Pantai Pangasan

Pantai Pangasan

Kalipelus, Kebonagung, Pruwo, Kalipelus, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63561, Indonesia

16 Ulasan

Berlibur adalah hal yang harus menjadi salah satu agenda di akhir pekan, karena bagaimanapun juga liburan merupakan salah satu kebutuhan rohani manusia yang harus di penuhi.

Dengan segala aktivitas keseharian yang melelahkan, kegiatan liburan akan bermanfaat untuk memulihkan kesehatan pikiran dan mental.

Salah satu yang terpenting dalam perencanaan berlibur adalah destinasi wisata. Dan wisata alam merupakan salah satu tempat favorit bagi sebagian orang menghabiskan waktu luang bersama keluarga atau orang terkasih.

Pantai Pangasan Pacitan

Salah satu wisata alam yang diminati wisatawan adalah pantai, karena dengan berada di dekat air, pantai, danau disebutkan dapat mengurangi depresi.

Salah satu alasannya adalah dengan melihat biru-nya air dan lautan yang luas akan mengingatkan betapa besarnya dunia ini dan kecilnya masalah yang manusia hadapi.

Kali ini pantainesia akan mengulas mengenai salah satu pantai yang ada di Pacitan Jawa Timur yaitu pantai Pangasan. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Pangasan Pacitan

Kota Pacitan selain terkenal karena memiliki wisata 1001 goa yang indah juga dikenal memiliki wisata pantai yang juga tidak kalah mempesona.

Berada di ujung barat daya Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah selatan, membuat Pacitan menghasilkan pantai-pantai cantik khas pantai selatan.

Pantai-pantai di Pacita yang terkenal seperti pantai Klayar, Pantai Soge dan Pantai Banyu Tibo. Namun pantai Pangasan juga sangat diminati karena pantainya masih alami.

Tepatnya di Desa Kalipelus, Dusun Batulapak, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan terdapat sebuah pantai yang sedang diminati saat ini yakni Pantai Pangasan.

Wisata Pantai Pangasan

Pantai ini disebut-sebut memiliki keindahan yang mirip dengan Pantai Papuma yang ada di Jember.

Pantai Pangasan sendiri merupakan destinasi wisata pantai baru yang sedang hangat-hangatnya di bicarakan di media sosial.

Karena selain pesona pantainya yang indah, daya tarik utama yang disuguhkan pantai ini adalah keberadaan tebing batu menjulang tinggi yang ada di pantai ini.

Tebing batu ini berada di sebelah barat pantai, dimana pengunjung menyebutnya sebagai landmark ciri khas dari Pantai Pangasan.

Nama Pantai Pangasan sendiri disebut karena di kawasan pantainya terdapat banyak sekali batu karang. Hal tersebut yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangasan

Belum ada tarif retribusi yang di tetapkan di Pantai Pangasan alias belum ada pungutan biaya untuk bisa masuk kekawasan ini.

Hal ini dikarenakan Pantai di Pacitan ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas atau memang kawasan ini belum dibuka secara umum.

Anda cukup membayar biaya parkir Rp 2000 hingga Rp 5000 per kendaraan dimana tarif juga bisa berubah sewaktu-waktu. Terdapat juga sebuah kotak yang bisa Anda isi dengan ikhlas untuk membantu mengembangkan pariwisata kawasan ini.

Jam operasional Pantai Pengasan juga dibuka selama 24 jam sehingga Anda bisa datang kapan saja untuk bisa mengunjungi pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pangasan

Pantai Pangasan terhitung tidak terlalu jauh dengan Kota Pacitan karena untuk dapat sampai ke Desa Kalipelus hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja. Namun perjalanan untuk mencapai pantainya membutuhkan banyak perjuangan.

Dari arah pusat Kota Pacitan menuju Pantai Pangasan Anda bisa mengikuti jalur JLS (Jalan Lintas Selatan).

Tepat sebelum fly over Gayam belok kiri dan masuk ke pertigaan yang menanjak, lalu jalan menikung ke kanan sampai ke pasar Gayam. Dari Pasar Gayam lurus hingga melewati fly over, dan lurus terus ikuti jalan utama.

Setelah jalan menanjak dan Anda akan menemukan gapura masuk Desa Klesem dimana ada pertigaan lurus terus (jika belok Anda akan menuju ke Pantai Kaliuluh). Ikuti jalan beraspal hotmix hingga Anda menemukan pertigaan ke arah balai desa kalipelus.

Pada simpang tiga ini Anda harus belok kiri dan kemudian Anda akan menjumpai simpang tiga lagi dan belok ke kiri lagi. Selanjutnya Anda akan melewati  SD di kanan jalan yang disusul balai desa Kalipelus setelah itu jalan akan mulai menurun.

Ambil jalan jalur utama dimana Anda akan menemukan pertigaan silahkan belok ke kiri dan Anda akan bertemu dengan pertigaan lagi yang kali ini belok kanan. Sebenarnya bisa ambil 2 jalur kanan atau kiri karena menuju ke jalan yang sama, tapi jalur kanan lebih enak jalanya.

Selanjutnya Anda akan menemukan pertigaan lagi lalu belok kiri yang kemudian Anda akan melewati jalan yang masih berupa tanah menyusuri punggungan bukit.

Kemudian setelah menyusuri bukit Anda akan menemukan perempatan ambil jalur kiri dan ikuti terus jalan setapak tersebut hingga habis .

Dari area parkir kendaraan, perjalanan selanjutnya ditempuh dengan jalan kaki menyusuri area persawahan yang kemudian masuk ke area hutan tropis. Jalanan akan terus menurun hingga berakhir di kawasan Pantai Pangasan.

Obyek Wisata Pantai Pangasan

Keindahan Pantai Pangasan

Ibarat perawan yang cantik Pantai Pangasan masih butuh banyak berdandan agar kian menawan. Masih banyak hal yang harus dikembangkan seperti sarana dan prasarana agar wisatawan semakin betah dan nyaman saat berlibur di pantai ini.

Seperti halnya fasilitas pendukung di Pantai Pangasan yang belum banyak tersedia. Belum ada kamar mandi, toilet, warung penjual makanan atau minuman.

Oleh karena itu dianjurkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah, jangan lupa untuk membawa perlengkapan P3K Anda.

Jalanan dari area parkir juga yang masih setapak yang juga turunan curam. Kita harus melewatinya dengan perjuangan dengan berjalan kaki kurang lebih 200 meter.

Namun semua perjuangan tersebut akan terbayar setelah melihat pesona keindahan Pantai Pangasan.

Silahkan simak aktivitas apa saja yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

1. Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Pangasan Pacitan Jawa Timur

Keindahan alam Pantai Pangasan telah terlihat saat pertama kali Anda memasuki jalan setapak dan trekking di sepanjang jalan menuju area pantai.

Sepanjang trekking ini Anda akan menyusuri  pepohonan yang rimbun, serta persawahan yang terhampar luas. Setelah itu Anda akan disambut dengan biru-nya laut disertai dengan tebing yang kokoh di kedua sisinya.

Lokasi pantai ini terdiri dari 2 wilayah yaitu sisi sebelah barat dan sisi sebelah timur. Pantai Pangasan yang berada disebelah sisi bagian barat dengan ciri khasnya yakni hamparan batuan karang.

Pantai Pangasan memang tidak memiliki pasir yang ada hanyalah batuan karang dengan berbagai macam ukuran dari yang kecil hingga yang besar.

Seperti yang telah disebutkan tebing atau gunung yang disebelah barat ini bernama Gunung Lanang.

Selain itu terdapat dua buah batu besar yang memanjang ke atas, dan kedua batu inilah yang merupakan ciri khas atau landmark Pantai Pangasan.

Pesona Pantai Pangasan memang sungguh menakjubkan dengan pantainya yang tidak terlalu ramai.

Pemandangan laut yang biru dipadukan dengan tebing yang indah serta deburan ombak yang sesekali menyentuh karang menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri.

2. Menikmati Keindahan Pantai Sangklehan

Pantai Sangklehan Pacitan

Setelah Anda menikmati keindahan Pantai Pangasan, Anda bisa bergeser sedikit ke area pantai sebelah timur. Dimana Anda akan menikmati sensasi pantai yang sangat berbeda.

Apabila Pantai Pangasan tidak memiliki pasir maka pantai ini memiliki hamparan pasir yang berwarna kehitaman. Masyarakat setempat menyebutnya Pantai Sangklehan.

Terdapat tebing di sisi sebelah timur ini dan masyarakat setempat menamainya dengan Gunung Ganjuran. Area timur ini juga berfungsi sebagai pembatas lainnya yaitu dengan Desa Katipugal.

Anda dapat bermain pasir disini sambil menikmati keindahan panorama Pantai Sengklehan.

Di ujung sebelah timur pantai ini juga terdapat sebuah goa kecil dimana Anda dapat memasuki goa tersebut jika airnya sedang surut.

Didalam gua tersebut akan mendapati batu-batuan yang berbentuk bulat dan juga kelelawar yang tinggal di dalamnya.

Saat ombak laut surut Anda bisa bermain air laut atau mencari kerang karena banyak terdapat kolam kecil dengan air jernih. Pada kolam ini terdapat ikan-ikan hias di dalamnya.

Kondisi ini sangat cocok untuk Anda berenang atau bermain snorkelling.

3. Berkemah

Anda juga dapat melakukan camping di kawasan Pantai Pangasan ini. Karena terdapat sebuah area yang disediakan untuk mendirikan tenda dekat dengan persawahan warga.

Anda akan bisa melihat dengan jelas pemandangan indah Pantai Pangasan di area tersebut dan  tinggal berjalan kaki beberapa menit saja untuk sampai di pantai Pangasan.

Pantai Pangasan dan juga Pantai Sangklehan adalah satu kawasan pantai yang masih sangat alami. Dengan daya tarik khas keduanya yakni Gunung Lanang di sisi sebelah barat dan Gunung Ganjuran di sisi sebelah timur.

Nah, demikian ulasan mengenai wisata Pantai Pangasan Pacitan yang merupakan salah satu obyek wisata yang patut Anda kunjungi saat akhir pekan.

Jangan lupa selalu menjaga adab istiadat, serta membawa sampah Anda pulang kembali jika berkunjung ke kawasan ini.

16 Ulasan untuk Pantai Pangasan, Pacitan, Jawa Timur

  1. Tempat yang sangat bagus pemandangannya, masih banyak kera disepanjang jalan ke pantai, belum dapat dikunjungi untuk wisata keluarga, kalo menggunakan sepeda motor harus hati-hati, itupun tidak dapat sampai lokasi, harus dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 2 km, fasilitas toilet, mushola, dan sinyal juga belum ada.

  2. Pantai dengan keindahan yg masih sangat perawan, terdapat area persawahan warga, batu karang beraneka ukuran, pasir yg membentang dan ada sebuah bangkai kapal tongkang yg bersandar karena pernah terdampar terkena ombak besar.. Direkomendasikan untuk para petualang dengan medan menuju pantai masih jalan setapak melewati hutan kecil dan sedikit curam.. Untuk anda yg pengen kesana sebaiknya disaat siang hari dengan kondisi cerah, karena dengan kondisi hutan dan jalan masih setapak rasanya menakutkan apalagi dilunjungi saat hujan/sore hari. Satu hal lagi kalau kesana sebaiknya anda membawa bekal mkanan dan minuman sendiri karena belum terdapat penjual apapun disana.. Selamat berpetualangan

  3. Seperti pantai pribadi, sayang akses kesana masih sangat sulit di lalui

  4. Pantai nya bagus, namun akses menuju lokasi masih sulit

  5. Tempat penuh perjuangan gens, jangam lupa bawa air mineral

  6. Pantai nya cantik dan masih perawan, akses menuju sana pun juga mulai dibangun, jadi ngga usah susah susah jalan jauh, tinggal jalan beberapa meter aja udah sampek tempat

  7. Masih alami banget, pantainya bagus banget, tapi sayang jalannya masih susah, harus naik turun bukit dulu, pantai bagus banget

  8. Pantai nya sepi, jalan masih dalam pengerjaan, jadi harus jalan kaki ±1 km untuk sampai ke pantai

  9. Pantai yg masih asri, cuma akses ke lokasi butuh perjuangan..cuma roda 2 yg bisa masuk itupun msh disambung jalan kaki sampai lokasi…

  10. Alami, bersih, indah, sejuk, damai. Cocok banget untuk olahraga jalan n refreshing

  11. Kurang cocok untuk roda empat tidak ada tempat parkir untuk mobil. kendraan ditinggal diatas dan harus tracking ke bawah untuk mengaksed ke pantai. pantainya tidak berpasir namun langsung batu karang.

  12. Eksotis dan alami. Cuman jalannya masih extreme. Roda 4 bisa tapi kurang recomended. Bagusnya kesini pas musim tanam padi awal tahun

  13. Hidden Paradise. Saking hiddennya, kepantai nya harus jalan kaki. Jalannya belok belok, sepi. Tapi pantainyaaaaa… wooooo daebaaaakkk. Jinjaaaaaa!!!!

  14. Pantai terbaik yang ada di Pacitan. Pemandangan disini benar-benar bagus karena di pantai ini kalian dapat 2 view alam sekaligus. Disini kalian bisa melihat deburan ombak dan juga bisa melihat view pegunungan. Gunung yang terlihat dari pantai ini kata warga sekitar bernama Gunung Lanang.. Namun jangan membayangkan view pegunungan yang lebat dengan pepohonan, karena gunung lanang ini terlihat seperti batu yang menjulang tinggi. . Untuk akses ke pantai ini tidak bisa dibilang mudah. Bahkan menurut saya, akses untuk menuju pantai ini sangatlah susah. Namun beberapa jalan menuju kesini sudah banyak yang di aspal sehingga lebih mudah untuk menuju ke pantainya.. Bagi kalian yang ingin membawa mobil tetap bisa namun mobil ditinggal di agak atas (ada parkiran mobil tapi tidak luas/ termasuk sangat sempit), sehingga menurut saya tidak recomended jika kalian kesini membawa mobil. Lebih baik jika kalian ingin ke pantai ini bawalah motor.. Membawa motorpun tidak bisa hingga diujung pantai, tetap kalian harus berjalan +- 2km atau sekitar 1jam dengan menerobos hutan-hutan dan jalan setapak yang cukup curam, baru setelah itu kalian bisa mendapat view pantai dari atas persawahan.. Pantai ini benar-benar hidden place, kalian akan merasakan private beach disini. . Kalau kesini jangan lupa membawa bekal makanan ataupun minuman sendiri, karena disini tidak ada 1 pun warung dan tidak ada kamar mandi umum. Di pantai ini pun kalian juga tidak bisa berenang, karena pantai ini benar-benar sepi dan tidak ada petugas keamanan sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, agak susah untuk meminta pertolongan.. Rumah warga juga sangat jauh dari pantai ini +- 30menitan atau sekitar 2km baru ada rumah warga.. Jangan tinggalkan sampah kalian ya jika berkunjung disini :). Kalau kalian ingin lihat aktivitas travellingku lainnya bisa follow di instagram aku @qoriahshalli. Thanks.

  15. Pantai terbaik yang ada di Pacitan. Pemandangan disini benar-benar bagus karena di pantai ini kalian dapat 2 view alam sekaligus. Disini kalian bisa melihat deburan ombak dan juga bisa melihat view pegunungan. Gunung yang terlihat dari pantai ini kata warga sekitar bernama Gunung Lanang.. Namun jangan membayangkan view pegunungan yang lebat dengan pepohonan, karena gunung lanang ini terlihat seperti batu yang menjulang tinggi. . Untuk akses ke pantai ini tidak bisa dibilang mudah. Bahkan menurut saya, akses untuk menuju pantai ini sangatlah susah. Namun beberapa jalan menuju kesini sudah banyak yang di aspal sehingga lebih mudah untuk menuju ke pantainya.. Bagi kalian yang ingin membawa mobil tetap bisa namun mobil ditinggal di agak atas (ada parkiran mobil tapi tidak luas/ termasuk sangat sempit), sehingga menurut saya tidak recomended jika kalian kesini membawa mobil. Lebih baik jika kalian ingin ke pantai ini bawalah motor.. Membawa motorpun tidak bisa hingga diujung pantai, tetap kalian harus berjalan +- 2km atau sekitar 1jam dengan menerobos hutan-hutan dan jalan setapak yang cukup curam, baru setelah itu kalian bisa mendapat view pantai dari atas persawahan.. Pantai ini benar-benar hidden place, kalian akan merasakan private beach disini. . Kalau kesini jangan lupa membawa bekal makanan ataupun minuman sendiri, karena disini tidak ada 1 pun warung dan tidak ada kamar mandi umum. Di pantai ini pun kalian juga tidak bisa berenang, karena pantai ini benar-benar sepi dan tidak ada petugas keamanan sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, agak susah untuk meminta pertolongan.. Rumah warga juga sangat jauh dari pantai ini +- 30menitan atau sekitar 2km baru ada rumah warga.. Jangan tinggalkan sampah kalian ya jika berkunjung disini :). Kalau kalian ingin lihat aktivitas travellingku lainnya bisa follow di instagram aku @qoriahshalli. Thanks.

  16. Pantai yang masih alami dengan pemandangan yang bagus,apalagi kalau sawah sedang ada tanaman padi.Akses menuju lokasi pantai lumayan berat,harus melewati jalan yang naik turun dan berkelok serta cukup sempit.Walaupun sudah ada penunjuk jalan menuju untuk menuju lokasi pantai,tapi karena ukurannya kecil mungkin tidak terlihat.untuk area parkir kendaraan masih dalam tahap pembangunan serta sudah terdapat warung dan tempat sumbangan karena untuk masuk belum di tarik tiket masuk. Di area Pantai sudah terdapat Toilet di dekat area persawahan serta gubuk2 kecil untuk menikmati pemandangan

Tinggalkan Balasan