Pantai Cikembang

Alamat: Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Pasir Baru, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat 43366, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pantai Cikembang berada di desa Pasir baru, kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Letak pantai ini tidak jauh dengan pantai Sawarna yang juga sering dikunjungi banyak wisatawan. Belum banyak masyarakat luas yang mengetahui keberadaan dan keindahan pantai ini. Oleh sebab itu, pantai ini masih cukup sepi dan alami.

Pantai Cikembang mempunyai banyak daya tarik tersendiri bagi pengunjung, selain tentang keindahan alamnya. Ada banyak spot menarik lainnya di sekitar pantai ini yang tidak ada di pantai lain di Sukabumi seperti pemandangan goa karang hingga puncak bukit. Perpaduan antara laut, goa karang, hingga bukit yang ada menjadikan pantai Cikembang terkesan lebih khas.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cikembang

Untuk bisa masuk ke pantai Cikembang pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sementara itu bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi berupa sepeda motor ke dekat pantai ini akan dikenakan biaya parkir. Jadi, wisata pantai ini sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cikembang

Untuk menuju pantai Cikembang hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor karena jalan di desa Pasirbaru, khususnya yang menuju pantai Cikembang masih sangat terjal. Sebenarnya juga bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil yang kecil, namun harus tetap hati-hati.

Rute menuju pantai Cikembang jika dari pusat kota Pelabuhanratu maka berjalan lurus ke arah barat hingga melewati jalan ke pantai Sawarna, dimana jalur tersebut adalah satu arah dengan pantai Cikembang. Jika telah sampai di desa Pasirbaru, maka pantai Cikembang sudah semakin dekat, namun hanya mudah ditempuh menggunakan kendaraa roda dua.

Selain itu, setelah melalui Pelabuhanratu bisa menuju arah Cisolok – Pantai Cibangban – Pasir Laja – Villa Ketapang atau Puncak Pasir Randu. Jika memang pengujung ragu, sebaiknya bertanya langsung kepada masyarakat sekitar tentang lokasi pantai Cikembang. Hal itu mengingat pula bahwa penduduk di sekitar pantai tersebut sangat ramah dan informatif.

Obyek Wisata di Pantai Cikembang

1. Pemandangan Goa Karang

Di sekitar pantai Cikembang terdapat beberapa goa karang yang membuat pemandangan pantai ini menjadi lebih eksotis. Selain itu juga terdapat beberapa batuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Pemandangan yang demikian bisa menjadi spot foto bagi pengunjung, seperti selfie dengan backround goa dan batuan karang tersebut.

Deburan ombak air laut yang mengenai batuan karang membuat suara ombak terdengar lebih indah dan menakjubkan. Hal itu bisa menjadi pemandangan khas tersendiri yang dimiliki pantai Cikembang.

2. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Pantai Cikembang menyuguhkan pemandangan senja yang membuat langit di atas laut dan pantai ini terlihat jingga kekuningan. Sementara itu pada saat matahari terbit yang cerah membuat warna pasir pantai ini lebih cerah dan terlihat mengkilat. Hal itu menambah eksotisme pantai Cikembang yang khas.

Pemandangan semacam itu, bisa digunakan pengunjung sebagai objek fotografi, backround foto selfie, dan sebagainya. Terlebih lagi jika pengunjung melihat pemandangan sunrise dan sunset di atas puncak bukit, akan terlihat lebih jelas dan indah.

3. Pemandangan Puncak Pasir Randu

Di balik pantai Cikembang terdapat sebuah bukit yang bernama puncak pasir randu yang terlihat kehijauan dan indah. Sebelum memasuki kawasan pantai ini pengunjung akan disuguhi pemandangan puncak bukit tersebut. Pengunjung bisa memotret keindahan alam tersebut, menjadikan backround selfie dan sebagainya.

4. Tempat Surfing

Ombak lautan sekitar pantai Cikembang sangat tinggi namun tenang, sehingga sangat cocok digunakan untuk berselancar. Terlebih bagi pengunjung yang hobi sufing, sebaiknya membawa peralatannya dari rumah sebab di sana belum tersedia papan selancar. Meskipun demikian, pengunjung harus tetap hati-hati untuk menjaga keselamatan diri.

Jika ombak terlalu besar, maka tidak dianjurkan untuk bermain surfing di pantai Cikembang sebab itu sangat berbahaya bagi keselamatan. Jadi, jika sudah demikian pengunjung bisa menikmati ombak lautan dari pantai sambil santai minum air kelapa dan makan. Selain itu, pengunjung bisa memotret pamandangan laut yang kebiruan dan ombak yang menakjubkan.

5. Tempat Camping

Pantai Cikembang juga bisa digunakan sebagai tempat camping bersama keluarga maupun teman. Suasana di pantai ini masih sangat asri dan alami, sehingga akan nyaman untuk digunakan sebagai tempat camping. Pengunjung bisa membawa kebutuhan dan perlengkapan camping sendiri dari rumah sebab di sana belum menyediakan peralatan tersebut.

Meskipun demikian, pengunjung yang melakukan camping harus tetap menjaga kebersihan lingkungan pantai. Hal itu bertujuan agar kealamian dan keasrian pantai tetap terjaga dengan baik.

6. Tersedia Kuliner Sea Food yang Khas

Di sekitar pantai Cikembang terdapat banyak warung atau restoran kecil yang menyediakan kuliner khas sea food. Pengunjung tidak perlu khawatir tentang makanan dan minuman jika sudah berada di sana karena mereka bisa menikmati makanan khas laut dengan harga yang terjangkau.

Kuliner sea food yang tersedia di sana ada banyak ragam seperti ikan bakar, ikan gurame hingga kepiting laut dipadu dengan bumbu khas masyarakat sekitar. Proses pengolahannya juga terbilang masih sederhana dan tradisional oleh warga sekitar. Jadi, pengunjung akan terpuaskan dengan rasa kuliner sea food yang nikmat dan terjangkau.

7. Daya Tarik Kearifan Budaya Masyarakat Sekitar

Masyarakat sekitar pantai Cikembang kebanyakan adalah nelayan. Kebanyakan nelayan mencari ikan menggunakan perahu kecil dan beberapa juga dengan cara memancing. Masyarakat sekitar  atau nelayan juga sangat ramah sehingga membuat pengunjung lebih nyaman dan kerasan berada di pantai dalam jangka waktu yang lama.

Demikian ulasan tentang pantai Cikembang yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai besar yang ada di Bali dan sebagainya. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Sukabumi sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Cikembang

  1. Tempat nya masih bagus, kita bisa lebih dekat dengan nelayan untuk sekedar sharing pengalaman melaut dan tempatnya enak untuk sekedar ngobrol 2 ringan sambil ngopi

    11 Mei 2018, 08:50 WIB

  2. Berbeda dengan pantai lainnya di sini bibir pantai di penuhi dengan batu” hitam sebesar kepalan tangan..

    3 Juni 2018, 08:39 WIB

  3. Kalau mw ke sini bawa rombongan pake big bus bisa masuk ga ya gan ke bibir pantainya…

    4 Juni 2018, 08:55 WIB

  4. Tempatnya mengasyikan dijamin ketagihan pengen main lagi kesini kalau udah pernah mengunjungi tempat ini😊

    21 Juni 2018, 08:22 WIB

  5. Setelah 18 tahun baru ke sini lagi, ada banyak perubahan dari warga sekitar yang mulai beralih bisnis menjadi penyedia jasa penginapan, karena sudah banyak pengunjung yang datang,mungkin karena itu juga sedikit demi sedikit “keperawanan” pantai cikembang mulai pudar

    11 Juli 2018, 06:52 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Cikembang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *