Rute dari Semarang : Naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa. Dari Semarang, Anda juga bisa naik pesawat mini dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara mini yang ada di Karimunjawa.

Semua rute diatas akan berakhir di Pulau Karimun Jawa yang berada di laut Jawa. Setelah sampai di Karimunjawa Anda dapat melanjutkan menuju lokasi pantai Tanjung Jabe.

Ada dua rute yang terkenal untuk menuju ke Bunga Jabe, yaitu rute dari Karimun ke Bunga Jabe dan rute dari pelabuhan Karimunjawa ke Bunga Jabe.

Rute dari Karimun ke Bunga Jabe tergolong rute yang mudah dan cukup dekat. Hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 30 menit untuk sampai ke pantai jika menggunakan kendaraan.

Lokasi pantai juga tidak susah untuk diketahui karena berada di belakang bandara Dewandaru. Tepat di pinggir jalan wisatawan dapat menemukan palang yang menuju ke pantai Bunga Jabe.

Lebih rinci lagi, Bunga Jabe terletak di bagian timur bandara Dewandaru di desa Kemujan. Lalu dari lapangan berjalan terus ke arah kiri melewati beberapa pantai di Karimun.

Setelah itu melewati trekking mangrove, tepatnya setelah perbatasan antara pulau Karimun dengan desa Kemujan. Setelah melewati perbatasan para wisatawan akan menemukan bandara, lalu berjalan terus sampai di sebelah kanan jalan akan ada papan bertuliskan “Bunga Jabe Beach”.

Sedangkan rute dari pelabuhan Karimunjawa ke Bunga Jabe merupakan rute yang cukup jauh dan sulit. Para wisatawan sebaiknya mengikuti petunjuk yang ada di peta rute ke Bunga Jabe.

Jarak dari pelabuhan Karimunjawa sendiri ke bibir pantai Bunga Jabe setidaknya berjarak 22 km. Para wisatawan biasanya menggunakan jasa sewa kendaraan untuk sampai ke tempat tujuan.

Jika Anda tidak ingin susah ketika melakukan perjalanan wisata ke pulau Karimunjawa, Anda bisa berlibur dengan mendaftar melalui agen wisata Karimunjawa yang terpercaya. Dengan begitu wisata Anda akan nyaman dan tenang.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Objek Wisata Pantai Tanjung Jabe

Pada dasarnya desa Kemajuan dihuni oleh suku Bugis dan suku Jawa. Pantai Bunga Jabe adalah pantai yang masuk kek kawasan suku Bugis. Sehingga  jika para wisatawan masuk ke pantai ini akan menemukan banyak sekali ornamen-ornamen khas suku Bugis.

Ada banyak objek wisata di pantai Tanjung Jabe ini, seperti keindahan pantai maupun spot foto untuk para wisatawan. Silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Keindahan Pantai

Pantai Bunga Jabe Karimunjawa

Ada banyak keindahan yang ditawarkan oleh pantai Bunga Jabe. Contohnya ketika pertama kali masuk ke pantai Bunga Jabe, para wisatawan akan langsung dimanjakan oleh sentuhan seni yang tertata dengan rapi dan kental dengan budaya Bugisnya.

Berupa ornamen-ornamen dari batu dan kayu yang merupakan buatan tangan pemuda lokal yang membuat pantai Bunga Jabe miliki ciri khasnya sendiri.

Pantai ini meskipun tidak terlalu luas namun memiliki konsep dengan lingkungan yang masih sangat bersih dan terjaga. Beberapa keunikan lainnya yaitu pepohonan rindang dan pohon-pohon kelapa yang melengkung indah menambah kesan damai dan tenang di pantai ini.

2. Sunrise yang Eksotis

Sunrise Di Pantai Tanjung Jabe

Bagi wisatawan yang sangat senang menikmati sunrise maka pantai Bunga Jabe akan menjadi pilihan yang tepat tentunya. Dengan posisinya yang menghadap ke arah timur, wisatawan akan langsung disuguhkan oleh pemandangan matahari terbit ketika bangun tidur.

Dengan cahaya sunrise yang eksotis wisatawan dapat menikmati pagi yang indah dan rileks dengan berjalan-jalan di sekitaran pantai, jogging atau sekedar minum kopi bersama.

3. Ornamen di Pantai

Pantai Bunga Jabe

Banyak keunikan lain yang dimiliki pantai Bunga Jabe, diantaranya yaitu adanya hamparan pasir di tengah laut atau biasa disebut “gosong”. “Gosong” di pantai bunga Jabe hampir mirip seperti yang ada di Pulau Gosong Kepulauan Karimunjawa.

Ada ornamen-ornamen  yang menambah keunikan dari pantai ini seperti kursi goyang, meja, tempat duduk untuk bakar-bakar ikan dan ayunan. Dan beberapa fasilitas alami berupa tempat duduk yang terbuat dari kayu-kayu bekas dan batu-batuan.

4. Penginapan Rumah Kurcaci

Rumah Kurcaci Di Pantai Tanjung Jabe

Selain ornamen-ornamen khas suku bugis ada satu lagi  yang mampu menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.  Yaitu sebuah penginapan berukuran mini atau orang-orang menyebutnya dengan rumah kurcaci.

Dengan ukuran yang sederhana, dinding yang terbuat dari bambu dan atap yang berupa daun kelapa. Rumah kurcaci ini nyatanya sangat menarik perhatian para wisatawan , baik hanya untuk sekedar mengambil gambar atau menginap.

Fasilitas dan Penginapan Pantai Tanjung Jabe

Untuk penginapan atau rumah liburan tidak jauh beberapa langkah dari pantai Bunga Jabe. Dengan akomodasi berupa WiFi gratis, restoran, taman bermain anak, area parkir pribadi gratis.

Selain itu semua unit dilengkapi dengan  tempat duduk dan ruang makan, serta menyediakan juga sarapan Asia.

Fasilitas paling populer di pantai ini adalah tepi pantai dan akses WiFi gratis. Keindahan pantai Tanjung Jabe tidak hanya pantainya saja, tapi juga masyarakatnya dan sentuhan seninya yang menyatu rapi dengan kebudayaan masyarakat sekitar.

Perpaduan keindahan Tanjung Jabe akan selalu menciptakan perasaan kagum para penikmat-nya.

Demikian ulasan mengenai pantai Tanjung Jabe Karimunjawa yang sangat indah. Jika Anda berkunjung ke pulau Karimunjawa, jangan lupa untuk singgah ke pantai yang indah ini.