Pantai Panganten

Alamat: Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Pantai Penganten sering disebut juga sebagai pantai Pamunguan. Pantai ini berada di desa Puswasedar, kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai Panganten mempunyai dua batu besar yang seolah tempak seperti sepasang pengantin, sehingga pantai Pamunguan juga disebut dengan pantai Panganten.

Pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan tertarik untuk mampir dan bermain di sana. Hanya saja pantai ini masih cukup sepi pengunjung karena belum banyak masyarakat luas, khususnya dari luar Sukabumi yang mengetahui keberadaan dan keindahan pantai ini. Jadi, pantai Panganten termasuk dalam pantai yang masih alami dan asri.

Harga Tiket Masuk di Pantai Panganten

Untuk masuk ke kawasan pantai Panganten pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis. Hanya saja, jika pengunjung membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil ke sekitar pantai, maka akan dikenakan biaya parkir. Jadi, destinasi wisata pantai Panganten ini sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan

Rute Menuju Lokasi Pantai Panganten

Rute menuju pantai Panganten sangat mudah dan strategis, dimana dari Sukabumi maka kemudian melewati jalur Bojonglopang – Lengkong – Kiara Dua – Waluran – Jampang Kulon – Surade –Cibungur Kidul lalu melintasi Jembatan Cikarang lurus saja hingga menemukan plang bertuliskan “Assamba Land”. Kemudian tetap lurus hingga sekitar 100 meter lalu belok kiri mengikuti jalan yang masih berkoral di sana sudah dekat dengan pantai Panganten.

Obyek Wisata di Pantai Panganten

1. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Pantai Panganten menyuguhkan pemandangan sunset dan sunrise yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang hobi fotografi. Ketika matahari sedang tenggelam akan terlihat indah dan jelas seolah di atas lautan pantai ini. Saat itu langit di atas lautan yang biru terlihat kekuningan dan jingga. Sementara itu ketika sedang terbit sinarnya membuat pasir pantai ini terlihat lebih cerah dan putih.

Pemandangan tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk sekedar berfoto selfi dengan backround sunset maupun sunrise. Selain itu juga menjadi objek foto tersendiri bagi penggemar fotografi. Jadi, terdapat paduan warna langit dengan warna laut yang cerah.

2. Pemandangan Lautan Biru yang Indah

Laut di tepi pantai Panganten sangat bersih dan terlihat kebiruan, terlebih jika dilihat dari kejauhan. Hal itu disebabkan pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan dan cukup sepi. Selain itu juga belum banyak fasilitas tertentu seperti warung dan semacamnya, sehingga tidak banyak meninggalkan sampah di sana.

Ombak di lautan sekitar pantai ini cukup tenang sehingga aman bagi pengunjung yang sekedar berenang dan bermain air di tepi laut. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut yang kebiruan bersih serta ombak yang tenang serasa damai.

3. Cocok Sebagai Tempat Camping

Pantai Panganten juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat camping bersama keluarga maupun teman. Hal itu didorong oleh kondisi pantai yang cukup sepi sehingga tepat sekali bagi mereka yang menginginkan refreshing di alam terbuka yang alami dan sepi.

Sebaiknya pengunjung yang ingin camping membawa kebutuhan dan peralatan sendiri dari rumah. Hal itu disebabkan di sana belum menyediakan peralatan semacam itu dan masih minim fasilitas. Meskipun demikian, pengunjung harus tetap menjaga kebersihan pantai saat melakukan camping.

4. Sebagai Tempat Memancing

Karena ombaknya yang cukup tenang, pengunjung juga bisa memancing di pantai Panganten. Di lautan sekitar pantai Panganten terdapat beragam ikan yang mudah untuk dipancing. Bagi pengunjung yang hobi memancing ini merupakan daya tarik tersendiri untuk menjalankan hobinya.

Pengunjung yang berniat memancing harus tetap membawa keperluan dan perlengkapan pancing sendiri dari rumah. Hal itu disebabkan di sana tidak menyediakan penyewaan pancing dan semacamnya. Sebagai catatan pula bahwa pengunjung harus tetap hati-hati saat memancing terlebih lagi jika dilakukan di wilayah tengah laut.

5. Dekat dengan Destinasi Wisata Terkenal “Assamba Land”

Lokasi pantai Panganten sangat dekat dengan objek wisata terkenal yang ada di Sukabumi yaitu Assamba Land yang hanya membutuhkan 10 menit untuk sampai ke sana. Di sana terdapat beberapa destinasi wisata menarik lainnya seperti Muara Cikarang yang. Jadi, pengunjung pantai Panganten juga bisa mampir sekaligus ke destinasi wisata Assamba Land.

6. Pantai Pasir Putih yang Alami

Pantai Panganten mempunyai pasir yang putih serta bersih. Hal itu disebabkan tidak banyak pepohonan dan penjual yang berkeliaran di sana, sehingga tidak meninggalkan banyak sampah. Pasir putih di pantai ini terbentang luas terpadu dengan birunya warna air lautan di sekitarnya.

Selain itu, pantai Panganten juga mempunyai tekstur pasir yang lembut. Kondisi pasir pantai yang demikian bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bermain pasir, bermain volli, hingga sepak bola khususnya untuk anak-anak. Pengunjung juga bisa sekedar santai di atas pasir putih yang bersih dan lembut dengan nyaman sambil menikmati keindahan alam sekitar.

7. Terdapat Dua Pulau yang Sama dan Mirip Sepasang Pengantin

Sekitar pantai ini terdapat objek yang sangat menarik perhatian pengunjung yaitu adanya dua pulau kembar yang sering disebut mirip dengan sepasang pengantin. Awalnya pantai ini bernama Pamunguan kemudian juga disebut dengan pantai Panganten karena hal tersebut.

Objek dua pulau kembar tersebut sering menjadi spot foto bagi penggemar dunia fotografi. Pemandangan kedua pulau tersebut dari pantai Pamunguan memang terlihat sangat eksotis dan alami. Selain itu juga bisa menjadi latarbelakang foto selfie bagi pengunjung.

Demikian ulasan tentang pantai Panganten yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai besar yang ada di Bali dan sebagainya. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Sukabumi sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Panganten

  1. Tinggal Jalannya aja di tata gak kalah sama tanah lot

    21 Juli 2017, 06:21 WIB

  2. Sangat menakjubkan untuk photografer

    18 Agustus 2017, 09:44 WIB

  3. Sangat menakjubkan untuk photografer

    18 Agustus 2017, 09:44 WIB

  4. Kerrn

    31 Desember 2017, 01:37 WIB

  5. 11 Februari 2018, 06:20 WIB

  6. Pantai yg indah n menegangkan. Tp msh jarang orang yg datang kesini. Seru buat yg suka adventouring

    4 April 2018, 18:26 WIB

  7. Nice beach in ciletuh geapark

    13 Agustus 2018, 16:05 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Panganten

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *