Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung, Bali

Kutuh, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali, Indonesia, Bali

13 Ulasan

Ada banyak sekali Pantai terkenal yang ada di Bali dan semua Pantai tersebut telah banyak dikunjungi oleh turis. Namun, bagi Anda yang ingin menjauhkan diri dari hiruk pikuk dunia dan ingin menikmati ketenangan, Anda bisa saja mencoba berkunjung ke Pantai Gunung Payung. Pantai ini termasuk ke dalam Pantai yang tersembunyi, sehingga belum banyak orang yang mengerti tentang Pantai ini dibandingkan dengan Pantai Sanur, Tanah Lot, serta Kuta.

Pantai Gunung Payung ini terletak di desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Di lokasi ini, pengunjung dapat melihat ada banyak para pengunjung yang melakukan paragliding. Selain itu, Anda dapat berenang dan berendam di air laut Pantai ini sambil menikmati pemandangan sekitar.

Di tempat ini belum tersedia air tawar yang digunakan untuk membasuh badan, sehingga badan terasa agak sedikit lengket. Disarankan untuk sedikit membawa air tawar untuk sekedarnya membasuh badan, jika tidak ingin terasa lengket.

Harga Tiket

Meski Pantai Gunung Payung tergolong dalam Pantai yang tersembunyi, pemerintah berusaha sekuat tenaga untuk mempromosikan tempat tersebut. Setelah dibangun Gunung Payung Cultural Park, pengasilan dari wilayah itu dapat naik pesat, karena dapat menyedot perhatian dari para turis.

Turis yang ingin berkunjung ke tempat ini, pasti bertanya – tanya dan berusaha mencari informasi mengenai seberapa besar dana yang harus dipersiapkan untuk dapat menikmati keindahan alam di Pantai ini. Harga tiket masuk ke Pantai ini setiap orang harus membayar Rp. 2.000. Selain itu, biaya parkir kendaraan roda empat adalah sebesar Rp. 5.000 dan motor Rp. 2.000.

Rute Menuju ke Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung terletak sejauh 18,2 km dari Bandara Ngurah Rai dan dapat ditempuh dengan lama waktu sebanyak 35 menit. Letak dari Pantai ini termasuk dekat beberapa Pantai selatan di Bali seperti Pantai Pandawa.

Untuk dapat sampai ke tempat ini, Anda akan melewati Garuda Wisnu Kencana dan ikuti terus petunjuk yang ada di Google Maps. Maka dari itu, koneksi internet sangat dibutuhkan bila Anda melakukan perjalanan secara pribadi tanpa menggunakan tour guide.

Secara umum, menuju ke Pantai ini sangat mudah. Pertama – tama, Anda akan melewati Jalan Airport Ngurah Rai Bali. Kemudian, Anda akan harus melewati bundaran dan mengarahkan kendaraan menuju Jalan By Pass Ngurah Rai yang mengarah ke selatan.

Ikuti terus jalan menuju ke selatan sampai melewati Universitas Udayana dan menuju ke Jalan Goa gong. Setelah itu, Anda berbelok kiri menuju ke Jalan Dharmawangsa. Pada pertigaan Warung 86 Banyuwangi, Anda pilih lurus terus menuju ke Jalan Gunung Payung. Ikuti jalan itu terus sampai bertemu dengan Pantai Gunung Payung.

Spot Wisata di Pantai Gunung Payung

1. Paragliding

Ada banyak sekali tempat penyewaan olahraga paragliding di sekitar Pantai ini. Setiap peserta yang melakukan olahraga ini akan didampingi oleh tenaga yang sudah ahli, sehingga Anda tidak perlu cemas memikirkan harus mendarat dimana dan bagaimana caranya.

Salah satu dari tempat penyewaan paragliding yang terdekat bernama Bali Paragliding Tandem dan Paragliding Bali. Dengan menggunakan olahraga yang satu ini, Anda akan dapat melihat pemandangan yang sangat indah mengenai Pantai Gunung Payung dari ketinggian.

2. Gunung Payung Cultural Park

Pada Pantai ini juga terdapat banyak rumah adat Bali yang sengaja dibangun sebagai daya tarik wisatawan. Di kawasan tersebut juga terdapat berbagai macam kegiatan spiritual, seperti misalnya yoga. Di Pantai tersebut juga  terdapat goa yang menganga dengan lebarnya.

Tak hanya itu, di taman ini juga ditata berbagai tumbuhan dan juga terdapat banyak monyet – monyet. Selain itu, di tempat ini sering diadakan pertunjukan – pertunjukan yang bersifat tradisional.

3. Night Club

Tempat ini terletak di bagian dalam dari Gunung Payung Cultural Park. Pada malam harinya, di tempat ini sering diadakan acara yang biasanya bertema tradisional.

4. Berenang

Bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai ini, sudah merupakan kepastian untuk menikmati air laut di Pantai ini. Anda dapat berenang di sini.

Walaupun demikian, tetap ada hal yang harus diingat bahwa Pantai Gunung Payung memiliki ombak yang terbilang lumayan besar, karena terletak di bagian selatan Bali. Maka dari itu, bagi wisatawan yang berenang Anda bisa menikmati suasana sekitar dengan selalu berhati – hati. Jika Anda membawa anak kecil sebaiknya Anda selalu mendampingi mereka agar tetap aman.

5. Surfing

Pantai ini merupakan surga bagi para peselancar terutama turis mancanegara yang memiliki hobi ini. Maka dari itu, di tempat ini Anda akan dapat melihat ada banyak sekali turis yang melakukan olahraga yang satu ini. Bagi Anda yang tertantang untuk belajar berselancar, Anda diharuskan untuk memiliki pendamping yang sudah ahli.

Selain itu, sudah pasti Anda harus jago berenang, karena Anda akan sering tercebur saat pertama kali mencoba. Namun jika Anda rutin belajar, maka suatu saat Anda akan dapat dengan mudah melakukan surfing.

13 Ulasan untuk Pantai Gunung Payung, Bali

  1. Nah kali ini aku mau ulas mengenai Pantai Gunung Payung, kalo kamu lagi liburan ke Bali, kamu harus banget kesini, jadi pantai gunung payung ini berdekatan dengan Pantai Pandawa, kalo kamu jalan ke pantai Pandawa sekalian aja ya kesini, dari gerbang pantai Pandawa lurus lagi sedikit akan ada tulisan arah Pantai Gunung Payung, nah di Pantai gunung Payung ini yang akan kamu lihat pertama kali bukan pantai ya, melainkan Pura tempat Ibadah umat hindu yang sangan klasik dan bagus banget buat foto-foto, kita di perbolehkan masuk ke Pura hanya sebata halaman Pura saja, dan kita diharuskan menggunakan kain khas bali untuk memasuki Pura, lanjut kebawah jalan ke arah pantai, ada gerbang kecil sepeti Goa, dan setelahnya ada tempat yang biasa digunakan untuk perayaan adat, salah satunya Tari Kecak, tapi waktu saya kesana kebetulan sedang tidak ada perayaan, dan untuk Pantainya sendiri itu jauuuuh dan tidak bisa dijangaku kendaraan harus berjalan kaki, tapi berhubung saya sudah sengat lelah jadi saya hanya melihat dari atas saja, dan dari atas saja sudah terlihat sangat indah dan keren, pasir putih yang membentang serta air laut yang berwarna zamrud dengan ombak yang bergulung indah itu luar biasa, apa lagi kalo sampai kebawah saya rasa jauh lebih indah karena kita bisa mandi sekaligus menikmati butiran pasir yang akan memanjakan kaki. so buat kamu yang ke Bali kudu banget kesini ya.

  2. Wonderfull place… Jujur sie utk pantai di beli ak underestimate tappiiiiii stlh nemu pantai ini, yg ada ngga mau pullaannggg… Utk perjalanan sekitar 1.5 jam dr seminyak. Jalanan nya udah baagguussss, udh ada warung2 jualan, kmr mnd nya berssiihhh, wangiiii dan hanya di kenakan tarif 2000 beda bgt sm pulau seberangnya yg semua toilet diketok 5000. Pantainya berada di bawah, jd kita hrs menuruni bbrp anak tangga. Ngga jauh kok, worth it bgt utk pemandangan yg ajibbb… Pokoknya ngga nyesel, n suatu hr nnti saat ke bali lg pasti pantai ini masuk dlm list wajib dikunjungi. Penasaran kan, sebagus apaa siie?? Coba dateng dehhh ke bali n ke pantai gunung payung. Oh ya, disini juga ada paragliding lho, tp gw gak nyoba soalnya lbh takjub sm pantainya dan ada jg pertunjukkan seninya tp gw gak tau kpn jdwlnya.

  3. Pantai yang bagus, bersih dan jauh dari keramaian. Tetap lah sprti ini, kalau sdh ada akses jalan saya rasa akan kotor kena anak2 alay.. Akses yg susah yg membuat tempat ini tetap bersih.. Sejauh ini pantau ini sdh bagus dengan pemandangan yang indah. . Pantai ini sangat cocok untuk refreshing sambil menikmati secangkir kopi

  4. Pantai gunung payung. Pantai tetangga atau besebelahan dengan pantai pandawa, kalau mau bisa berjalan menyusuri panyai yang berpasir putih. Lebih baik lewat jalan namun dari parkir harus menuruni tangga sekitar 250an anak tangga. Untuk pantainya sama dengan pandawa tapi lansung ber temu tebing yang membentuk goa goa, dan lebih alami tanpa payung dan kano.

  5. Termasuk Pantai terbaik di bali. Dengan ombak tenang. Dan banyak kolam kolam kecil saat laut surut. Akses yang masih jalan belum beraspal mungkin menyulitkan untuk diakses pengguna kursi roda. Over all pantainya recomended untuk dikunjungi

  6. Saran saya parkir motor ke lebih bawah ya seperti foto yg sya ulas tersbut . Karna nanti banyak sekali anak tangga kira kira 300 anak tangga dan jika taruh motor dibawah jd ga usah naik tanjakan lagi pas udh cape naik tangga.. Pantainya kurang bagus (mungkin pagi ya) jd biasa saja pas nanya orang lewat jd sya hanya sampai tangga hampir kebawah .. Ada pembangunan juga ada alat berat mungkin mau di bagusin lg pantainya .. Biaya masuk 10.000 rupiah

  7. Pantai terbagus sah gue rasa,, soalnya bnyak tourist mancanegara alias bule yang lagi berjemur disana, pasir putih nan indah air laut yang teramat biru dan bersih betah dan lama lama disna

  8. Salah satu pantai favorite saya kalo ke bali, pantainya bersih, lumayan sepi juga kalo kesini. Saran saya kalau mau kesini pakai motor aja, biar bisa parkir turun kebawah. Karena untuk menuju ke pantainya harus melewati banyak anak tangga yg buat kita sedikit menguras tenaga.

  9. Lokasi yang beda untuk menikmati keindahan laut yang bening . Berharap suatu saat bisa kembali kepantai ini dengan infrastruktur yang sudah lebih oke dan fasilitas yang makin banyak .. 🤗👌😍

  10. Pantai masih bersih… banyakan turis dari pada turis lokal. Turun nya enak naik nya ampun… hehehe bawa minum ya biar gak kehausan gila rute nya tapi bagus banget kalo sdh sampai di sana

  11. sangat bagus tp msh blm terlalu ramai, mungkin setelah ke pantai Pendawa lama” pingin liat & mampir di sampingnya.. pantai gunung payung 👍

  12. Pantai yang sangat indah.
    Tapi tunggu dulu, untuk menikmati keindahannya, kalian harus rela capek-capek dulu, baliknya lebih capek sih.
    Karena untuk menuju ke pantainya, dari tempat parkir ke sana itu cukup jauh di bawah.
    Kita harus menuruni anak tangga yang entah berjumlah berapa, itupun setelah menuruni jalan berbatukapur.
    Setelahnya baru deh disuguhkan pemandangan pantai yang indah, banyak bebatuan dan goa.
    Sangat menenangkan.
    Nah untuk kembali ke atas ya kita harus melalui jalan yang sama, atau jalan lain di ujung batu karang (belum coba), capek lagi. Hahaha….

    Di kawasan tempat parkirnya tersedia toilet dan kamar mandi umum, ada juga beberapa warung makan, parkiran juga luas…….

    Kalau ke sini, siapkan fisik dan mental yang kuat ya…

  13. Masih sepi cuma ada beberapa bule aja berjemur dan surfing, untuk warga lokalnya sendiri terbilang jarang ditemui. Masuk ke kawasan ini hanya 10ribu 1 motor berdua, airnya masih sangat jernih, berenang pun terasa dingin walaupun di siang bolong, semoga kelestariannya tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan